October 3, 2022

Cara Mengatasi Akun Facebook Ads Dinonaktifkan

Di waktu kali ini, kami akan menjelaskan bagaimana cara mengatasi akun Facebook Ads dinonaktifkan.

Tahukah Anda bahwa Facebook Ads dapat menjadi salah satu cara untuk mendapatkan penjualan dan target marketing?

Masalahnya, beberapa perusahaan melakukan kesalahan dengan memasukkan iklan tanpa memperhatikan ad policy yang ada. Hal tersebut dapat berujung pada akun Facebook Business yang ditangguhkan (dinonaktifkan sementara) atau iklan yang tidak dapat diunggah.

Nah, artikel ini akan membahas bagaimana cara memasang iklan ke Facebook Ads, dan jika iklan tidak diterima oleh Facebook, inilah cara untuk mengatasinya.

Apa itu Facebook Ads?

Facebook Ads adalah layanan dari Facebook yang memungkinkan perusahaan untuk menyebarkan iklan di platform Facebook. Iklan tersebut akan ditampilkan kepada target user yang Anda pilih dan bagaimana target dari iklan yang Anda tentukan.

Dengan Facebook Ads, Anda juga dapat menentukan budget yang ingin dikeluarkan, baik dalam jangka bulanan, budget total, dan pay per click.

Bagaimana Facebook Ads Dapat Diterima Audience?

Mungkin beberapa dari Anda pernah sesekali menerima iklan di Facebook, baik itu dalam bentuk postingan, carousell, dan story.

Biasanya, iklan yang Anda terima akan sesuai dengan minat dan kategori yang sering Anda akses. Itu karena pada saat mengatur postingan iklan, perusahaan akan menentukan kategori atau niche yang didalami. Kategori tersebut akan tersinkronisasi dengan aktivitas para pengguna Facebook.

Selain itu, perusahaan juga dapat menentukan target lokasi agar iklan dapat muncul pada pengguna Facebook yang masih satu domisili dengan bisnis tersebut.

Apakah Facebook Ads Berbahaya?

Tidak, Facebook Ads memiliki peraturan yang cukup ketat untuk para perusahaan mengunggah iklannya. Jika terlihat berbahaya, biasanya pemilik iklan dapat diblokir dan dilaporkan yang berujung pada suspend atau iklan sejenis tersebut tidak muncul lagi di laman Facebook Anda.

Berikut adalah sekilas peraturan Facebook yang perlu ditaati oleh pemilik iklan:

  • Harus taat pada Facebook Community Guidelines
  • Tidak boleh menyebarkan informasi yang salah
  • Tidak diperbolehkan mempromosikan aktivitas ilegal
  • Tidak menyebarkan konten yang bersifat dewasa dan vulgar

Dengan peraturan yang cukup ketat, Facebook akan memastikan bahwa iklan yang diunggah cukup aman. Meskipun begitu, Anda perlu waspada dengan virus yang dapat tersebar melalui link. Bukan hanya di Facebook, namun platform media sosial lain juga memiliki masalah yang serupa.

Cara Block Iklan di Facebook

Terkadang, iklan yang muncul dapat mengganggu pengalaman pengguna dalam bermain Facebook. Bahkan ada yang tidak sesuai dengan kategori dan kesukaan Anda. Jika keadaannya sudah seperti itu, kemungkinan beberapa orang risih dengan data dan privacy Anda yang diambil terlalu banyak oleh Facebook.

Kebanyakan memilih untuk menonaktifkan layanan Facebook Ads, namun bagaimana caranya?

Caranya adalah dengan mengunduh ad blocker yang nantinya akan membantu Anda dalam menyortir dan menonaktifkan layanan iklan Facebook. Biasanya adblocker atau adguard berupa plugin yang diinstall ke masing-masing browser. Nantinya, aplikasi tersebut akan mengontrol iklan yang benar-benar sesuai dengan minat Anda.

Jika tidak menggunakan adblocker, Anda juga dapat mengontrol preferensi iklan di mode pengaturan Facebook Ads.

Mengapa Iklan Facebook Bisa Terblokir?

Mungkin beberapa dari Anda mengalami kejadian di mana iklan tidak dapat diunggah ke dalam Facebook Ads.

Penting untuk mengetahui sebab-sebab mengapa iklan tersebut belum diterima oleh Facebook.
Biasanya, iklan tidak diterima jika melanggar aturan dari Facebook, yaitu policy. Sekali saja melanggar policy iklan dari Facebook, maka mereka akan memblokir iklan tersebut.

