Perkembangan zaman saat ini mulai berdampak pada kemajuan teknologi terutama pada Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan yang semakin canggih. Salah satunya dalam bidang penulisan atau yang biasa disebut dengan AI Writer.

Anda bisa menggunakan AI Writer untuk menulis artikel di blog, caption, dan e-mail. Bahkan AI juga dapat memeriksa ejaan dan tata bahasa yang benar. Pada intinya, mereka akan menuliskan sebuah tulisan instan untuk Anda.

Tapi tentu saja, kecerdasan buatan adalah teknologi buatan yang memiliki kekurangan. Lantas, apa saja kelebihan dan kekurangan menulis dengan kecerdasan buatan atau AI? Simak terus artikel ini sampai habis, ya!

Apa itu AI Writer / Membuat Artikel dengan AI?

Pertama, kita perlu membahas dari sisi artificial intelligence terlebih dahulu.

Menurut Amazon Web System, artificial intelligence adalah sebuah bidang ilmu komputer yang pada dasarnya berhubungan dengan kecerdasan manusia, seperti pengetahuan, pembelajaran, pemecahan masalah kognitif, dan pengenalan pola dalam suatu sistem.

Kecerdasan manusia tersebut ditanamkan pada sebuah sistem yang akan membantu kita dalam memecahkan masalah.

Dalam hal penulisan, sebenarnya tulisan tidak benar-benar dibuat oleh robot. Namun kecerdasan buatan akan membuatkan tulisan sesuai dengan data yang diperoleh dari jutaan informasi di internet. Jadi, apa saja kelebihan dan kekurangan dari AI writer?

Kelebihan Membuat Artikel dengan AI

Berikut adalah kelebihan menulis dengan kecerdasan buatan yang perlu Anda ketahui:

Lebih Efisien dan Cepat

Umumnya, menulis menggunakan kecerdasan buatan lebih cepat dari tulisan manusia biasa.

Sebagai perbandingan, manusia perlu 30 menit untuk riset dan membuat tulisan. Sedangkan AI hanya perlu beberapa menit. Maka dari itu, AI bisa dimanfaatkan untuk menulis berita yang sedang trending, konten sosial media, dan konten dengan bahasa asing.

Hemat Biaya

Anda perlu memiliki biaya yang cukup besar untuk merekrut penulis berkualitas. Biaya mereka juga ditentukan oleh jumlah kata, tema, dan jumlah artikel yang ditulis.

Sedangkan AI biasanya hanya memerlukan biaya perbulannya untuk langganan jasa mereka. Setelah itu, Anda bisa menulis puluhan bahkan ratusan artikel lewat AI.

Meskipun kualitas konten yang dibuat oleh penulis sungguhan akan lebih baik dan kreatif, namun AI dapat memecahkan masalah ketika tidak ada biaya untuk merekrut penulis.

Ide yang Tidak Terbatas

Manusia seringkali stuck saat menulis. Terutama ketika mereka menulis konten yang mereka tidak minati atau dipahami. Namun, AI Writer dapat memberikan outline tulisan hanya dalam waktu beberapa menit. Sekalipun itu konten yang tidak Anda mengerti.

Jadi AI dapat membantu Anda dalam menentukan ide tulisan. Outline yang telah diberikan oleh AI tinggal Anda kembangkan dan hal tersebut menjadi tulisan yang berkualitas.

Kekurangan Membuat Artikel dengan AI Writer

Kecerdasan buatan dibuat oleh manusia, tentu saja memiliki kekurangan seperti di bawah ini:

Kualitas Konten Artikel dari AI Kurang Baik dan Rawan Plagiarisme

Meskipun AI menghasilkan pembuatan konten yang lebih cepat, tapi perlu Anda tahu bahwa AI masih mengandalkan data dan algoritma untuk menulis sesuatu.

Jadi artikel yang dihasilkan pun sebenarnya adalah gabungan dari sumber-sumber yang ada di internet. Alur penulisan pun tentu dirasa kurang baik jika dibandingkan dengan hasil tulisan manusia. Selain itu, karena kualitasnya yang kurang baik akibat dari “comot” data dari internet, tulisan hasil AI rawan sekali terkena plagiarisme.

Tentu hal ini sangat tidak didukung oleh Google, dan tulisan Anda bisa terkena violation. Buruknya lagi bisa jadi website Anda akan diblokir oleh Google.

Artikel dari AI tidak SEO Friendly dan merusak Algoritma Google

Google menekankan bahwa search engine result page (SERP) cenderung mendahulukan konten original yang dibuat oleh manusia. Terutama dengan aspek SEO yang baik.

Masalahnya, konten yang dibuat oleh AI adalah tulisan instan. Yang mana tulisan tersebut tidak didahulukan dengan riset dan analisis SEO yang baik.

Jika bingung mengoptimasi SEO pada Artikel, gunakan Jasa Penulis Artikel SEO

Artikel dari AI Kurang Dipercaya dan Kurang Valid

Terlalu banyak menggunakan hasil tulisan dari AI juga akan mengurangi E-A-T dari suatu artikel. E-A-T adalah expertise, authoritativeness, and trustworthiness.

Perlu Anda ketahui kalau Google juga menggunakan EAT untuk membedakan mana konten yang berkualitas dan kurang berkualitas.

Biasanya, pembaca akan langsung menilai konten yang Anda buat terpercaya atau tidak. Informasi yang diberikan AI tentu masih banyak kesalahan.

Tentu, Google akan menilai reading time dan pembaca akan kurang percaya dengan tulisan Anda jika itu hasil mentah-mentah dari AI. Yang mana tulisan tersebut memiliki banyak kesalahan dan tidak ada sumber yang valid.

