Umumnya, setiap perusahaan perlu mempunyai tes psikologi dan kepribadian pada proses rekrutmen bagi calon karyawan. Jika Anda sedang mencari artikel jasa pembuatan sistem tes psikologi/kepribadian, ini adalah tempat yang tepat untuk Anda.

Apakah Anda tahu apa itu sistem tes psikologi dan kepribadian? Tes psikologi dan kepribadian adalah tes atau ujian yang biasanya digunakan untuk mengetahui watak dan sifat orang.

Tes psikologi dapat melihat potensi dan aspek yang ada dalam diri calon karyawan yang tidak terlihat secara kasat mata. Perusahaan menggunakan sistem tes psikologi ini untuk rekrutmen karyawan baru maupun untuk kenaikan jabatan.

Apa itu Sistem Tes Psikologi dan Kepribadian?

Sebagian besar perusahaan yang membuka lowongan kerja biasanya mengadakan tes psikologi atau yang biasa disebut juga dengan psikotes. Tapi apakah Anda tahu apa itu sistem tes psikologi?

Seperti namanya, sistem tes psikologi adalah ujian untuk mengetahui kemampuan berpikir, potensi, karakter, dan kepribadian pelamar kerja dan karyawan yang ingin naik jabatan.

Tes psikologi dan kepribadian tidak memiliki jawaban yang benar atau salah secara mutlak. Namun pilihan ganda berisi jawaban yang di akhir akan dihitung nilai kecocokan dengan perusahaan.

Jumlah soal tes psikologi berjumlah puluhan atau bahkan ratusan. Karena pilihan yang ada digunakan oleh recruiter untuk mengukur seberapa cocok pelamar dengan perusahaan yang dilamar.

Perusahaan menggunakan dua metode dalam tes psikologinya, offline dan online. Dampak dari pasca pandemi dan kemajuan teknologi membuat perusahaan lebih memilih untuk membuat sistem tes psikologinya sendiri.

Namun, sudah banyak sekali layanan yang menyediakan jasa pembuatan sistem tes psikologi dengan harga terjangkau. Lalu, isi dari tes psikologi yang diinginkan juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Jenis-jenis Tes Psikologi

Ada beberapa tes psikologi yang Anda perlu tahu. Biasanya, beberapa perusahaan akan menggabungkan tes ini menjadi satu kesatuan dan menjadi pertimbangan berapa budget yang dikeluarkan untuk membuat sistem tes psikologi seperti di bawah ini.

1. Tes Logika dan Aritmatika

Biasanya, tes penalaran logika dan aritmatika ini berisi soal pola, gambar, dan angka. Peserta diminta untuk melanjutkan gambar pola yang sesuai selanjutnya.

Tes ini digunakan untuk melihat ketelitian seseorang dalam pemilihan keputusan dan bagaimana berjalannya logika seseorang.

jasa pembuatan tes psikologi online

2. Tes IQ (Intelligence Quotient)

Ujian ini terdiri dari pertanyaan yang berhubungan dengan bahasa dan angka. Biasanya, tes IQ diadakan di awal ujian dan digunakan untuk mengukur kemampuan seseorang dalam bertindak, menggunakan angka, serta tata bahasa.

3. Wartegg

Tes ini diciptakan oleh seseorang bernama Ehrig Wartegg, untuk mengetahui karakter seperti cara menyelesaikan masalah, cara beradaptasi, kemauan, keuletan, dan lain-lain.

Soal dari tes ini meliputi pertanyaan 8 kotak dengan pola yang berbeda, dan menjawab apa gambar lanjutan yang ada sesuai dengan imajinasi peserta.

4. Tes Analog Verbal

Khusus tes yang satu ini, peserta perlu mempelajari sinonim, lawan kata, dan korelasi makna dari sebuah kosakata. Karena tes ini berisi puluhan soal yang mengandalkan logika dan kemampuan berbahasa.

Fungsi dari tes analog verbal adalah untuk melihat kemampuan seseorang dalam menghadapi suatu masalah dan hubungan sebab akibat.

5. Tes Psikotes Army Alpha Intelligence

Untuk mengerjakan tes AAI, peserta perlu berfokus untuk menjawab soal yang berisi kombinasi deret angka, bentuk, dan huruf.

Soal dari tes ini biasanya berkaitan satu sama lain, dan digunakan untuk melihat kemampuan daya tangkap dan kecepatan pemahaman instruksi seseorang.

6. Tes Pauli

Tugas yang perlu dilakukan dari tes ini adalah menjumlahkan masing-masing deretan angka yang ada, yaitu dari 0-9 secara vertikal. Tes ini dilakukan untuk melihat kecepatan, fokus, ketelitian, dan konsistensi dari si penjawab.

7. EPPS (Edwards Personal Preference Schedule)

Di dalam tes ini tidak ada jawaban yang benar atau salah. Peserta tes akan diminta untuk menjawab dua pernyataan yang sesuai dengan kepribadiannya.

Jika dibandingkan dengan tes-tes sebelumnya, EPPS adalah tes yang relatif paling mudah karena hanya perlu menjawab secara jujur dan sesuai dengan kepribadian masing-masing.

8. Tes Draw-a-Man

Di antara tes-tes sebelumnya, draw a man merupakan tes psikologi yang cukup jarang ditemukan. Peserta akan diminta untuk menggambar manusia dan kemudian mendeskripsikan gambar tersebut.

Tes ini digunakan untuk mengetahui kepercayaan diri, tanggung jawab, dan konsistensi seseorang dalam bekerja.

jasa pembuatan tes psikologi online

Manfaat Sistem Tes Psikologi dan Kepribadian untuk Perusahaan

Hasil dari tes psikologi dan kepribadian yang ada memiliki banyak fungsi dalam perusahaan. Berikut adalah manfaat sistem tes psikologi dan kepribadian untuk perusahaan.

1. Proses Rekrutmen

Sistem tes psikologi dapat digunakan untuk menyaring kandidat yang akan masuk ke dalam suatu perusahaan. Tes ini akan melihat potensi dan kepribadian yang tidak terlihat dari CV dan pada saat interview.

JIka seseorang mendapat hasil interview yang tidak terlalu baik namun saat psikotes ternyata hasilnya baik, maka recruiter juga dapat mempertimbangkan pelamar untuk menjadi aset yang baik untuk perusahaan.

2. Promosi Jabatan Kerja

Yang dimaksud di sini adalah sistem tes psikologi dapat melihat prediksi performa suatu kandidat. Jadi, hasil dari tes psikologi dapat membantu perusahaan untuk melihat potensi dari seorang karyawan yang sudah memiliki performa bagus sebelumnya. Misalnya untuk tujuan naik jabatan atau berpindah ke posisi lain.

3. Mengetahui Dinamika Kerja Karyawan

Tes psikologi juga dapat berguna untuk mempelajari kepribadian para karyawan atau calon anggota di sebuah divisi. Nantinya, hasil dari tes psikologi digunakan untuk melihat kepribadian para karyawan agar tim atau divisi yang ada lebih baik dan seimbang.

4. Pelatihan dan Pengembangan

Terakhir, sistem tes psikologi dapat membantu perusahaan untuk melihat kekurangan dan pelatihan apa yang dibutuhkan oleh para karyawan. Misalnya ternyata dari hasil psikotes, karyawan tersebut membutuhkan pelatihan soft skills tertentu. Sehingga, nantinya karyawan dapat tetap berkembang di dalam radar perusahaan tersebut

Harga Jasa Pembuatan Sistem Tes Psikologi dan Kepribadian

Seperti yang disebutkan tadi, jenis layanan jasa pembuatan sistem tes psikologi sangat beragam di internet. Ardata juga menyediakan jasa pembuatan sistem tes psikologi.

Harga yang diberikan tentu akan sesuai dengan fitur yang dipilih. Misalnya dari jumlah tes dan soal yang dibutuhkan.

Ardata juga akan memberikan sistem tes yang anti lemot dan anti kecurangan. Jadi, hasil tes psikologi akan lebih akurat dan aman.

Tidak hanya itu, Ardata juga menyediakan pilihan untuk pengelolaan server, troubleshooting website, dan kustomisasi sesuai preferensi desain website dari perusahaan.

Untuk harga, Anda dapat langsung berkonsultasi dengan tim kami. Silahkan kunjungi website Ardata di link berikut ini.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan terkait jasa pembuatan sistem tes psikologi dan kepribadian. Kesimpulannya adalah sistem tes psikologi sangat penting dan bermanfaat untuk kualitas perusahaan yang lebih baik.

Dengan tes psikologi dan kepribadian, perusahaan dapat melihat potensi dan kepribadian karyawan yang tersembunyi.

Akhir kata, sampai jumpa di artikel-artikel selanjutnya.

Jika sedang mencari jasa pembuatan sistem tes psikologi, coba untuk cek ke laman Ardata. Kami menyediakan jasa pembuatan sistem tes psikologi dengan harga yang terjangkau dan hasil yang berkualitas.

Continue Reading