May 22, 2024

Hero Section Landing Page: Pengertian, Contoh, Cara Membuat

Hero Section Landing Page: Pengertian, Contoh, Cara Membuat

Keberadaan halaman web tidak lagi sekadar menjadi wajib tetapi merupakan komponen utama dalam meraih perhatian, membangun hubungan, dan mengkonversi pengunjung menjadi pelanggan setia. 

Di antara berbagai elemen yang membentuk keseluruhan pengalaman pengguna, "Hero Section" pada landing page adalah bagian yang sering diabaikan, namun memiliki potensi besar untuk mengubah permainan dalam strategi pemasaran digital Anda. 

Mari kita menjelajahi konsep hero section pada landing page lebih dalam, mulai dari pemahaman dasarnya hingga contoh implementasinya, serta langkah praktis untuk membuatnya hanya dalam artikel ini. 

Apa yang dimaksud dengan Hero Section Landing Page?

Landing page adalah halaman web tunggal yang dirancang khusus untuk tujuan tertentu, seperti mengumpulkan informasi kontak, mendorong penjualan, atau mengarahkan pengunjung ke tindakan spesifik. 

Sedangkan Hero Section adalah bagian utama dari sebuah landing page yang pertama kali dilihat oleh pengunjung saat halaman tersebut dimuat. Bagian ini biasanya berada di atas lipatan (above the fold) dan dirancang untuk menarik perhatian, menyampaikan pesan utama, dan mendorong pengunjung untuk mengambil tindakan tertentu.

 

Ciri - Ciri Hero Section Landing Page 

Hero Section Landing Page: Pengertian, Contoh, Cara Membuat - Ciri - Ciri Hero Section Landing Page

Supaya hero section pada landing page Anda benar-benar efektif, penting untuk memahami karakteristik kunci yang membuatnya menonjol dan berfungsi maksimal. Berikut ini adalah ciri-ciri utama yang harus dimiliki oleh hero section yang baik:

a. Judul yang Menarik dan Jelas

Hero Section biasanya berupa headline besar dan mencolok yang langsung mengkomunikasikan nilai utama atau manfaat produk/jasa. Harus jelas, singkat, dan memikat perhatian.

b. Sub-Judul atau Tagline

Hero Section memiliki Sub-Judul Tagline yang berfungsi sebagai pelengkap judul utama. Menyediakan informasi tambahan yang lebih detail dan mendukung headline.

c. Gambar atau Video Berkualitas Tinggi

Landing page ini menggunakan gambar atau video yang relevan dan berkualitas tinggi untuk menarik  perhatian visual. Gambar atau video ini harus mendukung pesan yang ingin disampaikan.

d. Call to Action (CTA) yang Menonjol

Pada Hero Section juga dilengkapi tombol atau link yang mendorong pengunjung untuk mengambil tindakan tertentu, seperti "Daftar Sekarang", "Beli Sekarang", atau "Pelajari Lebih Lanjut". CTA harus jelas dan mudah ditemukan, biasanya dengan warna kontras.

e. Deskripsi Singkat

Hero Section identik dengan penjelasan yang singkat mengenai produk/jasa atau manfaat utama yang ditawarkan. Fokus pada masalah yang dipecahkan atau kebutuhan yang dipenuhi oleh produk/jasa tersebut.

f. Elemen Visual yang Terorganisir

Tata letak yang rapi dan mudah dipahami, dengan penggunaan ruang putih (white space)    yang efektif untuk menjaga agar tidak terkesan ramai. Visual harus mendukung navigasi dan fokus utama dari hero section.

g. Konsistensi Brand

Hero Section dikenal menggunakan elemen desain yang konsisten dengan brand, seperti warna, font, dan gaya visual. Menegaskan identitas brand dan memperkuat brand recognition.

h. Responsif dan Mobile-Friendly

Tak hanya itu, Hero Section memiliki desain yang responsif, dapat menyesuaikan dengan baik di berbagai ukuran layar, terutama untuk pengguna mobile. Pastikan semua elemen tetap terlihat bagus dan fungsional di perangkat mobile.

i. Testimoni atau Bukti Sosial (Opsional)

Hero Section juga dapat menambahkan elemen bukti sosial seperti testimoni pelanggan, logo klien, atau penghargaan yang relevan dapat meningkatkan kredibilitas.

 

Contoh Hero Section Landing Page

Pada pembahasan ini, kita akan mengulas berbagai contoh dan strategi yang dapat menjadi referensi untuk membuat hero section yang menarik dan efisien dalam menarik perhatian pengunjung serta mengkomunikasikan pesan inti dengan jelas. 

Surfrider Foundation

Hero Section Landing Page: Pengertian, Contoh, Cara Membuat - Contoh Hero Section Landing Page

Hero section pada landing page Surfrider Foundation menghadirkan pemandangan yang menakjubkan dari pantai yang indah. Pemandangan ini tidak hanya memukau secara visual, tetapi juga menggambarkan salah satu aspek inti dari misi Surfrider Foundation, yaitu  pelestarian lingkungan laut dan pesisir.

Selain itu, terdapat juga tombol CTA yang menonjol dengan tulisan "Bergabunglah Dengan Kami!". Tombol ini mengundang pengunjung untuk mengambil tindakan langsung, seperti mendaftar sebagai anggota, berdonasi, atau mengikuti acara atau program pelestarian yang diadakan oleh Surfrider Foundation.

Ditto Residential

Hero Section Landing Page: Pengertian, Contoh, Cara Membuat - Contoh Hero Section Landing Page

Hero section pada landing page Ditto Residential memukau dengan gambaran yang memperlihatkan gedung modern yang mewah. Pemandangan ini mencerminkan visi Ditto Residential dalam menciptakan hunian yang tidak hanya nyaman, tetapi juga menawarkan gaya hidup perkotaan yang dinamis dan mewah.

Kindeo

Hero Section Landing Page: Pengertian, Contoh, Cara Membuat - Contoh Hero Section Landing Page

Hero section pada landing page Kindeo memukau dengan gambaran yang menghadirkan momen intim antara anggota keluarga atau teman, atmosfer hangat dan penuh cinta ini mencerminkan esensi dari apa yang ditawarkan oleh Kindeo: sebuah platform untuk merangkai kenangan dan momen berharga menjadi video cerita yang abadi. 

Dengan kombinasi gambar yang mengesankan, pesan yang menggugah emosi, dan panggilan tindakan yang jelas, hero section ini menjadi titik awal yang sempurna untuk membangun kesadaran, minat, dan keterlibatan potensial pengguna dalam layanan yang ditawarkan oleh Kindeo.

 

Manfaat dan Fungsi Hero Section Landing Page

Hero section pada landing page memiliki berbagai manfaat penting untuk pengalaman pengguna dan efektivitas konversi. Berikut adalah beberapa manfaat utama penggunaan hero section:

Meningkatkan Kesan Pertama

Dengan desain yang menarik, gambar berkualitas tinggi, dan pesan yang jelas, hero section dapat menciptakan kesan pertama yang positif dan profesional, sehingga menarik minat pengunjung untuk menjelajahi lebih lanjut.

Komunikasi Pesan Utama

Hero section memberikan ruang yang signifikan untuk menyampaikan pesan utama atau nilai proposisi dari produk atau layanan yang ditawarkan. Dengan headline yang jelas dan ringkas, serta subheadline yang mendukung, pengunjung dapat dengan cepat memahami apa yang ditawarkan dan mengapa itu penting bagi mereka.

Meningkatkan Keterlibatan Pengguna

Hero section yang dirancang dengan elemen visual yang menarik seperti gambar, video, atau animasi dapat meningkatkan keterlibatan pengguna. 

Membangun Identitas Merek

Hero section dapat digunakan untuk memperkuat identitas merek dengan menampilkan elemen-elemen seperti logo, warna merek, dan gaya desain yang konsisten dengan citra merek. 

Meningkatkan SEO dan Kepuasan Pengguna

Dengan menyertakan teks yang relevan dan gambar yang dioptimalkan, hero section dapat berkontribusi pada SEO (Search Engine Optimization), meningkatkan visibilitas situs di mesin pencari.

Mendorong Tindakan (Call to Action)

Salah satu fungsi utama adalah mengarahkan pengunjung untuk mengambil tindakan tertentu, seperti mendaftar, membeli, atau mengunduh sesuatu. CTA (Call to Action) yang jelas dan menonjol memfasilitasi hal ini.

 

Jenis-jenis Hero Section Landing Page

Hero Section Landing Page: Pengertian, Contoh, Cara Membuat - Jenis-jenis Hero Section Landing Page

Hero section pada landing page dapat memiliki berbagai jenis, masing-masing disesuaikan dengan tujuan dan gaya komunikasi yang diinginkan. Berikut adalah beberapa jenis hero section yang umum digunakan:

  1. Static Image Hero: Menggunakan gambar statis berkualitas tinggi sebagai latar belakang.
  2. Video Background Hero: Menggunakan video sebagai latar belakang untuk menarik perhatian lebih.
  3. Slider Hero: Menggunakan slider dengan beberapa gambar atau konten yang dapat digeser.
  4. Full-Screen Hero: Mengisi seluruh layar dengan gambar atau video latar belakang.
  5. Minimalist Hero: Desain sederhana dengan latar belakang solid atau gradient dan fokus pada teks dan CTA.
  6. Product-Focused Hero: Menampilkan gambar produk besar dan detail.
  7. Typographic Hero: Fokus pada tipografi besar dan menarik dengan latar belakang yang minimalis.
  8. Form-Focused Hero: Mengintegrasikan formulir pendaftaran atau lead capture langsung di hero section.
  9. Split-Screen Hero: Membagi layar menjadi dua bagian, biasanya dengan gambar di satu sisi dan teks di sisi lainnya.
  10. Animated Hero: Menggunakan animasi atau efek interaktif untuk menarik perhatian.

Dengan beragam jenis hero section yang tersedia, pemilik landing page memiliki fleksibilitas untuk memilih dan menyesuaikan dengan tujuan dan karakteristik audiens mereka.

 

Isi dan Elemen Pada Hero Section Landing Page

Hero section pada landing page adalah area kunci yang dirancang untuk menarik perhatian pengunjung dan menyampaikan pesan utama secara jelas dan langsung. Ini dimulai dengan headline singkat yang memicu emosi atau minat, diikuti oleh subheadline yang memberikan konteks lebih lanjut tentang produk atau layanan tanpa membebani pengunjung dengan teks panjang. 

Visual berupa gambar atau video berkualitas tinggi yang relevan dan estetis mendukung pesan dan menarik perhatian pengunjung. Di samping itu, elemen penting lainnya adalah Call-to-Action (CTA) yang mencolok, dengan tombol atau tautan yang mengundang pengunjung untuk melakukan tindakan tertentu, seperti mendaftar atau membeli produk, dan didesain dengan warna kontras serta teks yang jelas untuk meningkatkan konversi.

Logo merek ditempatkan secara strategis untuk memperkuat identitas merek dan membangun kepercayaan pengunjung. Latar belakang hero section dapat berupa warna solid, gradien, gambar, atau video yang sesuai dengan tema halaman, sering kali ditingkatkan dengan overlay transparan untuk meningkatkan kontras teks dan memudahkan pembacaan.

Efek transisi, seperti animasi atau perubahan warna, menambah dinamika dan menarik perhatian lebih lanjut, menciptakan kesan pertama yang kuat dan memikat. Semua elemen ini bekerja bersama untuk membuat hero section yang efektif, menarik, dan mampu mendorong pengunjung untuk mengambil tindakan lebih lanjut.

 

Cara Membuat Hero Section Landing Page

Hero Section Landing Page: Pengertian, Contoh, Cara Membuat - Cara Membuat Hero Section Landing Page

Membuat hero section yang efektif dalam landing page melibatkan beberapa langkah-langkah. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat hero section landing page:

1. Tentukan Tujuan

Sebelum Anda mulai merancang hero section, tentukan terlebih dahulu tujuan dari halaman tersebut. Apakah Anda ingin mengumpulkan informasi kontak, mengarahkan pengunjung untuk melakukan pembelian, atau menyampaikan pesan tertentu? Mengetahui tujuan ini akan membantu Anda merancang hero section dengan fokus yang jelas.

2. Identifikasi Target Audiens

Pahami siapa target audiens Anda agar Anda dapat menyesuaikan pesan dan desain hero section untuk mereka. Apakah mereka milenial yang mencari pengalaman modern, profesional yang mencari solusi bisnis, atau ibu rumah tangga yang mencari produk keluarga?

3. Pilih Visual yang Menarik

Pilih gambar atau video yang menarik perhatian dan relevan dengan pesan yang ingin Anda sampaikan. Pastikan visual tersebut berkualitas tinggi dan mampu memicu emosi atau minat pengunjung.

4. Buat Headline yang Menonjol

Tulis headline yang menarik perhatian dan jelas menyampaikan pesan utama halaman Anda. Gunakan kalimat singkat dan langsung yang menggugah emosi atau minat pengunjung.

5. Tambahkan Subheadline (Opsional)

Jika diperlukan, tambahkan subheadline yang memberikan penjelasan tambahan tentang produk, layanan, atau tawaran Anda. Subheadline ini dapat memberikan konteks yang lebih detail tanpa membebani pengunjung dengan teks yang terlalu panjang.

6. Buat Call-to-Action yang Menonjol

Tambahkan tombol CTA yang menonjol dan mengundang pengunjung untuk mengambil tindakan tertentu, seperti mendaftar, berlangganan, atau membeli produk. Pastikan teks CTA jelas dan mengarahkan pengunjung pada langkah selanjutnya yang diinginkan.

7. Atur Tata Letak dengan Baik

Susun elemen-elemen hero section dengan tata letak yang baik, memperhatikan keseimbangan visual dan ruang negatif. Pastikan elemen-elemen tersebut mudah dibaca dan tidak terlalu padat.

8. Responsif untuk Semua Perangkat

Pastikan hero section Anda responsif dan dapat ditampilkan dengan baik di semua perangkat, termasuk desktop, tablet, dan ponsel. Periksa tampilan dan fungsionalitasnya secara menyeluruh sebelum mempublikasikannya.

9. Uji dan Pantau Kinerja

Setelah Anda menerbitkan hero section, pantau kinerjanya secara teratur. Gunakan alat analitik untuk melacak tingkat konversi, tingkat klik tombol CTA, dan perilaku pengunjung lainnya. Dengan demikian, Anda dapat mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan dan meningkatkan efektivitas hero section Anda.

Dengan memahami pentingnya peran yang dimainkan oleh hero section dalam landing page, serta memiliki pemahaman yang mendalam tentang bagaimana merancangnya dengan tepat, Anda dapat menciptakan pengalaman pengguna yang menarik dan efektif dalam mencapai tujuan bisnis Anda. 

Teruslah eksplorasi, uji, dan kembangkan hero section Anda untuk mencapai hasil yang optimal dalam perjalanan pemasaran online Anda.

Referensi

  • https://www.awebco.com/blog/hero-section/
  • https://www.klientboost.com/landing-pages/landing-page-hero-shots/

SUBSCRIBE

Dapatkan Informasi Teknologi terbaru langsung ke Email Anda. Subscribe Sekarang, GRATIS!
Subscribe

Baca Juga Artikel lainnya

May 23, 2024
5+ Contoh Landing Page Fashion Kekinian

Di dunia fashion yang penuh dengan warna, setiap detail dalam suatu desain situs web memiliki […]

Read More
May 21, 2024
5+ Contoh Landing Page Makanan dan Kuliner yang Menarik Pengunjung

Dengan perkembangan pesat bisnis makanan di era digital, tidak dapat dipungkiri bahwa strategi pemasaran online […]

Read More
May 17, 2024
Stuck di Safe Mode Elementor? Solusi Mengatasi Masalah Tidak Bisa Mengedit Elementor

Sebagai seorang pengembang web, mengalami kendala saat mengedit halaman di Elementor bisa sangat mengganggu, terutama […]

Read More
1 2 3 28

We Are Ardata

PT. Ardata Digital Asia (Ardata Media) merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang IT dengan produknya berupa Jasa dan Produk Digital.
WA : 085741111568
SEMUA ARTIKEL
envelope
Chat Sekarang
Hi, Gunakan chat ini untuk menghubungi kami
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram