August 25, 2023

Membaca Laporan Iklan Google Ads

Membaca Laporan Iklan Google Ads

Setelah Anda membuat iklan Google Ads hingga tayang, tahap selanjutnya adalah Anda harus membaca dan menganalisa kinerja dan performa dari iklan Google Ads Anda. Selain mengandalkan pengelolaan yang baik, membaca dan menganalisa laporan iklan google ads juga penting demi pelaksanaan kampanye yang sukses.

Kali ini kami akan memberikan tutorial bagaimana caranya membaca laporan iklan Google Ads, guna dapat mengimprove performa iklan google Ads Anda kedepannya.

Membaca Ringkasan Dashboard Google Ads

Membaca Ringkasan Dashboard Google Ads

Hal utama dalam membaca laporan iklan Google Ads adalah dengan membaca ringkasan dashboard Google Ads Anda. Muncul pertama kali ketika Anda login, ringkasan dashboard ini memberikan informasi yang dapat Anda dapatkan dan dapat pula disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Informasi tersebut berisikan tentang performa serta uraian penting dari kampanye iklan Google Ads Anda.

Contohnya pada gambar diatas, halaman ringkasan dashboard Google Ads tersebut menunjukan performa dari sebuah akun Google Ads dengan jumlah klik sebanyak 220, tayangan 1,59 ribu, harga CPC rata-rata, dan juga biaya. Dengan melihat halaman dashboard ini, Anda dapat melihat apabila adanya perubahan performa secara signifikan dalam jangka waktu tertentu yang digambarkan dengan menggunakan metrik, baik itu menurun ataupun meningkat.

Membaca Matriks Hasil Iklan Google Ads

Membaca Matriks Hasil Iklan Google Ads

Membaca matriks hasil iklan google ads adalah langkah penting dalam mengukur kinerja periklanan di setiap platform. Metrik - metrik ini membawa wawasan sejauh mana iklan Anda berhasil menarik perhatian. Dapat Anda lihat pada matriks hasil iklan google ads di atas terdapat beberapa matriks diantaranya adalah klik, tygn, CTR, CPC rata-rata, dan biaya.

Berdasarkan hasil matriks iklan google ads di atas kita dapat melihat hasil dari iklan situs website laundryexpresssemarang sebagai berikut:

  • Klik : Klik adalah jumlah kali pengguna mengklik iklan Anda. Dapat Anda lihat pada iklan di situs website laundryexpresssemarang jumlah pengguna yang mengklik iklan Anda sebanyak 118.
  • Tygn : Tygn atau tayangan adalah jumlah berapa kali iklan ditampilkan, anggap saja ini sebagai total berapa kali iklan Anda dilihat oleh pengunjung. Dapat dilihat jumlah tayangan dari iklan di situs web laundryexpresssemarang adalah 921, yang artinya Iklan tersebut sudah tampil sebanyak 921 pada halaman google pengguna, entah hasil pencarian maupun lainnya.
  • CTR (Click-Through Rate) : CTR merupakan rasio jumlah klik iklan dan jumlah tayangan, dihitung dalam bentuk persentase. Cara menghitung CTR sendiri adalah :

(Jumlah klik / jumlah tayangan) x 100

Jika diimplementasikan pada contoh diatas adalah sebagai berikut:

(118 / 921) x 100 = 12.81%

Yang dapat diartikan CTR yang dih

asilkan dari iklan di situs web laundryespresssemarang sebesar 12.81%.

  • CPC (Cost Per Click): CPC merupakan biaya rata - rata yang Anda keluarkan untuk setiap klik iklan. Cara menghitung CPC adalah sebagai berikut :

Total Biaya / Jumlah Klik

Jika diimplementasikan pada contoh diatas adalah sebagai berikut:

324.521,00 / 118 = 2.750,18

Yang dapat diartikan CPC yang dihasilkan dari iklan di situs web laundryespresssemarang sebesar Rp. 2.750,18.

  • Biaya : Jumlah uang keseluruhan yang telah Anda keluarkan untuk iklan selama periode tertentu.

Mengetahui Keyword Mana Yang Paling Banyak Diklik

Mengetahui Keyword Mana Yang Paling Banyak Diklik

Di dalam membaca laporan Google Ads, Anda juga akan mengetahui keyword mana yang paling banyak diklik oleh pengunjung, salah satu contohnya ada pada gambar diatas. Di dalam kolom klik Anda akan melihat keyword mana yang paling banyak di klik sekaligus mengetahui berapa kali keyword tersebut dilihat oleh pengunjung.

Pada gambar diatas, sudah tertera bahwa kata kunci “laundry express terdekat” adalah kata kunci yang paling banyak di klik dengan jumlah 113 klik dan 768 tayangan. Perlu Anda ketahui bahwa di dalam pemasangan iklan pada Google Ads yang terpenting adalah bagaimana menggunakan kata kunci yang tepat dan bagaimana responnya, respon tersebutlah yang akan dianalisa nantinya.

Mengetahui Wilayah Mana yang Banyak Klik Iklan

Mengetahui Wilayah Mana yang Banyak Klik Iklan

Hal penting terakhir dalam membaca laporan untuk menganalisa hasil iklan yang sudah ditayangkan sebelumnya adalah laporan wilayah dengan jumlah klik iklan. Anda bisa memilih opsi lokasi dan berdasarkan luas wilayah sebelumnya, seperti provinsi, kotamadya, kode pos, wilayah kota, hingga distrik.

Berdasarkan gambar diatas, kami mendapatkan hasil wilayah mana yang mendapati banyak klik melalui iklan yang sudah ditayangkan. Hasil menunjukkan Kecamatan Pedurungan mendapati paling banyak klik yaitu sebanyak 45 klik, Kecamatan Semarang Barat sebanyak 18 klik, dan Semarang Selatan sebanyak 16 klik.

Anda bisa memilih hasil klik terbanyak mulai dari 3 hingga 5 wilayah untuk menjadi bahan analisa. Melalui hasil klik terbanyak tersebut, Anda bisa menargetkan wilayah tersebut di iklan selanjutnya. Ini berguna agar iklan yang ditayangkan bisa memberikan hasil yang maksimal dan mencapai audiens di wilayah yang tepat.

Dengan membaca laporan iklan Google Ads dan memperhatikan metrik-metrik seperti klik, biaya per klik, konversi dan lain-lain dengan baik, Anda dapat mengukur seberapa efektif kampanye yang sudah dilakukan dan mengidentifikasi peluang untuk perbaikan kampanye kedepannya. Dengan demikian, membaca laporan iklan Google Ads bukanlah hal akhir melainkan untuk melakukan perbaikan kampanye berkelanjutan.

SUBSCRIBE

Dapatkan Informasi Teknologi terbaru langsung ke Email Anda. Subscribe Sekarang, GRATIS!
Subscribe

Baca Juga Artikel lainnya

August 25, 2023
Menentukan Budget Iklan Google Ads Terbaru 2023!

Sebelumnya Anda sudah belajar mengenai cara membuat copywriting untuk iklan di google ads, setelah selesai […]

Read More
August 25, 2023
Integrasi Pembayaran Google Ads dengan Gopay

Setelah semua pengaturan dan persiapan untuk iklan Google Ads selesai dilakukan. Langkah selanjutnya Anda hanya […]

Read More
August 24, 2023
Membuat Copywriting / Isi Iklan Google Ads Yang Menarik

Setelah menentukan kata kunci atau keyword untuk iklan Anda, sekarang Anda perlu mengatur copywriting untuk […]

Read More

We Are Ardata

PT. Ardata Digital Asia (Ardata Media) merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang IT dengan produknya berupa Jasa dan Produk Digital.
WA : 085741111568
SEMUA ARTIKEL
envelope
Chat Sekarang
Hi, Gunakan chat ini untuk menghubungi kami
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram