July 4, 2023

KPI Untuk SEO : Cara Mengukur Keberhasilan Optimasi SEO

KPI SEO Cara Cek Keberhasilan SEO

KPI (Key Performance Indicators) merupakan sebuah sistem kontrol yang dapat membantu Anda mengidentifikasi trik mana yang tidak berfungsi dan mana yang berfungsi. Mereka bekerja sebagai pedoman, serta menunjukkan kepada Anda bagaimana cara meningkatkan lalu lintas organik, peringkat kata kunci yang lebih tinggi, peningkatan konversi, dan profil backlink yang lebih kuat. Yang paling terpenting pada saat mengamati KPI yang tepat adalah cara terbaik untuk menghindari menghabiskan waktu dan anggaran khususnya untuk hal yang kurang menghasilkan keuntungan yang diharapkan.

Indikator yang Harus diperhatikan Pada KPI Untuk Mengukur SEO Website

Temukanlah indikator utama yang akan membantu Anda memahami seberapa baik strategi SEO Anda berjalan, membawa lalu lintas organik yang relevan, meningkatkan peringkat kata kunci, dengan memahami indikator KPI yang tepat Anda dapat mengambil langkah - langkah strategis yang diperlukan untuk mencapai keberhasilan yang diinginkan di dunia maya dan meningkatkan kehadiran online pada bisnis Anda. Berikut ini akan diulas indikator penting yang harus diperhatikan pada KPI untuk mengukur SEO pada situs website Anda:

Lalu Lintas Organik

KPI mengukur berapa banyak pengunjung atau orang yang membuka website Anda dari hasil pencarian organik. Hal tersebut merupakan salah satu indikator terpenting yang yang harus di pertimbangkan, karena peningkatan pengunjung atau orang yang membuka website menunjukan bahwa website Anda telah mencapai tujuan utama SEO yaitu meningkatkan jumlah orang yang melihat dan mengunjungi situs website Anda.

Anda dapat mengecek lalu lintas organik Anda dengan menggunakan Google Analytics, dengan mengecek menggunakan Google Analytics Anda dapat dengan mudah melacak penelusuran harian di lalu lintas situs web Anda. Cara yang harus Anda praktikan untuk mengecek lalu lintas organik adalah membuka laporan ‘Audiens > Overview’, klik ‘Add Segment’, dan pilih ‘Organic Traffic’.

Lalu Lintas Organik

Dalam laporan yang dihasilkan, Anda dapat melihat bagaimana jumlah sesi organik berubah setiap waktu dan mengetahui bagaimana korelasi dengan total sesi.

Peringkat Pencarian

Dapat diketahui bahwa semakin tinggi peringkat website Anda di dalam kata kunci yang relevan, maka semakin baik kualitas dari website Anda. Penting untuk melacak peringkat website Anda dengan kata kunci yang tepat. Anda dapat memantau berapa peringkat website Anda pada mesin pencarian dengan menggunakan Serpstat atau Ahrefs. Yang perlu Anda lakukan adalah dengan memasukan domain Anda, selanjutnya memilih jenis SERP, mengimpor daftar kata kunci, dan memulai untuk melakukan pelacakan peringkat.

Visibilitas Pencarian

Visibilitas pencarian atau dapat dikenal dengan visibilitas organik, merupakan salah satu KPI untuk mengukur SEO yang akan menunjukkan seberapa sering merek atau domain Anda muncul di hasil pencarian saat pengguna mencari merek Anda atau topik yang terkait. Dengan memeriksa visibilitas pencarian, Anda dapat melihat dorongan positif bahkan sebelum situs Anda mulai menarik pengunjung.

