Belakangan ini, TikTok menjadi salah satu media sosial yang banyak digunakan oleh netizen di seluruh dunia, bahkan Indonesia. Banyak pengguna yang berlomba-lomba mencari tahu bagaimana cara FYP di TikTok. Menurut Forbes, aplikasi TikTok merupakan sosial  media dengan tingkat pertumbuhan yang tinggi. Melalui TikTok lebih banyak netizen yang kemudian menjadi terkenal dengan berbagai macam konten yang mereka buat.

Karena pesatnya perkembangan sosial media satu ini, TikTok menjadi salah satu media pemasaran untuk bermacam-macam perusahaan. Nah, apakah Anda adalah salah satu pengguna TikTok dan ingin konten Anda menjadi lebih terkenal bahkan hingga masuk ke FYP? Bagaimana caranya? Pada artikel satu ini penulis akan menjelaskan beberapa cara agar konten Anda dapat masuk ke FYP TikTok. 

Mengenal Algoritma TikTok

Sebelum membahas step atau cara untuk masuk ke FYP TikTok, Anda perlu mengetahui bagaimana cara kerja algoritma TikTok. Algoritma merupakan peraturan-peraturan yang diikuti untuk memecahkan suatu masalah. Algoritma TikTok tidak berbeda jauh dengan media sosial lain. Hal ini berarti walaupun masih baru, algoritma TikTok tetap dipengaruhi oleh beberapa hal. Dalam media sosial, algoritma digunakan untuk mengatur arus informasi yang ada dalam sistem media sosial tersebut. sehingga setiap platform yang ada di media sosial pasti memiliki algoritmanya tersendiri. 

Algoritma digunakan agar apa yang muncul ke halaman pengguna merupakan hal-hal yang diminati serta disukai oleh pengguna. Algoritma media sosial, biasanya merekam jejak pengguna media sosial tersebut. Contohnya apabila Anda sering mencari kata kunci makanan di TikTok. Maka secara otomatis algoritma TikTok akan merekam bahwa Anda menyukai topik satu ini. Kemudian memunculkan rekomendasi konten yang berkaitan dengan kata kunci tersebut. 

Apabila Anda ingin masuk ke FYP TikTok bahkan menjadi terkenal melalui TikTok, maka Anda perlu memahami algoritma tersebut, setelah paham mari membahas apa itu FYP? 

Apa Itu FYP 

Jika Anda adalah pengguna TikTok, maka tentu tidak asing dengan istilah FYP akronim dari ‘For Your Page’. Apabila Anda membuka TikTok dan melanjutkan ke halaman home, maka TikTok akan menampilkan konten yang berkaitan dengan Anda. Pada beranda tersebut ada dua tab, yaitu tab ‘following’ serta tab ‘for you’ atau FYP, ini merupakan beranda yang dirancang khusus untuk Anda, contohnya seperti pada ‘explore’ di instagram. Beranda FYP berisi konten yang sering Anda lihat, kata kunci yang sering Anda cari hingga jejak Anda di TikTok. 

Seperti halnya ‘explore’ instagram, isi FYP merupakan konten yang sedang viral. Selain itu FYP juga berisi konten yang direkomendasikan oleh algoritma instagram serta TikTok untuk Anda. Dimana konten tersebut telah disesuaikan dengan preferensi Anda. Melalui halaman FYP, Anda dapat berkesempatan untuk memamerkan produk atau konten hingga viral di TikTok. 

Setelah mengetahui FYP, untuk dapat masuk ke halaman ‘For You’ Anda perlu mengetahui faktor-faktor penentu. Yiatu dengan algoritma TikTok yang telah dibeberkan oleh TikTok melalui blog resmi mereka pada tanggal 18 Juni 2020. Simak penjelasannya. 

Faktor-Faktor Penentu FYP Algoritma TikTok

Berdasarkan blog resmi TikTok, FYP merupakan preferensi dari pengguna. Sistem TikTok akan merekomendasikan Anda konten-konten dengan memberikan peringkat pada konten tersebut berdasarkan beberapa faktor. Faktor tersebut beragam, mulai dari minat yang Anda ungkapkan ketika mendaftar akun baru di TikTok. Hingga dapat membuat halam tersebut sesuai dengan personalisasi Anda dan faktor lain sebagai berikut. 

Interaksi pengguna

Yaitu merupakan berbagai macam aktivitas yang dilakukan oleh pengguna TikTok. Contohnya, jenis video yang disukai atau dibagikan oleh pengguna, akun yang diikuti, komentar yang diposting di konten pengguna lain hingga jenis konten yang dibuat. Faktor pertama ini merupakan salah satu bentuk algoritma TikTok yang akan menyesuaikan dengan sendirinya serta merekomendasikan konten sesuai dengan data interaksi dari pengguna TikTok. 

Informasi video

terdapat beberapa faktor lain yang mempengaruhi faktor kedua ini. Yaitu, 

  1. Hashtag atau tagar, Anda tentu mengetahui tagar atau hashtag, merupakan salah satu cara agar pengguna dapat masuk ke FYP, dengan mencantumkan hashtag seperti #FYP atau #ForYourPage dapat membuat pengguna lebih mudah mengakses akun Anda atau melihat konten Anda dengan tagar tersebut. 
  2. Caption, dengan caption pengguna dapat menuliskan deskripsi maupun pesan singkat mengenai konten yang diunggah di TikTok, sehingga dapat menarik perhatian pengguna lain. 
  3. Songs, berbeda dengan sosial media lain TikTok merupakan sosial media yang berisi video, agar video Anda dapat menarik pengguna lain gunakanlah lagu yang sedang trending maupun viral. 
  4. Pengaturan perangkat serta akun, faktor terakhir dari informasi video merupakan pengaturan akun TikTok Anda. Preferensi yang akan muncul di halaman FYP Anda adalah preferensi yang sudah disesuaikan dengan informasi pada setting atau pengaturan akun Anda. Oleh karena itu apabila Anda ingin konten Anda masuk ke FYP pengguna TikTok di Indonesia, maka aturlah bahasa pada akun Anda dengan bahasa Indonesia. 

Selain kedua faktor tersebut, faktor lain yang dapat membuat konten Anda masuk ke halaman FYP merupakan ketertarikan pengguna lain terhadap konten Anda. Oleh karena itu pahamilah siapa yang ingin Anda jadikan sebagai target penonton dan perkirakanlah konten atau jenis video apa yang akan disukai oleh pengguna lain. 

Agar lebih mudah untuk masuk ke halaman FYP di TikTok, berikut adalah empat cara yang dapat Anda coba agar konten Anda masuk ke halaman FYP pengguna lain. 

4 Tips Agar Video Kamu Viral di TikTok

Setelah mengetahui algoritma, hingga faktor penentu konten Anda agar masuk ke FYP, berikutnya adalah mencoba keempat tips yang penulis merekomendasikan agar konten Anda dapat muncul di FYP. Simak penjelasannya. 

Menggunakan hashtag yang relevan

Dengan menggunakan hastag yang banyak dapat memungkinkan konten Anda masuk ke discover atau FYP, namun hal ini tidak menjamin bahwa konten Anda dapat menjadi trending. Oleh karena itu, selain menggunakan hashtag yang banyak, Anda perlu memperhatikan untuk mencantumkan hashtag yang relevan. Sehingga konten Anda tidak akan terkena backfire atau kesalahan lain. Tips lain, coba lakukan riset kecil-kecil mengenai tagar yang sedang trending dan gunakan tagar yang sama. 

Menuliskan caption singkat

TikTok memiliki sedikit perbedaan dengan sosial media lain. Selain sebagai platform untuk membagikan video, TikTok tidak membutuhkan caption yang banyak atau panjang, karena konten TikTok tidak fokus kepada teks atau tulisan. Oleh karena itu tuliskan caption singkat yang dapat menarik pengguna lain atau membuat pengguna TikTok lain merasa penasaran, sehingga mereka akan menonton video Anda hingga akhir.

Gunakan lokasi

Tips ketiga mungkin sering terlewat atau tidak dianggap penting oleh sebagian pengguna TikTok, namun dengan menggunakan lokasi dapat menjadi salah satu informasi video sehingga masuk dalam salah satu perhitungan algoritma. Dengan mencantumkan lokasi, TikTok akan merekomendasikan video Anda kepada pengguna lain sesuai dengan kedekatan jarak. 

Konten berkualitas,

Tips terakhir merupakan tips paling penting. Selain memperhatikan faktor serta perhitungan algoritma TikTok, Anda juga perlu membuat konten yang berkualitas. Agar pengguna TikTok lain dengan senang hati menonton konten Anda bahkan menunggu konten-konten Anda yang selanjutnya. 

Itulah keempat tips serta informasi mengenai algoritma dan FYP di TikTok. Apabila Anda mengidam-idamkan untuk masuk ke FYP, maka tidak ada salahnya untuk mencoba tips sesuai dengan saran penulis. Jangan lupa perhatikan konten yang Anda unggah di TikTok pastika konten tersebut bermanfaat, berkualitas, menarik serta informatif. Selamat mencoba!

Continue Reading