Anda mau mencoba berjualan di facebook? Tepat sekali, saat ini kita ketahui bahwa Facebook memang menjadi ladang bisnis yang berpeluang besar. Pengguna Facebook yang besar di Indonesia bisa menciptakan peluang untuk bisnis Anda. Salah satu fasilitas Facebook yang bisa Anda gunakan untuk memaksimalkan penjualan adalah mengisi halaman fanpage Facebook. Apakah Anda tahu, bagaimana cara jualan di Fanpage Facebook? Nah, pada artikel kali ini, penulis akan membahasnya secara lengkap.

Facebook memiliki fanpage yang menjadi halaman khusus yang menyediakan informasi mengenai bisnis, contohnya untuk berjualan, profil, sampai utasan kisah. Anda juga bisa membuat fanpage Facebook yang terverifikasi agar informasi produk Anda dalam fanpage tersebut tampak lebih terpercaya.

Lalu bagaimana cara membuat fanpage Facebook untuk berjualan? Anda tidak perlu khawatir, untuk teknik membuat dan mengisi halaman fanpage facebook sangatlah mudah. Anda bisa melakukannya dengan dua cara atau dengan perangkat, yakni melalui komputer dan handphone. Berikut ini akan saya tunjukan bagaimana cara membuat dan mengisi halaman fanpage Facebook untuk jualan online.

Membuat Fanpage Melalui Komputer

Jika Anda ingin membuat dan mengisi halaman fanpage Facebook dengan komputer, buka terlebih dahulu alamat https://www.facebook.com/page/creation. Setelah itu maka akan muncul tampilan yang menunjukan dua pilihan, yakni “Bisnis atau Merek” dan “Komunitas atau Tokoh Masyarakat”. Anda bisa memilih sesuai dengan keinginan. Setelah selesai memilih, Anda harus mengisi informasi yang diperlukan seperti Nama Halaman, Kategori, Alamat, dan Nomor Telepon. Jika Anda sudah selesai melengkapi informasi, klik “Lanjutkan” dan terus ikuti petunjuk di halaman Facebook sampai selesai. 

Membuat Fanpage Melalui Handphone

Selain menggunakan komputer, Anda juga bisa membuat dan mengisi halaman fanpage Facebook melalui handphone. Anda bisa memulainya dengan login di akun Facebook melalui browser. Setelah itu pilih opsi pilihan, kemudian klik “Halaman” lalu klik “Buat Halaman”. Pilih “Mulai” dan masukan nama halaman yang Anda ingin buat, kemudian klik “Berikutnya”. Terus ikuti petunjuk di halaman Facebook tersebut dan isi semua informasi yang diminta oleh Facebook. 

Cara Jualan di Fanpage Facebook

Cara Jualan di Fanpage Facebook

Setelah Anda sudah membuat fanpage, berikutnya Anda juga perlu merencanakan isi fanpage Facebook jualan Anda. Jangan sampai hanya asal-asalan dalam membuatnya. Lalu bagaimana cara mengisi halaman fanpage Facebook yang baik agar bisa meningkatkan penjualan?  Buatlah konten semenarik mungkin agar calon pelanggan mulai melirik produk Anda dan percaya untuk membelinya. 

Siapkan bahan seperti foto atau video yang menarik dan kualitas baik untuk pendukung konten di fanpage Facebook. 

Selain kualitas foto atau gambar produk yang baik, Anda juga perlu memberikan update tentang manfaat atau tips dan trik tertentu yang masih berkaitan dengan produk Anda. Cantumkan link yang berisi informasi penting. Berikan pula artikel yang bermanfaat untuk banyak orang yang masih berhubungan dengan produk Anda. Jangan lupa buat promo spesial untuk membuat urgensi kepada calon pelanggan. Selanjutnya yang juga perlu Anda perhatikan saat mengisi halaman fanpage Facebook adalah detail detail harga dan varian produk yang Anda punya agar memudahkan calon pelanggan mengenali produk Anda sampai akhirnya mereka membeli produk. 

Menambahkan Produk Menggunakan Pengelola Katalog

Setelah Anda sudah selesai membuat halaman fanpage Facebook dan merencanakan isinya, maka Anda perlu menambahkan beberapa produk supaya bisa ditelusuri pelanggan dengan mudah. Salah satu cara untuk menambahkan dan mengelola produk di toko Anda adalah menambah produk melalui katalog Anda yang sudah terhubung ke toko halaman dan otomatis menyimpan produk Anda. 

