Menjalankan bisnis dengan mengandalkan internet media untuk pemasaran saat ini sangat dinikmati, karena pengguna internet jumlahnya tidak sedikit ditambah lagi seiring waktu penggunaanya juga terus bertambah. Saat ini bisnis online memang sangat menjanjikan, apalagi dengan di dukung metode pemasaran saat ini dapat menghasilkan keuntungan yang besar. Dan salah satu teknik pemasaran yang saat ini sering diterapkan adalah Viral Marketing.
Viral marketing memiliki konsep “Word of Mouth atau sering disebut Dari mulut ke mulut” Pada artikel ini akan menjelaskan tentang Apa itu Viral Marketing ? dan Apa Manfaat dari Viral Marketing bagi perusahaan yang menggunakannya ?
Apa itu Viral Marketing?
Viral Marketing merupakan sebuah proses pemasaran yang bertujuan mempromosikan ataupun menyampaikan pesan mengenai produk dengan cara memberikan dorongan kepada penerima pesan agar mau mengirimkan dan meneruskan pesan tersebut kepada orang lain. Atau dalam singkatnya Viral marketing merupakan sebuah proses pemasaran melalui pesan atau informasi secara terus menerus. Seperti “Meme” yang banyak di Instagram, meme tersebut dapat dikatakan viral karena memiliki jumlah share yang banyak.
Sedangkan viral sendiri mempunyai arti kata yang mengarah pada virus, yang berarti cara kerja pemasaran ini seperti virus. Sekali muncul maka akan menyebar dan semakin luas. Viral juga dapat diartikan sebagai strategi marketing mulut ke mulut atau dalam bahasa inggrisnya Word of Mouth Marketing . Dalam internet marketing dapat dilakukan dengan berbagai cara,tergantung kekreativitasan marketer itu sendiri agar mendapatkan respon yang banyak dari orang lain.
Cara Menjalankan Viral Marketing untuk Bisnis Anda
Dalam usaha pasti akan membutuhkan pelanggan agar usaha tetap berjalan, Bagaimana cara memasarkan usaha anda ? untuk memasarkan usaha anda butuh promosi, karena promosi menjadi sebuah hal yang sangat penting bagi anda yang memiliki usaha dibidang apapun.
Berikut cara menjalankan Viral Marketing untuk bisnis anda
- Cari sesuatu yang dapat Menjadi Trend dan Booming
Jika anda menginginkan strategi Viral Marketing dalam berbisnis sukses, maka anda harus pintar dalam mencari sesuatu yang akan menjadi viral dalam masyarakat. Sehingga penting bagi anda untuk mengetahui tren – tren terkini ataupun sesuatu yang akan menjadi viral di masyarakat.
- Menjual Produk yang sedang Viral
Anda dapat menjual produk – produk yang sedang viral atau menjual produk sesuai Trend saat ini kedalam bisnis anda.
- Lakukan kreasi dengan Konten yang Berkaitan dengan Trend
Konten merupakan segalanya dalam bisnis,baik itu yang dapat menarik perhatian maupun hingga mengubah pengunjung menjadi konsumen tetap. Sehingga buatlah konten yang dapat menarik pelanggan sesuai dengan kekreativitasan anda.
Manfaat Viral Marketing bagi Perusahaan yang menggunakannya
Manfaat yang dapat diambil dalam penggunaa Viral Marketing bagi perusahaan yang menggunakannya adalah sebagai berikut
- Mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi
Maksud dari Mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi yaitu jika perusahaan berhasil menciptakan pesan pemasaran yang viral, maka perusahaan akan mendapatkan awareness yang lebih tinggi dari sebelumnya. Dari awareness yang lebih besar tersebut akan mendatangkan keuntungan yang lebih tinggi untuk perusahaan.
Jadi dari penjelasan diatas dapat di simpulkan bahwa viral marketing akan mendatangkan keuntungan yang tinggi dari hasil pesan pemasaran yang viral.
- Dapat mengakses wilayah yang lebih luas
Dengan menggunakan Viral marketing anda tidak perlu susah – susah mencari konsumen yang berada di berbagai wilayah, karena dengan menggunaka viral marketing anda dapat memasarkan produk anda dengan mudah hanya dengan akses internet anda dapat menjangkau wilayah yang luas.
Jadi dapat disimpulkan menggunakan viral marketing sangat menguntungkan dan mudah dalam memasarkan produk anda.
Manfaatkan kesempatan ini dan jangan sia – siakan waktu dalam melakukan strategi pemasaran yang tepat. Selamat mencoba dan semoga berhasil… Enjoy this Artikel!!! Semoga bermanfaat..
Saya adalah Anita Nugrahani, seorang spesialis digital marketing yang berpengalaman dengan latar belakang yang kuat dalam bisnis dan teknologi. Melalui pendekatan yang inovatif dan berbasis data, saya telah meningkatkan visibilitas brand dan menggerakkan penjualan secara signifikan, memastikan bahwa setiap kampanye tidak hanya mencapai target pasar tapi juga menetapkan standar baru dalam pemasaran digital