November 20, 2023

Top 7 Ide Project C++ Untuk Pemula

Top 7 Ide Project C++ Untuk Pemula

Seringkali pemula progammer merasa bingung ketika ingin membuat project pertama mereka, “project apa yang harus saya buat sebagai project pertama saya?”. Namun, jangan khawatir! Kami akan mengulas dan membahas 7 ide project C++ terbaik yang cocok untuk pemula sebagai project pertama mereka dalam memasuki dunia progamming.

Setiap proyek ini dirancang untuk membantu Anda memahami dasar-dasar bahasa pemrograman C++ dan membangun keterampilan pemrograman yang kuat. Tanpa menunggu lebih lama, mari kita mulai menjelajahi proyek-proyek menarik ini dan membimbing Anda dalam perjalanan pemrograman Anda!

1. Sistem Inventaris toko Buku 

 Ide Project C++ - sistem inventaris toko buku

Sistem Inventaris Toko Buku adalah salah satu ide project pemrograman C++ yang sangat cocok untuk pemula. Ide ini mencakup pembuatan program sederhana yang memungkinkan pengguna untuk mengelola inventaris sebuah toko buku. 

Yang akan Anda pelajari dari ide projek C++ ini adalah :

  • Struktur Data: Memahami cara menyimpan dan mengorganisir data buku dalam bentuk struktur data yang sesuai.
  • Manipulasi Data: Menggunakan fungsi-fungsi untuk menambah, mengedit, dan mencari data buku dalam inventaris.
  • Validasi Input Pengguna: Memvalidasi input pengguna untuk memastikan bahwa data yang dimasukkan sesuai dengan format yang diinginkan.
  • Pencarian dan Penyaringan Data: Memahami konsep pencarian dan penyaringan data dalam array atau struktur data.
  • Manajemen Kesalahan: Menangani situasi di mana buku yang dicari tidak ada dalam inventaris atau ketika jumlah stok yang diminta tidak tersedia.

Proyek ini memberikan pemahaman praktis dalam pengelolaan inventaris, pengolahan informasi, dan penggunaan fungsi-fungsi dasar dalam pemrograman C++. Selain itu, proyek ini juga membuka jalan bagi pemula untuk memahami konsep-konsep yang lebih kompleks dalam pengembangan aplikasi berbasis data.

Source Code untuk Ide Project C++ ini adalah sebagai berikut : 

// Omkar Nath Singh
#include<iostream>
#include<string.h>
#include<stdlib.h>

using namespace std;

class Buku {
private:
    char *penulis, *judul, *penerbit;
    float *harga;
    int *stok;

public:
    Buku() {
        penulis = new char[20];
        judul = new char[20];
        penerbit = new char[20];
        harga = new float;
        stok = new int;
    }

    void inputData();
    void ubahData();
    void tampilkanData();
    int cari(char[], char[]);
    void beliBuku();
};

void Buku::inputData() {
    cin.ignore();
    cout << "\nMasukkan Nama Penulis: ";
    cin.getline(penulis, 20);
    cout << "Masukkan Judul Buku: ";
    cin.getline(judul, 20);
    cout << "Masukkan Nama Penerbit: ";
    cin.getline(penerbit, 20);
    cout << "Masukkan Harga: ";
    cin >> *harga;
    cout << "Masukkan Stok Buku: ";
    cin >> *stok;
}

void Buku::ubahData() {
    cin.ignore();
    cout << "\nMasukkan Nama Penulis: ";
    cin.getline(penulis, 20);
    cout << "Masukkan Judul Buku: ";
    cin.getline(judul, 20);
    cout << "Masukkan Nama Penerbit: ";
    cin.getline(penerbit, 20);
    cout << "Masukkan Harga: ";
    cin >> *harga;
    cout << "Masukkan Stok Buku: ";
    cin >> *stok;
}

void Buku::tampilkanData() {
    cout << "\nNama Penulis: " << penulis;
    cout << "\nJudul Buku: " << judul;
    cout << "\nPenerbit: " << penerbit;
    cout << "\nHarga: " << *harga;
    cout << "\nStok: " << *stok;
}

int Buku::cari(char cariJudul[20], char cariPenulis[20]) {
    if (strcmp(cariJudul, judul) == 0 && strcmp(cariPenulis, penulis) == 0)
        return 1;
    else
        return 0;
}