Meningkatkan visibilitas organik, Anda akan memiliki sebuah keuntungan yang signifikan karena dapat meningkatkan potensi jangkauan Anda ke pelanggan yang berpotensi untuk bisnis Anda. Dengan meningkatkan visibilitas merek Anda, Anda dapat menjangkau lebih banyak audiens dan meningkatkan peluang Anda untuk Menarik lalu lintas organik yang berharga

Meskipun beberapa orang tidak menganggap penelusuran organik sebagai metrik yang harus Anda lacak, karena merupakan metrik non-konversi, keterlihatan organik masih berhubungan erat dengan perkembangan bisnis Anda. Untuk mengukur atau melacak visibilitas organik Anda, Anda dapat menggunakan alat seperti Google Search Console :

Visibilitas Pencarian

Di laporan performa, Anda akan melihat skor dari total tayangan setiap kali pengguna datang ke halaman hasil pencarian yang berisikan URL Anda. Dengan melakukan pelacakan menggunakan alat ini, akan memberikan ilustrasi umum tentang layanan penelusuran Anda selama jangka waktu tertentu.

Lalu Lintas Bermerek

Lalu Lintas Pencarian Bermerek merupakan volume lalu lintas yang berasal dari klien yang datang ke situs web Anda melalui kata kunci bermerek. Jika kesadaran merek penting untuk merek Anda, maka lalu lintas bermerk harus menjadi KPI utama Anda. Karena pencarian sudah mengetahui apa yang mereka inginkan saat mencari kata kunci bermerek, jenis lalu lintas ini dapat menghasilkan tingkat konversi tertinggi.

Lalu Lintas Bermerek dihitung sebagai volume kunjungan ke situs web Anda yang datang melalui kata kunci bermerek di mesin pencari selama jangka waktu tertentu, misalnya bulan atau kuartal. Ini umumnya dilihat sebagai tren dari waktu ke waktu, untuk memberikan sebuah indikasi bagaimana Anda meningkatkan kesadaran merek.

Anda dapat melacak KPI ini dengan menggunakan Google Search Console, yaitu dengan :

  • Menambahkan semua kata kunci yang terkait dengan nama merek brand Anda ke filter Search Console.
  • Lacak bagaimana jumlah total klik dan tayangan berubah atau  tidak dalam waktu.

Tautan

Tautan harus selalu dianggap sebagai metrik SEO utama untuk pemasaran konten dan pakar SEO. Backlink merupakan salah satu faktor terpenting di balik peringkat sekarang. Hal ini menunjukan bahwa strategi SEO Anda harus berkisar pada perolehan tautan. Mendapatkan tautan berkualitas rendah, Anda tidak hanya akan gagal meningkatkan otoritas situs Anda, tetapi bahkan akan merusak peringkat situs web Anda.

Untuk memastikan Anda membuat profil tautan berkualitas, penting untuk melacak skor kualitasnya. Anda memerlukan salah satu alat analisis backlink untuk hal tersebut. Ada beberapa tools yang disarankan untuk Anda ketika ingin menganalisis backlink yang masing-masing dari tools tersebut menyediakan indeks otoritas tautan. Jika Anda memasukkan domain Anda, Anda akan melihat skor yang memperkirakan kualitas profil tautan Anda berdasarkan jumlah dan kualitas domain.

Contoh jika Anda menggunakan Majestic :

Tautan

ROI

ROI atau pengembalian investasi adalah indikator yang dapat Anda ukur untuk semua kampanye pemasaran Anda. Menghitung ROI untuk SEO, Anda akan menentukan apakah pendapatan bersih sebanding dengan anggaran yang Anda keluarkan untuk mengoptimalkan situs web Anda.
Berikut ini rumus untuk menghitung persentase ROI Anda:

ROI = (Laba Bersih/Investasi Awal) x 100

Berikut adalah penjelasan mengenai komponen dari rumus tersebut:

  • Laba Bersih: Laba bersih merupakan total pendapatan atau keuntungan yang dihasilkan dari investasi dikurangi dengan semua biaya, pengeluaran, atau pajak yang terkait dengan investasi tersebut.
  • Investasi Awal: Mengacu pada total biaya atau jumlah uang yang diinvestasikan dalam suatu proyek, bisnis, atau usaha lainnya.

Biaya per Klik

Berbeda dengan kampanye berbayar, Biaya Per Klik Organik (BPK) tidak terdapat jumlah yang harus Anda bayarkan kepada google untuk setiap klik dari hasil penelusuran organik. Namun, lalu lintas organik juga terdapat biaya. Biaya Per Klik Organik (BPK) menentukan jumlah yang Anda bayarkan untuk setiap pengunjung yang berasal dari hasil penelusuran organik. Anda dapat menghitung biaya ini dengan rumus berikut:

Anggaran Anda / Lalu lintas situs web

‘Anggaran Anda’ merupakan semua anggaran yang Anda keluarkan untuk pengoptimalan mesin telusur, termasuk tarif ahli SEO, alat SEO, copywriting, dan masih banyak yang lainnya.

CTR Organik

Rasio Klik-tayang (RKT) adalah metrik kinerja yang mengukur rasio klik pada tautan Anda terhadap jumlah total pengguna yang melihat hasil pencarian. Dengan kata lain, CTR tinggi berarti lalu lintas tinggi. CTR juga merupakan sinyal peringkat mesin pencari yang penting. Misalnya, jika cuplikan pencarian Anda terlihat tidak cukup menarik, peringkat tinggi pun tidak dapat membuat situs Anda menarik lebih banyak pengunjung. Akibatnya, CTR Anda meninggalkan banyak hal yang diinginkan.

CTR rendah akan memberitahu robot mesin pencari bahwa situs Anda tidak memenuhi harapan dari para pengguna, hal tersebut dapat mengakibatkan peringkat yang lebih rendah. Terdapat berbagai metode dapat Anda coba untuk meningkatkan CTR Anda, yaitu :

  • Menggunakan Ekstensi Iklan
  • Menggunakan Simbol atau Emoji
  • Menggunakan CTA
  • Memahami Pemirsa Anda

Durasi Rata-Rata Sesi

Durasi rata-rata sesi adalah KPI standar yang digunakan dalam analisis web untuk mengukur interaksi pengguna dan keberhasilan keseluruhan situs web atau aplikasi. Durasi rata-rata sesi yang lebih lama umumnya dianggap positif, karena menunjukkan bahwa pengguna menghabiskan lebih banyak waktu di platform, berpotensi terlibat dengan konten beserta fitur-fiturnya.

Metrik ini harus Anda pertimbangkan untuk mengukur keterlibatan pengguna di situs web Anda. Durasi sesi pemantauan akan dapat menilai kualitas situs Anda dan memahami apakah Anda perlu menerapkan perubahan apapun ke dalam struktur situs Anda. Dan untuk memiliki durasi sesi yang lebih lama, Anda harus membangun struktur konten yang lebih mendalam lagi.

Rasio Pentalan

Rasio Pentalan mengukur persentase para penjelajah situs web Anda yang terpental dari situs web Anda tanpa melakukan tindakan apapun. Hal ini merupakan metrik penting yang dianggap oleh google sebagai faktor peringkat. Bergantung pada industri Anda, rasio pentalan tipikalnya harus di antara 40-60%. Jika persentase terlalu tinggi, hal ini menunjukan bahwa halaman tersebut tidak relevan dengan kueri penelusuran.

Pantau rasio pentalan halaman Anda di laporan ikhtisar di Google Analytics untuk mengidentifikasi mana yang menghasilkan rasio tinggi dan coba berbagai pendekatan untuk melihat apa yang dapat membantu untuk mengurangi rasio tinggi tersebut.

Cara Menentukan KPI yang Tepat

Melacak semua metrik yang ada sekaligus, hanya akan membuang-buang waktu. Anda harus memilih sebuah rangkaian KPI individu berdasarkan tujuan dari proyek Anda. Berikut ada 3 kriteria utama yang penting untuk dipertimbangkan saat memilih indikator kinerja utama untuk mengevaluasi hasil SEO Anda :

Menetapkan Tujuan

Menentukan KPI yang tepat memerlukan pemahaman tujuan mengenai SEO website Anda. Tindakan pertama yang dapat Anda kerjakan yaitu dengan mengidentifikasi tujuan spesifik dari strategi SEO Anda, tujuan tersebut harus sepadan dengan tujuan bisnis Anda. Setelah Anda menetapkan tujuan utama SEO, selanjutnya pecahkan tujuan tersebut menjadi tujuan KPI yang lebih spesifik dan terukur. Misalnya, jika tujuan utama adalah meningkatkan lalu lintas organik, KPI Anda bisa menjadi:

  • Pertumbuhan persentase lalu lintas organik selama periode waktu tertentu.
  • Jumlah halaman terindeks di mesin pencari. 
  • Jumlah kata kunci yang ranking di halaman pertama hasil pencarian. 

Dengan menetapkan KPI yang tepat berdasarkan strategi SEO yang jelas, Anda dapat mengukur keberhasilan upaya SEO Anda dan membuat keputusan yang lebih baik dalam mengoptimalkan situs web Anda.

Menyetujui Anggaran

Menentukan KPI yang tepat dengan mempertimbangkan anggaran merupakan langkah yang penting agar Anda dapat mengukur hasil yang realistis dan sesuai dengan sumber daya yang tersedia. Setelah Anda menetapkan KPI yang relevan, tentukan target yang realistis dan sesuai dengan anggaran Anda. Dengan mempertimbangkan anggaran Anda saat menetapkan KPI untuk SEO website, Anda akan dapat merencanakan strategi yang efektif, realistis, dan dapat tercapai hasil yang sesuai dengan sumber daya.

Memilih Alat Pelacakan yang Tepat

Pilihlah alat pelacakan yang sesuai untuk kebutuhan Anda. Apakah Anda menggunakan sistem Google Analytic atau CRM? Atau apakah Anda siap untuk membeli alat pemantauan terkenal? Menyederhanakan proses pelacakan dengan mengotomatiskannya untuk menghemat waktu dan mendapatkan laporan dengan lebih detail.

Secara keseluruhan, memilih dan melacak KPI untuk SEO yang tepat sangat penting dan berharga bagi bisnis yang ingin menguji kesuksesan strategi SEO mereka dan membuat keputusan berbasis data untuk dapat bergerak maju. Dengan mengoptimalkan KPI yang relevan, dapat memperkuat kehadiran bisnis dengan meningkatkan visibilitasnya, meningkatkan tingkat konversi penjualan, dan menarik lebih banyak lalu lintas organik, yang akan berkontribusi pada pertumbuhan dan keberhasilan jangka panjang dalam ranah digital.

SUBSCRIBE

Dapatkan Informasi Teknologi terbaru langsung ke Email Anda. Subscribe Sekarang, GRATIS!
Subscribe

Baca Juga Artikel lainnya

November 16, 2023
Apa Itu SEO Offpage? & Bedanya Dengan Onpage

Tahukah Kamu, Apa Itu SEO Offpage? Ketika kita mencari sesuatu di mesin pencari seperti Google, […]

Read More
November 15, 2023
Apa Itu SEO Onpage? Dan Cara Mengoptimasinya

Mari bersama kita telusuri bersama konsep dasar "Apa itu SEO Onpage?" serta strategi praktis untuk […]

Read More
November 7, 2023
Apa Itu Backlink PBN, Ciri Web PBN Yang Bagus

Backlink PBN (Private Blog Network) adalah praktik yang umum digunakan dalam dunia SEO. Backlink PBN […]

Read More
1 2 3 23

We Are Ardata

PT. Ardata Digital Asia (Ardata Media) merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang IT dengan produknya berupa Jasa dan Produk Digital.
WA : 085741111568
SEMUA ARTIKEL
envelope
Chat Sekarang
Hi, Gunakan chat ini untuk menghubungi kami
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram