Linkedin merupakan media sosial profesional yang dapat Anda gunakan sebagai wadah pengembangan profil karir Anda. Di Linkedin, Anda bisa mencari pekerjaan maupun magang, memperluas koneksi bisnis,  berbagi pengalaman, hingga mempelajari keterampilan yang Anda butuhkan untuk kesuksesan karir Anda. Tak hanya itu, Linkedin ini juga bisa membantu pengusaha dalam pemasaran produknya.

Fungsi Linkedin Untuk Perusahaan

Memiliki akun Linkedin menjadi sebuah keuntungan tersendiri bagi banyak orang terutama pemilik bisnis yang baru merintis bisnisnya. Adanya akun linkedin pada suatu perusahaan akan membuat perusahaan tersebut mendapat keuntungan tersendiri. Lantas apa fungsi Linkedin untuk perusahaan? Berikut fungsi Linkedin untuk perusahaan.

1. Sebagai Media Marketing

Tak hanya sebagai media sosial, Linkedin juga bisa digunakan sebagai media marketing untuk bisnis Anda. Di Linkedin Anda bisa melakukan teknik pemasaran B2B (business to business). Anda bisa mulai memasang iklan di Linkedin untuk menjangkau target pasar.

2. Sarana Membagikan Lowongan Pekerjaan

Sebuah Perusahaan pasti melakukan perombakan karyawan dan membutuhkan karyawan baru. Umumnya perusahaan membuka lowongan untuk fresh graduate yang sedang mencari pekerjaan. Oleh karena itu, perusahaan memerlukan media untuk menyebarluaskan lowongan pekerjaan. Selain menyebarluaskannya di situs-situs lowongan kerja, perusahaan juga bisa menyebarkannya melalui Linkedin. Pengguna Linkedin yang terbilang banyak akan memudahkan perusahaan mencari karyawan dengan kriteria yang dicari. Perusahaan dapat membuka profil pelamar kerja dan melihat potensi dan keterampilan yang dimiliki.

3. Branding Nama Perusahaan

Branding memungkinkan sebuah perusahaan untuk dikenali oleh masyarakat luas. Nah di Linkedin sendiri, Perusahaan dapat membuat akun profil yang diisi dengan visi misi perusahaan hingga budaya kerja setiap karyawan. Dengan begitu perusahaan dapat memonitor seberapa luas ia dikenal masyarakat.

4. Tempat Membuat Profil Perusahaan

Fungsi Linkedin yang satu ini menjadikannya kesan pertama yang dapat menarik perhatian. Yakni profil perusahaan. Anda dapat mulai membuat akun dan memasang profil serta detail perusahaan agar perusahaan mendapat first impression yang baik. Jika tampilan profil perusahan dibuat dengan tampilan profesional,. pengunjung profil perusahaan Anda tidak akan ragu dalam menjalin kerjasama dengan perusahaan Anda maupun hendak berinvestasi dalam jumlah besar.

 

Tutorial Membuat Halaman Linkedin Untuk Perusahaan

Halaman Linkedin memungkinkan Anda untuk mewakili perusahaan Anda di Linkedin. Halaman ini dapat membantu Anda dalam mengetahui info perkembangan bisnis, produk, layanan, hingga lowongan pekerjaan di perusahaan Anda.

Sebelum membuat halaman linkedin untuk perusahaan, Anda diharuskan untuk memiliki akun Linkedin terlebih dahulu. Jika Anda belum memiliki akun Linkedin, ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat akun Linkedin.

1. Pergi ke halaman pendaftaran Linkedin.

Halaman Utama Cara Pendaftaran Akun Linkedin Perusahaan

2. Masukkan email atau nomor ponsel dan password Anda.

Halaman Registrasi Cara Pendaftaran Akun Linkedin Perusahaan

3. Kemudian masukkan nama depan dan nama belakang Anda. Gunakan nama asli Anda ketika membuat profil, karena Linkedin tidak mengizinkan anggota menggunakan nama samaran seperti yang telah dicantumkan di perjanjian pengguna Linkedin.

Halaman Isi Profile Cara Pendaftaran Akun Linkedin Perusahaan

4. Klik Setuju dan Bergabung.

5. Selesaikan pembuatan akun sesuai instruksi.

Jika Anda sudah memiliki akun Linkedin, ini saatnya untuk membuat halaman Linkedin untuk perusahaan Anda. Pembuatan halaman saat ini hanya bisa dilakukan menggunakan device desktop. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk membuat halaman Linkedin untuk perusahaan.

1. Klik ikon grid kerja yang ada di kanan atas halaman utama Linkedin.

Dashboard Cara Pendaftaran Akun Linkedin Perusahaan

2. Scroll ke bawah dan klik buat halaman perusahaan +

Menu Kerja Cara Pendaftaran Akun Linkedin Perusahaan

3. Akan muncul opsi seperti di bawah ini, kemudian pilih jenis halaman perusahaan.

-Perusahaan
Jenis halaman ini digunakan untuk usaha kecil, usaha menengah, hingga usaha besar.

-Halaman Showcase
Jenis halaman ini diperuntukkan bagi orang yang ingin menampilkan hasil karya berupa produk atau brand dari perusahaannya saja.

-Lembaga Pendidikan
Jenis halaman ini merupakan halaman khusus yang digunakan oleh institut pendidikan dan sekolah.

List Jenis Halaman Linkedin Cara Pendaftaran Akun Linkedin Perusahaan

4. Masukkan beberapa informasi perusahaan Anda seperti nama organisasi, url linkedin, alamat website, nama industri, ukuran organisasi, tipe organisasi, logo, hingga tagline.

Halaman Mengisi Informasi Akun Linkedin Perusahaan

5. Jika sudah terisi semua, klik Buat Halaman.

Membuat Halaman Pada Akun Linkedin Perusahaan

Jika menerima peringatan berwarna merah dan tidak bisa membuat halaman baru, mungkin Anda tidak memenuhi syarat membuat halaman atau Anda telah mencapai batas.

6. Jika sudah, Anda bisa mulai untuk mulai mengoptimalkan Linkedin Perusahaan Anda dengan mengisi data sesuai instruksi.

Melengkapi Data Akun Linkedin Perusahaan

Dalam mengoptimalkan Linkedin Perusahaan, Anda dapat mengikuti tips berikut ini supaya halaman perusahaan Anda semakin menarik.

  • Buat informasi perusahaan sedetail mungkin, jelas dan menarik.
  • Update informasi terbaru perusahaan yang mencangkup foto profil dan banner halaman perusahaan.
  • Rutin membuat konten di Linkedin secara konsisten supaya terus terhubung dan meningkatkan engagement dengan audiens. Konten yang dibuat berupa video, gambar, artikel, dan lain sebagainya.
  • Buat halaman karir perusahaan yang menunjukkan budaya dan aktivitas perusahaan secara maksimal supaya dapat meningkatkan perekrutan.

7. Selesai, kini Anda telah memiliki halaman perusahaan di Linkedin.
Halaman Akun Linkedin Perusahaan

 

Cara Menambahkan Logo Perusahaan di Linkedin

Logo perusahaan sudah ditambahkan ketika Anda membuat halaman perusahaan. Anda bisa merubahnya sewaktu-waktu. Untuk dapat merubah logo perusahaan, terlebih dahulu Anda harus sudah memiliki logo terbaru perusahaan Anda. Jika sudah memilikinya, ikuti langkah-langkah berikut ini seputar cara menambahkan logo perusahaan pada Linkedin.

1. Buka halaman perusahaan Anda sebagai admin.

2. Klik Edit Halaman.

Profile Akun Linkedin Perusahaan

3. Klik icon pensil pada logo halaman untuk mengubah logo.

Edit Logo Akun Linkedin Perusahaan

4. Masukkan file gambar logo perusahaan Anda, kemudian klik Simpan.

Menyimpan Logo Akun Linkedin Perusahaan

5. Logo perusahaan berhasil diubah.

Taampilan Perubahan Logo Akun Linkedin Perusahaan

 

Cara Membuat Lowongan Kerja di Linkedin

Jika perusahaan Anda sedang membuka lowongan kerja, Anda bisa menyebarluaskan lowongan kerja tersebut melalui Linkedin. Linkedin menyediakan fitur lowongan kerja secara gratis dan dapat aktif selama 30 hari sejak dibukanya lowongan kerja. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk membuat lowongan kerja di Linkedin.

1. Klik icon grid kerja pada halaman utama Linkedin Anda.

2. Klik Posting Pekerjaan.

Halaman Membuat Lowongan Pekerjaan Akun Linkedin Perusahaan

3. Jika Anda belum login pelanggan recruiter di Linkedin, Anda akan diarahkan ke halaman login recruiter dan diharuskan untuk melakukan login terlebih dahulu. Jika sudah, klik Login.

Halaman Login Cara Pendaftaran Akun Linkedin Perusahaan

4. Anda akan diarahkan ke halaman pengisian data lowongan kerja. Isi semua data secara lengkap.

Pengisian Lowongan Pekerjaan Pada Akun Linkedin Perusahaan

5. Klik Get Started for Free.

Get Started For Free Akun Linkedin Perusahaan

6. Isi detail job secara keseluruhan.

Isi Detail Lowongan Pekerjaan Akun Linkedin Perusahaan

7. Klik Continue.

Klik Continue Lowongan Pekerjaan Pada Akun Linkedin Perusahaan

8. Selanjutnya pilih cara mempromosikan lowongan Anda. Untuk pemula, klik Select Free.

Tampilan Promosi Lowongan Pekerjaan Akun Linkedin Perusahaan

9. Kemudian klik Save.

Save Lowongan Pekerjaan Akun Linkedin Perusahaan

10. Lowongan pekerjaan berhasil dibuat.

Lowongan Pekerjaan Akun Linkedin Perusahaan Berhasil

Cara Meningkatkan Engagement Linkedin Perusahaan

Engagement sangat diperlukan untuk dapat menghubungkan audiens dengan perusahaan Anda. Hal ini dilakukan supaya dapat terus berhubungan dan aktif di Linkedin. Berikut cara meningkatkan engagement Linkedin perusahaan Anda.

1. Maksimalkan profil perusahaan Anda, buat semenarik mungkin dan profesional.
2. Rutin update perkembangan terbaru perusahaan Anda.
3. Buat konten yang menarik. Konten dapat berupa artikel, video, maupun gambar.
4. Ubah audiens menjadi pengikut.
5. Cari koneksi.
6. Selalu gunakan tagar.
7. Bergabung dengan grup.
8. Cari Influencer.
9. Beriklan di Linkedin.

Nah itulah cara membuat Linkedin perusahaan yang bisa mulai Anda lakukan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk mengoptimalkan halaman Linkedin perusahaan Anda dengan baik.

 

Continue Reading