Algoritma menjawab siapa saja yang benar-benar melihat konten publikasi Anda atau tidak. Itulah sebabnya Anda mengembangkan taktik pemasaran Anda dengan memanfaatkan informasi algoritma yang berubah atau tidak. Media sosial Instagram yang pasti anda jadikan alat jualan dan promosi juga memiliki sistem algoritma semacam itu. Tapi, apakah Anda memahami bagaimana cara kerja algoritma Instagram? Nah pada artikel ini kami akan membahasnya hingga tuntas.

Jika Anda sudah rutin memposting konten di Instagram dengan hashtag yang tepat, itu belum bisa menjamin postingan Anda selalu menjangkau audiens yang akan Anda targetkan. Nah di sinilah Anda perlu mempertimbangkan kerja pembaruan algoritma Instagram untuk meningkatkan strategi Anda terhadap pemasaran Instagram. Lalu bagaimana cara algoritma instagram itu bekerja? Berikut ini jawaban dan penjelasannya:  

Cara Kerja Algoritma Instagram

Cara Kerja Algoritma Instagram

Cara kerja Algoritma untuk Feed Instagram

Algoritma Instagram akan menentukan urutkan postingan yang dilihat pengguna saat mereka scroll feed mereka. Instagram akan memprioritaskan postingan terbaik dan mendorong postingan yang paling relevan untuk berada di atas. Instagram juga akan memberi mereka visibilitas paling banyak. Sementara postingan yang tidak terlalu relevan akhirnya ditempatkan lebih jauh di bawah.

Anda perlu tahu bahwa algoritma Instagram dapat berubah dalam tiga faktor utama yang masih bisa Anda amati untuk strategi Instagram Anda, seperti berikut ini: 

  • Hubungan dengan Pengguna. Jika pengguna sudah berinteraksi dengan banyak konten Instagram Anda sebelumnya, maka mereka akan berpotensi melihat konten Anda selanjutnya. Hubungan dengan keterlibatan berulang secara terus menerus pada postingan Anda sangat penting untuk membangun kesetiaan audiens. 
  • Minat yang Telah Disampaikan oleh Pengguna. Hal ini berdasarkan pada interaksi pengguna terhadap postingan dan akun serupa ketika mereka menjelajahi Instagram. Pengguna yang juga terlibat dengan konten serupa dengan konten Anda, maka mereka juga akan lebih mudah menemukan konten Anda.   
  • Relevansi Posting. Saat Anda memublikasikan postingan di Instagram, algoritma akan memberi skor relevansi untuk mempengaruhi siapa saja yang akan ditampilkan di feed mereka. 

Selain itu, ada pula pertimbangan lain yang lebih umum yang dilakukan Instagram, yang harus Anda catat sebagai berikut:

  • Jika pengguna mengikuti banyak akun, Anda memiliki lebih banyak persaingan untuk posisi teratas di feed mereka.
  • Jika pengguna tidak menghabiskan waktu lama di Instagram Atau tidak sering membuka aplikasi, maka hal tersebut akan mengurangi kemungkinan konten Anda dilihat.
  • Akun bisnis di instagram tidak langsung dirugikan dalam hal jangkauan organik dibandingkan dengan akun pribadi. 

Cara Kerja Algoritma untuk Instagram Story

Instagram Story yang muncul pertama kali di akun pengguna berasal dari akun yang paling sering mereka gunakan. Hal tersebut dihitung dari komentar, suka, dan DM di akun pengguna. Pengguna juga akan diperlihatkan Story berdasarkan lokasi. Itulah sebabnya penggunaan tagar lokasi di Story menjadi lebih umum. 

Semakin banyak orang yang terlibat dengan bisnis Anda melalui stories, maka semakin besar pula kemungkinan mereka akan melihat update Anda setiap kali Anda memposting. Setelah mengetahui ini, Anda pasti ingin konsisten memposting stories untuk menjangkau banyak orang saat mereka membuka akun Instagram. 

Cara Kerja Algoritma untuk Instagram Reels dan IGTV

Algoritma pada konten video Reels dan IGTV hampir sama dengan algoritma feed Instagram. Konten Anda akan ditampilkan kepada orang-orang yang sering berinteraksi dengan akun Anda. Cara meningkatkan visibilitas Reels Anda, bagikan terlebih dahulu ke feed dan disertakan hashtag. Instagram cenderung meningkatkan kemampuan pada fitur-fitur baru seperti strategi Reel. 

Gunakan layanan kami di https://ardata.co.id/jasa-kelola-instagram/

Tips Memaksimalkan Algoritma Instagram pada Tahun 2021

Setelah mengetahui bagaimana algoritma Instagram itu bekerja, Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut ini agar memaksimalkan algoritma tersebut pada akun Instagram bisnis Anda. 

Fokus pada Engagement, Bukan Hanya Jangkauan

Loyalitas dan keterlibatan audiens secara berkelanjutan dari pengikut Anda menjadi lebih penting dari sebelumnya karena dapat memberi Anda salah satu posisi teratas di feed mereka. Beberapa cara untuk membuat hubungan ini dengan konten Anda dapat dilakukan dengan tips berikut ini:

  • Posting Konten Buatan Pengguna di Stories Anda. Yang dimaksud konten buatan pengguna adalah konten yang berkaitan dengan brand bisnis Anda yang telah diposting oleh pengikut Anda dengan cara menandai akun Anda. Repost ini tidak tidak hanya menginspirasi lebih banyak UGC, tetapi repost Anda dapat memperluas jejak digital di Instagram. 
  • Bagikan Reels. Instagram Reels merupakan video pendek menghibur yang dapat Anda posting di Instagram. Anda dapat membuat video berdurasi 15 detik dengan audio, efek, dan alat kreatif yang berbeda dengan postingan sebelumnya untuk menghibur audiens dan mengembangkan followers Instagram Anda. Postingan Reel yang dibagikan di feed Anda akan muncul di halaman explore atau jelajahi untuk menjangkau lebih banyak orang. 
  • Buat konten IGTV. IGTV yang menampilkan video imersif berdurasi panjang akan memenuhi seluruh layar pengguna dan muncul di explore. Sehingga memudahkan pengguna menemukan dan menonton video dari akun Anda.  

Komentari Postingan dari pengguna Lain dengan Brand yang Relevan

Anda dapat terlibat dengan pengguna lain di postingan mereka yang relevan dengan bisnis Anda untuk membangun hubungan di luar konten Anda sendiri dengan berkomentar menarik.  Postingan di akun yang lebih besar dengan pengikut yang banyak dapat membantu komentar Anda lebih terlihat dan juga dapat lebih banyak followers di profil Instagram Anda. Pertimbangkan beberapa akun yang kemungkinan besar diikuti oleh target audiens Anda, coba ikuti mereka dan bergabunglah dalam percakapan. 

Berkomentarlah senatural mungkin, jangan hanya mencoba mencari peluang saja untuk melakukan promosi penjualan atau meninggalkan tanggapan umum. Tinggalkan komentar yang bijaksana dan tunjukan kepribadian band Anda terlihat dengan cara yang bermakna. 

Anda bahkan dapat memilih untuk mendapat pemberitahuan tentang postingan baru untuk akun tertentu. Jadi Anda dapat berkomentar lebih awal dan meningkatkan kemungkinan komentar Anda dilihat. Hal tersebut bisa terjadi berkat fokus feed Instagram pada postingan terbaru. 

Agar dapat melakukan hal tersebut, Anda harus mengikuti akunnya terlebih dahulu. Setelah itu, klik pada titik tiga yang terletak di sudut kanan atas aplikasi dan pilih “Hidupkan pemberitahuan posting” untuk mulai menerima pemberitahuan push setiap kali mereka menerbitkan postingan baru. 

Selain terhubung dengan pengguna yang berpikiran sama atau serupa, Anda bisa mencoba ikuti hashtag tertentu yang relevan dengan brand Anda dan melibatkan dengan postingan yang menggunakan tag tersebut. Ini adalah cara jitu yang bisa Anda coba untuk mengoptimalkan tingkat keterlibatan yang tinggi pada konten Anda.  

Posting di Waktu yang Tepat

Ketepatan waktu masih menjadi faktor konten Anda berakhir di feed followers Anda. Mendapatkan lonjakan keterlibatan saat postingan pertama kali ditayangkan akan menunjukan kepada Instagram bahwa postingan tersebut ingin dilihat lebih banyak pengikut Anda. Untuk memaksimalkan potensi setiap postingan, cobalah untuk meningkatkan konten Anda selama waktu posting puncak Anda.  

Nah, untuk menentukan waktu posting puncak, Anda bisa melakukan uji coba, tetapi lebih baik untuk memulai bisa menggunakan laporan Analytics Instagram Anda yang tersedia untuk semua profil bisnis Instagram. 

Silahkan klik tab Audience di Insight Anda dan Scroll ke bawah, Anda akan ditunjukan data pengikut Anda saat sedang online. Anda dapat melihat informasi ini berdasarkan hari dalam seminggu atau berdasarkan jam pada hari-hari tertentu.  