void Buku::beliBuku() {
    int jumlah;
    cout << "\nMasukkan Jumlah Buku yang ingin dibeli: ";
    cin >> jumlah;
    if (jumlah <= *stok) {
        *stok = *stok - jumlah;
        cout << "\nPembelian Buku Berhasil";
        cout << "\nTotal Harga: Rp. " << (*harga) * jumlah;
    } else
        cout << "\nStok Buku Tidak Mencukupi";
}

int main() {
    Buku *B[20];
    int i = 0, t, pilihan;
    char judulCari[20], penulisCari[20];
    while (1) {
        cout << "\n\n\t\tMENU"
             << "\n1. Masukkan Data Buku Baru"
             << "\n2. Beli Buku"
             << "\n3. Cari Buku"
             << "\n4. Ubah Detail Buku"
             << "\n5. Keluar"
             << "\n\nMasukkan Pilihan Anda: ";
        cin >> pilihan;

        switch (pilihan) {
            case 1:
                B[i] = new Buku;
                B[i]->inputData();
                i++;
                break;

            case 2:
                cin.ignore();
                cout << "\nMasukkan Judul Buku: ";
                cin.getline(judulCari, 20);
                cout << "Masukkan Penulis Buku: ";
                cin.getline(penulisCari, 20);
                for (t = 0; t < i; t++) {
                    if (B[t]->cari(judulCari, penulisCari)) {
                        B[t]->beliBuku();
                        break;
                    }
                }
                if (t == i)
                    cout << "\nBuku Tidak Tersedia";
                break;

            case 3:
                cin.ignore();
                cout << "\nMasukkan Judul Buku: ";
                cin.getline(judulCari, 20);
                cout << "Masukkan Penulis Buku: ";
                cin.getline(penulisCari, 20);
                for (t = 0; t < i; t++) {
                    if (B[t]->cari(judulCari, penulisCari)) {
                        cout << "\nBuku Ditemukan";
                        B[t]->tampilkanData();
                        break;
                    }
                }
                if (t == i)
                    cout << "\nBuku Tidak Tersedia";
                break;

            case 4:
                cin.ignore();
                cout << "\nMasukkan Judul Buku: ";
                cin.getline(judulCari, 20);
                cout << "Masukkan Penulis Buku: ";
                cin.getline(penulisCari, 20);
                for (t = 0; t < i; t++) {
                    if (B[t]->cari(judulCari, penulisCari)) {
                        cout << "\nBuku Ditemukan";
                        B[t]->ubahData();
                        break;
                    }
                }
                if (t == i)
                    cout << "\nBuku Tidak Tersedia";
                break;

            case 5:
                exit(0);
            default:
                cout << "\nPilihan Tidak Valid";
        }
    }

    return 0;
}

2. Student Report Management System

 Ide Project C++ - student reposrt management system

Dengan proyek ini, kita memiliki kesempatan untuk mendalami konsep aliran masukan/keluaran dan pengelolaan file dalam bahasa pemrograman C++. Program yang dibuat adalah untuk menggali informasi detail siswa, termasuk nama, nomor roll, serta nilai-nilai yang diperoleh dalam setiap mata pelajaran. 

Proyek ini dirancang sebagai aplikasi konsol sederhana yang memiliki tujuan spesifik, yaitu untuk menghitung nilai siswa berdasarkan data yang dimasukkan. Penting untuk dicatat bahwa proyek ini memusatkan perhatian pada validitas masukan yang diberikan. Namun, Anda memiliki fleksibilitas untuk mengembangkannya lebih lanjut agar dapat menangani berbagai jenis masukan dengan tepat

Yang akan Anda pelajari dari ide projek C++ ini adalah :

  • Memahami bagaimana menyusun dan menyimpan data siswa dalam bentuk struktur data yang sesuai.
  • Menggunakan fungsi-fungsi untuk memanipulasi data, menghitung nilai rata-rata, dan mencetak laporan akademik.
  • Belajar cara memvalidasi input pengguna untuk memastikan bahwa data yang dimasukkan sesuai dengan format yang diinginkan.
  • Manipulasi Berkas (Opsional): Jika ingin menyimpan data siswa dalam file, Anda dapat memahami cara membaca dan menulis data ke dalam file teks.
  • Antarmuka Pengguna (Opsional): Mengimplementasikan antarmuka pengguna (GUI) untuk membuat sistem lebih ramah pengguna.

Proyek ini memberikan pengalaman praktis dalam pengelolaan data, pengolahan informasi, dan penggunaan fungsi-fungsi dasar dalam pemrograman C++. Selain itu, proyek ini juga membantu pemula memahami pentingnya validasi data dan memberikan dasar untuk memahami konsep-konsep yang lebih kompleks dalam pengembangan aplikasi berbasis data.

Source Code untuk Ide Project C++ ini adalah sebagai berikut :

#include <iostream>
#include <fstream>
#include <iomanip>
using namespace std;

// kelas yang menyimpan data
class Mahasiswa
{
    int nomorInduk;
    char nama[50];
    int nilaiBahasaInggris, nilaiMatematika, nilaiSains, nilaiBahasaKedua, nilaiKomputer;
    double rataRata;
    char grade;

public:
    void inputData();
    void tampilkanData() const;
    void hitungNilai();
    int ambilNomorInduk() const;
}; //kelas berakhir di sini

void Mahasiswa::hitungNilai()
{
    rataRata = (nilaiBahasaInggris + nilaiMatematika + nilaiSains + nilaiBahasaKedua + nilaiKomputer) / 5.0;
    if (rataRata >= 90)
        grade = 'A';
    else if (rataRata >= 75)
        grade = 'B';
    else if (rataRata >= 50)
        grade = 'C';
    else
        grade = 'F';
}

void Mahasiswa::inputData()
{
    cout << "\nMasukkan nomor induk mahasiswa: ";
    cin >> nomorInduk;
    cout << "\n\nMasukkan nama mahasiswa: ";
    cin.ignore();
    cin.getline(nama, 50);
    cout << "\nSemua nilai harus dalam skala 100";
    cout << "\nMasukkan nilai Bahasa Inggris: ";
    cin >> nilaiBahasaInggris;
    cout << "Masukkan nilai Matematika: ";
    cin >> nilaiMatematika;
    cout << "Masukkan nilai Sains: ";
    cin >> nilaiSains;
    cout << "Masukkan nilai Bahasa Kedua: ";
    cin >> nilaiBahasaKedua;
    cout << "Masukkan nilai Komputer: ";
    cin >> nilaiKomputer;
    hitungNilai();
}

void Mahasiswa::tampilkanData() const
{
    cout << "\nNomor induk mahasiswa: " << nomorInduk;
    cout << "\nNama mahasiswa: " << nama;
    cout << "\nBahasa Inggris: " << nilaiBahasaInggris;
    cout << "\nMatematika: " << nilaiMatematika;
    cout << "\nSains: " << nilaiSains;
    cout << "\nBahasa Kedua: " << nilaiBahasaKedua;
    cout << "\nKomputer: " << nilaiKomputer;
    cout << "\nRata-rata Nilai: " << rataRata;
    cout << "\nGrade mahasiswa: " << grade;
}

int Mahasiswa::ambilNomorInduk() const
{
    return nomorInduk;
}

// Deklarasi Fungsi
void buatMahasiswa();
void tampilkanSatu(int); // Menampilkan catatan tertentu
void tampilkanSemua();   // Menampilkan semua catatan
void hapusMahasiswa(int); // Menghapus catatan tertentu
void ubahMahasiswa(int); // Mengedit catatan tertentu

// MAIN
int main()
{
    char pilihan;
    cout << setprecision(2);
    do
    {
        int nomor;
        system("cls");
        cout << "\n\n\n\tMENU";
        cout << "\n\n\t1. Masukkan data mahasiswa";
        cout << "\n\n\t2. Cari data mahasiswa";
        cout << "\n\n\t3. Tampilkan semua data mahasiswa";
        cout << "\n\n\t4. Hapus data mahasiswa";
        cout << "\n\n\t5. Ubah data mahasiswa";
        cout << "\n\n\t6. Keluar";
        cout << "\n\n\tPilihan Anda (1/2/3/4/5/6): ";
        cin >> pilihan;
        system("cls");
        switch (pilihan)
        {
        case '1':
            buatMahasiswa();
            break;
        case '2':
            cout << "\n\n\tMasukkan nomor induk: ";
            cin >> nomor;
            tampilkanSatu(nomor);
            break;
        case '3':
            tampilkanSemua();
            break;
        case '4':
            cout << "\n\n\tMasukkan nomor induk: ";
            cin >> nomor;
            hapusMahasiswa(nomor);
            break;
        case '5':
            cout << "\n\n\tMasukkan nomor induk: ";
            cin >> nomor;
            ubahMahasiswa(nomor);
            break;
        case '6':
            cout << "Keluar, Terima kasih!";
            exit(0);
        default:
            cout << "Pilihan tidak valid. Harap masukkan pilihan yang benar (1/2/3/4/5/6).";
        }
    } while (pilihan != '6');
    return 0;
}

// Menulis detail mahasiswa ke file
void buatMahasiswa()
{
    Mahasiswa mhs;
    ofstream berkas;
    berkas.open("mahasiswa.dat", ios::binary | ios::app);
    mhs.inputData();
    berkas.write(reinterpret_cast<char *>(&mhs), sizeof(Mahasiswa));
    berkas.close();
    cout << "\n\nCatatan mahasiswa telah dibuat.";
    cin.ignore();
    cin.get();
}

// Membaca catatan dari berkas
void tampilkanSemua()
{
    Mahasiswa mhs;
    ifstream berkas;
    berkas.open("mahasiswa.dat", ios::binary);
    if (!berkas)
    {
        cout << "Berkas tidak dapat dibuka! Tekan tombol apa pun untuk keluar.";
        cin.ignore();
        cin.get();
        return;
    }
    cout << "\n\n\n\t\tMENAMPILKAN SEMUA CATATAN\n\n";
    while (berkas.read(reinterpret_cast<char *>(&mhs), sizeof(Mahasiswa)))
    {
        mhs.tampilkanData();
        cout << "\n\n====================================\n";
    }
    berkas.close();
    cin.ignore();
    cin.get();
}

// Membaca catatan tertentu berdasarkan nomor induk
void tampilkanSatu(int n)
{
    Mahasiswa mhs;
    ifstream berkas;
    berkas.open("mahasiswa.dat", ios::binary);
    if (!berkas)
    {
        cout << "Berkas tidak dapat dibuka... Tekan tombol apa pun untuk keluar.";
        cin.ignore();
        cin.get();
        return;
    }
    bool ditemukan = false;
    while (berkas.read(reinterpret_cast<char *>(&mhs), sizeof(Mahasiswa)))
    {
        if (mhs.ambilNomorInduk() == n)
        {
            mhs.tampilkanData();
            ditemukan = true;
        }
    }
    berkas.close();
    if (!ditemukan)
        cout << "\n\nCatatan tidak ada.";
    cin.ignore();
    cin.get();
}

// Mengubah catatan untuk nomor induk tertentu
void ubahMahasiswa(int n)
{
    bool ditemukan = false;
    Mahasiswa mhs;
    fstream berkas;
    berkas.open("mahasiswa.dat", ios::binary | ios::in | ios::out);
    if (!berkas)
    {
        cout << "Berkas tidak dapat dibuka. Tekan tombol apa pun untuk keluar...";
        cin.ignore();
        cin.get();
        return;
    }
    while (!berkas.eof() && !ditemukan)
    {
        berkas.read(reinterpret_cast<char *>(&mhs), sizeof(Mahasiswa));
        if (mhs.ambilNomorInduk() == n)
        {
            mhs.tampilkanData();
            cout << "\n\nMasukkan detail mahasiswa yang baru:" << endl;
            mhs.inputData();
            int pos = (-1) * static_cast<int>(sizeof(mhs));
            berkas.seekp(pos, ios::cur);
            berkas.write(reinterpret_cast<char *>(&mhs), sizeof(Mahasiswa));
            cout << "\n\n\tCatatan Diperbarui";
            ditemukan = true;
        }
    }
    berkas.close();
    if (!ditemukan)
        cout << "\n\nCatatan Tidak Ditemukan";
    cin.ignore();
    cin.get();
}

// Menghapus catatan dengan nomor induk tertentu
void hapusMahasiswa(int n)
{
    Mahasiswa mhs;
    ifstream berkasBaca;
    ofstream berkasTulis;
    berkasBaca.open("mahasiswa.dat", ios::binary);
    if (!berkasBaca)
    {
        cout

3. Permainan Menebak Nomor Kasino

 Ide Project C++ - membuat game casino

Permainan Menebak Nomor Kasino adalah salah satu proyek menarik dalam daftar Top 7 Ide Project C++ Untuk Pemula. Proyek ini membawa pemain kembali ke pengalaman perjudian kasino klasik di mana mereka diberi kesempatan untuk menebak nomor acak dan memenangkan taruhan. Dalam proyek ini, pemain dapat mengasah keterampilan menebak mereka sambil memahami konsep dasar pengambilan keputusan dalam pemrograman.

