Sistem informasi berbasis web dan apps kini mulai populer dan dikenal oleh banyak orang. Sistem informasi ini dikenal seiring berkembangnya teknologi dan jumlah pengguna internet yang aktif di seluruh dunia. Sistem informasi ini mudah digunakan dan diakses perangkat website. Selain itu juga tidak membutuhkan banyak sumber daya dari perangkat keras maupun perangkat lunak.

Pada saat ini banyak aplikasi yang sudah tergantikan dengan website yang mempunyai banyak pengguna dan lebih dikenal masyarakat Indonesia. Pada artikel ini akan membahas mengenai pengertian sistem informasi dan contoh sistem informasi berbasi web dan Apps. Simak informasi lengkapnya dibawah ini.

Pengertian Sistem Informasi

Sistem informasi adalah suatu sistem yang dapat dikombinasikan antara kegiatan manusia dan penggunaan teknologi. Penggunaan teknologi ini digunakan untuk mengetahui kegiatan operasional. Hal ini dapat dihubungkan dengan sebuah hubungan yang tercipta berdasarkan interaksi antar manusia. Interaksi tersebut dapat dikembangkan teknologi dalam suatu data, algoritma dan teknologi.

Untuk penerapan dan penggunaan sistem informasi ini hanya digunakan pada bidang teknik informasi dan komunikasi. Akan tetapi kebutuhan bisnis juga membutuhkan sistem informasi ini sehingga sisitem informasi ini dibentuk sebagai tipe khusus dari suatu proses kerja.

Penggunaan sistem informasi ini digunakan untuk mengolah data dan informasi suatu perusahaan. Cara ini digunakan untuk mempersingkat waktu penggunaan dan juga dapat digunakan kapan saja dan dimana saja.

Fungsi Sistem Informasi

Beberapa pembahasan mengenai fungsi sistem informasi, sebagai berikut :

1. Kualitas dan pengalaman dalam pengelolaan sebuah sistem informasi akan lebih mudah dan dan logis.
2. Dapat meningkatkan produktivitas kerja sistem informasi.
3. Dapat dan mempu menganalisa terjadinya kerugian pada sektor ekonomi.
4. Dapat memberikan aksesibilitas yang baik dan layak kepada pengguna.
5. Dan mencapai tujuan secara cepat dengan didasarkan dukungan data yang dapat dipertanggungjawabkan dengan nyata.

Contoh Sistem Informasi Berbasis Web

Contoh penerapan sistem informasi saat ini terutama yang berbasis web sudah banyak sekali digunakan di dalam berbagai bidang bisnis. Contohnya marketing, industri manufaktur, pendidikan, kesehatan dan masih banyak lagi. Untuk lebih jelasnya berikut ini contoh penerapan sistem informasi berbasis web.

1. E-Commerce

E-Commerce

E-commerce merupakan salah satu contoh penerapan sistem informasi berbasis web dalam bidang bisnis dan ekonomi. Yaitu dimana semua kebutuhan pada transaksi jual beli barang serta jasa dapat terpenuhi dengan cara yang mudah. Hal ini bisa dilakukan dengan secara online melalui aplikasi berbasis web atau juga mobile. Platform bisnis yang menggunakan e-commerce contohnya yaitu Amazon, Bukalapak, Tokopedia, Shopee, serta masih banyak lagi.

2. E-Learning

E-Learning

Contoh penerapan sistem informasi berbasis web yang kedua yaitu e-learning. E-learning adalah sistem informasi dibidang pendidikan. E-learning digunakan untuk mengelola banyak aktivitas pendidikan. Contohnya seperti pengelolaan data pendidik dan peserta didik, pembelajaran, dan juga informasi lainnya yang berhubungan di dunia pendidikan.

Penerapan e-learning juga banyak digunakan pada instansi pendidikan formal. Instansi pendidikan formal itu baik swasta maupun negeri. Hal ini bertujuan agar memudahkan proses belajar mengajar supaya menjadi lebih efektif.

3. FMS atau Fleet Management System

FMS atau Fleet Management System

Fleet Management System atau biasa disebut dengan FMS merupakan salah satu contoh sistem informasi berbasis web. Fleet Management System (FMS) membantu proses dari monitoring armada logistik.

Selain itu Fleet Management System (FMS) juga membantu dalam pengiriman barang agar proses tracking dapat menjadi lebih terpusat dan sistematis. Fleet Management System (FMS) umumnya menggunakan fitur deteksi yang didasarkan pada lokasi dengan menggunakan bantuan dari Global Positioning System atau GPS.

4. KWS atau Knowledge Work System

Contoh sistem informasi berbasis web selanjutnya yaitu Knowledge Work System atau biasa disebut dengan KWS. Knowledge Work System (KWS) yaitu sebuah sistem informasi berbasis web yang didalamnya memuat berbagai data terkait dengan ilmu pengetahuan.

Lalu informasi tadi kemudian diolah sedemikian rupa supaya bisa diakses oleh pengguna. Sehingga dapat memecahkan sebuah permasalahan dengan benar dan juga tepat.

5. OAS atau Office Automation System

Sistem Informasi Berbasis Web Dan Apps

Contoh sistem informasi berbasis web berikutnya yaitu Office Automation System atau bisa juga disebut dengan OAS. Office Automation System (OAS) yaitu sistem informasi berbasis web yang menggabungkan peralatan IT di perangkat server untuk memenuhi kebutuhan jaringan komputer. Penggunaan Office Automation System (OAS) sendiri memiliki tujuan utama yaitu agar memudahkan proses komunikasi supaya berjalan secara efektif serta lebih efisien.

6. TPS atau Transaction Processing System

Sistem Informasi Berbasis Web Dan Apps

Contoh sistem informasi berbasis web yang terakhir adalah TPS atau Transaction Processing System. Transaction Processing System atau TPS yaitu sistem informasi yang dipergunakan oleh perusahaan atau juga organisasi.

Sistem informasi ini digunakan untuk kegiatan operasional bisnis tertentu secara rutin atau kontinu. TPS atau Transaction Processing System memiliki proses implementasi yaitu registrasi ulang, kegiatan transaksi keuangan, serta aktivitas administrasi lainnya.

Contoh Sistem Informasi di bidang Translator Bahasa Asing : 9+ Aplikasi Translate Indonesia Prancis Terbaik & Paling Akurat

Contoh Sistem Informasi Berbasis Aplikasi (Apps Mobile)

Berikut ini merupakan beberapa contoh sistem informasi berbasis aplikasi mobile:

1. Pinterest

Sistem Informasi Berbasis Web Dan Apps

Salah satu contoh sistem informasi berbasis aplikasi mobile adalah pinterest. Bagi Anda pecinta gambar, editor, atau pun yang berkaitan dengan fotografer, maka aplikasi ini adalah tempatnya.
Aplikasi ini tentu sudah tak asing lagi di zaman sekarang, tak hanya dari dalam negeri, akan tetapi aplikasi ini juga digunakan dalam ranah dunia.

2. WhatsApp

Sistem Informasi Berbasis Web Dan Apps

Contoh selanjutnya, yaitu WhatsApp, dari berbagai kalangan, usia, dan juga negara, siapa sih yang tak kenal dengan aplikasi yang satu ini?

Selain aplikasi chat, WhatsApp juga bisa digunakan untuk video call, share dokumen, gambar, maupun audio, dan pembuatan status.

3. Facebook

Menlo Park, California, Amerika Serikat adalah letak kantor pusat dan Mark Zuckerberg adalah pendiri Facebook. Facebook diluncurkan pada bulan Februari tahun 2004. Pengguna aplikasi ini sudah mencapai angka 1 miliar pada tahun 2012.

Sebelum anda menggunakan facebook pastikan anda mendaftar akun anda terlebih dahulu. Setelah itu anda dapat menambahkan profil pribadi dan dapat menambahkan teman, chattingan, dan ketika teman facebook anda memperbarui profil maka anda akan mendapatkan notifikasi secara otomatis.

4. Twitter

Twitter ini adalah suatu layanan, dimana penggunanya dapat mengirim dan membaca pesan berbasis text hingga mencapai 140 karakter atau huruf. Pada bulan November 2017 diupgrade menjadi 280 karakter, yang dikenal dengan sebutan tweet. Jack Dorsey ini mendirikan twitter pada bulan maret 2006, dan diluncurkan pada bulan Juli.

Itulah tadi pengertian sistem informasi dan contoh sistem informasi berbasis web dan Apps. sistem informasi ini bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam menciptakan sebuah bisnis di zaman modern ini. Anda juga dapat memastikan beberapa aspek dan kebutuhan yang digunakan untuk mengembangkan bisnis dengan menggunakan sistem informasi dan sumber daya yang Anda miliki.

Continue Reading