May 23, 2023

Google Analytics Landing Page : Lacak Aktivitas Pengunjung Landing Page

Cara Integrasi Landing Page dengan Google Analytics - Feature Image

Di era digital yang ditandai dengan persaingan yang ketat, sangat penting bagi setiap bisnis online untuk memahami perilaku pengunjung dan mengukur keberhasilan kampanye pemasaran. Salah satu cara efektif untuk melakukannya adalah dengan mengintegrasikan Landing Page Anda dengan Google Analytics.

Mengintegrasikan Landing Page dengan Google Analytics memberi Anda data yang berguna untuk mengukur keefektifan Landing Page Anda, memantau hasil, dan membuat keputusan yang tepat. Dalam artikel ini akan dijelaskan bagaimana cara integrasi landing page dengan google analytics sehingga Anda dapat mengoptimalkan Landing Page milik Anda.

Apa itu Google Analytics

Google Analytics adalah platform untuk menganalisis web yang populer dan canggih yang memberikan informasi mendetail tentang pengunjung, sumber lalu lintas, dan perilaku mereka di situs web Anda. Platform ini menyediakan alat dan fitur yang kuat untuk menganalisis dan melacak performa situs web, kampanye pemasaran, dan tujuan bisnis lainnya. Google Analytics memberikan data dalam bentuk tabel, grafik, dan laporan yang menunjukkan berbagai metrik dan dimensi.

Metrik-metrik Google Analytics yang Berguna untuk Landing Page

Berikut ini beberapa metrik dalam google analytics yang berguna untuk landing page Anda :

1. Tingkat Penolakan (Bounce Rate)

Bounce Rate dapat diartikan sebagai persentase jumlah pengunjung yang meninggalkan landing page tanpa melakukan tindakan apapun setelah mengunjungi satu halaman dalam website Anda.

Semakin rendah tingkat penolakannya maka akan semakin baik, karena itu berarti Landing Page Anda membuat pengunjung tertarik untuk berinteraksi lebih lanjut dengan konten yang ada di dalam Landing Page Anda. Sebaliknya, jika tingkat penolakannya tinggi maka menunjukkan bahwa Landing Page Anda tergolong buruk.

2. Tingkat Konversi (Conversion Rate)

Conversion Rate adalah persentase pengunjung yang melakukan tindakan yang diinginkan, misalnya konversi menjadi pelanggan atau kontak bisnis. Conversion Rate memungkinkan Anda untuk mengukur efektivitas Landing Page dalam mengkonversi pengunjung menjadi pelanggan atau kontak bisnis.

Jika tingkat konversi rendah, maka Anda perlu melakukan pemeriksaan terhadap elemen-elemen dalam Landing Page Anda yang mungkin saja mempengaruhi minat pengunjung, sehingga ketika masalah ditemukan Anda dapat melakukan perbaikan dengan tepat.

3. Sumber Lalu Lintas (Traffic Resources)

Traffic Resources dapat memberikan Anda informasi mengenai sumber lalu lintas yang membawa pengunjung ke Landing Page Anda, seperti pencarian organik, iklan online, tautan afiliasi, media sosial, dan lainnya. Mengetahui sumber lalu lintas yang paling efektif dapat memberi Anda kontrol yang lebih baik atas upaya pemasaran Anda.

4. Halaman per Sesi (Pages per Session)

Metrik ini berguna dalam mengukur jumlah halaman yang dilihat pengunjung dalam satu sesi. Hal tersebut dapat memberi Anda gambaran tentang berapa lama dan sejauh mana pengunjung menjelajahi konten Landing Page Anda.

Jika persentase metrik ini tinggi, maka kemungkinan Landing Page Anda menarik minat pengunjung untuk melakukan eksplorasi lebih mendalam dengan landing page Anda.

5. Rata-rata Durasi (Average Session Duration)

Metrik Average Session Duration menunjukkan waktu rata-rata yang dihabiskan pengunjung di Landing Page Anda. Semakin lama pengunjung berada di Landing Page Anda, maka semakin besar kemungkinan pengunjung tertarik dengan konten atau penawaran yang ada di dalamnya..

Cara Mengaktifkan Google Analytics di Landing Page WordPress

Mendaftar Akun Pada Google Analytics

Sebelum Anda mengaktifkan Google Analytics di Landing Page Anda, hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu membuat atau mendaftarkan akun di Google Analytics. Berikut ini langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk mendaftarkan akun di Google Analytics :
1. Akses laman google analytics di analytics.google.com, kemudian klik tombol “Start Measuring” untuk memulai pengisian form.

Cara Integrasi Landing Page dengan Google Analytics- welcome GA

2. Anda akan diarahkan ke halaman pembuatan akun baru, disini Anda perlu mengisikan nama untuk akun baru milik Anda. Lalu, tekan tombol next untuk menuju ke tahap selanjutnya.

Cara Integrasi Landing Page dengan Google Analytics - Create Account

Cara Integrasi Landing Page dengan Google Analytics - create account

3. Di halaman ini, Anda diminta untuk mengisikan data property details.Isikan property name dengan nama website Anda, ubah reporting time zone menjadi Indonesia, dan ubah mata uang menjadi rupiah. Setelah itu, klik “show advanced options”.

Cara Integrasi Landing Page dengan Google Analytics - pendaftaran GA - edit properti GA

4. Pada advanced options, isikan website url Anda, lalu pilih opsi “create a universal analytics property only”. Setelah itu tekan tombol next untuk menuju ke tahap selanjutnya.

Cara Integrasi Landing Page dengan Google Analytics - advanced option property details

5. Selanjutnya, di halaman Deskripsi Bisnis, pilih kategori industri sesuai dengan bisnis yang Anda jalankan dan pilih ukuran dari bisnis Anda, apakah bisnis Anda merupakan bisnis kecil, sedang, besar, atau sangat besar. Setelah isian data lengkap, klik Create agar akun baru dibuat sesuai dengan data yang telah Anda masukkan.

Cara Integrasi Landing Page dengan Google Analytics - bisniss details

6. Akan muncul box message persetujuan kebijakan dari google analytics. Disini, Anda perlu mengubah wilayah dan checklist pada checkbox dengan keterangan “i also accept the Data Processing Terms as required by GDPR”. Dilanjutkan untuk menekan tombol “I Accept” untuk menyetujui kebijakan tersebut.

Cara Integrasi Landing Page dengan Google Analytics - term of services

Mengaktifkan Google Analytics Di WordPress dengan Plugin Monster Insight

Untuk mengaktifkan atau menggunakan google Analytics di wordpress dengan plugin monster insight, maka Anda dapat mengikuti langkah-langkah di berikut ini.
1. Pada dashboard wordpress Anda, klik menu plugin dan add new. Cari plugin monster insight lalu install plugin tersebut. Setelah plugin terinstall, klik tombol activate untuk mengaktifkan plugin.

Cara Integrasi Landing Page dengan Google Analytics - install plugin monster insight

Cara Integrasi Landing Page dengan Google Analytics - activate monster insight

2. Lalu, untuk setup Google Analytics di wordpress dengan plugin monster insight, klik tombol “Launch the Wizard”.

Cara Integrasi Landing Page dengan Google Analytics - started monster insight

3. Setelah itu, Anda akan diarahkan ke halaman awal yaitu untuk menentukan kategori dari website Anda. Pilih kategori website sesuai dengan tujuan dari website tersebut sebagai website apa, kemudian klik “save and continue”.

Cara Integrasi Landing Page dengan Google Analytics - pilih jenis website

4. Selanjutnya, Anda akan diarahkan ke halaman untuk mengkoneksikan plugin dengan website Anda. Disini, Anda perlu menekan tombol “Connect Monsterinsight” lalu pilih email yang Anda gunakan pada saat Anda mendaftarkan akun pada Google Analytics.

Cara Integrasi Landing Page dengan Google Analytics - connect monster insight

5. Pada halaman ini, Anda perlu memastikan bahwa website yang akan di koneksikan dengan monster insight telah benar, lalui klik “complete connection”.

Cara Integrasi Landing Page dengan Google Analytics - complete connection

6. Di halaman selanjutnya, Anda tidak perlu mengubah apapun dan Anda dapat langsung menekan tombol “Save anda continue”.

Cara Integrasi Landing Page dengan Google Analytics - save & continue

7. Selanjutnya di halaman ini, Anda dapat menekan skip for now jika Anda belum ingin mengaktifkan fitur-fitur pada situs web Anda.