Usahakan untuk Selalu Menanggapi Komentar yang Masuk

Menanggapi komentar yang masuk di postingan Anda dapat menciptakan bukti sosial untuk konten Anda. Dengan menanggapi komentar yang masuk secara langsung juga bisa meningkatkan jumlah komentar sekaligus meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan lebih banyak keterlibatan dan potensi jangkauan postingan Anda akan berada di puncak. 

Tanggapan Anda dapat mendorong komentar tindak lanjut dari pengirim asli, meskipun hanya ucapan terima kasih karena telah menjawab pertanyaan. Namun, dalam beberapa kasus hal tersebut dapat membuka percakapan dan memberi Anda keterlibatan yang signifikan yang akan membantu jangkauan postingan ini juga postingan berikutnya. 

Gunakan Hashtag untuk Menjangkau Lebih Banyak Pengguna Aktif

Hashtag Instagram dapat meningkatkan jangkauan Anda dengan membantu memunculkan postingan Anda dalam pencarian yang relevan.  Namun, Anda perlu memilih hashtag yang benar-benar dicari oleh audiens target Anda untuk menemukan konten dan pengguna lain. 

Anda bisa coba menggunakan hashtag komunitas yang aktif. Hashtag khusus ini mungkin tidak memiliki banyak postingan seperti hashtag yang populer, namun mereka sudah diedarkan dan dicari oleh grup-grup di Instagram yang ingin terhubung dengan orang lain yang tertarik dengan topik, gerakan, atau komunitas itu. 

Repost Konten Lama ke Story

Nah, cara ini bisa dilakukan jika Anda kesulitan mencari konten apa yang harus diposting di Instagram untuk mendapat daya tarik. Hal ini juga dapat memastikan konten tertentu yang menurut Anda perlu banyak dilihat orang. Apalagi kalau Anda sudah memiliki banyak followers baru, repost konten lama bisa jadi pilihan.

Ini membawa konten terbaik Anda kembali ke atas dan menampilkannya kepada lebih banyak orang yang mungkin melewatkannya untuk pertama kali. Jangan lupa Anda perlu mengubah semuanya dan memangkas feed untuk menghapus konten berulang. Pengguna masih dapat menelusuri galeri Anda, hindari mereka melihat konten yang sama muncul berulang kali.

Ciptakan Interaksi Melalui Instagram Story

Instagram Stories mendapat banyak perhatian karena tidak menggunakan algoritma yang sama seperti postingan di feed Instagram Anda. Ini juga merupakan cara yang bagus untuk berbicara dengan followers Anda dan membangun loyalitas mereka dan menghasilkan lebih banyak keterlibatan pada postingan Instagram statis Anda. Sehingga Anda mendapat lebih banyak jangkauan. Berikut ini beberapa cara memaksimalkan Instagram Stories:

  • Tambahkan Stiker Hashtag dengan Hashtag Brand Anda. Saat pengguna mengetuk sticker hashtag brand Anda, mereka akan dibawa ke feed postingan statis yang menggunakan hashtag itu, baik itu milik Anda atau kiriman pelanggan. Anda juga bisa memberi tag lokasi untuk membantu konten Anda muncul di penelusuran lokal. 
  • Bagikan Cerita dari Pengguna Lain. Selain dapat pemberitahuan Story yang menyebutkan akun Instagram Anda, namun Anda juga bisa membagikan stories tersebut ke Story Anda. Bahkan anda dapat mendorong atau memberi insentif kepada pengikut Anda untuk memberikan salah satu kiriman Anda ke Story mereka.  
  • Menginspirasi Keterlibatan dengan Sticker Interaktif. Sticker yang bisa Anda gunakan adalah stiker polling, penggeser emoji, dan stiker pertanyaan. Selain memberi Anda lebih banyak konten interaksi juga dapat memberi data yang bergantung dengan konten yang Anda buat untuk ini. 

Gunakan Jasa Influencer Instagram untuk Memperluas Jangkauan 

Membayar influencer bisa menjadi cara tercepat untuk menyelesaikan jangkauan organik yang terbatas di platform apa pun. Jika Anda melakukannya dengan benar, ini dapat memberi ledakan yang dapat membantu Anda mendorong hasil organik yang lebih baik di kemudian hari. 

Jasa influencer juga dapat memberi Anda target pembeli baru secara signifikan. Hal ini tentu tergantung bagaimana Anda dalam memilih influencer tersebut. Beberapa influencer memiliki jangkau sendiri misalnya ada beberapa influencer lokal dengan karakter mereka masing-masing yang juga perlu Anda perhatikan. 

Continue Reading