Cara ini adalah bentuk inventaris yang dilakukan Facebook terhadap toko online Anda. Anda bisa mengunggah banyak produk secara massal atau menggunakan inventaris untuk berbagai iklan dari saluran perdagangan Facebook dan Instagram. Jika Anda sudah menambahkan minimal 1 produk saja di tab toko Halaman Anda, maka Facebook akan membuat katalog secara otomatis. Berikut ini cara menambahkan produk ke Katalog halaman toko Anda:

  • Buka Pengelola Katalog, kemudian pilih katalog dengan nama Produk untuk [Nama Toko Anda]. Dalam katalog tersebut akan berisi produk-produk yang sudah pernah Anda tambahkan.
  •  Tambahkan produk lain yang ingin Anda jual di katalog toko. Secara otomatis, semua produk yang Anda tambahkan akan terunggah di toko Anda. 
  • Buka kembali Pengelola Katalog untuk mengelola produk Anda. Anda bisa mengelolanya lewat tombol Kelola Katalog Anda yang ada di kanan atas toko halaman. 
  • Anda perlu terus memperbaharui jumlah inventaris setiap produk di katalog. Apabila jumlah produk sudah nol, maka produk akan ditampilkan di halaman toko Anda dengan keterangan habis meskipun Anda sudah mengatur ketersedian “stok ada”.

Menambahkan Produk di Tab di Halaman Anda

Cara kedua yang bisa Anda lakukan untuk menambahkan produk di halaman fanpage toko Anda adalah menambahkan produk satu per satu di tab Toko. Berikut ini cara melakukannya.

  • Jika Anda mengakses Facebook melalui komputer, pilih tab Toko di halaman fanspage Nada. Anda belum bisa menambahkan produk melalui Handphone. 
  • Pilih Tambahkan Produk. Pilihan ini akan mengarahkan Anda ke Pengelola Katalog. Maksudnya adalah Anda tidak bisa langsung menambahkan produk ke tab Toko.
  • Tambahkan gambar atau video untuk produk yang akan Anda jual. Anda bisa mengikuti panduan gambar produk yang ditentukan Facebook untuk standar visual produk. 
  • Berikan judul untuk produk Anda. Facebook menyarankan kepada Anda untuk menggunakan judul yang singkat tanpa simbol seperti ! * $ ? > dan sebagainya. Untuk lebih rinci tentang ketentuan tersebut, Anda bisa mengaksesnya langsung di panduan judul produk di Facebook.
  • Tambahkan harga dan deskripsi lengkap tentang produk Anda. Dalam deskripsi produk Anda, sertakan semua fitur unik dan informasi yang relevan untuk variasi produk Anda. Misalnya ukuran, warna, bahan, dimensi, petunjuk perawatan, dan sebagainya. Facebook juga sudah memberikan panduan lengkap untuk ketentuan deskripsi produk yang kamu buat di halaman fanpage Facebook.
  • Masukan detail produk yang lain untuk mendukung performa produk Anda tampil di hadapan calon pelanggan. Jika Anda rasa sudah lengkap semuga, kilik Simpan. 
  • Jika produk Anda sudah memenuhi semua persyaratan atau ketentuan kebijakan Facebook, maka produk Anda biasanya akan ditampilkan di toko Halaman dalam jangka waktu 24 jam.  

Nah, itulah beberapa cara jualan di Fanpage Facebook yang bisa Anda terapkan untuk bisnis online. Tidak sulit bukan? Anda bahkan bisa membuatnya di handphone. Facebook telah memberi fasilitas dan fitur yang memadai untuk Anda jualan online. Jadi tidak ada lagi alasan untuk tidak menggunakan Facebook sebagai senjata jualan online Anda. 

Selain sebagai media sosial pribadi, Facebook juga bisa Anda manfaatkan untuk berbisnis. Jika Anda memiliki toko online, namun belum memanfaatkan Facebook untuk digital marketing, tentu Anda merugi. Facebook bahkan sudan konsen memberi ruang untuk para pelaku usaha untuk berjualan melalui fanpage mereka. Selamat mencoba, semoga berhasil. 

Continue Reading