Cara Integrasi Landing Page dengan Google Analytics - pilihan fitur untuk diaktifkan
8. Setelah setup selesai, tekan tombol “exit setup” untuk keluar dari halam setup.

Cara Integrasi Landing Page dengan Google Analytics - exit setup

 

Cara Membaca Laporan Google Analytics Landing Page

Cara Integrasi Landing Page dengan Google Analytics - Tampilan Google analytics

Google Analytics menyediakan berbagai informasi penting mengenai landing page Anda. Berikut beberapa kategori informasi yang ada dalam Google Analytics Report.

1. Audience Report

Laporan audience memberikan informasi mendalam mengenai pengunjung yang mengunjungi situs web Anda. Laporan yang Anda dapatkan dari audience yaitu mulai dari demografi, lokasi geografis, traffic, hingga perilaku pengunjung di situs web Anda.

Dengan memahami audiens, pengaturan perangkat, dan sumber lalu lintas, Anda dapat mengoptimalkan pengalaman pengguna, merancang strategi pemasaran yang tepat, dan meningkatkan pengunjung ke situs web Anda.

2. Acquisition Report

Laporan ini memberikan informasi tentang cara pengunjung menemukan situs web Anda. Informasi yang didapatkan dalam Acquisition report yaitu mulai dari sumber lalu lintas yang membawa pengunjung ke situs web Anda, hasil kampanye pemasaran spesifik yang Anda jalankan, hingga performa halaman-halaman spesifik di situs web Anda, seperti jumlah pengunjung, tingkat penolakan, dan konversi.

Acquisition Report dalam Google Analytics memberikan informasi penting tentang traffic resources website Anda dan keefektifan pemasaran. Dengan memahami cara pengunjung untuk menemukan website Anda, Anda bisa mengoptimalkan strategi pemasaran, meningkatkan lalu lintas yang relevan, dan mencapai tujuan bisnis Anda.

3. Behavior Report

Behavior report memberikan informasi mengenai perilaku pengunjung di website Anda. Dengan mengetahui cara pengunjung berinteraksi dengan situs web Anda, Anda bisa mengidentifikasi peluang untuk peningkatan, mengoptimalkan pengalaman pengguna, dan meningkatkan konversi.

4. Conversions Report

Conversions report memberikan informasi tentang konversi yang terjadi pada situs web Anda. Informasi yang didapatkan dalam conversion report yaitu seperti goals atau tujuan yang telah Anda tetapkan di google analytics, informasi tentang perjalanan pengunjung sebelum mencapai konversi, hingga jalur konversi yang paling umum dalam situs web Anda.

Dengan memahami konversi yang berhasil, jalur konversi yang efektif, dan kontribusi saluran pemasaran, Anda dapat mengoptimalkan strategi dan meningkatkan tingkat konversi situs web Anda.

SUBSCRIBE

Dapatkan Informasi Teknologi terbaru langsung ke Email Anda. Subscribe Sekarang, GRATIS!
Subscribe

Baca Juga Artikel lainnya

May 23, 2024
5+ Contoh Landing Page Fashion Kekinian

Di dunia fashion yang penuh dengan warna, setiap detail dalam suatu desain situs web memiliki […]

Read More
May 22, 2024
Hero Section Landing Page: Pengertian, Contoh, Cara Membuat

Keberadaan halaman web tidak lagi sekadar menjadi wajib tetapi merupakan komponen utama dalam meraih perhatian, […]

Read More
May 21, 2024
5+ Contoh Landing Page Makanan dan Kuliner yang Menarik Pengunjung

Dengan perkembangan pesat bisnis makanan di era digital, tidak dapat dipungkiri bahwa strategi pemasaran online […]

Read More
1 2 3 28

We Are Ardata

PT. Ardata Digital Asia (Ardata Media) merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang IT dengan produknya berupa Jasa dan Produk Digital.
WA : 085741111568
SEMUA ARTIKEL
envelope
Chat Sekarang
Hi, Gunakan chat ini untuk menghubungi kami
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram