Setiap Sekolah Menengah Kejuruan tentunya memiliki kemitraan dengan Dunia Usaha, Dunia Industri, dan Dunia Kerja (DUDIKA). Dengan adanya kemitraan ini, diharapkan sekolah dapat meningkatkan layanan pendidikan, serta mempersiapkan lulusan siswanya untuk siap bekerja dalam dunia industri. Salah satu upaya dalam mewujudkan hal tersebut adalah dengan melakukan penyelarasan kurikulum bersama DUDIKA.

Pada Senin, 5 Juli 2021 Ardata di undang di SMK Salafiyah sebagai DUDIKA untuk melakukan penyelarasan kurikulum. Kegiatan ini merupakan implementasi dari Sekolah Pusat Keunggulan Direktorat SMK Kemendikbud 2021.

Penyelarasan kurikulum yang dilakukan oleh Ardata dan SMK Salafiyah bertujuan untuk menyelaraskan dunia pendidikan dengan dunia industri. Hal ini dilakukan agar kurikulum yang ada di sekolah kejuruan dapat sesuai dengan tuntutan kompetensi dan budaya kerja yang berlaku di DUDIKA. Sehingga kedepannya lulusan sekolah kejuruan dapat memiliki kemampuan dan juga keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan DUDIKA.

Dokumentasi Penyelarasan Kurikulum SMK Salafiyah

Ardata berbagi pengalaman langsung di industri sehingga dapat membuka wawasan para guru mengenai dunia industri yang ingin digeluti siswanya, melengkapi pengetahuan yang telah didapatkan siswa di sekolah, hingga peningkatan pelayanan pendidikan di sekolah yang sesuai dengan dunia industri.

Kedua belah pihak sepakat untuk saling sinergi dalam mengembangkan kompetensi siswa sebagai bentuk kepedulian industri terhadap anak bangsa. Kegiatan PKL juga menjadi perhatian utama dalam penyelarasan kurikulum ini. Program PKL telah dilakukan oleh beberapa angkatan dan telah menunjukkan semangat siswa yang tinggi dalam belajar bekerja di dunia industri.

Dengan penyelarasan kurikulum bersama DUDIKA (Ardata) ini diharapkan sekolah dapat menyesuaikan, mengatur, dan menyelaraskan antara materi ajar sekolah dengan tuntutan kompetensi di dunia industri maupun dunia kerja.

Continue Reading