Bukan hanya influencer dengan followers jutaan dan perusahaan besar yang bisa mendapat centang biru di Tiktok. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas seputar cara mendapat verified Tiktok!

Mendapatkan verified di Tiktok dapat menambah kepercayaan dari audience terhadap akun Anda. Namun, mendapatkan centang biru di Tiktok ternyata tidak semudah itu.

Tidak seperti Facebook di mana pemilik akun dapat mengajukannya, Tiktok benar-benar memilih sendiri mana akun yang layak untuk diberikan status verified atau centang biru.

Untuk mengetahui lebih lengkapnya cara-cara mendapat verified di Tiktok, pastikan untuk simak artikel ini sampai habis, ya.

Apa itu Tiktok Verification?

Tiktok verification adalah proses suatu akun mendapatkan tanda centang biru yang menandakan akun tersebut benar-benar milik satu orang, artis, atau organisasi.

Biasanya, Tiktok verification atau centang biru dimiliki influencer dan public figure untuk menandakan bahwa akun mereka asli dan menghindari mereka dari akun palsu yang mengaku-ngaku.

Berapa Followers yang Dibutuhkan untuk Centang Biru di Tiktok?

Ternyata, tidak ada batasan yang pasti dari jumlah followers untuk mendapatkan akun yang verified. Tiktok punya peraturan dan kriteria tertentu yang masih rahasia untuk menjadikan suatu akun memiliki centang biru.

Perlu diketahui bahwa masih banyak akun dengan ribuan followers yang belum mendapatkan status verified. Jadi, tim dari Tiktok benar-benar menyortir akun yang memiliki konten berkualitas dan populer kemudian menghadiahi mereka dengan centang biru.

Cara Mendapat Verified di Tiktok

Meskipun Anda belum terkenal, namun ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan centang biru di media sosial ini. Pastinya, cara tersebut tidak instan dan butuh waktu.

Bahkan, Tiktok menegaskan bahwa centang biru tersebut tidak dapat dibeli dengan uang. Jadi, satu-satunya cara adalah dengan memaksimalkan beberapa step di bawah ini.

1. Temukan Niche

Untuk mengembangkan personal branding akun di Tiktok, Anda perlu membuat konten menarik yang spesifik di satu topik secara konsisten. Jika sudah dikenal dalam kategori tersebut, Anda akan dengan mudah dikenali dan mendapatkan followers.

Saat membuat konten, jangan lupa perhatikan hashtag, musik, dan isi dari konten tersebut. Menggunakan hashtag dan musik yang populer serta konten yang sedang tren dapat menambah reach dan engagement akun Anda di Tiktok.

Jika sudah mempunyai sejumlah video, analisa insight yang dihasilkan dari konten tersebut. Mana yang punya banyak views dan mana yang tidak. Nantinya, hasil dari informasi tersebut dapat dijadikan evaluasi untuk membuat konten-konten berikutnya.

2. Buat Konten yang Viral

Perlu diketahui, bahwa seorang influencer atau public figure di Tiktok paling tidak mempunyai satu video yang viral. Saat konten mereka viral, video akan muncul di laman For Your Page atau Fyp.

Nah, Tiktok sendiri melihat jumlah viewers dan engagement pada video di akun Anda. Jadi jika membuat konten yang viral, bisa jadi akun Anda masuk ke dalam radar Tiktok.

Lantas, apa saja cara yang dapat dilakukan untuk membuat sebuah konten viral? Tidak ada formula yang pasti, tapi paling tidak lakukan beberapa hal di bawah ini.

  • Brainstorming otak kreatif Anda, konten perlu menarik banyak penonton dalam satu waktu.
  • Ceritakan sesuatu, tidak hanya tarian yang berpotensi viral di Tiktok. Tapi percakapan lucu, menceritakan suatu kejadian unik yang dilengkapi musik trending bisa jadi pilihan.
  • Buat video pendek, menurut Tiktok orang lebih banyak menonton video berdurasi singkat dibandingkan video 60 detik-3 menit.
  • Interaksi dengan audience, reply komentar yang ada, follow orang-orang yang potensial untuk diajak kerjasama dan kolaborasi.

3. Muncul di Media atau Akun lain

Sebagai content creator, Anda dituntut untuk tidak malu untuk mengajak kolaborasi akun lain. Baik itu influencer dan suatu media. Karena, muncul di akun yang sudah terkenal bisa menambah kredibilitas akun Anda.

Jadi, jangan pernah takut untuk mengajak content creator untuk kolaborasi. Ikuti tren terbaru yang bisa memperbesar kemungkinan Anda untuk muncul di Fyp.

4. Mendapatkan Verified di Media Sosial Lainnya

Mendapatkan verified di akun media sosial dapat memberikan sinyal positif bagi Tiktok untuk memverifikasi akun Anda. Tandanya, nama akun Anda sudah terpercaya dan memiliki banyak pengikut di media sosial lain.

Tidak seperti Tiktok, pada media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram Anda dapat mengajukan verified akun melalui form yang tersedia. Setelah mendapatkan verified di platform lain, hubungkan akun Tiktok Anda dengan media sosial tersebut.

5. Ikuti Guidelines Tiktok

Seperti media sosial lainnya, Tiktok juga melakukan monitoring pada akun yang melanggar peraturan dan community guidelines. Jika sudah melanggar, akun Anda akan ditandai dan kecil kemungkinan untuk bisa mendapatkan centang biru.

6. Jangan Terlalu Fokus untuk Mendapatkan Centang Biru

Maksudnya jangan terlalu fokus adalah jangan terlalu berlebihan dalam mendapatkan centang biru di Tiktok. Karena sebenarnya verified account adalah sebuah hadiah dari content creator yang berkualitas.

Jika mengikuti step-step di atas secara benar dan sabar menunggu, pasti waktunya akan tiba untuk Anda memiliki akun dengan centang biru.

Keuntungan Tiktok yang Terverifikasi

Apakah Tiktok yang terverifikasi memiliki manfaat untuk si pemilik akun? Tentu saja, inilah 3 manfaat dari Tiktok yang memiliki centang biru.

1. Exposure

Saat akun Anda sudah verified dan memiliki centang biru, Tiktok biasanya akan memberikan kesempatan yang lebih besar untuk konten akun tersebut masuk ke laman For Your Page.

Exposure yang dihasilkan dari laman Fyp dapat menambah followers dan engagement pada akun Anda.

2. Keaslian yang Terjamin

Dengan mendapatkan centang biru, audience sudah tahu dan dapat membedakan mana akun Anda yang asli dan palsu. Ini dapat mencegah akun spam yang mengatasnamakan Anda merugikan orang lain.

3. Kepercayaan dari Audience dan Creator Lain

Bisa jadi dengan centang biru akan ada banyak creator dengan verified account juga yang mengajak kolaborasi dan tertarik terhadap postan Anda.

Bahkan dengan centang biru Anda bisa mendapatkan endorse yang nantinya menghasilkan uang dan di follow back oleh artis dan orang terkenal di Tiktok.

Pada intinya, kunci dari mendapatkan status verified di Tiktok adalah konsisten dan membuat konten yang berkualitas. Sebagai content creator Anda juga dituntut untuk tidak kenal malu dengan membuat konten-konten yang kreatif.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar cara mendapat verified di Tiktok, sampai jumpa di artikel-artikel lainnya!

Continue Reading