Yang akan Anda pelajari dari ide projek C++ ini adalah :

  • Memahami cara menggunakan fungsi-fungsi dasar dalam C++ untuk menghasilkan angka acak, menerima input dari pengguna, dan menghitung hasil permainan.
  • Menggunakan struktur percabangan untuk mengelola alur permainan berdasarkan pilihan pemain.
  • Memahami cara variabel digunakan untuk melacak saldo pemain, taruhan, dan nomor yang ditebak.
  • Memahami cara menangani situasi ketika pemain memasukkan taruhan yang melebihi saldo yang dimiliki.

Proyek ini memberikan pemahaman praktis tentang bagaimana membangun permainan sederhana dengan interaksi pengguna, aturan permainan, dan manajemen saldo. Ini juga membuka jalan bagi pemula untuk memahami konsep-konsep dasar dalam pengembangan permainan dan aplikasi interaktif menggunakan C++.

Source Code untuk Ide Project C++ ini adalah sebagai berikut :

#include <iostream>
#include <string> // Diperlukan untuk menggunakan string
#include <cstdlib> // Diperlukan untuk menggunakan angka acak
#include <ctime>
using namespace std;

void tampilkanAturan();
int main()
{
   string namaPemain;
   int saldo; // Menyimpan saldo pemain
   int jumlahTaruhan;
   int tebakan;
   int dadu; // Menyimpan angka acak
   char pilihan;
   srand(time(0)); // "Menginisialisasi" generator angka acak
   cout << "\n\t\t========SELAMAT DATANG DI DUNIA KASINO=======\n\n";
   cout << "\n\nSiapa Nama Anda: ";
   getline(cin, namaPemain);
   cout << "\n\nMasukkan saldo awal untuk bermain: $";
   cin >> saldo;
   do
   {
       system("cls");
       tampilkanAturan();
       cout << "\n\nSaldo Anda saat ini adalah $ " << saldo << "\n";
       // Dapatkan jumlah taruhan pemain
       do
       {
           cout << "Hey, " << namaPemain<<", masukkan jumlah taruhan Anda : $";
           cin >> jumlahTaruhan;
           if(jumlahTaruhan > saldo)
               cout << "Saldo taruhan tidak boleh melebihi saldo saat ini!\n"
                      <<"\nMasukkan jumlah taruhan kembali\n ";
       }while(jumlahTaruhan > saldo);
       // Dapatkan tebakan pemain
       do
       {
           cout << "Tebak angka taruhan antara 1 & 10 :";
           cin >> tebakan;
           if(tebakan <= 0 || tebakan > 10)
               cout << "\nAngka harus antara 1 hingga 10\n"
                   <<"Masukkan angka kembali:\n ";
       }while(tebakan <= 0 || tebakan > 10);
       dadu = rand()%10 + 1;
       if(dadu == tebakan)
       {
           cout << "\n\nAnda beruntung!! Anda memenangkan Rp." << jumlahTaruhan * 10;
           saldo = saldo + jumlahTaruhan * 10;
       }
       else
       {
           cout << "Oops, semoga beruntung lain kali !! Anda kehilangan $ "<< jumlahTaruhan <<"\n";
           saldo = saldo - jumlahTaruhan;
       }
       cout << "\nAngka pemenang adalah : " << dadu <<"\n";
       cout << "\n"<<namaPemain<<", Saldo Anda sekarang adalah $ " << saldo << "\n";
       if(saldo == 0)
       {
           cout << "Anda tidak memiliki uang untuk bermain ";
           break;
       }
       cout << "\n\n-->Apakah Anda ingin bermain lagi (y/n)? ";
       cin >> pilihan;
   }while(pilihan =='Y'|| pilihan=='y');
   cout << "\n\n\n";
   cout << "\n\nTerima kasih telah bermain. Saldo Anda sekarang adalah $ " << saldo << "\n\n";
   return 0;
}

void tampilkanAturan()
{
   system("cls");
   cout << "\t\t======ATURAN TEBAK ANGKA DI KASINO!======\n";
   cout << "\t1. Pilih angka antara 1 hingga 10\n";
   cout << "\t2. Pemenang akan mendapatkan 10 kali lipat dari uang taruhan\n";
   cout << "\t3. Jika tebakan salah, Anda kehilangan jumlah yang Anda pertaruhkan\n\n";
}

