Blog adalah jurnal online yang berisi informasi serta memuan konten seperti artikel, video, foto, dan tautan. Orang yang menciptakan dan mengelola blog disebut blogger. Sebagian blogger membuat artikel hanya untuk menyampaikan ide dan opininya saja. Namun sebagian ada juga yang memanfaatkan blog untuk menghasilkan uang.

Konten yang bagus dalam blog dapat mempengaruhi permikiran pembaca. Berbagi sebuah informasi tentu menyenangkan, tapi akan lebih menyenangkan kalau hal yang kita kerjakan mendapatkan uang. Setidaknya hal tersebut bisa menambah semangat alias support supaya kita dapat membuat konten yang lebih baik lagi.

Karena hal itu kami telah merangkum cara menghasilkan uang dari blog, bagaimana caranya? Berikut adalah pembahasan lebih lengkapnya.

Sebelum masuk ke pembahasannya ada satu hal yang harus kalian perhatikan saat ingin menjadi blogger. Yaitu syarat membangun blog dari nol hingga dapat menghasikan pundi-pundi uang.

Beberapa syarat secara singkat yaitu :

  1. Buatlah blog dengan platform yang terbaik
  2. Membuat konten blog yang berkualitas, menarik, jelas dan rinci.
  3. Memiliki trafik, baik dari search engine maupun media sosial.
  4. Membangun dan menjaga kepercayaan pembaca blog.
  5. Memilih cara monetisasi blog.

Walau kita sudah menggunakan langkah-langkahnya kita masih perlu bersabar untuk menghasilkan uang karena kita harus membangun blog secara perlahan dan konsisten agar stabil. Biasanya blogger menghasilkan uang setelah 6 bulan sampai 1 tahun setelah membangun blog.

Bahkan terkadang setelah menulis selama berbulan-bulan blogger tetap tidak menghasilkan uang, itu lah ujian sekaligus tantangan bagi para blogger.

Kita perlu mengerti bahwa untuk menghasilkan uang dari blog maka harus membangun blog yang berkualitas.

Dalam dunia blogger selain artikel anda juga harus memperhatikan semua bagian blog seperti tampilan, navigasi, gaya penulisan sampai kecepatan loading, upload dan download dari sebuah blog. Dengan kata lain kita juga harus mengerti teknis mengelola blog secara user friendly yang baik dan benar.

Apakah kalian masih berminat menjadi seorang blogger yang menghasilkan banyak uang namun dengan konsekuensi seperti diatas. Jika kalian masih berminat untuk menghasilkan duit dari blog. Silahkan membaca pembahasan selanjutnya

1. Buatlah blog dengan platform yang terbaikBuatlah blog dengan platform yang terbaik

Langkah pertama agar mendapatkan uang dari blog yaitu membuat blognya  itu sendiri. Ada banyak sekali platform blogging yang bisa gunakan seperti Blogger, WordPress, Squarespace, dan Joomla. Lalu, platform  blogging terbaik saat ini apa?

Setiap platform blogging pasti punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing tetapi saran saya lebih baik Anda menggunakan WordPress. Karena sampai saat ini  WordPress masih menjadi platform blogging yang paling banyak digunakan secara global dan berikut ini keuntungan menggunakan WordPress :

  • Penggunaannya mudah cocok untuk para pemula
  • Blog kita dapat didesain sesuai keinginan
  • Anda tidak perlu kerepotan mengedit HTML atau Software FTP
  • Bisa digunakan diberbagai OS komputer
  • Bisa kita tambahkan fungsi blog dengan plugin
  • Beberapa Search Engine menyukai situs-situs dari WordPress
  • Dan juga bisa menambahkan bannyak pengguna

2. Membangun Konten BlogMembangun Konten Blog

Berbicara tentang sebuah konten tentu banyak sekali jenisnya. Ada blog yang membahas tentang otomotif, ada yang teknologi, agama, berita, hobi bahkan ada yang membahas campuran dari berbagai topik.

Namun jika ingin membuat konten akan lebih baik fokus pada satu jenis pembahasan yang spesifik saja. Karena jika membuat blog campuran membutuhkan topik yang luas, pemasaran sulit, biaya besar, sulit mendapatkan pelanggan tetap dan membutuhkan penulis yang handal.

Contohnya kalau anda ingin membuat blog tentang teknologi maka fokuslah pada topik tersebut. Semakin lama kamu memuat tentang satu topik maka orang akan semakin mengenal ciri khas blog kamu. Karena ciri khas itu sangat penting, misalnya orang ingin mencari tentang “rekomendasi smartphone terbaru” secara otomatis opsi pertama yang ia pikirkan adalah blog milik kamu.

Menentukan ide artikel sendiri tidak lah sesulit itu, begini cara menemukan ide yang baik :

  • Menemukan website yang satu topik dengan kita lalu kita bisa menulis artikel yang sama dengan mengambil sudut pandang yang berbeda serta menawarkan sesuatu yang berbeda.
  • Membuat judul yang menarik, kreatif dan mengintertaiment. Karena clickbait yang menarik dan berani akan membuat orang penasaran dan secara otomatis mengklik artikel kita.
  • Memasukan berbagai media visual seperti foto, video, ilustrasi dan yang lainnya. Yang bisa membuat tampilan artikel kita semakin menarik dan nyaman untuk dibaca.

