Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin hari semakin pesat, maka bisnis sekarang ini bisa dijalankan secara online. Jadi Anda tidak perlu repot-repot membuat toko fisik untuk menjual sesuatu. Anda bisa memanfaatkan sosial media untuk menjalankan bisnis online Anda.

Terdapat banyak sekali bisnis online, akan tetapi salah satu bisnis online yang sangat banyak diminati yaitu bisnis online baju. Mengapa demikian? Karena baju atau fashion adalah salah satu kebutuhan yang harus dimiliki oleh setiap orang. Akan tetapi, bisnis online yang menghasilkan untung paling besar tidaklah bisnis online baju.

Namun hanya saja memang bisnis online baju ini telah menjadi bisnis online yang bisa menarik perhatian orang banyak. Hal ini karena modal jika berbisnis online baju tidaklah sangat besar. Maka dari itu tak heran jika banyak sekali orang yang memilih untuk menjalankan bisnis online baju.

Baju atau fashion sekarang ini memanglah menjadi bagian yang memiliki banyak sekali jenis serta desain. Maka dari itu dapat menarik banyak orang untuk terus membeli baju. Kemudahan dalam melakukan belanja online pun membuat toko online sekarang ini semakin banyak.

Namun apabila Anda ingin memulai bisnis online terutama bisnis online baju, Anda harus terlebih dahulu mengetahui cara bisnis online baju. Selain cara bisnis online baju hal yang harus diperhatikan lainnya yaitu cara cari supplier hingga cara promosi online.

Anda tidak boleh sembarangan memulai bisnis online baju tanpa mengetahui semua hal tersebut. Maka dari itu simak penjelasan mengenai cara bisnis online baju dari cari supplier hingga cara promosi online berikut ini.

Cara Bisnis Online Baju Supaya Menguntungkan

Seperti yang telah disebutkan tadi, sebelum Anda memulai bisnis online baju Anda harus mengetahui dan juga menguasai cara bisnis online baju supaya menguntungkan. Berikut cara bisnis online baju supaya menguntungkan.

1. Memilih jenis baju yang akan dipasarkan atau dijual

Cara bisnis baju online supaya menguntungkan yang pertama yaitu memilih jenis baju yang akan Anda jual. Sekarang ini tentulah sangat mudah untuk bisa mengetahui jenis baju apa yang sedang tren atau disukai banyak orang.

Seperti contohnya baju wanita. Baju wanita yang sedang tren sekarang ini mungkin adalah baju wanita dengan model korea. Oleh karena itu Anda bisa memutuskan untuk menjual baju wanita dengan model atau bergaya korea untuk target konsumen tersebut.

Sama halnya jika ingin menjual baju dengan model baju wanita islami. Maka Anda harus menargetkan wanita-wanita muslim untuk sebagai konsumen Anda nantinya. Apabila sudah memilih jenis baju apa yang akan dijual atau dipasarkan maka barulah Anda mulai mencari produsen.

Anda harus mencari serta menjalin kerja sama dengan produsen agar mendapatkan stok baju yang akan Anda jual secara online. Selain itu Anda juga harus memperhitungkan berapa keuntungan yang akan Anda dapat dari produsen tersebut.

 

2. Ambil foto produk baju yang bagus dan juga menarik

foto produk baju

Cara bisnis baju online supaya menguntungkan yang kedua yaitu Anda harus mengambil foto atau memfoto produk baju Anda. Usahakan agar foto tersebut dapat menarik perhatian konsumen. Selain bagus dan menarik, foto produk baju Anda haruslah tepat dan jelas.

Hal tersebut adalah hal yang sangat sering diabaikan oleh para bisnis online baju. Padahal, apabila menyertakan foto yang menarik, tepat dan jelas dapat menunjukkan apa yang menjadi keunggulan dari produk baju Anda. Jika foto produk baju buram apalagi tidak jelas maka konsumen pun enggan untuk membeli baju tersebut.

Maka dari itu mengambil foto produk baju yang bagus dan juga menarik adalah cara bisnis online baju yang harus diperhatikan. Dan jika perlu Anda dapat melibatkan artis, model atau juga influencer supaya konsumen tidak ragu lagi untuk membeli produk baju Anda. Namun Anda harus memilih model yang sesuai dan tepat dengan produk baju Anda.

 

3. Membuat website toko online yang sesuai dengan konsep baju

membuat toko online baju

Cara bisnis baju online supaya menguntungkan yang terakhir yaitu buatlah toko online yang sesuai dengan konsep baju yang akan Anda jual. Sebagai contoh apabila Anda ingin menjual baju muslim Anda harus membuat website toko online yang bernuansa serta berdesain islami.

Kesesuaian tema dan juga konsep ini akan sangat membantu Anda dalam menarik perhatian konsumen. Karna konsumen akan melihat konsistensi dari toko online Anda dalam berbisnis. Selain itu juga dapat memberikan kepercayaan dalam hal kualitas baju serta pelayanan yang Anda berikan.

Biar gak repot bikin website, pakai ini aja : Jasa Pembuatan Web Toko Online

Cara Cari Supplier Online Tangan Pertama

supplier tangan pertama

Selain cara bisnis online baju, hal yang harus Anda perhatikan sebelum memulai bisnis online berikutnya adalah mencari supplier. Anda harus mencari supplier tangan pertama agar Anda dapat lebih banyak mendapatkan keuntungan. Anda bisa mencari supplier secara online yaitu dengan menelusuri perusahaan-perusahaan sesuai dengan produk yang akan Anda jual.

Cara ini dinilai sangat mudah dan juga efektif. Akan tetapi Anda juga harus tetap berhati-hati karena jika mencari supplier online Anda tidak bisa langsung mengeceknya. Berikut ini cara cari supplier online tangan pertama.

1. Cari di toko online

Agar dapat menemukan supplier, Anda bisa mengetikkan kata kunci yang Anda maksud di Google atau pun di media sosial. Contohnya apabila bisnis online baju Anda tentang baju muslim maka Anda dapat mengetik supplier baju muslim atau juga grosir baju muslim anak. Dan setelah itu akan bermunculan toko atau supplier yang Anda maksud, dari sini Anda hanya tinggal memilih supplier untuk bisnis online baju Anda.

2. Cari Supplier di Marketplace

Cara cari supplier online tangan pertama berikutnya adalah mencari lewat marketplace. Marketplace adalah pusat perkumpulan para pebisnis online yang dijamin terpercaya. Mengapa demikian? Hal ini karena sistem yang diberlakukan di marketplace dapat meminimalisir terjadinya penipuan.

Anda dapat mencari supplier pada toko marketplace terpercaya seperti Lazada, Shoppe, Tokopedia dan juga lainnya jika ingin menggunakan sumber daya dari lokal. Sedangkan jika Anda ingin barang atau baju import Anda dapat memanfaatkan atau menggunakan Aliexpress dan juga Alibaba.

Baca Juga : Tips Mencari Supplier di Shopee

3. Cari di forum bisnis online

Saat Anda mempunyai banyak sekali relasi, maka Anda akan mempunyai forum bisnis online atau komunitas bisnis online. Anda dapat memanfaatkan hal ini untuk mencari supplier online tangan pertama. Serta tentunya dengan kualitas dan juga harga yang sesuai dengan yang Anda inginkan.

 

Cara Promosi Online

Terdapat hal-hal yang harus Anda perhatikan dalam promosi online. Hal ini penting supaya mendapatkan dan juga menarik banyak konsumen. Anda harus menyesuaikan dan juga membuat promosi yang menarik dan sesuai dengan bisnis online baju Anda. Berikut ini cara promosi online.

1. Buatlah kalimat promosi yang singkat, padat, jelas namun menarik

Cara promosi online yang pertama yaitu dengan membuat promosi yang singkat, padat, jelas namun menarik. Mengapa demikian? Hal ini karena bagi konsumen pengguna media chatting (Line dan WhatsApp) atau sosmed terbiasa melakukan scroll dengan cepat.

Pembahasan lebih dalam : 10+ Contoh Copywriting Jualan Baju Untuk Marketing Online

Maka dari itu teks yang panjang akan terlewat dan tidak dibaca. Para konsumen akan lebih tertarik dengan video ataupun gambar dengan yang disertai sedikit teks. Oleh karena itu buatlah caption atau kalimat promosi singkat namun menjelaskan keunggulan produk yang Anda tawarkan.

2. Gunakan kata “produk terbatas” atau “cuci gudang”

Cara promosi online yang selanjutnya yaitu gunakanlah kata produk terbatas dan juga cuci gudang dalam promosi online Anda. Kedua kalimat ini dapat menarik dan konsumen nantinya akan berasumsi bahwa harga produk yang Anda jual lebih murah dari toko lain. Maka konsumen akan langsung membeli produk Anda.

3. Tonjolkan keunggulan produk baju yang Anda jual

Cara promosi online yang terakhir yaitu gunakan kalimat promosi dengan menonjolkan keunggulan produk baju yang Anda jual. Misalnya dengan menyertakan kata “Kualitas Premium” pada kalimat promosi online Anda. Kata tersebut dapat membuat konsumen tertarik dan juga percaya dengan kualitas produk baju yang Anda jual.

Itulah tadi pembahasan mengenai cara bisnis online baju dari cari supplier hingga cara promosi online. Bagi Anda yang ingin memulai bisnis online baju, Anda dapat memahami cara bisnis online baju di atas. Jangan sampai bisnis online baju Anda mengalami kerugian karena Anda tidak mengetahui semua hal penting di atas.

Continue Reading