Instagram merupakan salah satu sosial media yang banyak digunakan orang untuk mempromosikan bisnisnya. Jadi, selain membuat akun pribadi, Anda juga bisa membuat akun bisnis di sini. Instagram juga bisa digunakan untuk  media promosi. Apalagi, saat ini sudah ada fitur yang khusus digunakan untuk melihat semua online shop yang ada di sana. Jadi, ketika Anda memiliki bisnis, Instagram bisa menjadi  alternatif yang sangat recomended untuk promosi. Namun setelah memiliki akun bisnis, ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan. Salah satunya adalah cara membuat bio instagram. Nah, berikut ini akan dijelaskan beberapa hal penting tentang bio instagram. 

Apa itu Instagram Bio?

Ketika membuat instagram, selain diminta mengisikan foto profil, Anda juga akan diminta membuat profil singkat. Nah, di medsos ini, Anda akan diberikan kuota sebanyak 150 karakter untuk menuliskan profil singkat. Kuota 150 karakter ini tentu saja harus bisa dimanfaatkan dengan baik. Buatlah kata-kata keren yang bisa membuat banyak orang tertarik untuk memfollow instagram Anda.  

Anda dapat menuliskan profil tersebut di Bio Instagram. Bio ini merupakan ringkasan singkat yang terdapat di bawah nama pengguna atau nama akun. Di bio tersebut Anda dapat menggambarkan deskripsi tentang bisnis atau diri sendiri. Sampaikan informasi penting yang akan membuat orang yang melihat dan membaca terkesan. Jika akun tersebut adalah akun bisnis, sertakan juga informasi kontak yang dapat dihubungi, emoji menarik, dan kata-kata persuasif untuk membuat  kesan pertama yang bagus kepada pelanggan. 

Bio Ini  sangat penting untuk diperhatikan, karena ternyata, bio yang bagus dan keren akan sangat berpengaruh terhadap jumlah followers seseorang. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa pengguna instagram membutuhkan waktu setidaknya kurang dari  2/10 detik untuk bisa tertarik dengan sebuah akun. Setelah itu mereka akan menekan tombol follow.  Maka dari itu,bio Instagram menjadi sangat berpengaruh terhadap bisnis yang Anda miliki. Sebab media sosial juga merupakan aset yang amat berharga untuk sebuah bisnis.  Jadi, sudah seharusnya pengelolaan akun media sosial dilakukan secara optimal dan maksimal. 

Poin Penting Dalam Membuat Bio Instagram

Cara membuat bio Instagram harus dilakukan dengan tepat. Sebab hal tersebut akan berpengaruh terhadap ketertarikan orang yang akan memfollow Anda di akun tersebut. Jika akun yang Anda miliki adalah akun bisnis, cantumkan di profil informasi-informasi penting yang sekiranya dibutuhkan oleh konsumen. Seperti barang yang dijual, kontak yang bisa dihubungi, link toko, dan lain sebagainya. Akan tetapi usahakan buat profil sesingkat dan semenarik  mungkin. Untuk mengetahui apa saja poin penting yang harus Anda perhatikan ketika membuat bio, simak ulasan berikut ya.

Cantumkan deskripsi bisnis yang dimiliki serta keuntungannya bagi pembeli

Poin pertama adalah memberikan informasi penting. Informasi tersebut bisa berupa barang yang Anda jual, kategorinya, ukurannya, stok barang, dan yang lainnya. Jangan lupa pula untuk mencantumkan merek atau brand apa yang dipakai. Informasi ini bisa Anda sesuaikan jika di suatu hari ada perubahan. Usahakan agar setiap perubahan, baik itu nama brand, jumlah stok, desain atau pun ukuran produk Anda selalu diupdate melalui akun ini. Sehingga calon pembeli tidak akan kecewa. Selain itu, usahakan untuk menyisipkan manfaat apa yang sekiranya akan diperoleh orang ketika memfollow akun tersebut.

Berikan nomor yang dapat dihubungi

Yang tak kalah penting bagi seorang pembeli barang secara online adalah nomor. Segala macam pesanan dan komunikasi antara pembeli dengan penjual hanya bisa dilakukan secara online, sehingga kontak person amat penting dicantumkan. Dengan begitu, calon pembeli dapat bertanya langsung apabila informasi yang ada di Ig kurang jelas, atau hendak menanyakan hal lain yang ingin diketahuinya. 

Cantumkan link untuk masuk ke  website toko online

Hal yang berguna lainnya adalah link ke toko/website. Dengan memberikan link pada bio Instagram, calon pembeli akan lebih mudah dalam mengakses website Anda. Mereka pun jadi memiliki kesempatan untuk membeli produk lain yang ada di toko Anda. Berikan link supaya mereka tidak menunda-nunda untuk membeli produk yang Anda post melalui Instagram. 

Kenalkan kepada orang-orang siapa Anda

Jika akun yang dimiliki adalah akun personal,maka sangat dianjurkan untuk mengenalkan diri Anda kepada orang lain. Misal, Anda berprofesi sebagai desainer, coach, fotografi, atau profesi lainnya. Tuliskan saja apa kemampuan yang dimiliki beserta jabatannya. Hal ini tentu akan mengundang banyak orang yang memiliki profesi sama dengan Anda.  

Gunakan emoji

Penggunaan emoji juga perlu anda pertimbangkan. Selain untuk memperjelas, emoji juga dapat menimbulkan kesan ramah dan bersahabat. Orang-orang tentu akan lebih senang ketika mendapati teks dengan emoji, sebab mereka akan merasa lebih disapa. Emoji yang bisa Anda gunakan di antaranya adalah ekspresi senyum atau bahagia, gunakan emoji telepon untuk memasukkan nomor hp, emoji amplop untuk alamat email, atau emoji tangan untuk menunjukkan link. 

Tuliskan kalimat persuasif atau ajakan

Terakhir, Anda dapat mencantumkan kalimat ajakan. Misal, gunakan kalimat “Silakan hubungi Kami untuk info lebih lanjut”, atau “Klik link berikut untuk info lebih detail”, “Yuk follow IG Kami dan dapatkan informasi terbaru setiap hari”, atau kalimat lain yang bersifat mengajak. 

5 Contoh Bio Instagram Yang Menarik Follower 

Contoh Bio Instagram Fashion 

Bio Instagram Fashion 

Bio Instagram tersebut menggunakan nama yang jelas dan mencantumkan produk apa yang dijual secara singkat. Setiap orang tentu akan mudah menemukannya. Sebab jika kita mengetik kebaya kondangan akan muncul akun tersebut. Anda juga bisa menggunakan kata persuasif yang banyak dicari orang, seperti kata Grosir dan Murah. 

Contoh Bio Instagram Skincare / Produk Kecantikan

Bio Instagram Skincare / Produk Kecantikan

Di akun kecantikan tersebut Anda bisa melihat semua media sosial yang dimiliki. Dengan begitu, pelanggan akan lebih mudah mendapatkan informasi lain melalui media sosial yang lain. Akun tersebut juga mencantumkan link website yang mempermudah calon pembeli melihat toko onlinenya secara langsung. Penggunaan kata Official Page juga membuat para calon konsumen lebih percaya dengan akun Anda.

Contoh Bio Instagram Teknologi

Bio Instagram Teknologi

Di akun tersebut tertulis jelas deskripsi produk yang dipasarkan. Meski cukup singkat, deskripsi tersebut sudah mampu menjelaskan tentang produk. Dan yang terpenting, ada link yang bisa diakses oleh calon pelanggan.

Contoh Bio Instagram Makanan/Minuman

Bio Instagram Makanan/Minuman

Akun di atas menggunakan kalimat persuasif atau ajakan di paling atas, yaitu “Klik Link Bio untuk Pemesanan”. Hal tersebut tentu bisa dijadikan contoh, sebab dengan begitu, orang yang membuka akan tahu apa yang harus dilakukannya untuk memesan. 

Contoh Bio Instagram Peralatan Rumah Tangga

Bio Instagram Peralatan Rumah Tangga

Di bio instagram di atas, Anda dapat melihat penggunaan emoji yang tidak berlebihan. Emoji justru sangat efektif untuk menyingkat kata-kata. Sehingga profil instagram dapat nampak lebih rapi dan juga efektif.

Continue Reading