Usaha laundry merupakan usaha yang makin merebak seiring dengan perkembangan peradaban. Mengapa bisa begitu? bukan kan teknologi mesin cuci juga makin bagus? Benar sekali, teknologi mesin cuci memang makin bagus. Namun, laundry sebenarnya bukan hanya baju. Jasa cuci karpet, stroller bayi, dan cuci sofa maupun sepatu termasuk dalam bisnis laudry juga, lho. Jasa-jasa tersebut paling efisien mengiklankan diri menggunakan website, karena orang bisa mencarinya di Google. Setelah itu barulah terjadi marketing mulut ke mulut karena hasil pekerjaannya yang sangat terpercaya.

Buat Website Laundry Anda Di Sini!

Nah, sebelum memulai bisnis laundry ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan. Hal-hal dibawah ini merupakan peluag anda untuk buka usaha laundry.

Peluang Buka Usaha Laundry

1. Banyak Perantau yang Tinggal di Kos-Kosan Enggan Mencuci Baju Sendiri

Pekerja kantoran yang merantau dari kota asal wajar saja jika terlalu lelah setalah 8 jam atau lebih bekerja. Sesampainya di kos, tidak jarang mereka memilih istirahat dan refreshing. Hal yang sama juga terjadi pada mahasiswa. Agar baju kotor tidak menumpuk dan bisa digunakan kemudian hari, mereka sering menggunakan jasa laudry. Fenomena ini merupakan salah satu kesempatan anda untuk membuka usaha laundry, utamanya laundry yang populer di kawasan kos-kosan. Contohnya laundry baju kiloan, laundry selimut, dan laundry boneka.

2. Banyak Ibu Pekerja

Fenomena kedua adalah makin banyaknya ibu yang bekerja. Para ibu karier sudah lelah bekerja, dan mencuci menjadi terasa berat. Bahkan, walaupun ada mesin cuci, kelelahan di kantor membuat pekerjaan yang terlihat sepele ini terasa berat. Tidak semua rumah tangga memutuskan memiliki Asisten Rumah Tangga (ART). Untuk efisiensi biaya, tidak jarang para ibu lebih memilih menggunakan jasa laundry untuk membersihkan pakaiannya.

3. Laundry Bukan Hanya Baju Saja

Nah, yang ketiga ini paling penting. Belum banyak orang yang benar-benar sadar bahwa laundry bukan hanya tentang baju. Definisi dasar bisnis laundry adalah bisnis membersihkan, dan identik dengan mencuci. Selain baju, banyak hal lain yang dapat dilaundry, bahkan marginnya jauh lebih besar daripada laundry baju saja. Beberapa diantaranya adalah :

  1. Sofa
  2. Karpet
  3. Jok mobil, termasuk jok bus
  4. Stroller bayi
  5. Springbed
  6. Kursi kereta
  7. Sepatu
  8. Tas branded

Untuk barang-barang besar seperti sofa, karpet, springbed, target pasar anda bisa mulai dari perumahan hingga perkantoran dan hotel. Nah, setelah anda melihat peluang ini, persiapan teknis yang perlu anda ketahui adalah modal, tepatnya peralatan utama yang dibutuhkan dan cara pemasarannya.

Peralatan Untuk Buka Usaha Laundry

1. Laundry Baju, Selimut, Boneka

Untuk membuka laundry skala kecil ini setidaknya anda membutuhkan :

  1. Timbangan
  2. Mesin cuci
  3. Mesin pengering (bisa jadi satu dengan mesin cuci)
  4. Hanger dan jemuran
  5. Setrika dan papannya
  6. Steamer (jika anda membuka jada dry cleaning)

2. Laundry Sofa, Karpet, Jok, Springbed

Laundry skala ini cukup besar, dan alat-alatnya pun juga cukup memakan ruang. Jasa ini seringkali dilakukan di lokasi pelanggan. Setidaknya anda membutuhkan :

  1. Alat transportasi (biasanya mobil) untuk mengankut alat-alat cuci ke lokasi pelanggan
  2. Alat cuci sofa dan springbed berupa vacuum cleaner khusus
  3. Sikat modifikasi, bisa dikreasikan dengan alat bor yang kepalanya diganti sikat khusus

3. Laundry Sepatu

Laundry yang satu ini sangat populer dikalangan pemuda yang suka memakai sepatu-sepatu bermerek. Alat yang digunakan memang tidak besar seperti di jasa cuci lain diatas, namun perlengkapannya cukup kompleks dan detail. Ditambah lagi, daripada memberatkan alat, jasa satu ini sebenarnya lebih kepada teknik pembersihan termasuk bahan kimia yang digunakan. Setidaknya anda membutuhkan :

  1. Mesin cuci sepatu (opsional)
  2. Sikat khusus sepatu (biasanya ada 3 sikat atau lebih)
  3. Sabun khusus cuci sepatu agar tidak merusak bahan

4. Laundry Tas Branded

Jika jasa cuci sepatu sudah kompleks teknik pembersihannya, jasa yang satu ini lebih kompleks lagi, karena tas-tas branded memiliki harga yang tidak biasa. Bahan tas juga sangat berbeda-beda dan sering sensitif terhadap bahan kimia tertentu. Anda perlu sangat hati-hati dalam mengaplikasikan teknik dan bahan-bahan pembersih. Anda juga perlu mengerti detail tas tersebut jika pelanggan meminta jasa restorasi tas. Untuk membuka usaha ini setidaknya anda membutuhkan:

  1. Sikat khusus tas
  2. Lap tas dengan kain khusus
  3. Sabun khusus tas
  4. Pewarna khusus tas (untuk restorasi warna)

Marketing Channel Laundry

Channel promosi perlu anda giatkan baik-baik. Secara sederhana ada channel-channel yang bisa anda gunakan, diantaranya :
1. Ruko

Jika adan memiliki ruko di pinggir jalan dengan papan nama yang menarik, orang dapat mengingat brand anda dan kembali ketika membuatuhkan jasa anda.

2. Membagikan Selebaran Kupon

Metode ini memang terdengar kuno, namun jika anda menyasar pasar yang tepat bisa saja efisien untuk branding. Misalnya saja jasa cuci sepatu, dan anda membagikan kupon diskon ketika mendirikan stan di acara-acara kemahasiswaan.

3. Media Sosial

Media sosial merupakan salah satu cara hits untuk merketing channel. Medsos yang digunakan bisa Facebook, IG, TikTok, dan lain sebagainya. Anda dapat memperluas promosi dengan menggunakan konten menarik serta strategi-strategi lain seperti paid promote, iklan, hashtag, dan lain sebagainya.

4. Website

Channel ini merupakan channel yan paling penting, apalagi jika anda ingin mendirikan laundry berskala lebih besar dari laundry kiloan. Perusahaan-perusahaan cenderung mencari klien untuk laundry dari Google. Jika anda membuat website, jasa laundry anda dapat ditemukan di Google. Channel website yang dikombinasikan dengan media sosial dan dikelola dengan baik dapat membentuka kekuatan promosi yang luar biasa. Untuk mengetahui pentingnya website untuk bisnis laundry, baca juga artikel berikut.

Pentingnya Website Untuk Bisnis Laundry

Jadi, bisnis laundry macam apa yang akan anda buat?

Continue Reading