Instagram merupakan salah satu media sosial yang digunakan oleh mayoritas pengguna internet di Indonesia. Selain itu Instagram termasuk salah satu dari lima media sosial populer di Indonesia.  Instagram memiliki banyak pengguna aktif serta fitur-fitur bagi Anda yang ingin memanfaatkan platform satu ini untuk beriklan maupun berjualan. Salah satu fitur iklan terbaru dari Instagram yang bisa Anda coba yaitu membuat Instagram ads pada story.

Selain itu, fitur Instagram lain untuk beriklan yang dapat Anda gunakan adalah fitur shop yang baru saja hadir di Instagram. Instagram membuka peluang bagi Anda pengusaha yang ingin menggunakan Instagram sebagai salah satu platform untuk jual-beli. Di sisi lain cara yang paling sering digunakan untuk mengiklankan produk Anda di Instagram adalah dengan menggunakan Instagram story. Dengan beriklan di Instagram story produk Anda memiliki peluang untuk dilihat lebih banyak pengguna Instagram. 

Pada artikel satu ini penulis akan membahas mengenai cara membuat Instagram ads pada story Anda. Sebelumnya, Anda perlu mengetahui apa itu Instagram story. Simak penjelasan berikut ini. 

Apa Itu Instagram Story? 

Membuat Instagram Ads Pada Story

Instagram story merupakan salah satu fitur yang dibuat oleh Instagram untuk membebaskan penggunanya menyebarkan serta membuat konten lebih sering. Konten yang Anda post pada fitur ini akan hilang setelah 24 jam dan tidak akan muncul pada feed Instagram Anda. 

Fitur ini akan muncul pada bagian atas feed Instagram Anda dan untuk melihat story seseorang Anda hanya perlu mengklik ikon foto profil yang muncul pada tab atau baris Instagram story. Konten story ini akan muncul sesuai dengan urutan dari terlama hingga terbaru. 

Apa Itu Instagram Story Ads Atau Iklan Instagram Story? 

Iklan pada Instagram story ini memungkinkan produk Anda untuk muncul pada tampilan fullscreen 9:16 di Instagram. Pengalaman melihat iklan secara full screen ini akan membuat calon pelanggan lebih tertarik pada produk Anda yang diiklankan secara visual. 

Pada iklan Instagram story Anda dapat menyertakan satu gambar maupun video dengan durasi 15 detik dan dapat diskip dengan label ‘disponsori’ pada atas iklan Anda. 

Pengguna Instagram yang banyak serta aktif membuat peluang untuk bisnis Anda menambah pelanggan baru melalui Instagram. Terlebih lagi iklan menggunakan Instagram dinilai lebih efektif, karena dapat menampilkan visualisasi produk Anda lebih jelas. 

Setelah mengetahui pengertian Instagram serta iklan pada Instagram story, selanjutnya Anda perlu mengetahui fitur serta tahapan-tahapan untuk dapat membuat iklan pada Instagram story Anda. 

Merencanakan Desain Iklan

Iklan pada Instagram story dapat diskip atau dilewatkan oleh pengguna Instagram. Oleh karena itu Anda perlu mendesain iklan Anda semenarik mungkin serta membuat gambar maupun video produk Anda memiliki resolusi yang baik.

Apabila Anda ingin menggunakan gambar untuk iklan Instagram story Anda, Anda perlu membuat tagline atau kalimat sederhana namun kuat yang dapat merepresentasikan produk yang Anda iklankan. Gambar pada iklan Instagram story akan berlangsung selama kurang lebih 10 detik. Jadi, usahakan pilih desain yang menarik perhatian calon pembeli, resolusi yang baik hingga tagline yang kuat. 

Jika Anda memilih menggunakan video untuk iklan Instagram story Anda, maka pastikanlah video Anda dalam bentuk format .MOV, .GIF maupun .MP4 serta berdurasi tidak lebih dari 15 detik, sedangkan ukuran video Anda dapat mencapai 2,3GB serta memiliki resolusi minimal 720p. 

Setelah merencanakan desain untuk iklan Instagram story Anda, selanjutnya Anda dapat memulai membuat iklan Instagram story Anda. 

Tips: Anda dapat menggunakan jasa desain grafis maupun agensi iklan seperti Ardata Media agar mempermudah proses desain iklan produk Anda sesuai dengan keinginan serta hasil yang memuaskan. 

Membuat Iklan Instagram Story 

Setelah memiliki desain iklan, Anda dapat menggunakan Facebook Ads Manager maupun Power Edition untuk dapat membuat iklan pada Instagram story. Berikut tahapan untuk membuat iklan pada Instagram story. 

  1. Memilih sasaran kampanye, untuk iklan Instagram story, Instagram menyediakan satu sasaran kampanye yaitu ‘reach’. 
  2. Memberi nama pada iklan Anda, setelah memilih sasaran kampanye atau iklan Anda perlu menamai iklan Anda serta menentukan target audience.
  3. Menentukan tempat iklan Anda muncul, tahap ketiga adalah memilih story Instagram sebagai fitur atau tempat di mana iklan Anda akan muncul. Caranya adalah dengan memilih opsi edit placement kemudian pilih Stories untuk platform Instagram. 
  4. Menyiapkan anggaran serta jadwal iklan, pilihlah anggaran iklan yang sesuai dengan budget Anda serta pilihlah jadwal kapan iklan Anda akan tayang. 
  5. Memilih format iklan, langkah kelima adalah memilih format iklan untuk iklan pada Instagram story Anda. Anda dapat memilih satu dari dua format iklan yang ditawarkan yaitu berupa gambar atau video. 
  6. Mengunggah gambar atau video sesuai dengan format iklan pilihan Anda. Apabila Anda memilih gambar sebagai format iklan Anda, maka Anda dapat meng klik upload images. Namun apabila Anda memilih video sebagai format iklan Anda, maka Anda dapat melihat preview video yang nantinya akan tayang untuk iklan Anda sebelum mengunggah video tersebut. 
  7. Periksalah iklan Anda sebelum proses upload selesai. Anda perlu memeriksa apakah gambar atau video, sasaran iklan, jadwal hingga anggaran dana iklan sudah benar. Apabila sudah benar, Anda dapat meluncurkan iklan Anda di Instagram story. 

Nah itulah ketujuh tahapan untuk membuat Instagram ads pada story. Lebih dari 150 juta pengguna Instagram menggunakan atau melihat Instagram story setiap harinya. Oleh karena itu, fitur Instagram story untuk beriklan merupakan salah satu fitur yang menarik untuk Anda coba. Apabila Anda menerapkan tips serta cara yang benar untuk mengiklankan produk Anda di Instagram story, tentu bukanlah hal yang mustahil kunjungan ke profil Anda semakin meningkat. 

Apabila Anda merasa kesulitan menerapkan cara-cara maupun tahapan tersebut, Anda dapat mengontak kami, Ardata Media untuk mengkonsultasikan desain maupun tagline untuk iklan Anda bahkan merencanakan iklan pada Instagram story Anda. 

 

Continue Reading