Ini merupakan salah satu pertanyaan yang sering menyebabkan kebingungan. Semenjak Instagram beralih dari feed Instagram dirubah dan hal ini jadi pemicu munculnya pertanyaan-pertanyaan dari warga internet. Apakah tampilan video lebih baik daripada foto dalam algoritma? Bagaimana cara anda membuat sebuah postingan bisa dilihat oleh banyak pengguna Instagram? Apakah hashtag bisa membantu atau tidak?
Kabar baiknya, belum lama ini Instagram meluruskan banyak rumor terkait bagaimana cara algoritma Instagram.

Bagaimana cara kerja algoritma instagram pada postingan feed pada tahun 2020
Menurut Instagram, terdapat 6 faktor yang mempengaruhi algoritma Instagram pada postingan feeds.
1. Ketertarikan
2. Hubungan
3. Ketepatan waktu
4. Frekuensi
5. Pengikut
6. Penggunaan

Selain itu, adapun hal yang perlu diperhatikan bahwa algoritma instagram akan terus berubah. Selama ini mungkin anda berpikir bahwa Instagram akan mengupdate versi terbaru algoritma setiap minggu atau setiap bulan, namun hal ini tidak benar. Sebb, algoritma Instagram dirancang menggunakan metode machine-learning. Jadi, Algoritma Instagram sebenarnya bisa berubah setiap saat, tergantung dari jumlah data terkait perilaku para pengguna yang didapatkan setiap harinya.

Feed yang ada di beranda instagram anda tidak hanya berdasarkan siapa saja yang anda ikuti, tetapi juga berdasarkan siapa dan apa saja yang anda sukai.
Ketika algoritma menganggap anda menyukai suatu postingan, maka akan semakin tinggi juga postingan serupa muncul di feed instagram anda.

Jadi pada dasarnya, apa yang anda lihat di feed Instagram merupakan suatu kombinasi dari semua perilaku anda di Instagram. Teman-teman yang yang paling sering berinteraksi dengan anda, story yang sering anda tonton, orang-orang yang anda tag, dan tentu saja jenis postingan yang sering anda sukai atau komentari.

Namun, sebenarnya bentuk interaksi apa yang paling penting bagi algoritma instagram?
Ketika membahas kinerja feed, kita semua tahu bahwa algoritma instagram akan memprioritaskan konten yang menerima keterlibatan paling banyak. Menurut instagram, bentuk interaksi yang paling penting untuk tingkat feed atau postingan adalah komentar, like, dan reshares. Sedangkan untuk postingan video yaitu seberapa banyak video itu ditonton, hal ini sangatlah penting untuk diketahui, supaya bisa menjadi referensi saat anda akan merencanakan konten dan caption.

  • Algoritma instagram menentukan hubungan anda dengan para pengikut.

Algoritma instagram ingin memprioritaskan dalam menunjukkan postingan anda dari teman-teman anda, keluarga, dan akun yang sering anda kunjungi. Jadi, dalam rangka menunjukkan apa yang anda inginkan, algoritma menggunakan interaksi yang telah anda lakukan guna mengumpulkan siapa saja yang dekat dengan anda.
Misalnya, jika anda mengomentari berbagai postingan foto seseorang atau ditandai dalam postingan foto mereka, hal ini akan menandakan ke instagram bahwa mereka mungkin termasuk dalam kategori “teman dan keluarga”.

     1. Posting secara konsisten ke instagram
Ketika anda memposting konten yang menarik secara konsisten ke Instagram, hal itu tidak hanya akan meningkatkan keterlibatan anda dan merupakan suatu sinyal bagi algoritma bahwa akun instagram anda adalah akun yang berkualitas.
Dan ketika anda semakin sering posting dan selalu konsisten, maka semakin besar kemungkinan audiens anda akan melihat dan terlibat dalam konten anda.
Sebuah penelitian mengatakan, jika anda terbiasa memposting beberapa kali sehari dan kemudian beralih menjadi beberapa kali seminggu, secara berkala anda akan kehilangan pengikut dan keterlibatan dalam postingan akan berkurang.
Jadi, penting untuk berkomitmen pada jadwal posting yang tidak hanya dapat Anda pertahankan, tetapi juga cocok dengan alur kerja anda.

     2. Gunakan fitur instagram lain seperti notifikasi dan pengelola halaman di Facebook
Anggap komentar di instagram sebagai sebuah percakapan. Pastikan anda selalu membalas dan terlibat dengan komentar yang ada di feed anda, hal ini bertujuan supaya algoritma instagram menganggap bahwa anda memiliki hubungan baik dengan pengikut instagram anda.Sedangkan dengan kotak masuk di halaman terbaru Facebook, anda dapat menanggapi pesan dari Facebook Messenger dan Instagram.
Dengan akses fitur baru, anda akan melihat opsi untuk “messenger” atau “instagram direct” ketika membuka kotak masuk pada halaman Facebook anda.

  • Faktor-faktor Algoritma Instagram dalam Hal Ketepatan Waktu

Algoritma tidak hanya memperhatikan seberapa besar keterlibatan yang didapat dari postingan instagram anda, tetapi juga tentang berapa lama foto itu diposting.
Dengan menentukan waktu terbaik untuk memposting di Instagram, anda dapat meretas algoritma untuk meningkatkan jangkauan dan mendapatkan lebih banyak like atau followers.
Ketika anda memposting pada saat para pengikut instagram anda online, maka itu akan berdampak baik bagi akun anda dalam mendapatkan like yang banyak.

  • Algoritma instagram menggunakan frekuensi untuk mengurutkan postingan

Seberapa sering anda membuka aplikasi Instagram? Jika anda sering menjadi scroller, maka feed anda akan terlihat lebih runtut, karena instagram mencoba untuk menampilkan postingan terbaik sejak kunjungan terakhir anda.
Namun jika anda jarang membuka instagram, maka feed anda akan disortir sesuai dengan apa yang menurut instagram anda sukai.

  • Algoritma instagram dapat menghitung seberapa lama Anda menggunakan Instagram

Jika anda sering menghabiskan waktu di Instagram, anda akan melihat lebih banyak postingan. Namun jika anda hanya menghabiskan beberapa menit di instagram, maka anda hanya akan mendapatkan highlight hari itu saja dari algoritma.

  • Postingan foto atau video diperlakukan dengan sama

Perlu anda ketahui bahwa Instagram tidak memprioritaskan suatu postingan berdasarkan dengan tipe konten. Akan tetapi, Instagram hanya memprioritaskan postingan berdasarkan interaksi. Jadi, apabila seseorang melakukan interaksi lebih lama di dalam postingan foto atau video anda, maka dia akan lebih banyak menemukan postingan foto atau video dari akun anda.

  • Interaksi palsu tidak akan dihitung oleh Instagram

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa algoritma Instagram dirancang menggunakan machine-learning. Oleh karena itu, algoritma Instagram dapat mendeteksi interaksi palsu yang menggunakan bots atau pods yaitu sekelompok orang yang bekerja sama untuk saling memberi likes ataupun komentar.

  • Semua komentar tetap dihitung sebagai interaksi, baik itu panjang maupun pendek

Sebelumnya ada kabar bahwa komentar yang kurang dari tiga kata tidak akan dianggap oleh algoritma Instagram sebagai interaksi. Akan tetapi, pada kenyataannya semua komentar akan dianggap sebagai sebuah interaksi meskipun hanya menggunakan sebuah emoji saja. Oleh karena itu, penting untuk selalu membalas komentar yang masuk. Hal ini juga akan membuat para pengikut sadar bahwa anda selalu mendengarkan mereka.
Itulah beberapa cara kerja algoritma Instagram pada tahun 2020. Sebagai pengguna yang aktif, anda harus selalu teliti dan memperhatikan setiap perubahan yang terjadi di Instagram. Terlebih jika anda menggunakan instagram sebagai media untuk berbisnis. Algoritma instagram sangatlah penting untuk anda pelajari.