Tidak Ada Kreativitas dan Orisinalitas

Kreativitas dan orisinalitas adalah dua aspek yang sangat penting dalam sebuah tulisan. Yaitu tentang bagaimana Anda bisa mengajak dan berinteraksi dengan pembaca.

Karena AI tidak mempunyai teknologi untuk mengerti emosi dan keadaan, tentu kualitas tulisan manusia akan lebih baik daripada AI.

Karena seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, AI mengambil sumber dari konten dan data yang sudah ada dari sistem internet. Jadi, AI belum bisa mengerti cara membuat konten yang kreatif dan orisinil.

Contoh AI Text Generator, Tools Pembuat Artikel dengan AI

Di bawah ini ada beberapa tools ai writer yang bisa Anda coba. Ada yang berbayar dan gratis:

Jasper.ai

AI writer yang satu ini memiliki fitur untuk mengubah gaya tulisan seperti tulisan yang Anda input sebelumnya. Jadi Jasper.ai bisa menyesuaikan gaya tulisan semaumu.

ai writer contoh

Selain itu, sebelum Anda berlangganan juga diberikan free trial untuk 10.000 kata! Meskipun Jasper.ai adalah software berbayar, tapi mereka menyediakan banyak garansi, seperti grammar error-free, layanan 24 jam, hasil bebas plagiarisme, dan menulis lebih dari 25 bahasa.

CopyAI

Selain membuat artikel untuk blog, CopyAI bisa membuat berbagai macam konten media sosial, email sales, deskripsi produk, dan masih banyak lagi. Pada intinya, CopyAI menyediakan banyak template untuk Anda pilih.

Software AI yang bisa menerjemahkan 25 bahasa ini juga menyediakan pilihan paket gratis seumur hidup dan paket berbayar atau pro. Yang mana, dengan paket pro Anda bisa memakai semua fitur yang ada di CopyAI.

Zyro

Zyro merupakan produk dari web hosting asal Lithuania, Hostinger. Interface yang ringan serta pilihan topik yang beragam dapat membantu Anda dalam menulis konten yang diinginkan.

Cara menggunakannya pun cukup mudah. Anda tinggal perlu memasukkan topik atau sedikit tulisan yang diinginkan dan Zyro akan menuliskan konten tersebut untuk Anda.

Fitur dari Zyro dapat anda akses secara gratis, meskipun mereka juga menyediakan paket berbayar yang termasuk dengan pembuatan website atau blog gratis.

Growthbar

Bagi Anda yang ingin menulis artikel SEO, Growthbar bisa jadi cocok untuk Anda. Sebab, software AI ini menawarkan riset keyword saat Anda menginput topik yang diinginkan. Setelah itu, Growthbar akan memberikan outline dari artikel yang Anda inginkan.

Sayangnya, Growthbar tidak menyediakan layanan gratis. Namun, tentu software ini akan membantu Anda dalam membuat artikel SEO yang berkualitas.

Rytr

Sama seperti Growthbar, Rytr adalah software AI writing untuk membuat konten atau artikel. Mereka menjual bebas plagiarisme dan kualitas grammar yang baik.

Untuk mencobanya, Anda diberikan paket gratis dengan maksimal 5.000 kata. Lengkapnya, paket langganan Rytr dapat Anda cek di sini.

Grammarly

Software yang satu ini rasanya jadi extension Chrome yang wajib Anda sematkan jika Anda sering menulis dalam Bahasa Inggris. Grammarly akan mengoreksi grammar, kosakata, typo, dan style penulisan.

Plusnya, Grammarly tidak memerlukan langganan alias gratis untuk menggunakan sejumlah fiturnya. Namun, jika ingin membuka semua fiturnya, Anda perlu berlangganan paket berbayarnya.

INK

INK adalah software untuk membantu Anda dalam menulis artikel yang SEO-Friendly dan menyediakan tips-tips seputar artikel yang Anda tulis.

UI yang memanjakan mata dan tips-tips berguna akan membuat Artikel anda semakin berkualitas. Ditambah lagi, INK juga menyediakan pilihan layanan gratis yang dapat kamu akses meski fiturnya terbatas.

Tips Menulis Menggunakan Kecerdasan Buatan atau AI

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan dari AI writer dan software-softwarenya, ada beberapa tips untuk menggunakannya dengan bijak, berikut adalah tipsnya:

Gunakan Kecerdasan Buatan Sebagai Tools Pendukung

Jangan pernah menggunakan AI Writer dan posting hasil tulisannya secara mentah-mentah. Karena bisa terdeteksi plagiarisme oleh Google dan website Anda bisa terblokir.

Selalu Cek Sumber dari Hasil Tulisan

AI menggunakan sumber dan data yang ada di internet. Jadi, selalu periksa valid atau tidak sumber yang digunakan. Tentu agar tulisan Anda memenuhi aspek EAT yang diinginkan Google.

Perbaiki Tata Bahasa dan Tanda Baca

Berdasarkan pengalaman pengguna, hasil tulisan dari AI memiliki tata bahasa yang kurang baik dan tanda baca yang berantakan. Pastikan untuk edit konten Anda ketika menggunakan AI Writer.

Terakhir, Cek Plagiarisme dan Edit Konten Agar Nyaman Dibaca

Selalu cek plagiarisme pada artikel Anda. Selain itu tambahkan aspek-aspek SEO yang dibutuhkan agar mendapatkan traffic yang Anda inginkan. Setelah itu, edit tulisan sehingga terlihat seperti tulisan yang ditulis oleh manusia, bukan robot.

Itulah beberapa tips dari kami untuk menggunakan AI Writer. Telusuri kelebihan dan kekurangannya untuk mendapatkan hasil tulisan yang terbaik, ya!

Continue Reading