Perkembangan zaman dan juga teknologi sekarang memudahkan manusia untuk beraktifitas dan membantu pekerjaan banyak manusia, dimana berdampak pada bisnis kuliner juga. Zaman sekarang sudah mulai banyak orang yang mulai malas dan merasa ribet untuk pergi ke restoran/tempat makan secara langsung, kebanyakan memilih menggunakan layanan delivery/pengiriman makanan.
Jika pun untuk layanan take away atau mudahnya bungkus, masih mengharuskan konsumen untuk datang langsung ke restoran atau tempat makan untuk memesan makanan yang diinginkan, pilihan tradisional lainnya dapat menelpon melalui telepon, itupun biasanya harus mengambil pesanannya sendiri ke tempat makan/restorannya
Dari gambaran tadi dapat dibayangkan betapa ribet dan tidak efisiennya cara tersebut, dengan berkembangnya teknologi sekarang konsumen dapat memesan menu secara online dan menunggu makanannya datang ke tempatnya
Nah, layanan ini dapat menjadi suatu peluang untuk mengembangkan bisnisnya bagi pemilik bisnis kuliner. Layanan ini dapat membantu untuk mencapai target konsumen lebih luas.
Apa itu Jasa Pembuatan Aplikasi Delivery Makanan?
Jasa pembuatan Sistem Delivery Makanan dari Ardata adalah untuk membantu para pemilik usaha bisnis kuliner untuk membuat sistem delivery makanan yang modern, nyaman digunakan dan juga aman. Mulai dari menerima pesanan, mengkonfirmasi pesanan dan pembayaran semua ditangani oleh sistem, Sistem Delivery makanan ini tentunya akan sangat membantu untuk mengembangkan usaha atau bisnis kuliner kalian. Lalu mengapa layanan ini diperlukan oleh bisnis kuliner?yuk kita bahas!
Mengapa Aplikasi Delivery Makanan diperlukan oleh Bisnis/Usaha Kuliner?
Pengiriman makanan sudah ada dari jaman dulu, namun biasanya mereka menggunakan sistem panggilan lewat telpon. Layanan Delivery makanan ini dipercaya dapat meningkatkan penjualan secara signifikan, Karena banyak dari konsumen yang memang hanya fokus pada mencicipi dan makan makanannya tanpa terlalu mempedulikan tempat makanan, terlebih di zaman modern seperti ini dengan banyaknya orang yang sering sibuk dan tidak memiliki waktu apalagi tenaga untuk datang ke restoran/tempat makan. Lalu mengapa bisnis kuliner kita membutuhkan sistem delivery?
1.Meraih Konsumen Lebih Luas
Dengan adanya sistem delivery, konsumen ditawarkan dengan berbagai kemudahan untuk membeli kuliner, hanya dengan melihat menu lewat hp kemudian order dan makanan akan dikirim ke tempat tujuan dengan mudah! Banyak konsumen yang memilih untuk men delivery makanan ke rumahnya ketimbang harus datang ke restoran ataupun tempat makan bahkan ada yang sampai tidak jadi beli makan di restoran hanya karena restorannya tidak ada layanan deliverynya loh, oleh karena itu sistem delivery ini dapat meningkatkan penjualan dan menggaet konsumen lebih luas.
2.Sebagai Platform Untuk Promosi
Dengan adanya platform dan sistem delivery makanan ini, pemilik usaha dapat melakukan promosi seperti diskon, paket hemat, dan banyak lainnya di platform itu sendiri jika memiliki platform dengan sistem aplikasi delivery sendiri tanpa harus mengeluarkan biaya lebih seperti ketika promosi endorse ke sosmed, pamflet di jalan dan juga di aplikasi penyedia layanan lainnya. Nantinya jika menggunakan platform dengan sistem delivery milik sendiri dapat memudahkan untuk menargetkan promosi ke jenis konsumen yang di inginkan.
3.Agar tidak kalah saing dengan restoran lainnya
Dapat diketahui zaman sekarang sudah banyak restoran ataupun bisnis kuliner yang sudah membuat dan menerapkan sistem delivery makanan ini, ditambah dengan semakin banyaknya kebutuhan konsumen yang lebih memilih makanannya untuk dikirim ketimbang makan langung ditempat. Agar tidak kalah saing dan dapat bersaing dengan restoran ataupun bisnis kuliner yang lain diperlukan penambahan sistem layanan delivery makanan ini untuk mempermudah konsumen dan mencapai konsumen yang lebih banyak.
4.Pengelolaan Data Konsumen Dengan Baik
Pemilik usaha atau bisnin kuliner dapat sekaligus melakukan survei dan riset berdasarkan data dari pesanan yang dipesan konsumen untuk membuat keputusan yang lebih strategis nantinya. Dengan data konsumen tadi dapat diambil beberapa kesimpulan seperti, menu sajakah yang populer? siapa pembeli langganan? menu apa yang disukai konsumen tergantung pada waktu tertentu?
Data data itu nantinya dapat menjadi hal yang sangat penting dan membantu untuk keputusan strategis nantinya, Menariknya pemilik bisnis pun bahkan dapat membuat promosi ataupaun penawaran tertentu secara personal untuk memberikan kesan spesial bagi konsumen.
Aplikasi delivery makanan tentunya juga tidak bisa asal dibuat, banyak penyesuaian fitur yang dibutuhkan untuk memanjakan konsumen serta meninggalkan kesan yang baik pada konsumen saat mereka menggunakan sistem delivery makanan nantinya. Lantas apa saja fitur yang wajib dimiliki sistem delivery guna memberikan pengalaman dan kesan yang baik untuk konsumen dan juga pemilik bisnis?
Fitur Wajib Yang Perlu Dimiliki Sistem Delivery Makanan
Beberapa Fitur ini wajib dimiiki supaya sistem delivery makanan dapat berfungsi dengan baik dan memberikan kesan penggunaan yang nyaman, baik dan mudah bagi konsumen
-Keranjang Pesanan
Konsumen dapat memasukkan bermacam pilihan menu makanan ke keranjang belanja untuk dipesan secara bersamaan
-Manajemen Pengelola Pengiriman
Konsumen dapat memilih waktu pengiriman melalui aplikasi, dan admin pun dapat menerima dan mengelolanya dari panel admin secara real time
-Panel Admin
Semua Transaksi yang terjadi dalam sistem delivery seperti halnya pemesanan, pengeditan, penambahan menu serta informasi menu akan dikelola oleh admin secara penuh di panel admin nantinya
-Interface
User interface yang nyaman dan mudah digunakan akan sangat disukai oleh konsumen, karena mudah digunakan oleh konsumen dan akan meninggalkan pengalaman yang baik bagi konsumen. Hal itu dapat memberikan dampak yang baik bagi bisnis kuliner.
-Manajemen pengelolan pesanan
Konsumen dapat mengecek history ataupun riwayat pesanannya kapanpun jika diinginkan, serta admin nantinya dapat mengelola pesanan dan riwayat pesanan langsung secara back end. Fitur ini akan memudahkan konsumen dalam repeat order nantinya, konsumen dapat melihat history pesanannya dan langsung memilih menu yang sama untuk di pesan.
-Manajemen Pengelolaan Menu
Admin dapat mengelola, mengedit berbagai macam kriteria, kategori, informasi dan stok berbagai macam menu di aplikasi. Mengelola menu dapat dilakukan dengan mudah pula dari back end.
-Notifikasi
Fitur Ini bisa dibilang lumayan fatal untuk usaha kuliner, karena notifikasi ini lah yang menjadi penanda admin/usaha kuliner untuk mengkonfirmasi pesanan dan juga menyiapkan pesanan. Dengan cara mengirimkan pesan ke admin langsung secara realtime ke smartphone admin, admin dapat langsung berkoordinasi dengan tim dapur untuk menyiapkan pesanan yang dipesan.
-Multi Platform
Sistem delivery ini berupa aplikasi untuk digunakan, ada 2 platform yang akan sering menggunakannya yaitu IOS dan juga ANDROID. Sistem ini perlu untuk dapat dijalankan di 2 platform tersebut, mengingat 2 platform itulah yang paling banyak digunakan oleh konsumen bahkan mendominasi. Jika hanya 1 platform saja, tentunya pemilik usaha akan kehilangan banyak konsumen pula dari platform satunya.
Demikian Penjelasan mengenai Sistem Delivery Makanan, Mulai dari penjelasan apa itu Sistem delivery makanan hingga manfaat sistem delivery makanan dan juga fitur yang wajib dimiliki sistem delivery makanan, setelah membaca semua penjelasan tadi apakah masih ada rasa ragu? jika iya, kalian dapat konsultasi dengan tim kami secara gratis