Google Bisnisku adalah salah satu layanan yang berbasis internet untuk para pemilik bisnis. Layanan ini telah ada sejak tahun 2014 dan dioperasikan langsung oleh Google. Google Bisnisku merupakan tools gratis yang bisa Anda gunakan secara spesifik untuk membantu para pemilik bisnis dalam mengelola tampilan bisnis di berbagai produk Google. Seperti MAPS dan juga halaman pencarian.

Tools ini sangat membantu dan bermanfaat bagi para pemilik bisnis, baik itu kecil bahkan bisnis yang besar. Google Bisnisku akan membantu Anda dalam mengontrol apa saja yang perlu di tampilkan di halaman pencarian saat seseorang mencari nama produk, nama toko, dan juga nama perusahaan Anda di Google.

Perlu Anda ketahui bahwa munculnya Google Bisnisku membawa peluang besar untuk para pemilik bisnis dalam mengenalkan bisnis Anda secara lebih luas. Selain itu, Google Bisnisku juga bisa meningkatkan visibilitas bisnis Anda, terutama di halaman pencarian Google.

Namun perlu Anda ketahui bahwa membuat profil bisnis di Google tidaklah mudah. Google memiliki beberapa aturan yang mungkin akan menyulitkan Anda dalam menggunakan tools tersebut. Salah satunya adalah Google memberlakukan verifikasi untuk pengelolaan Google Bisnisku. Dimana verifikasi tersebut hanya bisa dilakukan dengan menggunakan kode PIN atau kartu pos.

Nah, untuk mempersingkat waktu, Anda bisa mengelola profil Google Bisnisku tanpa melalui proses verifikasi menggunakan kartu pos. Bagaimana caranya? Yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Cara Verifikasi Google Bisnisku Tanpa Kartu Pos

1. Masuk ke profil GMB Anda

2. Temukan kotak “Verifikasi Tertunda”

Anda mungkin akan melihat informasi ini muncul di profil Anda, bergantung apakah Anda sudah mencoba mengirim kartu pos:

Atau jika Anda belum memilih opsi verifikasi, Anda akan melihat layar seperti ini:

3. Pilih “Saya tidak punya kode” atau “Verifikasi Sekarang”

Jika Anda belum memilih opsi verifikasi, Anda akan melihat layar seperti contoh di bawah ini. Cukup klik “Verifikasi Sekarang” untuk memeriksa opsi Anda.

4. Pilih “Ubah Metode”

5. Tinjau opsi verifikasi Anda


6. Pilih opsi yang paling nyaman untuk Anda

Jika Anda memiliki opsi lain daripada kartu pos. Pilih opsi yang paling nyaman bagi Anda! Setiap akun berbeda, jadi Anda mungkin melihat layar seperti contoh dibawah ini – atau Anda mungkin melihat kombinasi metode verifikasi yang dibahas di bagian sebelumnya.

7. Coba verifikasi bisnis Anda melalui Google Search Console

Google Bisnisku memungkinkan pengguna untuk memverifikasi profil mereka melalui Google Search Console jika metode lain gagal. Tentu saja, ini berarti situs web dan bisnis Anda perlu disiapkan dan diverifikasi di Search Console. Meskipun opsi ini tidak tersedia untuk semua bisnis, ada baiknya untuk dilihat.

Untuk memverifikasi profil Google Bisnisku melalui Search Console, lakukan proses penyiapan Google Search Console dan verifikasi profil Anda di sana. Kemudian, pastikan Anda masuk ke GMB menggunakan akun yang sama dengan yang Anda gunakan di Search Console. Setelah Anda sepenuhnya diverifikasi di Search Console, Anda akan melihat opsi “Verifikasi Instan” muncul di profil GMB Anda.

8. Coba Jangkau Komunitas Google atau GMB melalui Twitter

Komunitas Google adalah sumber yang berharga karena Anda dapat membuat postingan dengan pertanyaan Anda dan informasi tambahan apapun tentang permasalahan Anda. Kemungkinan banyak orang yang mengalami masalah seperti Anda, sehingga Anda dapat belajar dari tanggapan dan tips mereka untuk menemukan solusi. Dalam beberapa kasus, karyawan Google bahkan mungkin akan memberikan saran.

9. Kirimkan tiket jika satu-satunya pilihan Anda adalah verifikasi kartu pos

Ketika semuanya gagal, Anda dapat mengirimkan tiket untuk verifikasi kartu pos. Anda harus memasukkan alasan Anda membutuhkan dukungan dan kemudian menavigasi melalui beberapa opsi “Pusat Bantuan” yang akan disarankan Google.

Itulah tips yang bisa Anda lakukan untuk verifikasi Google Bisnisku tanpa menggunakan kartu pos. Selamat mencoba.

Continue Reading