4. Games Sudoku

 Ide Project C++ - games sudoku

Permainan Sudoku adalah proyek yang sangat cocok untuk pemula dalam pemrograman C++. Sudoku adalah teka-teki logika numerik yang melibatkan mengisi angka 1 hingga 9 ke dalam kotak 9x9 sehingga setiap baris, setiap kolom, dan setiap blok 3x3 hanya berisi satu kali setiap angka. Proyek ini memungkinkan pengguna untuk memainkan permainan Sudoku dan melatih keterampilan pemecahan masalah dan logika mereka.

Yang akan Anda pelajari dari ide projek C++ ini adalah :

  • Belajar cara mengatur dan mengelola data dalam bentuk array atau matriks untuk merepresentasikan grid Sudoku.
  • Memahami cara menerima input dari pengguna, memvalidasi input tersebut, dan meresponsnya sesuai dengan aturan permainan.
  • Mengembangkan pemahaman tentang logika dan algoritma yang diperlukan untuk memecahkan teka-teki Sudoku.
  • Menyusun pesan khusus untuk interaksi dengan pengguna, seperti memberikan petunjuk atau memberikan pesan kemenangan saat permainan selesai.
  • Memahami pola dan aturan Sudoku, serta cara mengenali dan mengimplementasikannya dalam program.

Proyek Sudoku memberi pemula pengalaman langsung dalam membangun sebuah permainan yang melibatkan logika, aturan yang ketat, dan pemecahan masalah. Ini mengajarkan prinsip-prinsip dasar dalam mengelola data dan memberikan pemahaman yang baik tentang bagaimana membuat permainan sederhana namun menantang menggunakan C++.

Source Code untuk Ide Project C++ ini adalah sebagai berikut : 

#include <iostream>
#include <cstdio>
#include <cstring>
#include <cstdlib>
using namespace std;

#define empty 0
#define N 9

bool isGridSafe(int grid[N][N], int row, int col, int num);
bool isEmptyLocation(int grid[N][N], int &row, int &col);

/* Mengisi nilai pada sel-sel dengan nilai nol (belum diisi) untuk solusi Sudoku */
bool SolveSudoku(int grid[N][N])
{
   int row, col;
   if (!isEmptyLocation(grid, row, col))
      return true;

   for (int num = 1; num <= 9; num++)
   {
       if (isGridSafe(grid, row, col, num))
       {
           grid[row][col] = num;
           if (SolveSudoku(grid))
               return true;
           grid[row][col] = empty;
       }
   }
   return false;
}

/* Memeriksa apakah ada sel yang belum diisi. */
bool isEmptyLocation(int grid[N][N], int &row, int &col)
{
   for (row = 0; row < N; row++)
       for (col = 0; col < N; col++)
           if (grid[row][col] == empty)
               return true;
   return false;
}

/* Mengembalikan apakah nilai yang diassign n pada baris tertentu cocok dengan angka yang diberikan. */
bool UsedInRow(int grid[N][N], int prow, int number)
{
   for (int col = 0; col < N; col++)
       if (grid[prow][col] == number)
           return true;
   return false;
}

/* Mengembalikan true jika angka num cocok dengan angka mana pun dalam kolom. */
bool UsedInCol(int grid[N][N], int pcol, int number)
{
   for (int row = 0; row < N; row++)
       if (grid[row][pcol] == number)
           return true;
   return false;
}

/* Mengembalikan true jika entri yang diassign sudah digunakan dalam kotak grid. */
bool UsedInBox(int grid[N][N], int boxBeginRow, int boxBeginCol, int number)
{
   bool tf = false;
   for (int row = 0; row < 3; row++)
       for (int col = 0; col < 3; col++)
           if (grid[row + boxBeginRow][col + boxBeginCol] == number)
               tf = true;
   return tf;
}

/* Memeriksa apakah num bisa diassign pada lokasi prow, pcol yang diberikan. */
bool isGridSafe(int grid[N][N], int prow, int pcol, int number)
{
   return !UsedInRow(grid, prow, number) && !UsedInCol(grid, pcol, number) &&
          !UsedInBox(grid, prow - prow % 3, pcol - pcol % 3, number);
}

/* Menampilkan hasil Sudoku. */
void printResult(int finalgrid[N][N])
{
   for (int row = 0; row < N; row++)
   {
       for (int col = 0; col < N; col++)
           cout << finalgrid[row][col] << "  ";
       cout << endl;
   }
}

/* Program Utama */
int main()
{
   int grid[N][N] = {{0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0},
                     {0, 0, 0, 0, 0, 3, 0, 8, 5},
                     {0, 0, 1, 0, 2, 0, 0, 0, 0},
                     {0, 0, 0, 5, 0, 7, 0, 0, 0},
                     {0, 0, 4, 0, 0, 0, 1, 0, 0},
                     {0, 9, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 0},
                     {5, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 7, 3},
                     {0, 0, 2, 0, 1, 0, 0, 0, 0},
                     {0, 0, 0, 0, 4, 0, 0, 0, 9}};

   if (SolveSudoku(grid) == true)
       printResult(grid);
   else
       cout << "Tidak ada solusi ditemukan" << endl;

   return 0;
}

5. Login and Registration System

Login and Registration System

Sistem Login dan Registrasi (Login and Registration System) adalah ide project c++ yang memungkinkan pengguna untuk membuat akun baru (registrasi) atau masuk ke dalam akun yang sudah ada (login). Ide proyek ini sangat relevan untuk pemula karena melibatkan konsep dasar pemrograman seperti manipulasi data, input/output, dan struktur kontrol.

Konsep Dasar yang Dipelajari:

  • Input/Output (I/O): Pengguna memasukkan data melalui antarmuka pengguna (GUI) atau antarmuka baris perintah (CLI). Program harus dapat membaca input pengguna dan menampilkan pesan atau hasil yang sesuai.
  • Struktur Data: Informasi pengguna seperti nama pengguna dan kata sandi harus disimpan dengan baik, biasanya dalam bentuk struktur data seperti array atau struktur data lainnya.
  • Manipulasi File: Data pengguna dapat disimpan dalam file teks atau basis data. Sistem ini membutuhkan keterampilan dalam membaca dan menulis file.
  • Pengendalian Alur Program: Pengendalian alur program digunakan untuk mengelola proses registrasi dan login, serta untuk mengatur apakah pengguna dapat mengakses fitur tertentu berdasarkan status login mereka.
  • Keamanan: Aspek keamanan termasuk enkripsi kata sandi dan perlindungan terhadap serangan penggunaan berulang atau serangan kata sandi.

Proyek ini adalah cara yang baik untuk memahami konsep dasar dalam pemrograman, termasuk konsep struktur data, pengelolaan file, pengendalian alur program, dan keamanan dasar. Ini memberikan pemahaman yang baik tentang bagaimana sistem keamanan dasar berfungsi dan bagaimana pengguna diotentikasi di aplikasi atau situs web yang membutuhkan keanggotaan.

Baca Juga Artikel : 7+ Aplikasi SIG (Sistem Informasi Geografis) Paling Bagus

6. Car Rental System

 Ide Project C++ - car rental system

Proyek ini merupakan projek yang modern dan sangat bermanfaat untuk memahami cara mengelola input dari keyboard, mengatur fungsi tanggal-waktu, dan menerapkan sistem login menggunakan bahasa pemrograman C++. Program ini memiliki menu terpisah untuk admin dan pengguna biasa, memberikan kontrol yang terpisah. Selain itu, proyek ini juga mencakup metode perhitungan biaya berdasarkan waktu dan jarak, serta menampilkan informasi detail tentang mobil dan ketersediaannya.

Untuk menggali lebih banyak pengalaman, Anda juga dapat mencoba proyek-proyek serupa seperti manajemen toko musik, reservasi bus, atau sistem reservasi kereta api dengan konsep yang sama seperti yang kami jelaskan. Hal ini bisa membantu Anda memperdalam pemahaman Anda tentang konsep-konsep dasar dalam pemrograman dan pengelolaan data.

Yang akan Anda pelajari dari ide projek C++ ini adalah :

  • Memahami cara menyimpan dan mengakses data mobil yang tersedia melalui struktur data seperti array atau daftar terhubung.
  • Belajar bagaimana menerima input dari pengguna dan menggunakannya untuk mengatur operasi program.
  • Memahami logika bisnis di balik perhitungan biaya sewa berdasarkan waktu dan mengelola status ketersediaan mobil.
  • Menerapkan fungsi-fungsi untuk perhitungan dan mengatur alur program melalui kontrol percabangan dan perulangan.
  • Memahami bagaimana fungsi tanggal-waktu digunakan dalam konteks aplikasi nyata.

Project ini memberi pemula pemahaman yang kuat tentang pengelolaan data, input pengguna, dan implementasi logika bisnis sederhana. Hal ini juga memberikan gambaran nyata tentang cara membuat aplikasi yang bisa digunakan oleh pengguna untuk tujuan praktis sehari-hari.

7. Helicopter Game

 Ide Project C++ - Helicopter Game

Game Helikopter adalah salah satu ide project C++ yang menarik untuk pemula dalam pemrograman C++. Dalam proyek ini, Anda akan membuat permainan sederhana yang melibatkan pengendalian helikopter untuk menghindari rintangan dan mencetak skor sebanyak mungkin.

Yang akan Anda pelajari dari ide projek C++ ini adalah :

  • Memahami cara menggunakan grafika untuk membuat elemen-elemen permainan.
  • Memahami pengenalan input pengguna dari keyboard.
  • Menerapkan logika permainan yang melibatkan penggerak helikopter, rintangan, dan deteksi tabrakan.
  • Menghitung dan menyimpan skor pemain, serta memperbarui skor tertinggi.

Proyek ini memberikan pemahaman praktis tentang pengembangan permainan sederhana, yang merupakan fondasi penting untuk pengembangan game yang lebih kompleks di masa depan. Selain itu, proyek ini memberi pemahaman yang baik tentang penggunaan grafika dan pengendalian pengguna dalam pemrograman C++.

Dalam dunia pemrograman C++, para pemula memiliki banyak kesempatan untuk mengasah keterampilan mereka melalui proyek-proyek yang menarik dan bermanfaat. Dari mengembangkan permainan sederhana hingga menciptakan sistem manajemen data yang kompleks, artikel ini telah mengulas tujuh ide proyek yang memungkinkan para pemula memahami konsep-konsep dasar pemrograman C++. 

Semoga proyek-proyek ini memberi inspirasi dan membantu para pemula meraih keberhasilan dalam dunia pemrograman C++. Selamat mencoba!

SUBSCRIBE

Dapatkan Informasi Teknologi terbaru langsung ke Email Anda. Subscribe Sekarang, GRATIS!
Subscribe
Suka Dengan Artikel Kami? Silahkan bagikan artikel kami kepada teman Anda!

Baca Juga Artikel lainnya

November 18, 2023
Top 7 Ide Project Java untuk Pemula + Source Code

Java merupakan satu dari banyaknya bahasa pemrograman yang paling populer, terutama dalam pengembangan perangkat lunak. Bagi para pemula yang ingin […]

Read More
November 18, 2023
Jobdesk dan Gaji Data Scientist & Data Analyst di Indonesia

Pentingnya Data Scientist dan Data Analyst  di dalam perkembangan teknologi di Indonesia tak bisa diremehkan. Mereka merupakan ahli yang membantu […]

Read More
November 7, 2023
Top 12 Bahasa Pemrograman Terbaik 2023-2024

Tahun 2024 menghadirkan gelombang perubahan yang signifikan dalam dunia pemrograman. Dalam era digital yang terus berkembang, pemilihan bahasa pemrograman yang […]

Read More
1 2 3 4

We Are Ardata

PT. Ardata Digital Asia (Ardata Media) merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang IT dengan produknya berupa Jasa dan Produk Digital.
WA : 085741111568
SEMUA ARTIKEL
envelope
Open chat
Ardata Media
Hai!
Apakah Ada Pertanyaan? Silahkan Hubungi Kami!
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram