Media sosial menjadi salah satu alat jitu untuk digunakan sebagai lahan promosi. Namun, Anda perlu tahu bahwa semua platform media sosial memiliki e-tiket masing-masing untuk menentukan harus seberapa sering Anda boleh dan harus membagikan konten baru. Jadi, tidak sembarang memposting konten hanya berdasarkan kuantitas saja. Oleh karena itu, penting untuk memahami Cara Membuat Content Calendar Instagram. Supaya postingan konten Anda terjadwal dan tersusun dengan rapi.

Seperti pada media sosial Instagram contohnya, Anda setidaknya harus menyimpan konten baru hanya untuk 1 hingga 3 postingan dalam sehari. Nah itu lah sebabnya Anda sebaiknya meminimalkan “promosi diri” karena hal tersebut dapat terlihat memaksakan di Instagram. Hal yang membuat Anda lebih diperhatikan oleh followers aktif adalah campuran konten promosi yang seimbang dengan konten yang membangun hubungan dengan audiens. 

Urgensi dalam mengatur strategi memposting konten di Instagram, mengharuskan Anda untuk mengatur jadwal konten yang harus Anda posting di Instagram. Berikut ini adalah cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat Content Calendar Instagram agar konten Anda konsisten dan teratur.    

Tetapkan Bulan dengan Tema Sosial dan Populer

Untuk memahami apa yang akan Anda posting sepanjang bulan kedepan bisa Anda mulai dengan mencatat apa saja yang mungkin menyenangkan untuk dilihat, dibaca, dibagikan, dan dilibatkan oleh Audiens Anda. Mulailah dengan apa-apa yang muncul dalam budaya populer. Menyesuaikan dengan hal yang sedang populer akan membawa Anda pada sebuah peluang pemasaran yang menjanjikan. Update hal populer akan memberikan Anda ide untuk menentukan sebuah konten.

Contohnya dalam bulan Mei ini Anda bisa membuat beberapa daftar aktivitas populer yang masih berkaitan dengan bulan Mei. Seperti May Day, Hari Ibu, Hari Guru Nasional, Mei Bulan kesehatan mental, Mei Bulan Kesadaran Kanker Kulit, Mei Bulan Sepeda Nasional, dan sebagainya. Anda hanya perlu menyesuaikan konten Instagram dengan Niche bisnis Anda.

baca juga Cara Upload Banyak Foto di Instagram Lewat PC dengan Creator Studio

Buat Hashtag yang Penting dan Terkait

Mobile hashtag horizontal concept on blue background

Hashtag menjadi hal yang penting di Instagram. Kata-kata yang dimulai dengan tagar ini adalah cara audiens untuk menemukan Konten Anda. Anda juga bisa memperhatikan tagar yang sedang tren jika ada sesuatu yang muncul. Anda bisa mulai merencanakan tagar yang akan digunakan untuk konten bulan Mei tersebut yang tentunya masih berkaitan dengan hal-hal populer di bulan Mei. 

Cara ini bisa dijadikan alternatif untuk menghemat waktu anda riset hashtag yang sedang populer dipakai dan hastag paling unik yang relevan dengan konten Nada. Menggunakan hashtag yang tidak terlalu sering digunakan akan memastikan bahwa postingan Anda tidak akan hilang pada hari Anda menggunakannya. Hal tersebut juga akan membantu postingan Anda dilihat oleh audiens yang masih mungkin menemukan konten Anda. 

Buat Plot Kapan Anda akan Mempublikasikan Postingan Situs Baru

Sama pentingnya dengan kalender konten Instagram, memiliki gagasan tentang postingan situs  yang berbeda dan hal-hal yang akan Anda bagikan di web Anda pada bulan itu juga menjadi hal yang penting. Alasannya adalah Anda dapat menyesuaikan konten website dan Instagram Anda agar relevan dan terlihat konsisten dan teratur. Hal ini bisa Anda sebut sebagai kalender editorial.

Setelah Anda sudah membuat kalender editorial, lanjutkan dengan mengisi beberapa area di kalender konten Instagram Anda dan rencanakan kapan Anda akan mempromosikan postingan blog terbaru tersebut ke followers Anda. 

Buat Daftar Influencer atau Mention Followers Anda

Menyebutkan orang lain adalah cara yang bagus untuk meningkatkan jangkauan Anda pada orang-orang baru yang mungkin belum menyadari kehadiran merek Anda. Jadi, cobalah simpan beberapa daftar influencer dan akun followers Anda yang terkait dengan niche bisnis Anda untuk di-mention. Daftar orang ini bisa saja influencer yang sudah diikuti oleh audiens target Anda atau seseorang yang menurut Anda ingin mereka ikuti. 

Isi Area Dengan Tips dan Trik yang Terkait dengan Niche Anda

Penggunaan tips dan trik yang sederhana adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kesadaran akan merek Anda, tetapi juga tetap membantu followers Anda. Jenis postingan ini dapat menjadi konten selingan yang bagus karena tidak melulu promosi namun tetap sesuai dengan topik bisnis Anda. 

Anda bisa menggunakan bahan konten melalui kutipan langsung dari salah satu postingan  website terbaru Anda. Sehingga Anda dapat lebih menghemat waktu dan energi, sekaligus juga mempromosikan postingan website Anda. 

Buat Beberapa Instagram Story dan Konten Tentang Anda

Pengikut Anda tidak selalu ingin mendengar tentang produk Anda saja, tetapi ada baiknya Anda menyisipkan dalam satu atau dua hari di kalender konten Instagram Anda untuk membantu followers Anda mengenal Anda lebih baik. Contohnya Anda bisa memposting tentang seberapa berantakan  (atau terorganisirnya) ruang kerja Anda. Contoh lain Anda bisa juga bercerita tentang bagaimana Anda memulai Bisnis Anda tersebut.

Tambahkan Kutipan Lucu dan Inspiratif

Postingan kutipan dan humor kecil ini asalkan layak dan unik dapat berfungsi sebagai pengisi. Faktanya, Anda mungkin bisa saja menemukan bahwa postingan ini mendapatkan Likes dan Komentar paling banyak karena konten ini menjadi item yang cepat dan mudah bagi followers Anda untuk terlibat dalam ruang percakapan. 

Konten semacam ini juga akan membuat kehadiran Anda lebih santai saat menyapa followers Anda. Konten ini dapat Anda jadikan sebagai bagian untuk mendekatkan diri dengan pelanggan untuk membuka ruang-ruang percakapan yang santai. 

Kumpulkan Semua Gambar dan Tautan Terkait

Sebagai langkah terakhir, Anda dapat mengisi kalender konten Instagram Anda dengan mengumpulkan semua gambar, grafik, dan tautan terkait. Anda bisa melakukannya dengan membuat atau memotret gambar atau mengunduh foto untuk stock konten Anda.   

Selanjutnya bagaimana menyusun kalender konten Instagram ini dalam sebuah template? Tidak perlu khawatir, Anda bisa membuatnya sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika template gratis, Anda bisa membuatnya dalam bentuk pdf, excel, powerpoint, dan dokumen lainnya. 

Itu lah 8 langkah yang bisa Anda lakukan untuk membuat dan mengisi Calendar Content Instagram dalam jangka waktu satu bulan. Percayalah, langkah ini akan sangat membantu pekerjaan Anda dalam mengelola konten Instagram. Anda Anda dapat menggunakan langkah-langkah yang sama seperti di atas setiap bulannya. Selamat mencoba.   

Klik disini untuk mengunduh templatenya

Continue Reading