3. Untuk Mendapatkan TrafikUntuk Mendapatkan Trafik

Awalan dari pengahasilan sebuah adalah trafik karena tanpanya blog anda tidak akan bisa menghasilkan uang mau seperti apapun metode monetisasinya. Untuk mendapatkan trafik ada dua cara yaitu melalui mesin pencari dan media sosial caranya ada berikut :

  • Pengoptimasian blog dari SEO ( Search Engine Optimization)

Salah satu upaya untuk meningkat visibilitas sebuah website di search engine Google dan proses optimasi tersebut mencakup pemilihan kata kunci, konten yang berkualitas, dan backlinks. Cara kerja begini ketika ada yang mengetikkan kata kunci tertentu di Google nanti hasilnya akan menampilkan blog anda di halaman pertama. Dengan begini, peluang mendapatkan trafik organik dari Google akan semakin besar.

  • Promosikan Blog Anda di Media Sosial

Jaman sekarang sudah banyak bisnis memanfaatkan media sosial untuk mendulang trafik seperti Facebook, YouTube, Instagram, Pinterent, Twitter, dan Tiktok. Media sosial yang terbaik untuk mendapatkan trafik saat ini adalah tiktok. Karena kebanyak media sosial seperti youtube dan instagram saat ini mengikuti gaya seperti tiktok dan ini sumber trafik yang paling efektif.

4. Membangun dan Menjaga Kepercayaan PembacaMembangun dan Menjaga Kepercayaan Pembaca

Salah satu hal tersulit dalam menjadi blogger adalah membangun kepercayaan dari pembaca, seperti yang sudah kami katakan di awal ciri khas itu penting. Membuat artikel dan mengupload nya itu cukup mudah, namun membuat para pembaca  selalu konsisten itu sulit. Disitulah ciri khas berperan untuk mendokrin para pembaca agar situs pertama yang dicari adalah situs kita.

Kita bisa meminta feedback dari pembaca seperti saran dan kritik , feedback berfungsi untuk menambah kepercayaan dari pembaca, memperbaiki kekurangan, sekaligus meningkatkan kualitas blog kita.

5. Menentukan  Metode Monetisasi BlogMenentukan Metode Monetisasi Blog

Google Adsense salah satu metode monetisasi yang banyak digunakan kebanyakan Blogger padahal ada banyak metode lain yang dapat memonetisasikan berikut ini :

  • Affiliate Marketing

Konsep afiliasi serhana cukup daftarkan diri menjadi pemasar afiliasi lalu akan Anda mendapatkan kode afiliasi kemudian pasang kode afiliasi di blog. Nantinya setiap kali ada penjualan dari link afiliasi maka Anda akan mendapatkan komisi. Perlu diperhatikan bahwa program afiliasi yang diikuti sebaiknya sesuai dengan topik blog Anda untuk mempermudah mendapatkan calon konsumen potensial.

  • Sumber Penghasilan Blog dari Ruang Iklan

Maksudnya adalah spot iklan untuk banner yang biasanya berada di side bar atau halaman artikel blog. Tidak Cuma blog dengan trafik tinggi saja, blog dengan trafik rendahpun bisa saja mendapatkan penawaran memasang iklan. Biasanya pengiklan memperhatikan topik utama dari sebuah blog kemudian pengiklan akan mempertimbangkan untuk beriklan atau tidak pada blog tersebut.

Namun Anda harus berani untuk berkata “Tidak”  pada saat penawaran iklan yang mempromosikan produk yang tidak berhubungan dengan blog Anda. Karena ini akan membingung kan pembaca dengan iklan-iklan yang ada dan ini akan merugikan Anda dan pengiklan.

  • Sumber Penghasilan Blog dari Menjual Jasa atau Produk Sendiri

Anda dapat menawarkan jasa atau produk milik Anda ke para pembaca blog Anda dan lakukan dengan cara yang kreatif. Tapi perlu diperhatikan, jika Anda ingin menawarkan jasa kepada pembaca maka pastikan jasa tersebut berhubungan dengan topik blog Anda.

  • Sumber Penghasilan Blog dari Artikel Sponsor atau Endorsement

Salah satu cara menghasilkan uang  dengan membuat artikel sponsor atau endorsement yang biasanya disebut dengan Paid for review. Banyak sekali pebisnis yang berani bayar mahal demi produknya atau bisnisnya diulas di blog orang lain. Terkadang ada juga permintaan guest post dari website lain untuk mendapatkan backlink ini bisa dilakukan ketika sedang melakukan kampanye SEO.

  • Sumber Penghasilan  Blog dari Google Adsense

Salah satu cara mendapatkan uang dari blog yang paling banyak dilakukan oleh para blogger adalah menjadi publisher Google Adsense. Penghasilan dari Google Adsense di dapat dari klik iklan dan jumlah tayangan Adsense di blog. Terkesan sangat menjanjikan untuk para blogger sehingga tidak perlu kerepotan mencari pengiklan, cukup fokus membuat artikel dan meningkatkan jumlah pembacanya. Tetapi , klik iklan di blog Indonesia masih sedikit sehingga tidak cocok bila blog Anda memiliki trafik yang masing tanggung.

  • Menghasilkan Uang dengan Menjual Blog

Cara terakhir untuk mendapatkan uang dari blog adalah dengan menjual blog. Mungkin akan terasa berat menjual blog yang sudah Anda bangun dengan susah payah. Ini salah satu opsi jika Anda sudah tidak punya waktu atau sudah tidak mampu mengelola blog tersebut. Anda mungkin bisa menjual nya ke forum komunitas publisher Indonesia, Ads.id karena di forum ini biasanya orang menjual blognya.

Itulah cara memanfaatkan blog supaya dapat uang, apapun pekerjaannya setelah bersabar jika mau berhasil kuncinya cuman satu konsisten.  Apakah kalian berminat jadi seorang blogger? Baiklah, Sampai jumpa !!!

Continue Reading