Cara Membuat Sitemap Website yang Cepat Terindex Robot Google – Tahukah Anda, Google maupun mesin pencari lainnya mempunyai bot mesin pencari untuk menemukan sebuah situs. Bot ini akan membantu suatu situs muncul di mesin pencari. Google sendiri mempunyai bot mesin pencari yang disebut Google Crawler / Spider / Bots.

Bot google ini akan selalu bekerja untuk menjelajahi segala sesuatu yang dapat dirayapinya. Bot ini akan menjelajahi setiap website melalui satu tautan / link dan kemudian berpindah ke tautan / link lainnya. Tautan ini ada yang sifatnya internal (hanya pada website itu sendiri) dan eksternal (mereferensikan situs lainnya).

Dengan semakin banyaknya jumlah situs atau website, selain itu tiap situs juga mempunyai ukuran dan kompleksitasnya sendiri google mengembangkan protokol baru. Protokol ini dirancang menggunakan format XML yang diluncurkan tahun 2005 silam. Protokol ini lebih dikenal dengan “XML Sitemap”.

Bagi Anda yang baru berkecimpung dalam dunia website atau blog tentu akan mempunyai banyak pertanyaan. Apa itu sitemap? Apa pentingnya sitemap XML? dan tentunya masih banyak lagi. Untuk lebih jelasnya mari kita simak penjelas berikut.

Apa Itu Sitemap?

Sitemap sendiri dapat kita gambarkan sebagai sebuah file yang isinya adalah semua halaman penting dari suatu website. Kenapa semua halaman penting harus ada dalam satu file XML sitemap? Tentu ini akan memudahkan crawler dalam menemukan semua halaman website. Crawler akan lebih mudah mengindex semua halaman pada satu tempat dibandingkan harus menyusurinya lewat internal link.

Apa Pentingnya Sitemap XML?

Dalam dunia SEO, sitemap memegang peranan yang penting. Secara alami Bot mesin pencari akan merayapi halaman website melalui internal link. Apabila internal link tidak tepat maka kemungkinan besar halaman yang menurut Anda penting justru akan ditinggalkan ketika perayapan.

Bila Anda mempunyai website baik untuk pribadi maupun untuk keperluan bisnis tentu tidak ingin hal ini terjadi. Karenanya dengan menggunakan XML Sitemap yang isinya adalah semua URL situs website Anda akan menghindari resiko seperti itu.

Cara Membuat Sitemap di Blogger

Setelah tahu betapa pentingnya sitemap, pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara membuat sitemap di blogger maupun wordpress. Pertama-tama kita akan membahas cara membuat sitemap di blogger. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengcopy semua kode berikut untuk menampilkan semua data posting pada blog. Kode ini bersumber dari helplogger :

<div id=”hlrpsb”>

<script src=”http://helplogger.googlecode.com/svn/trunk/recent-posts-with-titles-only.js”></script>

<script>var numposts = 13;var showpostdate = false;var showpostsummary = false;var numchars = 100;var standardstyling = true;</script>

<script src=”http://blogmu.blogspot.com/feeds/posts/default?orderby=published&alt=json-in-script&callback=showrecentposts”></script></div>

<div id=”rpdr” style=”font-family: arial, sans-serif; font-size: 9px;”>

</div>

<noscript>Oops! Make sure JavaScript is enabled in your browser.</noscript>

<style type=”text/css”>

#rpdr {background: url( ) 0px 0px no-repeat; padding: 1px 0px 0px 19px; height:14px; margin: 5px 0px 0px 0px;line-height:14px;}

#rpdr, #rpdr a {color:#808080;}

#hlrpsb { }

.bbrecpost2 {

padding-top:4px;

padding-bottom:4px;

border-bottom: 1px #cccccc dotted; }

</style>

Setelah kode tersebut kamu copy maka langkah selanjutnya adalah membuat halaman pada blog dengan cara :

  1. Buat Newpage > Blank page, kemudian passte-kan kode tersebut ke dalam Edit HTML. Sebagai catatan http://blogmu.blogspot.com kamu ganti dengan nama blogmu ya. Setelah itu berilah nama halaman tersebut dengan nama sitemap, kemudian disimpan.
  2. Kemudian pada halaman Home Page blogmu buatlah sebuah link atau navigasi menuju halaman sitemap.

sitemap google

Cara Membuat Sitemap di WordPress

Setelah kita tahu cara membuat sitemap di blogger, selanjutnya kita akan belajar membuat sitemap di wordpress. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

Langkah 1 – Buat Sitemap XML pada WordPress

Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk membuat sitemap di wordpress. Disini kita akan belajar bagaimana cara membuat sitemap di wordpress menggunakan 2 plugin berbeda. Mari kita simak pembahasan berikut ini.

Plugin WordPress Untuk Mempermudah Membuat Sitemap

Pilihan 1 : Membuat sitemap XML menggunakna plugin Yoast SEO

Bila kamu berkecimpung dalam dunia SEO tentu sudah tidak asing lagi dengan plugin Yoast SEO. Plugin yang cukup populer ini mempunyai fungsi untuk meningkatkan SEO pada website khususnya wordpress.

Plugin ini dapat digunakan sebagai parameter untuk menilai konten suatu website apakah dari segi SEO-nya sudah bagus atau belum. Yoast SEO akan menilai keyword yang Anda gunakan, tag H1 H2 dst, readibility artikel yang dibuat dan lain sebagainya. Selain fungsinya tersebut, Yoast SEO juga dapat berfungsi untuk membantu dalam membuat sitemap. Berikut langkah membuat sitemap menggunakan yoast SEO :

  1. Pertama kita harus menginstal dan mengaktifkan plugin Yoast SEO. Untuk Anda yang sudah berkecimpung dalam dunia website tentu sudah tidak bingung bukan. Bila Anda masih pemula, Anda bisa mencari tutorialnya lebih dulu.
  2. Ketika plugin ini telah aktif maka akan muncul menu SEO, klik menu tersebut kemudian pilih Feature. Setelah itu aktifkan bagian Advanced settings pages.
  3. Dengan begitu fitur ini akan mengaktifkan secara otomatis sitemap XML pada website Anda. Pada dashboard website Anda juga akan muncul menu XML Sitemap yang ada dibawah menu SEO. Pada menu ini kita dapat mengatur jumlah maksimal sitemap per entries atau Max entries per sitemap.
  4. Bila sudah maka Anda berhasil membuat sitemap XML. URL Sitemap dapat Anda buka di link Your XML Sitemap. Selain digunakan sebagai parameter untuk konten SEO, Yoast SEO juga merupakan Plugin WordPress Untuk Mempermudah Membuat Sitemap.

Pilihan 2 : Membuat SitemapXML menggunakan Google XML Sitemaps

Selain Yoast SEO, Google XML juga dapat Anda gunakan untuk membuat sitemap di wordpress. Google XML juga merupakan salah satu plugin wordpress untuk mempermudah membuat sitemap.

Plugin ini akan memudahkan Anda membuat sitemap XML bukan hanya di Google, namun juga di Bing dan Yandex. Dengan plugin ini maka semua halaman wordpress dan custom url akan dibuatkan sitemap-nya. Bahkan plugin ini juga akan mempermudah perayapan ketika ada konten baru di website Anda. Langkah untuk membuatnya ada sebagai berikut :

  1. Langkah pertama adalah menginstal dan mengaktifkan plugin Google XML Sitemap. Bila Anda masih pemula bisa pelajari dulu tutorialnya lebih dulu.
  2. Setelah plugin ini aktif maka secara otomatis akan membuatkan sitemap pada website atau wordpress Anda.
  3. Anda dapat mengakses URL sitemap melalui menu settings -> XML Sitemap.

Langkah 2 : Cara Membuat Sitemap HTML di WordPress

Selain menggunakan plugin, Anda juga dapat membuat sitemap menggunakan Plugin WP Sitemap Page. Untuk cara membuatnya adalah sebagai berikut :

  1. Langkah pertama adalah menginstal dan mengaktifkan plugin WP Sitemap Page di website Anda.
  2. Selanjutnya adalah buat halaman baru dengan ditambahkan sedikit shortcode berikut : [wp_sitemap_page].
  3. Cobalah untuk mempublishnya dan kemudian lihat perubahannya dengan mengunjungi link / URL halaman tersebut.

Mengingat fungsinya yang memang vital maka pastikan sitemap sudah dibuat dengan benar. Tentunya agar website Anda dapat bersaing dengan lainnya, langkah pertama adalah membuat halaman website Anda terindeks lebih dulu. Dengan proses pengindeks-an yang cepat diharapkan website Anda akan dapat bersaing dengan kompetitor.

Continue Reading