December 22, 2023

Kerjasama Ardata & SMKN 1 Warungasem Terkait Cyber Security : Membangun Kesadaran Keamanan Digital

Kerjasama Ardata & SMKN 1 Warungasem

Dalam menyongsong era digital saat ini, pengetahuan mengenai cyber security dan perlindungan data pribadi menjadi semakin penting. Untuk itu, SMKN 1 Warungasem Batang menggelar acara "Penguatan SMK Berbasis 4.0 untuk Peserta Didik" yang menghadirkan pakar Cyber Security, Bapak Ardian Rizqi Rahmawan sebagai narasumber.

Acara yang berlangsung Selasa (12/12/2023) di Aula SMKN 1 Warungasem ini bertujuan memberikan edukasi dan literasi digital kepada para siswa terkait isu cyber crime dan cara melindungi data pribadi di dunia maya. Hal ini sangat relevan mengingat penetrasi internet dan penggunaan gadget yang masif di kalangan anak muda.

Bapak Ardian Rizqi Rahmawan merupakan CEO Ardata Media, perusahaan teknologi informasi dan komunikasi terkemuka di Semarang, sekaligus praktisi keamanan siber (cyber security). Dengan latar belakangnya ini, beliau dinilai tepat untuk berbagi pengetahuan dan pengalamannya kepada para siswa SMKN 1 Warungasem.

Dalam paparannya, Pak Ardian menjelaskan berbagai jenis ancaman siber yang kerap terjadi belakangan ini, mulai dari phising, malware, ransomware, hingga pencurian data pribadi. Ia pun memberikan sejumlah tips praktis bagi para siswa agar terhindar dari risiko-risiko tersebut.

"Jangan sembarangan klik link mencurigakan yang masuk ke email atau social media kalian. Gunakan password kuat dengan kombinasi huruf, angka, dan simbol pada semua akun. Aktifkan verifikasi 2 langkah di akun-akun penting. Dan yang terpenting, berhati-hatilah dalam membagikan informasi pribadi di internet," ujar Pak Ardian.

Lebih lanjut, Pak Ardian mengajak para siswa untuk bijak dalam memanfaatkan teknologi digital agar tidak jadi korban kejahatan dunia maya. Selalu berpikir kritis saat menerima sesuatu dari internet adalah kuncinya.

Acara yang berlangsung interaktif ini mendapat respons positif dari peserta. Mereka sangat antusias mendengarkan materi dari Pak Ardian dan sesi tanya jawab pun berlangsung dinamis. Beberapa pertanyaan menarik diajukan oleh perwakilan siswa terkait kasus cyber crime terbaru hingga prospek karir di bidang cyber security.

"Saya jadi lebih paham bagaimana melindungi data pribadi saya di internet setelah mengikuti seminar dari Pak Ardian ini. Informasinya sangat bermanfaat dan aplikatif untuk kami para siswa yang notabene pengguna aktif media sosial," ujar Devi, salah satu peserta dari kelas XII.

Kepala SMKN 1 Warungasem Suyanta mengapresiasi antusiasme para siswa dalam mengikuti kegiatan ini. Ia berharap literasi digital dan kesadaran keamanan siber mereka dapat meningkat pasca acara ini.

"Pengetahuan tentang bahaya dan cara melindungi diri dari ancaman dunia maya wajib diketahui oleh generasi muda saat ini. Kami berterima kasih atas kontribusi Pak Ardian dalam upaya edukasi cyber security kepada siswa-siswi SMKN 1 Warungasem," pungkas Pak Suyanta.

Kegiatan yang berlangsung atas kerja sama SMKN 1 Warungasem dengan Ardata Media ini diharapkan mampu memberdayakan siswa dalam mengaplikasikan kemajuan teknologi digital dengan tetap waspada terhadap risiko kejahatan dunia maya yang mungkin timbul. Generasi muda sebagai agen perubahan masa depan tentunya wajib dibekali dengan literasi digital dan pemahaman cyber security sedini mungkin agar Indonesia semakin maju dengan memanfaatkan kemajuan IT dengan bijak dan bertanggung jawab.

SUBSCRIBE

Dapatkan Informasi Teknologi terbaru langsung ke Email Anda. Subscribe Sekarang, GRATIS!
Subscribe

Baca Juga Artikel lainnya

December 22, 2023
Ardata Bekali Literasi Digital ke KLI (Keluarga Laundry Indonesia)

Keluarga Laundry Indonesia (KLI) menggelar workshop dengan topik “Laundry Digital” di Kampus UNJ Jakarta, Sabtu […]

Read More
October 10, 2022
Workshop Kewirausahaan berbasis Digital Marketing Untuk Guru SMK PK Semarang

Program pelatihan digital marketing untuk guru-guru di SMK Muhammadiyah 2 Semarang yang merupakan SMK Pusat […]

Read More
September 21, 2022
Kerjasama Ardata dengan SMK Negeri sebagai Asesor Uji Kompetensi Keahlian (UKK) Multimedia

Pemerintah telah membuat intervensi Ujian Kompetensi Keahlian untuk menjamin kualitas pendidikan pada satuan pendidikan Sekolah […]

Read More

We Are Ardata

PT. Ardata Digital Asia (Ardata Media) merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang IT dengan produknya berupa Jasa dan Produk Digital.
WA : 085741111568
SEMUA ARTIKEL
envelope
Chat Sekarang
Hi, Gunakan chat ini untuk menghubungi kami
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram