cara riset keyword

Seperti yang Anda ketahui, keberhasilan sebuah konten dapat dicapai salah satunya dengan memaksimalkan penulisan serta menggunakan kata kunci yang tepat. Nah untuk mendapatkan kata kunci terbaik, pertama-tama Anda harus melakukan riset keyword atau kata kunci terlebih dahulu.

Cara riset kata kunci untuk SEO pun sebenarnya gampang-gampang susah, sebab selain menggunakan tools Anda juga harus memahami apa yang dibutuhkan oleh konten serta apa yang dicari oleh para pembaca.

Sedangkan tujuan melakukan riset kata kunci sendiri sangat beragam, antara lain seperti.

  • Mendapatkan pembaca sesuai target.
  • Dapat mempertimbangkan tingkat persaingan.
  • Menentukan kualitas konten.
  • Memberikan info yang lebih jelas pada pembaca.
  • Meningkatkan jumlah pengunjung pada website.
  • Menentukan nilai jual dari kata kunci itu sendiri.

Dari penjabaran tujuan-tujuan melakukan riset kata kunci di atas, tentu sudah jelas bagaimana pentingnya riset kata kunci untuk kemajua konten Anda. Namun yang menjadi pertanyaan disini ialah, bagaimana cara melakukan riset kata kunci untuk SEO? Berikut penjelasannya untuk Anda.

  1. Pilih Kategori Kata Kunci Untuk Meningkatkan Penjualan

Ingat yang tujuan utama Anda dalam menerbitkan sebuah konten adalah untuk meningkatkan penjualan, dan konten tersebut hanya digunakan sebagai media untuk menarik para pembeli. Sayangnya begitu banyak konten yang dibuat hanya untuk menambah aktifitas pada situs tanpa memberikan hasil yang signifikan pada penjualan.

Dari sini Anda harus mulai mengubah kategori kata kunci yang dibutuhkan untuk tujuan penjualan. Dengan kata lain, kata kunci yang Anda pilih harus memiliki nilai “sallery”. Semisal penggunaan kata kunci “jual” yang langsung merujuk pada penjualan jasa/produk.

  1. Perhatikan Tingkat Persaingan Kata Kunci

Nah yang menjadi PR Anda disini ialah bagaimana tingkat persaingan kata kunci tersebut. Untuk situs dengan jumlah pengunjung sedikit atau termasuk situs baru, penggunaan kata kunci dengan tingkat persaingan tinggi sangat tidak recommended.

Mengapa demikian? Sebab ketika Anda menggunakan kata kunci dengan tingkat persaingan tinggi, akan sulit untuk bisa duduk di page one. Sedangkan mereka yang menggunakan kata kunci dengan tingkat persaingan tinggi biasanya didukung dengan backlink pbn, share medsos ataupun karena faktor usia situs yang sudah tua.

Untuk mengetahui tingkat persaingan kata kunci sendiri Anda dapat menggunakan tool premium.

  1. Pemilihan Kata Kunci untuk Membangun Kesadaran

Selain memberikan dorongan secara frontal, Anda juga bisa memberikan rangsangan untuk membangun kesadaran pembaca. Dimana hal ini bsia dilakukan dengan penggunaan frasa atau kata yang membentuk kesadaran pembaca untuk melakukan transaksi.

Dengan menggunakan kata kunci tersebut Anda harus mampu mengembangkannya dalam konten yang menarik sehingga minat pembaca meningkat dan tujuan utama konten bisa sampai pada sasaran.

  1. Gunakan Kata Kunci dengan Frasa Humaning

Ketika Anda memilih menggunakan kata kunci dengan frasa yang terlalu bertekuk lutut pada system, hal ini sudah sangat ketinggalan jaman. Benar saja, para pengguna internet masa kini jauh lebih banyak menggunakan kata humaning untuk mencari sesuatu di internet.

Dengan perubahan tersebut, tentu Anda pun harus mampu mengimbanginya dan mampu memberikan konten yang dibutuhkan oleh para pembaca. Nah untuk menentukan frasa humaning yang tepat, salah satunya adalah dengan memahami terlebih dahulu apa yang paling dicari oleh pengunjung.

Perlu Anda ketahui, kebutuhan kata kunci pada konten masa kini yaitu hanya kata kunci yang sesuai dengan maksud atau keinginan pembaca. Anda tidak perlu lagi terlalu banyak menggunakan LSI ataupun sinonim kata kunci hanya untuk menunjukkan kualitas konten.

  1. Gunakan Kata Kunci Populer, Viral dan Potensial

Trik berikutnya untuk melakukan riset kata kunci adalah dengan memilih kata kunci yang popular, viral serta memiliki potensi tinggi. Meskipun ketahanan konten yang menggunakan kata kunc viral biasanya tidak bertahan begitu lama, namun penggunaan kata kunci viral sangat efektif untuk peningkatan penjualan dalam waktu singkat dengan frekuensi waktu yang terbatas tentunya.

Dari kekurangan ini, Anda bisa terus mengolah konten-konten yang menggunakan kata kunci viral atau popular sehingga ketika frekuensi peningkatan penjualan dari satu konten habis, Anda sudah siap dengan konten lainnya.

Apabila trik ini mampu Anda kembangkan terus menerus, bukan hal sulit untuk menjaga dan menaikkan trafik situs Anda.

  1. Long Tail Keyword

Berbanding terbalik dengan kata kunci yang memiliki nilai tinggi, dimana tingkat persaingannya begitu besar. Untuk long tail keyword atau kata kunci panjang, biasanya tingkat persaingan akan lebih sedikit.

Biasanya pembaca yang menggunakan kata kunci panjang ini adalah mereka yang mencari konten dengan spesifikasi tertargetkan, sehingga tak heran jika jumlah konten yang muncul pun relative sedikit.

  1. Gabungkan Beberapa Kata Kunci serta Jumlah Pencarian

Satu lagi tips penting untuk mendapatkan konten dengan jumlah pengunjung banyak serta trafik penjualan meningkat, yaitu menggabungkan beberapa kata kunci. Anda dapat mencari kata kunci dari tema yang sama kemudian digabungkan dalam satu konten.

Perhitungan jumlah pencarian dari masing-masing kata kunci juga sangat penting. Dengan begitu Anda bisa meng-up kata kunci satu oleh kata kunci lain, seperti penggunaan kata kunci dengan tingkat persaingan rendah dan tinggi.

Itulah beberapa cara melakukan riset kata kunci. Untuk bisa mendapatkan kata kunci terbaik, Anda bisa memanfaatkan beberapa tools seperti MOZ, Ubersuggest, Semrush dll.