May 19, 2023

Bootstrap Landing Page : Keunggulan & Template Landing Page dengan Bootstrap

Bootstrap Landing Page : Keunggulan & Template Landing Page dengan Bootstrap

Bootstrap landing page mungkin agak terdengar asing, namun jika Anda seorang programmer, pasti sudah tidak asing lagi dengan kata Bootstrap. Bootstrap merupakan teknologi yang sering dipakai untuk membuat tampilan dari sebuah website. Penggunaan Bootstrap sendiri sudah banyak sekali digunakan dalam dunia website, termasuk untuk membuat Landing Page. Lalu apa sih keunggulan dari Bootstrap ini? Dan apa yang membuatnya lebih unggul dibandingkan website yang tidak diberi Bootstrap? Berikut merupakan penjelasan Bootstrap secara lengkap.

 

Apa itu & Sejarah Bootstrap dari Awal Hingga Versi Terakhir

Bootstrap merupakan sebuah framework yang terdiri atas Html, CSS dan JavaScript yang digunakan untuk pembuatan website ataupun landing page. Bootstrap ini digunakan sebagai upaya untuk mempercepat proses pembuatan dan pengembangan website yang responsif. Framework ini bersifat open source dan tentunya dapat digunakan secara gratis. Script dan Syntax dari bootstrap ini tersedia sangat banyak di internet, selain itu berbagai macam template baik gratis maupun berbayar juga tersebar banyak sekali. Tentunya ini akan sangat memudahkan untuk anda yang ingin membuat website maupun landing page. 

Sampai saat ini, Bootstrap selalu mengalami pengembangan yang semakin canggih. Selain membuat Bootstrap menjadi up-to-date, berbagai pengembangan dilakukan untuk memberikan layanan ataupun fitur yang lebih baik dan lebih kompleks. Berbagai kekurangan di versi sebelumnya diperbaiki di versi-versi terbaru. Inilah sejarah Bootstrap dari versi awal hingga akhir.

 

1. Bootstrap Versi 1

Pada awal peluncurannya, Bootstrap bernama Twitter Blueprint. Bootstrap ini dikembangkan oleh dua orang yaitu Jacob Thornton dan Mark Otto. awalnya, Bootstrap ini digunakan sebagai sebuah framework untuk mendorong sistem supaya berjalan lebih konsisten di perangkat internet. Tepat di tanggal 19 Agustus 2011, framework ini resmi diluncurkan sebagai sebuah proyek yang open source. Dengan open source, framework Bootstrap ini cepat sekali berkembang hingga saat ini.

 

2. Bootstrap Versi 2 dan 3

Hanya berjarak satu tahun dari versi pertamanya, Bootstrap versi 2 resmi diluncurkan di tanggal 31 Januari 2012. Fitur yang diperbarui di versi 2 ini yaitu sistem layout responsif yang menggunakan 12 kolom grid. Hal ini tentunya membuat versi 2 lebih baik daripada versi pertamanya. 

Tidak lama setelah peluncuran versi 2, Bootstrap kembali merilis update terbaru yaitu Bootstrap versi 3. Peluncuran ini dilakukan di tanggal 19 Agustus 2013, setahun setelah peluncuran versi 2. Versi 3 ini menjadi sebuah gebrakan dalam bootstrap karena dalam versi ini terdapat penambahan fitur untuk flat design dan juga fitur tampilan mobile yang pastinya lebih responsif. 

 

3. Bootstrap Versi 4

Berbagai pengembangan dari Bootstrap ini membuat perkembangannya menjadi semakin baik. Bootstrap versi 4 merupakan versi yang stabil dan diperkaya dengan banyak fitur. Berbagai perubahan dan perkembangan membuat versi 4 ini menjadi versi yang lebih mudah dan lebih digemari oleh banyak developer. Ada banyak sekali komponen yang dirubah dari Bootstrap versi 4 ini. Versi yang dirilis pada tanggal 18 Januari 2018 ini merubah komponen seperti peralihan less menjadi Sass, mengubah piksel menjadi em, merubah Kustomisasi pada bar navigasi dan masih banyak komponen yang berkembang pada versi ini.

 

4. Bootstrap Versi 5

Setelah peluncuran berbagai versi, tibalah Bootstrap di versi ke-5 atau versi Bootstrap yang kita kenal sekarang. Ada tambahan beberapa fitur yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan versi sebelumnya. Fitur tersebut yaitu penghapusan dukungan JQuery yang kemudian digantikan oleh Vanilla.JS. Selain itu, terdapat migrasi perangkat lunak dari Jekyll ke Hugo dan masih banyak fitur lainnya. 

 

Alasan Menggunakan Bootstrap Untuk Landing Page

Ada banyak sekali benefit yang didapatkan jika anda menggunakan bootstrap untuk membuat landing page. Inilah berbagai alasan kenapa anda harus menggunakan bootstrap untuk membuat landing page.

 

1. Membuat Proses Coding Terasa Lebih Mudah

Pastinya akan sangat kesulitan jika anda tidak mempunyai background sebagai seorang developer atau orang yang bekerja di bidang Informatika. Tapi, dengan Bootstrap proses coding akan menjadi lebih mudah. Yang harus anda ketahui yaitu sedikit pengalaman mengenai HTML dan CSS. Dengan seperti itu, pembuatan Bootstrap landing page impian anda dapat dilakukan bahkan tanpa melakukan segenap kursus khusus coding. 

 

2. Mempunyai Elemen Halaman yang Dapat Disesuaikan

Salah satu fitur terbaik dari Bootstrap yaitu memungkinkan anda untuk mengkostumisasi template bootstrap. Ketika anda membangun sebuah landing page, anda harus menentukan berbagai macam seperti tipografi, kode, tombol, form, tabel, label dan masih banyak fitur lainnya yang cocok untuk bisnis anda. 

Kostumisasi ini sangat penting untuk membuat Bootstrap landing page yang sesuai dengan keinginan anda. Selain itu, ini juga berguna supaya landing page anda tidak terlihat sama dengan landing page orang lain. Bayangkan, jika anda mempunyai landing page yang terlihat sama dengan 100 landing page yang digunakan orang lain, pastinya pengunjung akan sulit mengenali landing page anda. Landing page yang unik dan tidak pasaran membuat pengunjung akan lebih mudah mengingat dan pastinya meningkatkan pengalaman pengunjung.

 

3. Mempunyai Desain yang Responsif

Bootstrap menawarkan berbagai fitur yang dapat digunakan untuk membuat Bootstrap landing page anda menjadi lebih responsif tidak peduli device apa yang digunakan. Fitur yang responsif itu antara lain fitur responsive Design dan fitur responsive image.

Responsive Design

Bootstrap secara otomatis menggabungkan responsif desain ke dalam landing page anda. Artinya anda tidak perlu takut device apa yang digunakan orang ketika mengunjungi landing page anda karena sudah secara otomatis Bootsrap landing page ini akan menyesuaikan terhadap device tersebut. Desain yang responsif dapat memberikan pengalaman yang membekas untuk para pengunjung landing page anda.

Responsive Image

Anda pasti akan merasa khawatir ketika menambahkan gambar di sebuah halaman. Kekhawatiran ini muncul akibat ukuran gambar yang tidak menyesuaikan di berbagai device. Jika anda mempunyai gambar yang besar, terkadang gambar tidak terbentuk dengan baik sesuai dengan layar yang besar ataupun layar kecil.

Namun dengan Bootstrap, terdapat code yang menggabungkan gambar sehingga ukuran gambar tersebut dapat menyesuaikan sesuai dengan layar dari suatu device yang digunakan. Pastinya ini membuat gambar tersebut menyatu dengan sempurna tidak peduli device apa yang digunakan dalam mengakses Bootstrap landing page anda.

 

4. Mempercepat Pembuatan Landing Page

Bootstrap landing page memungkinkan anda untuk membangun dan membuat landing page secara cepat. Dengan program ini, anda dapat menggunakan code yang telah dibuat dalam bentuk bootstrap landing page secara utuh sehingga anda tinggal hanya menyesuaikannya. Dengan menggunakan bootstrap seperti ini, artinya anda dapat menghemat waktu dalam pembuatan landing page. Selain itu, Bootstrap juga menyediakan banyak sekali tema maupun template baik itu yang bersifat gratis maupun berbayar. 

 

5. Mudah Untuk Menambahkan Elemen Visual

Landing page yang berhasil yaitu landing page yang dapat membuat sebuah atensi dari pengunjung dan membuat mereka penasaran lebih jauh tentang produk atau jasa yang ditawarkan. Bootstrap landing page memungkinkan anda untuk membuat visual landing page yang menarik sehingga dapat membuat atensi dari pengunjung landing page anda. Bootstrap memungkinkan anda untuk menambahkan berbagai macam elemen baik itu menu, thumbnail, dan masih banyak fitur lainnya. Pastinya, ini menjadi salah satu cara untuk membuat Bootstrap landing page anda terlihat lebih menarik dengan cara yang mudah dan cepat. Selain itu, jangan khawatir karena dengan menggunakan bootstrap, pastinya elemen yang ditambahkan menjadi desain yang responsif. 

 

6. Fokus Kepada Pengguna

Ketika anda membuat sebuah landing page, anda harus mengutamakan pengguna anda. Landing page yang menarik akan menghasilkan lebih banyak kunjungan dan konversi. Nah, dengan Bootstrap anda akan dengan mudah untuk mengembangkan halaman landing page sesuai dengan kebutuhan audiens anda.

Dengan Bootstrap, anda akan dengan mudah menyesuaikan berbagai elemen yang sesuai seperti foto, Call-to-Action (CTA) ataupun elemen lainnya yang dapat membuat pengunjung merasakan pengalaman yang luar biasa ketika mengunjungi landing page anda.

 

7. Mengutamakan Pengguna Seluler

Anda harus memastikan landing page anda sesuai dengan perangkat seluler. Saat ini penggunaan seluler harus lebih ditekankan daripada penggunaan website desktop. Ini dikarenakan penggunaan seluler mencapai posisi tertinggi dari penggunaan web browser. Tentunya hal ini harus dipikirkan dalam pembuatan Bootstrap landing page anda. 

Namun jika anda menggunakan Bootstrap, anda tidak perlu khawatir karena Bootstrap menggunakan pendekatan mobile-first. Dengan kata lain, mereka mengoptimalkan halaman untuk perangkat seluler guna memastikan bahwa setiap pengguna seluler mendapatkan pengalaman yang baik di situs mereka.

Seperti yang dinyatakan sebelumnya, Bootstrap sudah menyertakan desain responsif untuk landing page Anda. Ini merupakan salah satu dari banyak fitur yang membantu landing Anda tetap menjadi landing page yang mobile-friendly.

 

8. Cocok untuk Berbagai Macam Browser

Audiens Anda menggunakan banyak perangkat untuk melihat landing page Anda. Pastinya mereka juga menggunakan browser yang berbeda. Penting bahwa landing page Anda harus kompatibel dengan browser web yang berbeda.

Dengan Bootstrap, Anda akan tidak perlu khawatir untuk tampilan landing page Anda berbagai browser. Halaman bootstrap itu sendiri kompatibel dengan berbagai browser seperti Firefox, Chrome, Edge, Internet Explorer, dan Safari. Apa pun browser web yang digunakan audiens Anda, mereka akan merasakan landing page dengan tampilan yang sama.

 

7 Template Bootstrap yang Cocok Untuk Landing Page

Setelah mengenal mengenai penjelasan Bootstrap, inilah beberapa template Bootstrap landing page yang dapat anda gunakan.

Grayscale 

Bootstrap Landing Page - Template Grayscale

Anda dapat melihat dan mendownload template Bootstrap landing page di atas di dalam link berikut ini https://startbootstrap.com/theme/grayscale 

 

Blue Landing Page

Bootstrap Landing Page - Blue Landing page

Anda dapat melihat dan mendownload template Bootstrap landing page di atas di dalam link berikut ini https://startbootstrap.com/theme/landing-page 

 

Agency

Bootstrap Landing Page - Template Agency

Anda dapat melihat dan mendownload template Bootstrap landing page di atas di dalam link berikut ini https://startbootstrap.com/theme/agency 

 

New Age

Bootstrap Landing Page - New Age

Anda dapat melihat dan mendownload template Bootstrap landing page di atas di dalam link berikut ini https://startbootstrap.com/theme/new-age 

 

Day - Multipurpose HTML Template

Bootstrap Landing Page - Day

Anda dapat melihat dan mendownload template Bootstrap landing page di atas di dalam link berikut ini https://bootstrapmade.com/day-multipurpose-html-template-for-free/ 

 

Tnio- Bootstrap 4 Hosting Provider Website Template

Bootstrap Landing Page - Tnio

Anda dapat melihat dan mendownload template Bootstrap landing page di atas di dalam link berikut ini https://themewagon.com/themes/tnio/ 

 

Cycle – Bootstrap 4 eCommerce Landing Page Template

Bootstrap Landing Page - E commerce

Anda dapat melihat dan mendownload template Bootstrap landing page di atas di dalam link berikut ini https://themewagon.com/themes/cycle/ 

 

Itulah penjelasan mengenai Bootstrap dan penggunaannya dalam landing page. Penggunaan Bootstrap dalam landing page sangat berpengaruh baik dari segi tampilan, kemudahan maupun responsibilitas dari landing page tersebut. Selain membuat landing page anda menjadi lebih menarik, hal ini juga membuat landing page anda dapat memberikan kesan dan pengalaman yang menarik bagi para pengunjung.

Baca Juga Artikel lainnya

May 29, 2023
Jasa SEO Toko Online : Optimasi Online Shop Page 1 Google

Persaingan di dunia toko online menjadi semakin ketat seiring dengan perkembangan teknologi dan pertumbuhan bisnis e-commerce. Dalam upaya untuk sukses dan mendapatkan perhatian dari calon pembeli, penting bagi pemilik toko online untuk memahami betapa pentingnya memiliki peringkat yang baik di mesin pencari. Dilingkungan yang penuh persaingan ini, munculnya jasa SEO toko online menjadi sebuah kebutuhan […]

Read More
May 23, 2023
Jasa Website Surabaya : Pembuatan Website Profesional di Surabaya

Di era digital yang terus berkembang dengan pesat, kehadiran website telah menjadi kebutuhan yang tak terelakkan bagi bisnis maupun individu. Website tidak hanya menjadi sarana untuk memperluas jangkauan bisnis, tetapi juga sebagai wajah digital yang merepresentasikan identitas dan nilai perusahaan.Dalam artikel ini, kami akan menjelajahi manfaat yang akan Anda dapatkan dari memanfaatkan jasa pembuatan website […]

Read More
May 23, 2023
Jasa SEO Makassar : Pakarnya SEO di Makassar

Makassar adalah ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Terletak di pantai barat daya Pulau Sulawesi, kota ini memiliki posisi strategis sebagai pusat perdagangan dan transportasi di wilayah timur Indonesia. Makassar memiliki sejarah panjang sebagai pusat perdagangan internasional, terutama dalam perdagangan rempah-rempah. Kota ini memiliki populasi yang cukup besar dan padat di Indonesia. Kota ini juga […]

Read More

We Are Ardata

PT. Ardata Digital Asia (Ardata Media) merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang IT dengan produknya berupa Jasa dan Produk Digital.
WA : 085741111568
Open chat
Hi, Gunakan chat ini untuk menghubungi kami
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram