Membangun bisnis online merupakan pilihan yang tepat bagi para pebisnis. Karena pada zaman saat ini kebiasaan belanja konsumen telah berubah dengan adanya kemajuan teknologi internet. Oleh karena itu, mau tidak mau pebisnis diharuskan memanfaatkan teknologi internet sebagai alat untuk menjalankan bisnisnya. Namun untuk mengetahui minat konsumen terhadap produk yang sering dicari, Anda perlu melakukan riset untuk mengetahui produk paling laku di internet. Yuk simak penjelasan pentingnya melakukan riset terlebih dahulu sebelum memulai berbisnis online.

Pentingnya Riset Produk Sebelum Berjualan

Melakukan bisnis penjualan diharapkan mampu memenuhi dan menjawab kebutuhan konsumen. Produk paling laku di Internet dapat dijadikan peluang bisnis online untuk Anda. Namun untuk mengetahuinya, Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu. Sebab itu melakukan riset produk sebelum berjualan dirasa penting untuk calon pebisnis online. Alasan lain melakukan riset produk yaitu untuk mengetahui hal-hal lain yang perlu diperhatikan dan diketahui sebelum pebisnis memulai bisnisnya.

 

Berikut simak baik-baik alasan mengenai pentingnya riset sebelum memulai berbisnis online.

 

  1. Dapat mempermudah memperkenalkan produk baru
    melakukan riset tidak hanya diperuntukkan pebisnis yang sudah memiliki brand dan produk, namun untuk pebisnis pemula kegiatan riset ternyata diperlukan juga. Karena dengan melakukan kegiatan Riset dapat mempermudah Anda untuk memperkenalkan produk baru yang anda miliki. Selain itu, Anda dapat mengetahui respon konsumen terhadap produk tersebut. Dengan mengetahui respon konsumen terhadap produk, Anda dapat mengembangkan promotion mix yang tepat untuk produk tersebut. Dengan begitu Anda dapat mencapai tujuan yaitu memberi informasi terkait produk baru tersebut.
  2. Membantu dalam identifikasi masalah dan peluang di Pasar.
    Riset yang Anda lakukan dapat membantu mengidentifikasi peluang produk anda untuk menguasai pasar sesuai dengan konsentrasi produk yang dipasarkan. Dengan begitu anda dapat mengetahui pelanggan potensial dari produk tersebut. Serta dapat mengidentifikasi sifat persaingan di pasar, tingkat kepuasan pelanggan juga dapat Anda ketahui setelah melakukan riset.
    Selain peluang, seorang pebisnis diwajibkan mengidentifikasi masalah apa saja yang berpotensi akan timbul dimasa mendatang. Dengan melakukan kegiatan riset diharapkan Anda dapat mengetahui masalah yang akan timbul kedepannya. Sehingga dapat melakukan pencegahan ataupun mempersipkan solusi terhadap masalah tersebut.
  3. Menyusun Strategi Pasar yang Matang.
    Pada zaman saat ini pasar sifatnya global, sehingga proses transaksi yang dilakukan penjual dengan pembeli dilakukan secara tidak langsung. Tentunya memiliki kelebihan serta kekurangan di dalamnya, kelebihannya yaitu penjual lebih praktis dalam melakukan proses transaksi jual beli. Namun konsumen dirasa akan kesulitan dalam melakukan pengontrolan saluran distribusi. Kebutuhan konsumen yang semakin hari semakin sulit untuk diprediksi dan ditambah dengan pasar yang semakin meluas. Persoalan-persoalan tersebut menjadi PR untuk para pebisnis online. Dengan melakukan kegiatan riset, Anda tidak perlu merasa khawatir. Karena riset membantu Anda untuk dapat mengidentifikasi masalah dan peluang. Disini riset memiliki peranan yang sangat penting, untuk mengetahui serta mengidentifikasi masalah dan peluang di pasar. Setelah Anda mengetahui masalah dan peluang yang ada di pasar, tindakan selanjutnya yaitu dapat menyusun strategi pasar dengan baik. Tujuannya agar Anda berkonsentrasi dengan pangsa pasar, dan bisnis online yang anda jalankan berjalan sesuai dengan rencana.
  4. Dapat meningkatkan penjualan.
    Hasil riset yang telah diketahui, dapat gunakan sebagai evaluasi kinerja Anda selama ini, selain evaluasi dapat dugunakan untuk menganalisis wilayah penjualan yang berpotensial. Dengan begitu, perusahaan dapat melakukan pengoptimalan terhadap bidang-bidang yang dirasa kurang dalam melakukan kegiatan pemasaran. Selain itu Anda mampu menganalisis terkait metode yang tepat untuk melakukan distribusi produk yang Anda pasarkan. Setelah semua bidang dilakukan pengoptimalan, diharapkan dapat meningkatkan penjualan produk Anda.
  5. Dapat memperkirakan penjualan.
    Seorang penjual harus tetap berupaya agar stok barang tetap tersedia. Kegiata produksi perlu dilakukan setiap hari untuk memenuhi permintaan konsumen. Riset dilakukan untuk mengetahui target konsumen sehingga mampu diperkirakan seberapa banyak penjualannya. Riset ini juga dapat membantu Anda untuk memperbaiki proses penjualan dan merencanakan proses pemasaran kedepannya.
  6. Dapat merevitalisasi Brand.
    Riset terhadap suatu produk dilakukan untuk mengetahui posisi brand ataupun produk Anda. Tujuannya untuk mengetahui apakah produk Anda sudah dapat dipasarkan secara luas lagi. Karena, tujuan dari pemasaran yaitu membangun loyalitas konsumen terhadap suatu brand. Sehingga Anda mengetahui langkah apa yang tepat dilakukan untuk mempopulerkan serta mempertahankan loyalitas konsumen terhadap produk yang Anda miliki.

Setelah mengetahui beberapa alasan pentingnya riset, tentunya membuat Anda tidak ragu lagi untuk memulai berbisnis secara online. Mengambil tindakan yang tepat untuk memulai bisnis merupakan kunci utama berjalannya suatu bisnis. Produk paling laku di internet termasuk juga kedalam alasan penting dari melakukan riset. Oleh karena itu, tentukan bisnis apa yang tepat dan menjawab keinginan dari konsumen. Saat ini tersedia banyak sekali marketpleace, sehingga banyak pula persaingan dalam hal penjualan. Para pedagang diharapkan mampu menerapkan kegiatan riset tuntuk dapat bersaing melawan kompetitor lainnya. Menggunakan metode-metode yang sekiranya dapat menarik perhatian konsumen perlu untuk diterapkan. Selain itu, pebisnis perlu mengetahui tempat yang tepat untuk menjajakan produknya. Kegiatan riset tidak hanya dilakukan sekali sebelum melakukan bisnis online, namun dilakukan secara berkala. Karena kebutuhan dan keinginan konsumen selalu berubah-ubah seiring dengan kebutuhannya masing-masing.

Riset Produk Terlaris di Marketplace

Seiring dengan berkembangnya zaman, semua bidang akan memanfaatkan teknologi yang ada sebagai alat penunjang. Salah satunya adalah bidang bisnis. Banyak pebisnis yang memilih untuk memasarkan produknya melalui media online atau melalui internet. Tak banyak orang tahu bahwa bisnis online tidak semudah yang dibayangkan. Bisnis online melalui internet gampang-gampang susah, khususnya dalam penjualan suatu produk. Ditambah lagi pada saat memulai bisnis online tidak melakukan riset produk terlebih dahulu. Hasilnya, produk tidak akan laris dipasaran bahkan bisa jadi produk yang dijual tidak laku jika terdapat beberapa barang yang terjual pun tidak cukup untuk biaya operasional menjalankan bisnis kedepan. Dengan demikian mengapa riset produk sangat dibutuhkan. Terlebih riset produk di marketplace dimana para konsumen pada saat ini lebih memilih untuk membeli melalui marketplace.

 

Riset produk sangatlah penting dilakukan tujuannya adalah untuk mencari informasi apakah produk yang dimilikinya nantinya akan laris dipasaran atau tidak. Selain itu, untuk mengetahui mengenai produk dari kompetitor sebagai patokan apakah produk yang dimiliki mempunyai kelebihan dibandingkan dengan produk yang dimiliki oleh kompetitor. Riset paling efektif unutk mengetahui produk paling laku di internet adalah dengan menggunakan riset di marketplace. Dimana riset dilakukan dengan menggunakan situs marketplace yang ada di Indonesia. Dengan menggunakan riset di marketplace dirasa lebih dimudahkan untuk mencari produk – produk yang sedang laris di perdagangan online.

 

Situs marketplace yang ada di Indonesia antaran lain Shopee, Bukalapak, Tokopedia, Lazada, Elevenia dan situs online lainnya. Marketplace yang terkenal biasanya memiliki fitur kategori terlaris di bagian pencarian produk. Dengan demikian Anda dapat melakukan survei mengenai produk yang akan anda jual kedepannya. Biasanya produk yang terjual lebih dari 400 produk dalam kurun waktu satu minggu hingga dua minggu termasuk dalam kategori laris.

 

Cara untuk mencari produk paling laku di internet dapat dilakukan dengan cara mengecek di marketplace. Caranya adalah dengan langsung search langsung pada bagian “Produk Paling Laris” atau “Hot Item”. Pada saat melakukan product research di marketplace, Anda juga bisa mendapatkan informasi mengenai karakteristik toko yang sering dikunjungi oleh konsumen. Anda dapat menjadikan produk dan harga dari toko kompetitor sebagai referensi sebelum membuka toko online.

 

Baca juga : 4 Tools Google Untuk Mengetahui Produk Yang Paling Laris Saat Ini

 

 

Mencari Ide Produk dengan Google Trend

Langkah awal untuk memulai suatu bisnis yaitu dengan menentukan ide. Tak jarang orang yang sulit untuk menemukan ide yang nantinya akan memiliki potensi laris atau diminati oleh banyak orang. Disaat pebisnis masih bingung untuk mencari informasi dan menentukan produk apa yang nantinya akan banyak orang cari merupkan hal yang wajar terjadi. Hal tersebut mungkin dialami oleh semua pebisnis saat memulai untuk membuka bisnis. Dengan demikian maka perlunya untuk mencari inspirasi dengan cara melakukan riset, seperti riset pasar, riset ide bisnis atau produk. Salah satu tools yang dapat digunaka untuk mencari ide produk adalah dengan Google trend. Lalu apakah Google Trend itu? Bagaimana cara menggunakan Google Trend?

Google Trend adalah salah satu tools gratis dari Google yang berguna untuk mencari trend yang sedang popular pada kurun waktu tertentu. Google Trend dirancang untuk menyajikan data, berita maupun produk yang sedang trend atau sedang hype.

Lalu bagaimana cara menggunakan Google Trend? Yuk simak caranya.

 

1. Langkah pertama adalah dengan mengakses Google Trend

Masuk pada homepage Google Trend Indonesia. Pada halaman tersebut Anda dapat melihat beberapa informasi menarik yang disajikan dengan menggunakan grafik. Terdapat 4 filter yang dapat digunakan saat mencari data mengenai apa yang sedang trending, diantara nya :

  • Waktu
  • Lokasi
  • Kata kunci awal
  • Kombinasi ketikanya

2. Selanjutnya bisa ketikkan keyword atau kata kunci awal yang banyak dicari pembeli. Misalnya jualan apa yang sedang laris dalam sebulan terakhir?. Maka Anda hanya ketikkan kata “Jual” pada kotakbox search term.

3. Setelah mengetikkan kata kunci awal maka akan muncul hasil dari pencarian. Terdapat filter mengenai rentang waktu pencarian. Anda dapat berubah rentang waktu sesuai yang Anda inginkan seperti beberapa jam terakhir, seminggu terakhir dan masih banyak options lainnya.

4. Lalu Anda dapat scroll hingga kebawah dan menemukan bagian Related Queries. Pada kotakbox Related Queries Anda dapat melihat hasil dari pencarian mengenai “jual” dalam kurun waktu yang Anda tentukan. Pada kotakbox Related Queries akan ditemukan kata Breakout dan +(angka)% (misal : +2,100%). Lalu apa sih maksut Breakout dan +(angka)%?

 

Berikut penjelasan singkatnya :
• Breakout : pencarian melonjak luar biasa dalam kurun waktu yang telah Anda tentukan sebelumnya. Bisa dianggap 100x lebih.
• +(angka)% (misal : +2,100%) : pencarian naik hingga 21x.

 

Nah produk dengan indikasi Breakout maka dengan kasar dapat kita katakan sebagai produk yang sedang trend atau hype yang nantinya dapat kita gunakan sebagai hasil riset ide bisnis.
Nah itulah langkah – langkah menggunakan Google Trend untuk melakukan riset mengenai produk yang laku di internet dalam kurun waktu tertentu. Sangat mudah bukan menggunakan Google Trend untuk mencari ide bisnis? Lalu bagaimana? Sudah adakah gambaran mengenai ide bisnis yang akan anda jalankan?

Continue Reading