August 31, 2023

7 Jurnal Penelitian Tentang Digital Marketing & Seo Terbaru

7 Jurnal Penelitian Tentang Digital Marketing & Seo Terbaru

Konsep promosi dengan pemasaran yang tradisional sudah tidak memberikan hasil yang efektif. Kini, Digital Marketing beserta SEO telah menjadi pilar utama dalam upaya memahami dan menjangkau khalayak yang lebih luas, meskipun secara digital.

Para peneliti terus berupaya untuk mengungkap wawasan baru dan strategi efektif dalam ranah digital marketing dan SEO. Sehingga, muncul jurnal-jurnal terbaru tentang digital marketing dan juga SEO.

jurnal digital marketing

Jurnal Digital Marketing & SEO 2021-2023

Berikut adalah kumpulan jurnal yang membahas mengenai digital marketing dan SEO yang terangkum mulai dari tahun 2021 - 2023:

1. Penggunaan Digital Marketing di PT Bank Syariah Indonesia dengan Pendekatan Search Engine Optimization (SEO)

Jurnal yang ditulis pada tahun 2022 oleh Annadafah dan Ubaidullah Muayyad yang merupakan mahasiswa dari Institut Ilmu Keislaman Annuqayah ini membahas mengenai penggunaan digital marketing pada salah satu lembaga keuangan di Indonesia yaitu Bank Syariah Indonesia dengan menggunakan alat untuk mengukur performa digital marketing berupa Search Engine Optimization (SEO).

Dapat diketahui bahwa digital marketing mampu dalam upaya mengiklankan serta menjual berbagai produk dan layanan yang dimiliki oleh perusahaan. Salah satunya adalah PT Bank Syariah Indonesia yang membutuhkan metode digital marketing sebagai media pemasaran untuk diterapkan pada website resmi dan sosial media mereka.

PT Bank Syariah Indonesia melakukan tindakan promosi lewat media digital dengan beberapa konsep seperti, digital device yang merupakan sebuah metode digital marketing dengan cara mempromosikan produk atau layanan menggunakan berbagai perangkat seperti smartphone, radio, komputer, TV, smartwatch, tablet. Lalu mempromosikan menggunakan metode digital platform dengan menggunakan sosial media resmi dari PT Bank Syariah Indonesia.

PT Bank Syariah melakukan metode promosi digital marketing dengan pendekatan SEO memiliki tujuan untuk melihat seberapa banyak kunjungan nasabah dan seberapa cepat produk atau layanan yang mereka tawarkan mengalami peningkatan. Dan saat melakukan proses optimasi SEO, dalam kurun waktu 3 bulan mengalami pertumbuhan yang substansial. Hal ini mengindikasikan bahwa digital marketing dari PT Bank Syariah Indonesia menerima tanggapan positif dari para nasabah yang memanfaatkan internet.

2. Pengembangan Search Engine Optimization (SEO) pada Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM

Jurnal tersebut dibuat pada tahun lalu tepatnya tahun 2022 yang ditulis oleh Tituk Utari dengan pembahasan yang membahas mengenai perkembangan teknologi internet yang semakin lama semakin maju, sehingga hal tersebut membuat para pelaku bisnis UMKM banyak memilih untuk menggunakan internet untuk dapat mengiklankan bisnis mereka sendiri.

Banyaknya pengusaha UMKM yang tersebar di internet, memungkinkan para bisnis tersebut akan bersaing untuk memperoleh pelanggan. Untuk mengatasi persaingan yang ketat antara sesama bisnis, para pengusaha UMKM harus mengetahui strategi terbaik dengan pengoptimalan search engine melalui beberapa metode, salah satunya adalah menggunakan strategi SEO.

Maka dari itu, penelitian ini ditulis untuk menganalisa rank website pada mesin pencari, yang kemudian akan dibuatkan desain sekaligus mengimplementasikan SEO off-page pada web. Yang nantinya hasil dari penelitiannya tersebut akan diimplementasikan dalam beberapa tipe web yang berbeda-beda.

