Bagaimana Algoritma Instagram Bekerja – Dalam beberapa tahun terakhir, instagram telah berubah cukup banyak. Mulai dari logo yang kini lebih memperhatikan estetikanya hingga algoritmanya. Banyak pengguna instagram khususnya digital marketing dan content creator yang dibuat pusing.

Ketika instagram menampilkan konten di feeds yang semula dari urutan kronologis ke cara algoritmik, banyak influencer yang sempat merasa audiensnya berkurang.

Bila Anda memang berkecimpung dalam dunia instagram tentu Anda sadar bahwa algoritma instagram bekerja secara misterius. Namun bila Anda sudah tahu cara kerjanya maka strategi konten Anda dapat disesuaikan dengan algoritma instagram.

Apa Itu Algoritma Instagram?

Sebelum membahas terlalu jauh, ada baiknya Anda mengetahui lebih dulu apa itu algoritma khususnya algoritma instagram sebagai dasarnya.

Algoritma sendiri dapat diartikan sebagai rangkaian aturan atau kalkulasi yang digunakan untuk memecahkan masalah serta untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Pada sosial media khususnya instagram, penggunaan algoritma adalah untuk penyampaian konten untuk user atau penggunanya.

Newsfeed pada sosial media umumnya diatur menggunakan algoritma seperti pada facebook dan instagram, meski begitu tidak semua sosial media menggunakan algoritma. Algoritma newsfeed ini digunakan untuk menentukan konten pada pengguna berdasarkan minat, aktivitas dan interaksinya di platform tersebut.

Tips Untuk Merancang Konten Feed : Cara Membuat Content Calendar Instagram 1 Bulan + Template

Lantas muncul pertanyaan, seberapa seringkah algoritma instagram berubah? Nyatanya algoritma instagram berubah sepanjang waktu yang dipengaruhi oleh banyaknya data yang diperoleh hingga level menit tiap harinya. Algoritma ini bekerja dengan didukung oleh machine learning. Machine learning ini akan mengamati pola atau tren perilaku baru sebagai salah satu faktor untuk menentukan cara kerja algoritmanya.

Bila Anda memang mempelajari instagram, tentu Anda tahu bahwa algoritma instagram pada feed, stories, explore dan IGTV bekerja dengan cara berbeda. Masing-masing algoritma ini cara kerjanya dapat dikatakan misterius atau susah ditebak. Akan tetapi bila Anda telah memahaminya, maka kita dapat menyesuaikan strategi konten yang akan kita buat. Untuk lebih jelasnya mari kita simak pembahasan berikut.

Bagaimana Algoritma Instagram Bekerja Pada Post / Feed

Menurut Instagram sendiri setidaknya ada 6 faktor penting yang mempengaruhi algoritma instagram pada post / feed di tahun 2021. Apa saja faktornya, simak penjelasan berikut :

  • Minat (Interest)
    Instagram memunculkan feeds / post tidak hanya berdasarkan akun yang diikuti saja, namun juga berdasarkan akun lain dan jenis postingan yang pernah disukai dalam historinya. Logikanya adalah semakin sering jenis postingan tertentu disukai oleh Anda, maka jenis postingan tersebut akan semakin tinggi kemunculannya di beranda.
    Karenanya konsistenlah dalam membuat konten dan menampilkannya untuk memberi sinyal positif pada algoritma instagram. Selain itu juga akan memberikan kesempatan audiens untuk berinteraksi dengan konten dari brand Anda.
  • Hubungan (Relationship)
    Instagram juga menggunakan algoritmanya untuk mengetahui interaksi antar penggunanya. Karenanya postingan teman, keluarga maupun akun yang dipedulikan oleh suatu akun akan diprioritaskan.
  • Rentang Waktu (Timeliness)
    Berapa lama feed diposting juga akan mempengaruhi algoritma instagram, algoritma ini tidak hanya memperhatikan apakah engagement banyak atau sedikit saja. Karenanya instagram ingin selalu memberikan postingan yang menarik dan terbaru bagi penggunanya.
  • Frekuensi (Frequency)
    Semakin sering sebuah akun men-scroll postingan diberandanya maka feeds pada beranda akun tersebut juga akan semakin kronologis. Algoritma ini akan melihat postingan terbaik sejak kunjungan terakhir, apabila akun tersebut jarang aktif maka algoritma akan memilihkan postingan yang mungkin disukai saja.
  • Akun yang diikuti atau difollow
    Semakin banyak orang atau akun yang Anda ikuti maka instagram akan mempunyai lebih banyak opsi untuk dipilihnya. Karenanya hapuslah beberapa followers yang tidak aktif atau follower fiktif / ghost followers secara sistematis.
  • Usage (Penggunaan)
    Semakin lama waktu yang dihabiskan di instagram maka postingan yang muncul akan seperti katalog, bahkan akan seperti kehabisan konten baru. Namun apabila Anda hanya sebentar saja dalam menggunakan instagram maka hanya highlight hari itu saja yang akan ditampilkan oleh instagram.

Bagaimana Algoritma Instagram Bekerja Pada Story

Instagram story juga dipilih berdasarkan interaksi Anda baik itu like, komentar, view story, berbalas pesan hingga reaksi. Algoritma pada story juga ditampilkan berdasarkan ketepatan waktu agar instagram menampilkan cerita paling baru dari akun favorit. Peluang jangkauan audiens juga akan semakin besar pada instagram story. Jadi rutin pulalah dalam membuat konten story instagram Anda.

Bagaimana Algoritma Instagram Bekerja Pada Halaman Explore

Sama halnya dengan feeds atau story, halaman explore juga akan menampilkan konten yang mungkin Anda minati. Secara umum berikut hal yang berpengaruh pada algoritma instagram di halaman explore :

  1. Informasi tentang konten / postingan
    Jumlah like maupun komen pada suatu postingan akan menentukan muncul tidaknya pada explore. Instagram akan memilih konten yang lebih populer untuk Anda.
  2. Riwayat interaksi
    Interaksi antar pengguna juga akan berpengaruh, hal ini akan jadi gambaran bagi instagram akan tingkat ketertarikan Anda pada sebuah konten. Algoritma instagram akan memilih konten yang paling relevan dengan Anda.
  3. Aktivitas pengguna
    Aktivitas Anda pada instagram seperti like, komen, menonton dan menyimpan postingan juga akan menjadi pertimbangan alritma explore instagram.
  4. Informasi mengenai pembuat konten
    Seberapa sering pengguna instagram saling berinteraksi juga akan menjadi pertimbangan instagram dalam memilih konten yang relevan.

Bagaimana Algoritma Instagram Bekerja Pada IGTV Video

Minat Anda pada suatu akun meskipun tidak memfollownya juga akan mempengaruhi algoritma instagram. Secara umum berikut faktor yang berpengaruh pada IGTV video :

  1. Aktivitas pengguna
    Berapa lama reels ditonton, jumlah like dan siapa yang difollow akan mempengaruhi tayangan IGTV Anda.
  2. Riwayat interaksi antar pengguna
    Riwayat interaksi pada konten reels juga akan mempengaruhi tayangan IGTV suatu akun. Akun dengan interaksi yang baik akan mudah tayang pada IGTV Video.
  3. Informasi mengenai konten Reels
    Informasi pada konten reels seperti suara atau lagu yang digunakan pada video yang banyak disukai juga akan mempengaruhi IGTV Video.
  4. Informasi mengenai pembuat konten
    Popularitas suatu akun juga akan semakin berpengaruh pada IGTV Video. Hindari pula membuat konten yang tidak disukai instagram seperti gambar dengan kualitas rendah, berwatermark, konten politik, partai atau pejabat pemerintah.

Bagaimana Algoritma Instagram Bekerja Pada Reels

Pada dasarnya baik di beranda, halaman explore, story, IGTV hingga Reels instagram menggunakan algoritma yang sama. Akan tetapi kita juga tahu bahwa algoritma instagram memang misterius. Namun secara umum hal-hal seperti aktivitas pengguna, riwayat interaksi, informasi konten hingga pembuatnya akan berpengaruh pada algoritma Reels. Karenanya konsistenlah dalam membuat konten dan hindari konten yang tidak disukai instagram.

Bagaimana Algoritma Instagram Bekerja Pada Akun Bisnis, Personal dan Creator

Sebenarnya baik pada akun bisnis, personal maupun creator, instagram menggunakan algoritma yang sama. Algoritma ini akan memperhatikan frekuensi penggunaan pada sebuah akun untuk menampilkan konten yang relevan. Selain itu berapa lama waktu yang dihabiskan dalam menggunakan instagram dan menonton suatu konten juga akan menjadi pertimbangan.

Anda Perlu Memahami Instagram Insight untuk Reels dan Video

Interaksi yang terjadi baik pada konten foto maupun video juga menjadi perhatian algoritma instagram, jadi tidak pilih-pilih antara konten foto maupun video. Namun interaksi dari akun palsu baik like maupun komen menggunakan pods atau bots tidak akan dihitung oleh instagram.

Hanya akun asli yang akan dihitung, bahkan tidak memandang panjang pendeknya komentar atau sekedar emoji yang diberikan. Jadi buatlah konten yang konsisten dan semenarik mungkin pada instagram Anda.

Cara Mengoptimalkan Ranking Konten Instagram

Hal terakhir yang akan kita bahas disini adalah bagaimana cara mengoptimalkan ranking konten instagram kita. Ada beberapa tips atau cara yang bisa Anda coba untuk mengoptimalkannya, berikut tipsnya :

  • Gunakan warna yang kuat dan solid pada konten bahkan story, algoritma story akan memperhatikan hal tersebut.
  • Gunakan call to action ayau kalimat ajakan pada konten yang Anda buat.
  • Buatlah konten yang mendorong followers Anda untuk saling berdiskusi, namun hindari diskusi yang sangat politis hingga kontroversial.
  • Gunakan hashtag yang tepat, Anda bisa melakukan riset lebih dulu. Dengan hashtag yang tepat akan meningkatkan visibilitas konten Anda.
  • Konten yang menampilkan wajah akan lebih mendorong koneksi sosial. Namun tidak harus full face, asalkan ada wajah yang tampil saja sudah cukup.
  • Buatlah caption yang menarik baik itu untuk konten foto, video maupun story untuk mendorong minat followers Anda.
  • Untuk menambah sinyal positif pada instagram, Anda bisa menggunakan promosi silang ke berbagai platform sosmed seperti Facebook maupun Twitter.

Supaya lebih menarik, pahami Cara Memilih Warna Yang Tepat untuk Postingan instagram

Dengan konten yang optimal tentu akan semakin menambah rating akun instagram Anda. Hal ini tentu akan menjadi nilai positif baik untuk akun instagram bisnis, creator hingga personal.

 

Continue Reading