Anda sedang ingin melaporkan perkembangan instagram klien, atau kesulitan melihat laporan perkembangan akun Instagram Anda sendiri? Tanpa alat dan strategi khusus, mungkin Anda akan sedikit kesulitan.  Anda tidak perlu khawatir, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat laporan perkembangan Instagram secara lengkap.

Artikel ini akan memberikan Anda jawaban bagaimana langkah demi langkah membuat dan merancang laporan Instagram untuk klien atau beberapa data lain yang Anda perlu sertakan dan butuhkan. Selain itu ada pula beberapa template laporan Instagram gratis untuk membantu Anda menghemat waktu dan energi. 

Cara Membuat Laporan Analitik Instagram

Tentukan KPI Media Sosial

KPI (Key Performance Indicator) media sosial dapat membantu Anda memahami seberapa baik postingan pada sebuah  akun Instagram dan apakah perlu mengubah strategi atau tidak dalam mengelola postingan di Instagram tersebut. KPI Instagram akan membantu Anda mengukur seberapa efektif bisnis dalam mencapai tujuan yang diterapkan di Instagram

Sebelum Anda menggabungkan data dan menulis beberapa hasil analisis yang dapat ditindaklanjuti, coba pikirkan lagi KPI untuk profil yang Anda kelola atas nama klien Anda. Sederhananya, tinjaulah terlebih dahulu KPI Anda sebelum mulai menulis laporan.  

Tetapkan KPI Instagram

  • Ketertarikan (Engagement)

Jika Anda ingin meningkatkan keterlibatan klien Anda di Instagram, Anda harus tahu kapan dan apa yang harus dikirim. Contohnya, jika Anda memposting ketika sebagian besar followers target Anda tidak Aktif, maka Anda akan mendapatkan lebih sedikit keterlibatan. 

Anda perlu mengetahui kapan audiens target Anda aktif dan memposting pada waktu tertentu. Berikut ini beberapa catatan yang dapat ditindaklanjuti untuk membantu Anda meningkatkan keterlibatan:

  • Posting hingga 5 Story perhari
  • Gunakan Postingan Carousel
  • Tulis Lebih Banyak Keterangan Tambahan
  • Terlibat dengan Komunitas Anda
  • Lakukan live Instagram 
  • Lead Generation 

Tujuan utama menggunakan Instagram untuk media promosi adalah meningkatkan prospek bisnis Anda. Kualitas dari prospek tersebut akan menunjukan kepada Anda apakah strategi pemasaran yang Anda berhasil atau perlu mengubah sesuatu. Jika Anda menerapkan teknik pemasaran yang tepat, maka akan lebih banyak orang yang akan mengklik link ke situs Anda dan mengambil tindakan terhadap bisnis Anda.

Jika Anda ingin menghasilkan lebih banyak arahan Instagram, Anda perlu membuat konten menarik yang dapat dikaitkan dengan followers Anda. Anda juga harus mengajak dengan cara yang menarik untuk followers Anda bertindak, misalnya mengklik tautan bio, detail lebih lanjut di bio, komentar, sampai menyimpan postingan Anda.

  • Sales Generation

Produksi penjualan menjadi hal penting, terutama jika akun Instagram Anda atau lien Anda mempromosikan sebuah produk. Perlu Anda tahu, bahwa setiap bulan ada 130 juta akun Instagram yang mengetuk postingan belanjaan untuk mempelajari lebih lanjut tentang sebuah produk.

Dengan fitur seperti checkout, pengguna dapat membeli produk yang mereka inginkan tanpa harus meninggalkan aplikasi. Anda perlu memastikan audiens untuk menjelajahi produk Anda dengan memposting konten berkualitas tinggi dan menarik. selain itu Anda juga harus menanggapi semua, termasuk mengajak untuk bertindak, berabagi story Instagram, dan sebagainya. 

  • Kesadaran Merek (Brand Awarenes)

Tagar atau hashtag bermerek dapat menjadi salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan kesadaran merek Anda. Postingan Instagram dengan hashtag bermerek tidak hanya akan mendapat lebih banyak interaksi, namun juga membuat postingan Anda lebih mudah untuk ditemukan.

Statistik telah menunjukan bahwa postingan dengan hashtag telah mendapat sekitar 13% lebih banyak keterlibatan daripada yang tidak bertagar. Hashtag Instagram ini memiliki fungsi yang sama seperti kata kunci pada pengoptimalan mesin telusur.  

11 Metrik Instagram untuk Disertakan dalam Laporan Media Sosial Bulanan.

Setelah Anda sudah menetapkan KPI Instagram, selanjutnya Anda dapat menambahkan metrik Instagram berikut ini untuk dilaporkan kepada klien atau analisis untuk akun Instagram Anda sendiri. 

  • Tingkatkan Keterlibatan Menurut Pengikut

Tingkatkan keterlibatan pengikut dengan mengukur jumlah orang yang terlibat dengan kiriman Anda. Tingkat keterlibatan rata-rata per postingan oleh followers dihitung sebagai persentase dari jumlah suka dan komentar yang diterima postingan Anda, dibagi dengan jumlah postingan untuk rentan waktu tertentu. Semua dibagi dengan jumlah pengikut. 

Tingkat keterlibatan dari satu postingan dapat membantu Anda menentukan apa yang disukai oleh followers Anda dan hal-hal yang tidak mereka sukai. Data ini kan membantu Anda mengubah strategi dan kemudian hanya akan memposting konten yang paling berhubungan dengan audiens Anda.

  • Tingkat Keterlibatan Menurut Jangkauan

Tingkat keterlibatan rata-rata per postingan menurut jangkauan dihitung sebagai persentase dari jumlah semua likes dan komentar Anda dibagi dengan jumlah postingan. Kemudian semua dibagi dengan jangkauan.

Kedua metrik ini harus dihitung untuk mengetahui bagaimana kinerja akun Instagram Anda atau klien Anda. Cara ini juga akan membantu Anda mengetahui strategi yang perlu Anda terapkan untuk meningkatkan tingkat keterlibatan dan keterlibatan pada jangkauan tertentu.  

  • Postingan dengan Performa Terbaik di Instagram

Mengukur postingan yang paling menarik ini akan membantu Anda menentukan postingan mana yang berkinerja baik di instagram. Anda dapat melihat mana yang berkinerja dengan menggunakan aplikasi bawaan Instagram Insight. Pertama lakukan akses ke Insights, kemudian ketuk konten yang Anda bagikan, lalu saring mereka. 

Dari langkah tersebut, Anda akan dapat memilih jenis konten (foto, video, carousel), metrik (email, following, tayangan (feed), likes, jangkauan, komentar, penyimpanan, penayangan video), dan jangka waktu (7/30 hari terakhir, 3/6 bulan terakhir, tahun lalu, 2 tahun terakhir). 

Dengan menganalisis postingan teratas Anda, maka akan dengan mudah mengetahui jenis konten yang paling target audiens Anda sukai.  

  • Kesan Instagram

Metrik tayangan mengacu pada berapa kali postingan atau story Instagram atau profil Anda dilihat selama periode yang dipilih. Contohnya jika satu orang telah melihat postingan Anda sebanyak 10 kali, maka ini akan dihitung sebagai 1 jangkauan dengan 10 tayangan. 

  • Pertumbuhan Pengikut Instagram

Jumlah followers yang dimiliki oleh sebuah akun Instagram akan menentukan seberapa sering konten akun tersebut muncul di bagian feed pengguna. Jika Anda memiliki lebih banyak followers, itu artinya konten Anda akan lebih banyak  muncul di feed pengguna. 

Anda perlu tahu bahwa jumlah pengguna juga menentukan dampak merek Anda atau klien Anda terhadap pengguna Instagram. Jika pertumbuhan pengikut ini lambat, maka Anda harus kembali ke profil akun dan menyusun ulang strategi.   

Pertumbuhan followers dihitung sebagai persentase antara jumlah pengikut bulan 2 dikurangi jumlah pengikut bulan 1, kemudian dibagi dengan jumlah pengikut bulan 1. Anda dapat menghitungnya setiap satu bulan. Aplikasi asli Instagram tidak memberikan Anda metrik ini. 

  • Jangkauan Instagram (Reach Instagram)

Metrik jangkauan akan mengukur persentase followers Anda yang telah melihat konten Anda. Jangkauan berbeda dengan tayangan karena hanya menghitung jumlah pengguna unik yang telah melihat konten Anda. Contohnya, jika satu pengguna melihat konten Anda 5 kali, maka itu hanya akan dihitung sebagai lima, ini kebalikan dari hitungan feed. 

  • Rata-rata Tingkat Jangkauan Per postingan

Tingkat jangkauan rata-rata per postingan akan mewakili tingkat jangkauan rata-rata semua postingan Anda yang ditertibkan dalam periode waktu tertentu. Ini dihitung sebagai persentase dari jumlah akun unik yang telah melihat konten Anda, kemudian dibagi dengan jumlah pengikut untuk rentang waktu tertentu. 

  • Website Taps

Website clicks adalah jumlah klik di situs web di profil Instagram Anda. Anda dapat menemukan metrik ini langsung dari aplikasi asli Instagram. Caranya buka profil akun instagram Anda, klik Post, kemudian pilih Select Metode, pilih Website Taps yang paling bawah. 

  • Menghemat di Instagram

Simpanan adalah jumlah penyimpanan yang dikumpulkan oleh postingan Anda. Metrik ini penting karena jika seseorang menyimpan postingan Anda, itu artinya mereka menemukan informasi berguna bagi mereka. Jika jumlah simpanan tinggi terhadap postingan Anda, pertahankan kinerja tersebut. Namun jika jumlah simpanan sedikit bahkan tidak ada, maka Anda perlu mengubah strategi Anda.

Postingan dengan jumlah simpanan yang banyak menunjukan lebih banyak orang yang mengunjungi profil Anda dan telah melihat postingan Anda. Bahkan bisa saja mengklik link di situs Anda.   

  • Tingkat Jangkau Story Instagram

Tampilan story dapat mengukur jumlah orang yang telah melihat story Anda di Instagram. Metrik ini akan memberi Anda data tentang bagaimana pengguna berinteraksi dengan story Instagram yang Anda posting. Informasi tersebut dapat membantu Anda membuat perubahan strategi yang diperlukan dalam Story Instagram Anda untuk meningkatkan keterlibatan pengguna, misalnya lewat repost, survey berupa poling, dan sebagainya. 

Jangkauan Story Instagram ini dihitung sebagai presentase dengan membagi penonton Stories dengan jumlah total followers. 

  • Eksistensi Story di Instagram

Metrik ini menunjukan berapa banyak orang yang meninggalkan Story Anda tanpa menontonnya sampai habis. Hal tersebut terhitung jika pengguna menutup Instagram saat melihat Story Anda, pengguna mengklik tanda X di pojok kanan atas Story Anda, dan pengguna telah menggeser ke bawah untuk kembali ke Feed. 

Tambahkan Audit Kompetitor yang Mendetail

Audit Pesaing merupakan konsep yang membantu Anda mengidentifikasi dan mengevaluasi strategi kompetitif untuk menentukan kekuatan dan kelemahan mereka. Anda juga bisa membandingkannya dengan metode yang Anda gunakan. 

Jika Anda ingin membawa rencana pemasaran bisnis Anda atau klien Anda ke level yang lebih tinggi, Anda harus melakukan analisis kompetitor. Hasil analisis ini akan membantu Anda mengetahui dimana kompetitor Anda saat ini dan strategi apa yang mereka lakukan. Berikut ini langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengaudit kompetitor di Instagram:

  • Analisis Profil Kompetitor Anda.

Analisislah jumlah pengikut yang mereka miliki, bagaimana tampilan gambar profil, strategi apa yang mereka gunakan untuk memasarkan produk mereka, dan apa yang mereka tulis di bio mereka. 

  • Jelaskan Profil, tema, bio, dan CTA yang Digunakan.
  • Analisis Strategi Konten Kompetitor Anda.

Analisis cara kompetitor Anda menulis caption dan jenis konten yang merek posting. Analisis apakah mereka menggunakan lebih banyak konten video, atau mungkin mereka hanya memposting gambar. Jika konten mereka memiliki tingkat keterlibatan yang tinggi, itu artinya gaya penulisan konten mereka menarik bagi pengguna. 

  • Identifikasi Influencer yang Bekerja dengan Kompetitor Anda.

Sertakan Wawasan yang Bisa Ditindaklanjuti

Laporan perkembangan akun Instagram tidak akan lengkap tanpa wawasan yang dapat ditindaklanjuti. Data saja tidak cukup. Anda memerlukan memberikan makna atas data yang dikumpulkan, nah disitulah wawasan yang dapat ditindaklanjuti bisa Anda dapatkan.  Wawasan ini akan membantu Anda mendorong perubahan dan mempengaruhi  pengambilan keputusan di masa yang akan datang. 

Laporan perkembangan Instagram yang dapat Anda peroleh atau diberikan kepada klien Anda harus mencakup wawasan yang dapat ditindaklanjuti seperti berikut ini:

  • Jika Anda ingin meningkatkan pengikut halaman, Anda harus memposting konten carousel lebih banyak.
  • Jika Anda ingin Followers berinteraksi dengan merek Anda, mulailah rajin membuat story Instagram. 
  • Siakan Live di Instagram sebulan sekali untuk membuat koneksi dengan audiens Anda.
  • Pastikan Anda telah menggunakan semua fitur Instagram terbaru 2021, termasuk Reel dan IGTV.

Template Laporan Instagram Gratis

Untuk menentukan template penyajian laporan dapat disesuaikan dengan keinginan klien Anda atau sesuai kebutuhan Anda sendiri. Laporan dapat dapat disajikan dalam bentuk PDF, Power Point, atau Excel. 

Nah, itu lah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat laporan analisis perkembangan akun Instagram secara lengkap. Mungkin akan terlihat rumit bagi Anda, namun hasil analisis yang lengkap tentang perkembangan kerja akun Instagram ini juga akan bermanfaat untuk kemajuan bisnis Anda di masa depan. Selamat mencoba. 

Continue Reading