3. Digital Marketing Pengaruh Digital Marketing dan Pilihan Produk Dalam Pengambilan Keputusan Minat Membeli Konsumen Pada

Marketplace Tokopedia
Anggit Suryopratomo selaku penulis jurnal ini mempublish jurnalnya di tahun 2022 yang berisikan penelitian mengenai pengaruh pemasaran digital yang terdiri dari media sosial, hingga SEO terhadap selera konsumen dan opsi produk pada tokopedia sebagai marketplace yang cukup terkenal di Indonesia.

Tujuan penelitian yang ditulis oleh Anggit ini, bertujuan untuk pengujian terhadap pengaruh antar variabel terkait yaitu minat konsumen pada marketplace tokopedia yang pada saat ini para kaum milenial banyak yang menggunakan tokopedia untuk tempat berbelanja. Maka dari itu penelitian ini akan membahas mengapa generasi milenial cenderung lebih suka berbelanja melalui Tokopedia daripada menggunakan platform belanja online lainnya

Penelitian ini memanfaatkan metode korelasi yang berarti menggunakan pengumpulan data untuk mencari hasil yang diinginkan. Penelitian ini mengambil lokasi di Bandung dengan alasan Bandung merupakan kota yang cukup besar populasi kaum milenial oleh karena itu lokasi ini dapat memudahkan penelitian untuk mendapatkan sampel yang relevan

4. Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Followers Online Shop Instagram

Jurnal yang ditulis pada tahun 2021 oleh Siti Khoziyah dan Evawani Elysa Lubis ini berisi tentang akibat dari digital marketing yang dapat merubah keputusan pembeli. Saat ini, pemasaran online merupakan suatu bentuk pemasaran yang sangat efektif dalam menjangkau pembeli dan dapat menjadi jembatan komunikasi antara penjual dengan pembeli. Pernyataan tersebut pun dapat dibuktikan melalui jurnal ini.

Menurut penelitian yang telah dijelaskan pada jurnal ini, dapat disimpulkan bahwa digital marketing sangat memberikan dampak positif dalam mempengaruhi keputusan para pembeli. Bahkan digital marketing memiliki tingkatan kuat yaitu dapat menaikan jumlah pembeli hingga 70% yang berarti memberikan pengaruh yang tinggi.

Penerapan digital marketing pada online shop @Kpopconnection memberikan hasil keseluruhan dengan pengaruh yang tinggi. Melihat budaya K-pop yang terus berkembang di Indonesia juga pada segala usia, bisnis tersebut dapat bertahan dalam persaingan yang semakin ketat. Tidak hanya berlaku pada @Kpopconnection saja, namun juga untuk toko online sejenisnya.

5. Strategi Pemasaran Melalui Google Bisnisku Dengan SEO Untuk Meningkatkan Penjualan Spandek

Pada tahun 2022, jurnal ini ditulis oleh Kristiana Widiawati bersama dengan Tri Yuliani berdasarkan penelitian strategi pemasaran dengan SEO. Penelitian yang dilakukan tersebut bertujuan untuk memahami dampak dari strategi digital marketing yang diterapkan dari perusahaan CV Patriot Baja Mas. Sebelum mengetahui digital marketing, bisnis ini melakukan pemasaran non-digital dengan hasil yang kurang memuaskan.

Penelitian tersebut memberikan hasil bahwa digital marketing bersama dengan peran SEO memiliki pengaruh yang sangat besar. Penjualan produk semakin meningkat semenjak adanya penerapan digital marketing dengan peran SEO tersebut. Dibantu dengan Google bisnisku yang terhubung dengan Google Maps secara langsung sehingga mudah untuk menemukan lokasi bisnisnya.

Adanya promosi atau pemasaran secara digital memberikan pengaruh yang tinggi, dimana penjualan produk terus meningkat. Strategi digital marketing yang dilakukan yaitu dengan google bisnisku beserta teknik SEO yang membantunya mudah dikenali oleh search engine. Peran SEO tersebut juga meningkatkan kunjungan pada profil bisnis, menandakan CV Patriot Baja Mas telah menjangkau audiens lebih luas.

6. Optimasi Kata Kunci SEO Untuk Peningkatan Pemasaran Digital

Salah satu jurnal tentang digital marketing dan seo ini ditulis pada tahun 2022 oleh Denny Purnomo. Dengan melakukan penelitian pada sebuah bisnis yang menyewakan motor dan mobil. Bisnis tersebut bernama rental mobil arbitrans yang menggunakan teknik SEO untuk melakukan pemasaran digitalnya.

Adanya transformasi digital marketing dan penerapan teknik optimasi SEO pada website Arbitrans. Kata kunci yang digunakan yaitu ‘Rental Mobil Murah dan Terpercaya di Purwokerto’ dan memberikan hasil yang optimal. Bisnis tersebut berhasil menduduki peringkat teratas, juga meningkatkan kegiatan pemasarannya secara digital.

Melalui kata kunci tersebut, website bisnis berhasil dibuat oleh Rental Mobil Arbitrans yang bisa mencapai jangkauan masyarakat lebih luas. Teknik SEO yang dilakukan berhasil menggantikan peran marketing yang memakan biaya lebih banyak. Marketing-marketing yang tidak terlalu efektif hasilnya seperti pencetakan brosur, poster, hingga spanduk.

7. Penerapan Digital Marketing Multichannel untuk Pemasaran Program Studi Sistem Informasi

Jurnal digital Marketing yang terakhir yaitu jurnal yang dibuat oleh Vania Valentina pada tahun 2022. Isi dari jurnal tersebut adalah penelitian tentang konsep multichannel digital marketing. Multichannel digital marketing sendiri merupakan sebuah upaya pemasaran digital yang menggunakan berbagai jalur. Penelitian tersebut dimulai dari pembuatan landing page, penyusunan konten, penerapan SEO pada landing page, hingga mengupayakan perkembangan secara organik di Instagram.

Dengan penerapan konsep digital marketing multichannel tersebut, terjadi adanya pertumbuhan pengikut instagram secara bertahap. Namun ketika ditambah dengan menerapkan Instagram Ads, follower instagram akan naik secara signifikan. Begitu pula pada hasil analisis sosial media lain seperti Facebook dan landing page yang terjadi peningkatan aktivitas pengguna.

Setelah dilakukannya analisis terhadap beberapa media sosial juga dapat disimpulkan bahwa saat ini instagram dan facebook lebih banyak digunakan oleh orang-orang. Selain itu, konten-konten yang dibuat juga sangat berpengaruh terhadap kenaikan atau penurunan aktivitas pengguna. Pada akun sosmed yang banyak diisi konten akan cenderung lebih disukai oleh para pengguna.

Dunia kini semakin terhubung secara digital memberikan wawasan pentingnya pemahaman tentang tren dan terobosan dalam digital marketing dan SEO. Jurnal-jurnal penelitian ini memberikan pandangan mendalam tentang bagaimana strategi pemasaran terus beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan perilaku masyarakat.

Para profesional marketer dapat mengembangkan kampanye yang lebih efektif dan relevan dalam lingkungan digital yang terus berubah tanpa henti.

SUBSCRIBE

Dapatkan Informasi Teknologi terbaru langsung ke Email Anda. Subscribe Sekarang, GRATIS!
Subscribe

Baca Juga Artikel lainnya

November 16, 2023
Apa Itu SEO Offpage? & Bedanya Dengan Onpage

Tahukah Kamu, Apa Itu SEO Offpage? Ketika kita mencari sesuatu di mesin pencari seperti Google, […]

Read More
November 15, 2023
Apa Itu SEO Onpage? Dan Cara Mengoptimasinya

Mari bersama kita telusuri bersama konsep dasar "Apa itu SEO Onpage?" serta strategi praktis untuk […]

Read More
November 7, 2023
Apa Itu Backlink PBN, Ciri Web PBN Yang Bagus

Backlink PBN (Private Blog Network) adalah praktik yang umum digunakan dalam dunia SEO. Backlink PBN […]

Read More
1 2 3 47

We Are Ardata

PT. Ardata Digital Asia (Ardata Media) merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang IT dengan produknya berupa Jasa dan Produk Digital.
WA : 085741111568
SEMUA ARTIKEL
envelope
Chat Sekarang
Hi, Gunakan chat ini untuk menghubungi kami
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram