Seperti yang kita ketahui bahwa kemasan produk merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk suatu produk. Hal tersebut juga tidak akan pernah terpisahkan dari proses promosi suatu barang/produk. Lalu, sebenarnya kemasan produk itu apa? Dan apa saja jenis? Saat kita ingin membuka usaha atau bisnis. Tentu akan ada banyak hal yang harus dipersipakan dengan matang. Terlebih jika usaha tersebut berhubungan dengan suatu produk. Pastinya Anda akan membutuhkan desain kemasan produk yang berkualitas.

Dalam membuat sebuah kemasan produk, terdapat faktor kenyamanan dan keamanan yang harus terpenuhi. Akan tetapi, hal tersebut perlu didukung dengan adanya keunikan kemasan, supaya proses pemasaran produk dapat berjalan dengan maksimal. Selain itu, desain kemasan produk yang unik dan menarik juga lebih mudah diingat dan dikenali oleh konsumen. Berikut ini adalah beberapa penjelasan terkait kemasan produk, jenis, dan contoh-contohnya. Untuk Anda yang ingin memulai suatu usaha yang berhubungan dengan produk. Maka Anda perlu menyimak artikel ini hingga selesai.

Jenis-jenis Desain Kemasan Produk

Kemasan produk sendiri memiliki tiga kategori yang berbeda. Hal ini dibedakan berdasarkan strukturnya, frekuensi pemakaian, dan tingkat kesiapan pemakaian. Berikut adalah penjelasannya:

1. Kemasan Produk Berdasarkan Struktur Isi

Kategori yang pertama yaitu desain kemasan produk berdasarkan struktur isi. Nah, kategori ini juga dibagi lagi menjadi 3 jenis, antara lain:

  • Kemasan Primer yaitu kemasan produk yang diolah dari bahan mentah menjadi sebuah wadah langsung. Kemudian wadah tersebut langsung dijadikan sebagai kemasan makanan. Mulai dari kaleng susu, botol minuman, dan lainnya.
  • Kemasan Sekunder merupakan suatu wadah atau kemasan yang berfungsi untuk memberikan perlindungan pada kemasan lain. Contoh kemasan tersebut antara lain, kardus, peti kayu, bubble wrap, dan lainnya.
  • Kemasan Tersier adalah kemasan yang dapat dimanfaatkan untuk melindungi sebuah produk selama proses pengiriman.

2. Kemasan Produk Berdasarkan Frekuensi Pemakaian

Hampir sama dengan kemasan produk berdasarkan struktur isi, kemasan yang satu ini juga dibagi menjadi 3 jenis, antara lain:

  • Kemasan Disposable merupakan kemasan yang hanya digunakan untuk satu kali pemakaian. Setelah itu biasanya kemasan ini akan langsung dibuang. Kemasan jenis ini adalah kemasan plastik, daun pisang, sterofoam, dan lainnya.
  • Kemasan Multi Trip merukapan kemasan produk yang dapat digunakan berulang kali oleh para konsumen. Selain itu, kemasan jenis ini juga bisa Anda kembalikan pada agen penjual untuk didaur ulang menjadi kemasan baru lagi. Biasanya kemasan ini berupa botol kaca, galon air minum, tabung gas, dan lainnya.
  • Kemasan Semi Disposable merupakan kemasan yang bisa digunakan kembali oleh konsumen namun juga bisa dibuang. Contoh kemasan ini adalah kaleng biskuit, botol sirup, dan lainnya.

3. Kemasan Produk Berdasarkan Tingkat Kesiapan Pakai

Jenis kemasan yang satu ini dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

  • Kemasan Siap Pakai

Kemasan jenis ini merupakan kemasan yang siap untuk digunakan mengemas produk. Dimana umumnya kemasan ini sudah memiliki wujud yang sempurna. Contoh kemasan ini yaitu botol, kaleng, dan lainnya.

  • Kemasan Siap Dirakit

Kemasan jenis ini biasanya masih memerlukan perakitan ulang sebelum akhirnya bisa diisi produk. Contoh kemasan ini adalah plastik, alumunium foil, kertas kemas, dan lainnya.

Tips Membuat Desain Kemasan Produk

Adapun beberapa tips membuat desain kemasan yang unik dan menarik. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda ikuti saat ingin membuat sebuah kemasan produk.

1. Buat Desain Kemasan yang Unik

Salah satu hal yang perlu Anda perhatikan dalam membuat desain kemasan produk yaitu keunikannya. Anda harus membuat desain kemasan yang lebih inovatif, unik, dan berbeda dari produk-produk yang lain. Dengan begitu, para calon pelanggan akan lebih tertarik untuk membeli produk Anda.

2. Buat Desain Kemasan Sesuai Target Pasar

Adapun satu hal yang perlu Anda perhatikan saat mendesain kemasan yaitu buat desain kemasan yang sesuai dengan target pasar Anda. Misalnya target pasar Anda mereka yang berusia 5-12 tahun, maka usahakan untuk membuat kemasan yang digemari oleh anak-anak. Anda juga bisa membuat kemasan tersebut seperti mainan. Hal yang sama juga harus Anda perhatikan abaila target market Anda orang-orang dewasa.

3. Buat Kemasan Dalam Beberapa Ukuran

Apabila produk yang Anda tawarkan merupakan produk yang tergolong baru. Maka usahakan untuk membuat kemasan produk yang memiliki variasi ukuran. Calon pelanggan tentu akan lebih tertarik untuk membeli jika terdapat kemasan kecil untuk produk terbaru.

4. Cantumkan Informasi Produk Secara Detail

Di setiap desain kemasan produk, usahakan untuk mencantumkan detail produknya. Mulai dari komposisi, manfaat, cara menggunakan, jenis, dan juga tanggal kadaluarsa. Buatlah informasi tersebut secara singkat namun jelas.

Contoh-contoh Desain Kemasan Produk

Berikut adalah beberapa contoh desain kemasan produk yang bisa Anda jadikan referensi.

Contoh desain kemasan kopi

Saat ini usaha kopi telah menjamur dan digandrungi anak-anak muda. Tak heran jika keberadaan coffee shop sudah ada dimana-mana. Oleh karena itu, jika Anda ingin memulai bisnis kopi. Maka desain kemasan harus Anda perhatikan dengan detail. Sebab, desain kemasan akan membuat produk kopi Anda menjadi berbeda dengan produk kopi orang lain. Berikut adalah beberapa inspirasi desain kemasan produk kopi yang bisa Anda jadikan referensi.

desain kemasan botol kopi

warna kemasan kopi

Contoh Desain Kemasan Keripik

Persaingan dalam bisnis keripik memang sangat ketat. Oleh karena itu, perlu beragam cara untuk menarik para pembeli, mulai dari keunggulan rasa, harga, dan juga kemasannya. Nah, untuk desain kemasan memang sangat penting. Sebab, umumnya pembeli akan melihat kemasannya dahulu sebelum memutuskan untuk membelinya. Apabila kemasan keripik Anda menarik, maka kemungkinan besar produk Anda akan dilirik dan dibeli oleh konsumen. Berikut adalah beberapa desain kemasan yang bisa Anda jadikan referensi.

Contoh Desain Kemasan Keripik Pisang

Desain Kemasan | Desain kemasan, Kemasan, Desain

Sribu: Desain Merchandising - Desain Paper Bag Untuk "KERIPI

Contoh Desain Kemasan Keripik Singkong

Sribu: Desain Kemasan - Design Kemasan Untuk Produk Keripik

DESAIN KEMASAN KERIPIK BENTUK TABUNG, TELLA RASA - Kebun Design: Branding & Graphic Design Studio Indonesia

Contoh Desain Kotak Kue

Selain harus menarik, desain kemasan produk tentu harus aman. Terlebih untuk kemasan produk kue. Jadi usahakan untuk membuat desain kemasan yang dapat menyimpan kue-kue dengan aman. Sebab kue rentan terhadap guncangan yang bisa membuat struktur kue menjadi rusak. Sehingga kemasan yang digunakan harus tahan terhadap guncangan atau terlipat. Berikut adalah beberapa rekomendasi desain kotak kue yang bisa Anda jadikan referensi.

6 Contoh Desain Kemasan Yang Menarik | tukangcodingblog

Desain Kotak Kue Brownies untuk Bisnis - Uprint.id

Cara Membuat Kemasan Produk Cookies Terlihat Semakin Manis

Contoh Desain Kemasan Sambal

Desain kemasan untuk usaha sambal kini sudah sangat beragam. Namun banyak dari mereka yang belum memahami bagaimana menyajikan sambal dengan kemasan yang pas dan aman. Hal ini bertujuan agar sambal yang ada didalamnya bisa awet, aman, dan terhindar dari bocor. Oleh karena itu, kita harus membuat desain kemasan yang unik namun tetap aman. Berikut adalah beberapa contoh desain kemasan sambal yang bisa Anda jadikan referensi.

DESAIN KEMASAN

desain kemasan ramah lingkungan, contoh desain label kemasan, jasa desain label kemasan, jasa desain logo kemas… | Desain logo makanan, Desain label, Desain kemasan

Itulah beberapa contoh desain kemasan produk beserta penjelasan singkat terkait jenis dan tips membuatnya. Untuk Anda masih membranding sebuah produk, usahakan untuk menyajikan desain kemasan yang menarik dan mudah diingat oleh konsumen. Supaya produk yang Anda tawarkan bisa menarik banyak konsumen dan calon pelanggan.

 

 

Continue Reading