Maka, sebaiknya Anda melihat dengan benar apa saja unsur-unsur yang menyebabkan iklan Anda tidak dapat diterima atau diblokir.

Bagaimana Cara Melewati Blokir Iklan Facebook?

Pertama, Anda perlu mengidentifikasi masalah pada iklan yang ingin Anda unggah. Misalnya, apakah ada kata-kata kotor dan kasar, informasi yang diberikan valid atau tidak, apakah ada konten vulgar, dan apakah mengikuti community guideline atau tidak.

Jika sudah teridentifikasi, pastikan konten iklan tersebut mengikuti standar peraturan dari Google, dan pastikan bahwa link ke landing page iklan tersebut bekerja dengan baik.

Mengapa Akun Facebook Ad Dinonaktifkan?

Ada beberapa kasus saat Facebook benar-benar menonaktifkan bukan hanya iklan, namun juga akun perusahaannya.

Hal tersebut adalah hal biasa bagi orang yang melanggar peraturan di Facebook. Jika akun tersebut terdeteksi melanggar dan merugikan orang lain dengan adanya berbagai laporan, Facebook akan segera memblokir dan bahkan melakukan suspend pada pemilik akun.

Jika sudah seperti itu, memang merepotkan apalagi jika pemilik akun memiliki kontrak iklan jangka panjang atau langganan lainnya.

Cara Mengatasi Akun Facebook Ads Dinonaktifkan

Mengembalikan akun Facebook Ads setelah dinonaktifkan bukan hal yang mudah. Namun, jika sabar mengikuti prosesnya, Facebook akan mengembalikan akun Anda.

Solusi pertama adalah dengan menghubungi call center Facebook untuk mengetahui masalah Anda lebih detail dan apa saja yang harus dilakukan. Bisanya, Facebook akan memberikan solusi dengan menjalankan beberapa administrasi agar sesuai dengan protokol mereka.

Namun, jika hal tersebut tidak mampu mengembalikan akun Anda lebih baik untuk coba membuat akun baru.

Hati-hati, karena Anda sudah tahu apa saja larangan yang tidak boleh dilakukan dalam mengunggah akun di Facebook Ads jangan sampai akun Anda ditangguhkan lagi.

Facebook Ads memang salah satu media untuk marketing yang cukup menjanjikan, dan banyak orang yang telah menggunakan Facebook Ads untuk media marketing mereka. Namun, memang bukan jalan yang mudah karena sebagian orang menganggap iklan di Facebook cukup mengganggu kenyamanan mereka.

Maka, buatlah iklan yang berkualitas dengan copywriting yang menarik. Pastinya, dengan memperhatikan community guidelines dan peraturan yang ada agar iklan layak masuk ke dalam Facebook Ads.

Pastikan juga bahwa pengiklan memilih target audience yang sesuai, dan juga link landing page pada iklan masih bekerja dengan baik. Hal tersebut akan menghindari akun Anda dari blokir oleh Facebook.

Itulah yang dapat kami sampaikan tentang cara mengatasi akun Facebook Ads dinonaktifkan, semoga informasi ini berguna dan sampai jumpa di artikel-artikel lainnya.

SUBSCRIBE

Dapatkan Informasi Teknologi terbaru langsung ke Email Anda. Subscribe Sekarang, GRATIS!
Subscribe
Suka Dengan Artikel Kami? Silahkan bagikan artikel kami kepada teman Anda!

Baca Juga Artikel lainnya

July 5, 2024
10 Contoh Script Naskah Voice Over Siap Pakai

Membuat naskah voice over yang efektif dan menarik bisa menjadi tantangan tersendiri, baik bagi pemula maupun profesional. Naskah yang baik […]

Read More
October 21, 2023
15+ Contoh Ide Konten Instagram Edukasi

Instagram, bukan sekadar tempat untuk memamerkan foto-foto yang estetis. Saat ini, platform ini telah menjadi pusat pengetahuan dan pembelajaran. Mungkin […]

Read More
October 17, 2023
Gaji Content Creator yang Ideal di Indonesia

Di era digital saat ini, profesi sebagai content creator semakin diminati. Indonesia, dengan pertumbuhan pengguna internet yang signifikan, memberikan peluang […]

Read More
1 2 3 24

We Are Ardata

PT. Ardata Digital Asia (Ardata Media) merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang IT dengan produknya berupa Jasa dan Produk Digital.
WA : 085741111568
SEMUA ARTIKEL
envelope
Open chat
Ardata Media
Hai!
Apakah Ada Pertanyaan? Silahkan Hubungi Kami!
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram