August 8, 2022

Jasa Sistem Perpustakaan Digital untuk Sekolah & Instansi

Sebelum adanya perkembangan digital ini, masih banyak sekolah atau instansi yang menggunakan sistem perpustakaan dengan cara pencatatan manual atau pembukuan. Cara ini dinilai kurang efektif karena berkemungkinan besar terdapat banyak kesalahan dan kehilangan informasi ketika melakukan pencatatan. Dengan adanya perkembangan teknologi, kini perpustakaan dapat membentuk suatu sistem yang disebut Sistem Informasi Manajemen (SIM) Perpustakaan dan Perpustakaan Digital (Digital Library).

Suatu sekolah atau instansi tentunya sangat membutuhkan Sistem Informasi Manajemen (SIM) Perpustakaan dan Perpustakaan Digital agar dapat mengelola perpustakaan tersebut secara efektif. Pasalnya mengelola perpustakaan tidaklah suatu hal yang mudah, pustakawan harus berhadapan dengan mengelola ribuan atau bahkan ratusan ribu buku, baik dari segi jumlah maupun jenisnya. 

 

Apa itu Jasa Pembuatan Sistem Perpustakaan Digital untuk Sekolah & Instansi?

Jasa Pembuatan Sistem Perpustakaan Digital untuk Sekolah dan Instansi adalah layanan Ardata untuk membantu para Sekolah dan Instansi dalam pengelolaan perpustakaan. Dengan adanya sistem perpustakaan digital ini segala aktifitas pengelolaan perpustakaan dapat selalu termonitor secara sistematis dan terstruktur seperti pengelolaan data perpustakaan, transaksi peminjaman dan pengembalian buku. Sistem ini juga mempermudah pengunjung perpustakaan dalam memperoleh informasi secara bebas, cepat, leluasa dan nyaman.

 

Mengapa Sistem Perpustakaan Digital untuk Sekolah & Instansi?

Berikut ini adalah keunggulan dari menggunakan sistem perpustakaan digital di sekolah dan instansi :

1. Meminimalisir Kesalahan Data

Dengan adanya perpustakaan digital, segala data dan informasi perpustakaan akan tercatat secara otomatis dalam sebuah sistem. Sehingga dengan adanya perpustakaan digital ini akan meminimalisir terjadinya kesalahan data yang tidak sesuai. Selain itu dengan adanya data yang sistematis ini, pustakawan akan dapat selalu memonitor mengenai ketersediaan buku, daftar buku baru, dan rekam jejak aktivitas pengunjung perpustakaan. Dengan begitu, petugas perpustakaan pun tidak akan mengalami kesulitan saat akan proses pelaporan kepada kepala perpustakaan.

2. Memudahkan Akses Waktu

Dengan adanya perpustakaan digital, pengguna tidak perlu lagi kesulitan mencari buku yang diperlukan. Siswa yang meminjam buku maupun yang mengembalikan buku tidak perlu menunggu waktu yang lama untuk proses peminjaman/pengembalian buku. Dengan begitu perpustakaan digital ini sangat memudahkan dan mempersingkat dalam akses waktu.

3. Membangun Citra Sekolah & Instansi

Apabila suatu Sekolah dan Instansi memiliki perpustakaan yang baik, maka akan memunculkan suatu citra yang baik pula. Selain itu Sekolah dan Instansi memiliki perpustakaan yang baik dapat meningkatkan ketertarikan pengunjung untuk ke perpustakaan.

4. Biaya yang Semakin Murah

Seperti yang diketahui jika perpustakaan tanpa digital tentunya memerlukan perawatan yang lebih. Dengan perpustakaan digital, kini Sekolah dan Instansi dapat melakukan penghematan biaya seperti pembelian buku ataupun hal lainnya.

 

Fitur Apa Saja yang Diperlukan oleh Sistem Perpustakaan Digital untuk Sekolah & Instansi?

Berikut adalah fitur - fitur  dari yang digunakan dalam sistem perpustakaan digital di sekolah dan instansi :

Fitur Baca Buku Online

Fitur ini tersedia bacaan buku dengan jenis buku yang beragam. Sehingga siswa yang ingin meminjam buku akan lebih mudah ketika mencari buku yang diinginkan tanpa harus mencarinya yang akan memakan waktu.

Fitur Manajemen Transaksi 

Fitur Manajemen Transaksi ini digunakan dalam pencatatan aktivitas anggota perpustakaan seperti peminjaman, pengembalian, pemesanan dan perpanjangan buku serta pencatatan denda keterlambatan. Selain itu fitur ini juga dapat melakukan pengusulan pustaka baru.

Fitur Buku Tamu

Fitur buku tamu ini merupakan fitur yang akan digunakan dalam mencatat kedatangan anggota perpustakaan.

Fitur Scan Barcode Buku

Fitur ini dapat menyediakan scan barcode yang nantinya akan berguna untuk mencatat dan menyimpan buku apa saja yang ada di perpustakaan. Dengan fitur ini, pustakawan  tidak perlu mencatat satu persatu judul bukunya, dengan scan barcode yang ada di buku, otomatis buku tersebut akan masuk ke bagian data-data buku yang ada.

Fitur Tambahan

Fitur ini adalah fitur yang disediakan oleh layanan Ardata yang dimana dapat menambahkan fitur baru yang dibutuhkan oleh sekolah dan instansi, dan akan disesuaikan.

 

Demikian informasi seputar Perpustakaan Digital yang kami sediakan, fitur-fitur diatas dapat ditambah lagi sesuai dengan kebutuhan. Jika anda menginginkan untuk dibuatkan Sistem Perpustakaan Digital untuk Sekolah & Instansi, silahkan konsultasi dengan tim kami.

SUBSCRIBE

Dapatkan Informasi Teknologi terbaru langsung ke Email Anda. Subscribe Sekarang, GRATIS!
Subscribe

Baca Juga Artikel lainnya

June 11, 2024
Jasa Pembuatan Sistem Laporan Keuangan Akuntansi (Neraca Laba Rugi)

Dalam dunia bisnis yang kompetitif, sistem laporan keuangan yang efisien dan akurat sangat penting. Sistem […]

Read More
June 10, 2024
Jasa Pembuatan Aplikasi Web Catering Makanan

Memilih menu catering seringkali menjadi tantangan bagi pelanggan. Dengan banyaknya pilihan yang disajikan dalam satu […]

Read More
May 27, 2024
Jasa Meningkatkan Kecepatan Website (Speed Load Time)

Website yang lambat adalah mimpi buruk bagi setiap pemilik bisnis online. Pengunjung yang frustrasi dengan […]

Read More
1 2 3 32

We Are Ardata

PT. Ardata Digital Asia (Ardata Media) merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang IT dengan produknya berupa Jasa dan Produk Digital.
WA : 085741111568
SEMUA ARTIKEL
envelope
Chat Sekarang
Hi, Gunakan chat ini untuk menghubungi kami
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram