Ketika Anda ingin membuat bisnis rumahan, platform media sosial merupakan cara strategis yang dapat digunakan untuk pemasaran bisnis Anda. Namun apakah menggunakan media sosial saja sudah cukup efektif? apakah perlu media sosial dan website sekaligus untuk memulai bisnis rumahan?

Selama pandemi Covid-19, 45% UMKM beralih ke platform digital. Hal tersebut dibarengi dengan semakin meningkatnya jumlah konsumen yang gemar berbelanja online. Di tahun 2020 saja, jumlah konsumen digital di Indonesia diprediksi sudah mencapai 137 juta orang. Bisakah bisnis Anda menjangkau peluang yang sangat besar tersebut hanya dengan memanfaatkan media sosial?

Jika Anda masih ragu dengan potensi media sosial, masih terdapat platform lain yang dapat Anda gunakan untuk memasarkan bisnis rumahan, yaitu website. Website memang dapat membuat bisnis Anda terlihat lebih professional. Namun mungkin Anda masih belum yakin untuk menggunakan website, karena Anda belum mengetahui berbagai kelebihan dan kekurangan website untuk pemasaran bisnis rumahan.

Lalu manakah platform yang lebih efektif untuk bisnis rumahan? Apakah media sosial? ataukah website? Yuk simak lebih lanjut untuk menemukan jawabannya.

Membangun bisnis dengan media sosial

Dahulu media sosial umunya hanya digunakan sebagai media berkomunikasi dan bersosialisasi. Namun seiring berkembangnya zaman, kini manfaat media sosial juga semakin berkembang luas. Salah satunya adalah untuk berbisnis. Tak heran, banyak akun-akun bisnis yang muncul pada timeline media sosial, seperti Instagram dan facebook.

Lalu apa yang membuat media sosial banyak digunakan oleh para pebisnis? Berikut alasannya :

1. Gampang dikelola
Cukup dengan update aplikasi untuk mendapat pembaruan sistem tanpa harus mengeluarkan biaya maintenance platform.
2. Gratis
Anda hanya cukup mendaftar dan akun Anda langsung bisa dapat digunakan. Semua bebas biaya kecuali jika Anda ingin beriklan.
3. Mudah digunakan
Tidak perlu membutuhkan waktu yang lama untuk mengetahui cara untuk menggunakan platform media sosial. Mulai dari mengatur akun hingga melakukan postingan hanya dilakukan dengan beberapa klik.
4. Berinteraksi langsung dengan calon konsumen
Berinteraksi dengan calon konsumen di media sosial sangatlah mudah. Anda dapat membalas pesan mereka melalui direct message dan membalas komentar mereka pada kolom komentar.
5. Jangkauan luas
Berbisnis menggunakan sosial media mempunyai kelebihan yang sangat menguntungkan. Salah satunya adalah dapat menjangkau khalayak luas. Contohnya Anda dapat memanfaatkan fitur hashtag.

Sudah gratis, gampang dikelola, mudah digunakan dan menjangkau khalayak luas. Bagi pebisnis yang baru memulai bisnisnya, tentu menggunakan media sosial terlihat sangat efektif.

Namun media sosial tidak hanya memiliki berbagai kelebihan. Platform ini juga memiliki beberapa kelemahan yang perlu Anda ketahui. Berikut adalah kelemahan dari platform media sosial :

1. Terbatasnya desain platform
Anda tidak bisa mengubah tampilan akun Anda sesuai dengan keinginan. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menyesuaikan desain konten Anda dengan karakteristik bisnis Anda.
2. Kontrol yang terbatas
Semua orang dapat memberikan komentar pada postingan Anda. Dengan demikian Anda tidak bisa mengontrol komentar-komentar yang muncul pada potingan-postingan Anda. Kecuali Anda menon-aktif kan kolom komentar.
3. Fungsi platform tidak fleksibel
Media sosial hanya dapat menjaring calon konsumennya melalui konten saja. Tidak bisa menggunakan opsi lain seperti membuat email list.

Nah itulah beberapa kekurangan yang dimiliki oleh media sosial. Kekurangan yang dimiliki oleh media sosial untugnya dapat diatasi dengan mudah oleh website. Website memberi ruang yang fleksibel untuk menampilkan karakter bisnis. Pada halaman utama, mereka dapat menerapksan desain sesuai dengan karakteristik bisnisnya. Tidak hanya itu, pada website Anda dapat memilih komentar yang tampil pada website. Dengan kata lain Anda dapat menampilkan komentar bernada positif di halaman testimonial.

Selain itu, fungsi website sangat luas. Website dapat digunakan untuk memperkenalkan bisnis, menampilakan daftar produk, menawarkan pendaftaran reseller dan membuat form pemesanan. Semua komponen tersebut tetrdapat dalam satu platform.

Hal-hal itulah yang tidak Anda dapatkan pada media sosial. Namun dengan berbagai manfaat yang dimiliki website apakah berarti bahwa website adalah pilihan yang lebih efektif untuk memulai bisnis?

Alasan Mengapa Bisnis Anda Memerlukan Website

Menurut para pebisnis yang masih awam dengan teknologi, mungkin membangun sebuah website terdengar rumit. Hal ini yang menjadi sebuah alasan bagi para pebisnis untuk mengurungkan niatnya membangun sebuah website.

Tentunya sangat banyak sekali manfaat yang akan dirasakan bagi para pebisnis yang membangun sebuah website untuk bisnisnya. Selain itu, membangun sebuah website mampu membut anda beradaptasi dengan dunia online.

Seperti yang sudah Anda ketahui, saat ini segala jenis bisnis telah memanfaatkan teknolgi digital sebagai alat untuk melakukan sebuah promosi. Nah, ini yang menjadi alasan penting mengapa bisnis Anda perlu mendirikan sebuah website.

Tidak hanya itu saja satu-satunya alasan seorang pebisnis perlu membangun sebuah website, namun ada manfaat lain yang didapatkan dalam membangun sebuah website. Simak manfaatnya berikut ini ya.

  • Mempermudah aktivitas baranding, membangun citra positif brand yang Anda miliki merupakan suatu hal yang sangat penting. Menciptakan citra positif suatu brand dilakukan dengan cara memperkenalkan nilai-nilai produk yang terkandung di dalamnya. Dengan membangun sebuah website untuk bisnis Anda, pastinya akan mempermudah aktifitas branding tersebut. Cara yang dapat digunakan untuk aktifitas branding yaitu dengan mendeskripsikan brand yang Anda miliki pada halaman “Tentang Kami” atau dengan posting artikel-artikel yang berkaitn dengan bisnis Anda pada blog.
  • Mendukung dalam aktifitas pemasaran, anda dapat melakukan kegiatan promosi di banyak tempat, mulai dari halaman pertama hingga pada halaman produk.
  • Bebas menentukan desain, anda dapat menyesuaikan desain website anda sesuai dengan keinginan anda.
  • Fungsi platform yang luas, anda dapat menggunakan website anda untuk banyak halaman. Seperti menampilkan katalog produk atau menampilkan info promosi.
  • Muncul di mesin pencari, agar orang dapat menemukan halaman pencarian Google tentunya anda perlu memiliki website, bukan ?

Namun, disisi lain anda juga harus mengetahui kelemahan – kelemahan yang dimiliki oleh website :

  • Tidak gratis, untuk membuat website anda perlu hosting dan domain. Keduanya membutuhkan biaya.
  • Semuanya dikerjakan sendiri, mulai dari memilih desain, mengelola isinya, hingga pada keamanan dan kecepatan website.
  • Perlu dipelajari, karena pengguna website tidak semudah menggunakan platform media sosial maka anda perlu melunagkan waktu anda untuk mempelajari bagaimana cara menggunakannya.

Setelah anda mengetahui mengetahui kelebihan dan kelemahan dari masing – masing platform. Sekarang saatnya anda perlu menentukan platform yang terbaik untuk mengawali bisnis rumahan!

Dan pemenangnya adalah….

Eits, Sebelum mengetahui siapa pemenangnya ?? Mari kita rangkum dulu secara singkat ya ! Taukah Anda bahwa media sosial memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh website loh ! Kelebihan tersebut Antara lain gratis, mudah digunakan, dan pengelolaannya simpel. Namun taukah Anda, Website juga memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh media sosial loh ! Kelebihan tersebut seperti bebas menyesuaikan desain, fungsi platformnya luas, serta mudah untuk muncul di mesin pencari.

Jadi jika ditanya siapa yang menjadi Pemenang nya untuk mengawali bisnis rumahan ? Maka jawabannya adalah keduanya, karena masing-masing dari media sosial maupun website memiliki kelebihan yang mampu menutupi satu sama lain, sehingga keduanya dapat saling melengkapi. Itulah mengapa keduanya sangat dibutuhkan untuk mengawali bisnis rumahan.

Ingin Membangun Bisnis dengan Media Sosial dan Website? Anda Juga Bisa!

Anda sudah siap mengawali bisnis anda ? Namun tak tau bagaimana caranya ? Tenang, caranya sangat mudah kok!

Cara Menggunakan Platform Media Sosial

  • Daftarkan bisnis Anda pada platform media sosial.
  • Pasarkan bisnis Anda pada platform media sosial. Sebagai pedoman, Anda dapat mengikuti panduan lengkap social media marketing di tahun 2020. Di dalamnya, Anda dapat menemukan trik untuk memasarkan bisnis Anda pada platform media sosial.

Cara Menggunakan Website

  • Beli paket hosting dan domain yang ingin Anda gunakan.
  • Install website Anda.
  • Isi dan kelola kontennya.

Walaupun cara menggunakan website terlihat mudah, mungkin Anda masih bingung harus mulai dari mana.

Anda tak perlu khawatir, karena Anda dapat membangun website Anda tanpa perlu memiliki keahlian coding!

Lho, memang bisa?

Tentu saja! di ardata.co.id anda dapat memiliki website sesuai keinginan anda dapat terkabul hanya dengan beberapa klik! Anda hanya memilih desain dan tema website di awal, cek domain yang ingin Anda pakai, dan websitenya sudah siap digunakan.

Continue Reading