Dunia pendidikan saat ini tidak luput dari peristiwa digitalisasi. Dimana dahulu sejumlah aktivitas belajar mengajar dilakukan secara tatap muka. Akan tetapi di masa yang modern sekarang ini digitalisasi mempermudah Anda dalam melakukan segala tugasnya. Terdiri dari pertemuan secara online sampai manajemen akademik digital.

Nah, salah satu pengelolaan akademik dengan menggunakan teknologi komputer yaitu sistem akademik sekolah. Dengan adanya sistem akademik sekolah ini pula maka dunia pendidikan atau tepatnya sekolah terlihat lebih efisien dan efektif.

Apa itu Jasa Pembuatan Sistem Akademik Sekolah?

Jasa Sistem akademik sekolah adalah layanan pembuatan sistem informasi yang dibuat untuk keperluan pengolahan manajemen data akademik dengan memakai teknologi komputer. Terdiri dari proses penjadwalan belajar mengajar sampai dengan penilaian siswa yang bisa diakses secara online oleh Siswa, orangtua, dan guru. Sehingga aktivitas akademik bisa dikelola sebagai informasi yang dapat bermanfaat.

Mengapa Sistem Akademik Sekolah Diperlukan Oleh Manajemen Sekolah?

Sistem akademik sekolah, merupakan sebuah sistem yang sangat penting untuk diimplementasikan sebab bisa memudahkan aktivitas administrasi sekolah, misalnya penerimaan siswa baru, data siswa, dan lain sebagainya. Selain hal tersebut, berikut ini terdapat beberapa alasan mengapa sistem akademik sekolah diperlukan oleh manajemen sekolah, diantaranya:

  • Pihak sekolah bisa secara mudah mengelola data-data siswa, karyawan, dan guru, sebab data-data tersebut telah tersentralisasi dan tertata secara baik.
  • Pihak sekolah dapat dengan mudah melakukan tugas manajemen, pengaturan administrasi, dan kurikulum sekolah.
  • Dapat lebih efisien dalam mengimplementasikan Standar Operasional Sekolah atau biasa disingkat SOP.
  • Memudahkan proses absensi untuk guru dan karyawan sekolah.
  • Memudahkan saat adanya sebuah pengumuman yang disampaikan oleh pihak sekolah.
  • Mempermudah guru dalam melakukan ujian, sebab dengan adanya sistem akademik sekolah guru hanya melakukan upload soal dan jawaban. Kemudian, jawaban siswa akan dinilai secara otomatis oleh sistem akademik.

Fitur-Fitur Yang Harus Ada Pada Sistem Akademik Sekolah

Terdapat beberapa fitur-fitur yang harus ada pada sistem akademik sekolah. Berikut adalah sejumlah fitur-fitur yang harus ada pada sistem akademik sekolah, antara lain:

1. Fitur Penerimaan Siswa Baru (PPDB)

jasa pembuatan sistem akademik sekolah

Fitur-fitur yang harus ada pada sistem akademik sekolah yaitu fitur penerimaan siswa baru. Fitur ini mempunyai fungsi untuk merekam data-data dari calon peserta didik baru dan memberikan nomor induk siswa. Penerimaan siswa baru ini juga berperan sebagai sebuah sistem terintegrasi yang memproses penyeleksian setiap kelas serta penyaringan calon siswa baru.

Fitur penerimaan siswa baru ini sebaiknya perlu dilengkapi dengan adanya sistem pembayaran secara daring yang mempermudah calon peserta didik baru untuk melengkapi administrasi sekolah. Fitur ini pula juga perlu menyertakan tes berbasis komputer, peringkat secara otomatis, dan modul keuangan siswa.

Dengan adanya sistem penerimaan siswa baru, maka badan akademik tidak perlu kesusahan dan kesulitan dalam melayani antrian siswa yang ingin mendaftar. Calon peserta didik dapat juga melakukan pendaftaran dimana saja dan kapan saja sesuai pada peraturan yang ditetapkan oleh pihak sekolah. Fitur penerimaan siswa baru ini juga menjadikan sekolah terlihat lebih profesional.

2. Fitur Kalender Akademik

Fitur-fitur yang harus ada pada sistem akademik sekolah kedua ini yaitu fitur kalender akademik. Fitur ini cukup bermanfaat dalam mengatur dan mengelola jalannya pembelajaran sesuai pada kalender akademik yang berlaku. Selain itu, administrator bisa menambahkan data atau melakukan aktivitas kalender. Kalender akademik ini umumnya ditandai dengan adanya warna-warna. Setiap warna tersebut melambangkan keterangan yang berbeda. Contohnya yaitu warna merah menunjukan lambang untuk libur, warna hijau tua menunjukkan lambang untuk Ujian Tengah Semester, dan lainnya.

3. Fitur Kurikulum

Fitur-fitur yang harus ada pada sistem akademik sekolah ketiga ini yaitu fitur kurikulum. Fitur ini mempunyai fungsi sebagai pengelolaan data mata pelajaran yang berlaku dengan berdasarkan pada tingkatan masing-masing. Tiap tingkatan tersebut memiliki data-data mata pelajaran masing-masing. Dengan adanya fitur ini, maka badan akademik bisa melakukan manajemen mata pelajaran secara mudah.

4. Fitur Penilaian Siswa

Fitur yang harus ada pada sistem akademik sekolah selanjutnya yaitu fitur penilaian siswa. Fitur ini berfungsi sebagai proses pengevaluasian hasil pembelajaran. Dengan adanya fitur ini seorang guru bisa memasukan nilai untuk tiap masing-masing siswanya. Nilai tersebut bisa berupa satu mata pelajaran atau nilai secara keseluruhan. Sedangkan untuk siswa, fitur ini dapat membantu siswa dalam memeriksa nilai dan mengevaluasi kinerja belajar.

5. Fitur CBT Ujian Online

CBT Online

Fitur ini dapat digunakan untuk melakukan ujian secara online berbasis komputer. Guru dapat menampilkan soal-soal yang akan diujikan kepada siswa, dan semua jawaban siswa akan terekap secara rapi. Terdapat fitur timer, kode soal, hingga dapat mengacak soal supaya siswa tidak contek-contekan. Selengkapnya : Jasa Pembuatan Sistem Tes Online CAT / CBT

 

Nah, itulah informasi terkait sistem akademik sekolah. Jika anda ingin membuat sistem informasi untuk sekolah, silahkan bisa diskusi dengan tim kami

Continue Reading