Sejak Facebook dirilis pada tahun 2000-an, media sosial menjadi salah satu platform internet yang paling banyak digunakan oleh masyarakat dunia. Bukan hanya dari kalangan remaja saja, namun media sosial juga banyak digunakan oleh para professional dalam memasarkan bisnis/produknya.

Ya, selain sebagai platform internet dengan jumlah pengguna terbanyak, situse media sosial Facebook khususnya juga menjadi tempat pemasaran digital terbaik.

Menariknya, Facebook bukan termasuk pencarian Google, akan tetapi pencarian pada platform media sosial justru bisa memberi pengaruh yang lebih besar pada bisnis lokal. Ya, jika sebelumnya Anda berulang kali disarankan untuk meningkatkan kualitas konten serta memaksimalkan strategi SEO lokal demi mencapai traffic yang sempurna, kali ini Anda bisa sedikit berpindah haluan.

Dengan kata lain, penggunaan media sosial sebagai sarana promosi brand lokal jauh lebih efektif. Ya sebab pencarian pada Facebook biasanya akan menjurus pada area sekitar terlebi dahulu.

Nah buat Anda yang sedang berkecimpung dengan optimasi promosi merk melalui jejaring media sosial, berikut adalah strategi yang bisa membantu Anda mendapatka efek jauh lebih maksimal.

  1. Jangan Lelah Untuk Perbarui Bisnis Anda

Salah satu tips terbaik agar bisnis Anda bisa berkembang pesat melalui pemasaran media sosial, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah selalu perbaharui bisnis Anda. Sama seperti informasi yang terdaftar pada Google Bisnisku, profil Facebook Anda pun harus selalu diperbaharui agar setiap pengunjung akan mendapatkan info yang akurat.

Saat ini begitu banyak akun Facebook yang hanya menampilkan informasi-informasi lawas dan pastinya tidak sesuai perkembangan zaman. Parahnya lagi informasi penting seperti nomer telephone, alamat bahkan foto sudah tidak valid, sehingga membuat pengunjung akan berfikir ulang untuk menggunakan layanan/produk Anda. Profil Facebook yang sudah tidak terurus juga bisa mencerminkan bagaimana kondisi bisnis Anda saat ini.

Hal ini pastinya akan membuat brand Anda rusak secara keseluruhan. Untuk itulah, Anda sangat perlu melakukan pembaharuan pada halaman Facebook secara teratur. Mulai dari informasi utama hingga postingan semua harus up to date.

Perlu Anda ketahui, sebuah akun Facebook yang aktif akan lebih sering muncul pada beranda orang, sehingga jangkauan organiknya pun otomatis lebih banyak. Sedangkan meningkatkan frekuansi postingan akan berdampak besar pada interaksi di akun Facebook Anda. Melalu hal-hal inilah bisnis Anda bisa mulai berkembang.

  1. Menggunakan Kata Kunci dan Tagar

Bagi pemula, mungkin mencari konten yang relevan di Facebook terkesan cukup sulit. Namun sebenarnya Facebook telah memberikan fasilitas menarik yang bisa Anda gunakan untuk memudahkan pencarian. Ya Anda bisa mencari postingan public, video, foto maupun halaman di area sekitar atau pilihan yang lebih jauh secara mudah.

Pemilhan dan penggunaan kata kunci pun sama seperti penggunaan kata kunci di mesin pencarian lainya. Selanjutnya Facebook akan menampilkan konten yang terikat dengan kata kunci tersebut.

Jadi secara umum mesin pencarian Facebook sama seperti Google, dimana Anda bisa menemukan begitu banyak konten serta melihat peta, foto dan lainnya. Keserbagunaan pencarian Facebook inilah yang memungkinkan bisnis Anda berkembang.

Sedangkan untuk hashtag atau tagar sendiri dapat digunakan sebagai media media sosial. Disini Anda bisa menggunakan tagar dengan kalimat popular atau terkait dengan bisnis Anda, sehingga pelacakan menggunakan tagar pun akan lebih meng-up bisnis Anda.

Kuncinya, selalalu gunakan kata kunci dan tagar untuk memunculkan konten Anda pada pencarian popular di Facebook.

  1. Manfaatkan Ulasan serta Acara

Ulasan ialah sebuah fitur indicator kualitas yang begitu hebat karena memungkinkan pengguna untuk melihat bagaimana pendapatnya terkait kualitas layanan Anda. Tingkat interaksi pada media sosial pun terbilang sangat tinggi, sehingga tak heran jika Anda bisa mendapatkan ulasan yang begitu cepat.

Pentingnya ulasan yang setara dengan skor bisnis Anda, menjadikan Anda harus bekerja keras sehingga tak ada ulasan negative yang mampir di akun Facebook Anda.

Selain itu membuat acara juga cara yang jitu untuk mendapatkan pencapaian organic yang melejit di Facebook. Acara biasanya dimanfaatkan untuk memberitahu kegiatan apa saja yang akan dan sedang berlangsung pada bisnis Anda.

Pada pencapaian puncaknya, pemasangan acara akan menghasilkan buzz sehingga membuat interaksi pada akun Facebook Anda meningkat drastic.

  1. Manfaatkan Fitur Pencarian dalam Grup

Grup Faceboook juga menawarkan sebuah fitur pencarian yang memungkinkan Anda mencari postingan dengan kata kunci di grup tersebut secara mudah. Grup juga berfungsi khusus untuk mempromosikan merk Anda secara lebih luas.

Banyaknya anggota pada grup pastinya akan berpengaruh pada besar kecilnya interaksi yang dihasilkan oleh postingan Anda di grup tersebut. Selain itu banyak pula grup yang didedikasikan untuk menghubungkan orang dengan sebuah bisnis khusus (tertuju), dan inilah sasaran grup utama Anda.

Secara bertahap, Facebook selalu mengembangkan mesin pencarian mereka agar lebih efektif dan fleksibel bagi pengguna, pemasar media sosial dan juga professional SEO. Pengembangan inilah yang menjadikan peluang pencapaian pemasaran melalui Facebook semakin meningkat.