Backlink adalah link yang terdapat dalam suatu website yang mengarah ke website utama, website utama ini dapat berupa website, halaman website ataupun direktori. Backlink dapat berperan penting dalam peringkat website anda, sudah banyak diskusi dan perdebatan mengenai kualitas dan juga kuantitas backlink yang baik. Beberapa orang menyebutkan bahwa kualitas backlink adalah hal penting suatu backlink.

Backlink dapat berasal dari sosial media dan direktori, namun kebanyakan hingga saat ini backlink berasal dari postingan blog dan juga konten website lain. Orang yang memasang backlink memiliki keinginan backlink yang dipasang dapat meningkatkan peringkat website dan mendatangkan traffic serta leads secara organik. Mari kita ketahui kegunaan dari 2 hal ini dan kita bandingkan.

Keunggulan Backlink Berkualitas

Backlink berkualitas biasanya berasal dari situs website yang memiliki domain besar dan terpercaya. Search Engine Google biasanya lebih mempercayai website website tersebut, dipercaya semakin dipercayanya website dan semakin tinggi domain authoritynya maka akan semakin baik pula kualitas backlinknya.

Biasanya, pada peringkat 60 sampai 100 akan dianggap sangat baik, dan dibawah peringkat 40 akan dianggap rendah.dengan begitu, jika anda yang ingin memiliki kualitas backlink yang tinggi, anda harus memulainya dengan menanam backlink pada situs website yang memiliki domain authority yang dan juga relevan dengan bisnis serta terpercaya pada pencarian internet.

Backlink yang berkualitas dapat bermanfaat pada domain authority dan juga peringkat SEO website anda. Dengan jaringan link yang berkualitas, anda tak perlu takut akan dampak buruk pada peringkat website anda akibat membangun link menggunakan situs website yang tidak berkualitas dan memiliki nilai spam tinggi. Backlink yang berkualitas sangat bermanfaat dalam meningkatkan traffic dan leads secara organik serta pasif seiring waktu, hal ini membantu secara aktif dalam SEO.

Kekurangan Backlink Berkualitas

Meskipun keunggulannya sangat bermanfaat di Search Engine, namun kekurangannya dapat mempengaruhi SEO. Masalah utama dari Backlink Berkualitas adalah susah untuk mendapatkannya, karena hal ini memerlukan waktu yang cukup lama dalam proses mendapatkannya. Jadi, ketika anda fokus dalam pembangunan backlink yang berkualitas dan tidak pada kuantitas backlink, anda akan mendapatkan jumlah traffic yang sangat rendah. Hasilnya, anda akan memiliki sedikit backlink berkualitas pada website dengan domain authority yang tinggi. Banyak bisnis yang mempertimbangkan hal ini karena dianggap memakan waktu yang lama dan juga rumit.

Bagaimana Cara Mendapatkan Backlink yang Berkualitas?

Menurut para ahli yang berkecimpung di bidang ini, salah satu cara yang efektif dalam mendapatkan backlink yang berkualitas adalah dengan membuat infografis yang menarik dengan informasi yang tepat serta relevan. Anda dapat fokus pada hal utama dari bisnis anda untuk mendapatkan hasil tertinggi.

Setelah selesai membuat infografis, langkah penting selanjutnya adalah mempublikasikan infografis tersebut di saluran yang tepat. Anda dapat menggunakan infografis tersebut pada konten blog ataupun konten website lainnya yang bertujuan untuk menarik lebih banyak audiens untuk membagikan link. Anda juga dapat menghubungi perusahaan lain dengan niche yang sama untuk menawarkan infografis dari anda yang dapat dibagikan kepada audiens mereka, ketika mereka membagikan konten yang berisi infografis tersebut, perusahaan pengirim akan menerima backlink dari website mereka.

Guest Blogging bisa menjadi salah satu pilihan yang bagus bagi anda untuk mendapatkan backlink yang berkualitas, selain itu melakukan pemasaran konten juga bagus dalam mendapatkan backlink yang berkualitas. Strategi ini terbukti efektif dalam meningkatkan traffic organik, konten yang memiliki setidaknya satu gambar dinilai lebih baik daripada gambar yang tidak memakai gambar sama sekali.

Kuantitas Backlink

Kita semua tahu seberapa pentingnya backlink dalam SEO dan beberapa strategi dalam pembangunan backlink. Kali ini, kita akan membahas apa yang dimaksud dengan kuantitas backlink.

Kuantitas backlink adalah menanam banyak backlink di website lain dengan kualitas yang tinggi. Namun, usaha anda dalam membangun backlink akan menjadi sia-sia jika website lain yang digunakan adalah website spam. Hal ini dapat berakibat pada penurunan reputasi website utama. Di sisi lain, ada orang yang khawatir dengan jumlah backlink sehingga memasukkan banyak link pada satu konten. Hal ini mengakibatkan adanya satu gelombang traffic yang tinggi namun dengan komitmen yang rendah. Hal ini dikarenakan backlink yang tidak berkualitas sehingga memberikan traffic yang tidak berkualitas pula, akhirnya pembangunan backlink pun menjadi tidak maksimal dan lebih mengarah ke sia-sia.

Kuantitas Link Masih Dapat Memberikan Manfaat

Meskipun begitu, kuantitas backlink masih cukup banyak digunakan oleh orang-orang karena masih memberikan beberapa manfaat. Alasan pertama adalah anda dapat dengan mudah dan cepat membuat backlink ke situs website utama anda, karena kuantitas backlink memiliki proses yang cepat. Kebanyakan dari backlink tersebut dapat meningkatkan peringkat website, seringkali kuantitas backlink membantu anda meningkatkan peringkat website lebih cepat daripada backlink yang berkualitas.

Kekurangan dari Kuantitas Backlink

Untuk dapat memiliki jumlah backlink yang banyak, seringkali orang-orang menanam backlink pada website spam yang dapat merusak SEO dan memberikan kesan negatif kepada Search Engine. Selain itu, memasukkan banyak link pada satu konten dapat menurunkan nilai dari link lainnya.Karena hal itu, seharusnya anda lebih berhati-hati saat akan membuat kuantitas backlink.

Bagaimana Mendapatkan Kuantitas Backlink?

Untuk mendapatkan kuantitas backlink, anda dapat fokus dengan testimoni dari website eksternal yang akan anda gunakan untuk menanam backlink. Dengan testimoni tersebut anda dapat mempertimbangkan apakah harus menanam backlink di website eksternal tersebut atau tidak. Ini adalah yang mudah untuk membangun link tanpa banyak usaha yang sulit.

Banyak Pemasar atau orang yang beranggapan bahwa melakukan kuantitas backlink adalah usaha yang sia sia dan hanya membuang waktu. Menurut mereka, kualitas backlink adalah satu satunya hal perlu diperhatikan dalam membangun backlink. Namun, nyatanya dua hal ini adalah hal yang sama sama dibutuhkan dalam pembangunan backlink yang efektif.

Sekarang anda sudah mengetahui keuntungan, kekurangan dan bagaimana mendapatkan backlink yang berkualitas dan kuantitas backlink. Dari informasi diatas, jika anda ingin memiliki jaringan backlink yang dapat bertahan lama dan memberi dampak baik pada SEO website anda maka menggunakan backlink yang berkualitas adalah pilihan yang tepat bagi anda.