Apa itu SEO? SEO itu singkatan dari Search Engine Optimization yang artinya memaksimalkan penampilan suatu website di mesin pencari. Jadi, SEO itu adalah teknik dan proses yang dilakukan secara teratur untuk meningkatkan jumlah kunjungan ke website dan peringkatnya di mesin pencari seperti Google, Bing, dan search engine lainnya. (sumber : Pengertian SEO)
SEO bertujuan untuk meningkatkan peringkat situs web pada halaman hasil mesin pencarian (Search Engine Result Page) untuk kata kunci dan frasa yang relevan, yang dapat menghasilkan peningkatan lalu lintas, keterlibatan, dan konversi.
Lebih sederhananya, SEO adalah apa yang Anda lakukan untuk mendapat peringkat lebih tinggi di Google dan mendapatkan lebih banyak lalu lintas ke situs Anda.
Mengapa SEO itu Penting?
SEO (Search Engine Optimization) merupakan strategi pemasaran yang sangat penting. Salah satu alasan utamanya adalah karena 53% lalu lintas situs web berasal dari pencarian organik, hal tersebut menjadikan SEO sebagai faktor kunci dalam industri pemasaran. SEO dapat memberikan hasil bisnis yang nyata bagi brand, bisnis, dan organisasi dalam semua ukuran.
Triliunan pencarian dilakukan setiap tahun, pencarian ini sering menjadi sumber lalu lintas utama untuk situs web. Itulah mengapa penting bagi bisnis Anda untuk memiliki kehadiran yang “search engine friendly” di semua platform tempat orang dapat menelusuri brand atau bisnis Anda.
SEO penting karena beberapa alasan, antara lain:
1. Peningkatan Visibilitas
SEO membantu situs web mendapat peringkat lebih tinggi di halaman hasil mesin pencari (SERP), yang dapat meningkatkan visibilitasnya dan menarik lebih banyak lalu lintas.
2. Pengalaman pengguna yang ditingkatkan
SEO adalah tentang mengoptimalkan konten, struktur, dan faktor lain dari sebuah situs web agar lebih ramah pengguna dan menarik, yang dapat meningkatkan pengalaman pengguna dan meningkatkan keterlibatan dan konversi.
3. Hemat biaya
SEO merupakan cara mudah dengan biaya yang murah untuk mengarahkan traffic ke website karena tidak memerlukan iklan yang berbayar atau taktik penjualan mahal lainnya.
4. Manfaat jangka panjang
Tidak seperti strategi pemasaran lain yang mungkin memiliki manfaat jangka pendek, pengoptimalan mesin telusur dapat memberikan manfaat jangka panjang dengan meningkatkan peringkat dan visibilitas situs web Anda dari waktu ke waktu.
5. Keunggulan kompetitif
Pada era digital sekarang ini, kehadiran online yang kuat sangat penting bagi bisnis dan organisasi untuk tetap kompetitif. SEO dapat membantu bisnis dan organisasi mendapatkan keunggulan kompetitif dengan meningkatkan visibilitas mereka dan menarik lebih banyak lalu lintas.
Bagaimana SEO Bekerja?
SEO (Search Engine Optimization) adalah proses meningkatkan visibilitas dan peringkat website pada halaman hasil mesin penelusur (SERP) untuk mendorong lebih banyak lalu lintas organik. Berikut adalah penjelasan tentang cara kerja SEO:
1. Pengindeksan Google
Google menggunakan crawler untuk memindai dan mengindeks halaman web di internet. Perayap ini mengumpulkan informasi tentang situs web, termasuk konten, struktur halaman, dan tautannya.
2. Algoritma Pemeringkatan
Google menggunakan algoritma yang kompleks untuk menentukan peringkat halaman di SERP. Algoritma ini mempertimbangkan banyak faktor pemeringkatan sebagai berikut :
- Kualitas konten
Konten yang berkualitas tinggi, relevan, informatif, dan cocok dengan maksud pencarian pengguna akan mendapat peringkat lebih baik. - Struktur situs
Struktur situs web yang terorganisir dengan baik, penggunaan tajuk yang tepat, dan tautan internal yang relevan akan membantu meningkatkan peringkat Anda. - Otoritas dan backlink
Jumlah dan kualitas tautan (backlink) yang mengarah ke situs Anda dapat memengaruhi nilai dan peringkat situs Anda. - Pengalaman pengguna
Algoritma juga memperhitungkan faktor-faktor seperti kecepatan memuat halaman, daya tanggap tema, dan kemudahan navigasi.
3. Interaksi pengguna
Google juga memperhatikan bagaimana pengguna berinteraksi dengan hasil pencarian. Jika pengguna sering mengklik dan tetap berada di halaman hasil, ini menunjukkan bahwa halaman tersebut relevan dan bermanfaat.
Jenis-Jenis SEO
Ada tiga jenis SEO yang penting untuk dipahami, yaitu SEO on-page, off-page, dan technical :
1. SEO On-page
Fokus pada optimasi konten dan struktur di dalam halaman website Anda. Hal ini melibatkan peningkatan kualitas konten, pemilihan kata kunci yang relevan, dan penggunaan tag HTML yang tepat. SEO on-page membantu mesin pencari lebih memahami dan mengindeks halaman Anda. Untuk implementasi SEO Onpage, anda bisa mendalaminya pada jurnal berikut : Penerapan Metode SEO Onpage
2. SEO Off-page
Melibatkan upaya untuk mendapatkan tautan dari situs web lain ke halaman Anda dan membangun reputasi yang baik di luar halaman website Anda. Tautan balik dari situs web lain, tautan internal di dalam situs Anda sendiri, dan reputasi baik di dunia online sangat penting dalam SEO off-page. Semakin besar jumlah tautan berkualitas yang menuju ke halaman Anda, maka semakin tinggi kemungkinan halaman Anda untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik.
3. Technical SEO
Fokus pada peningkatan performa keseluruhan website Anda di mesin pencari. Hal ini termasuk memastikan keamanan situs dengan menggunakan sertifikat SSL, memperbaiki pengalaman pengguna (UX), dan memperbaiki struktur situs sehingga lebih mudah dipahami oleh mesin penelusur. SEO teknis membantu mesin pencari untuk merayapi dan mengindeks situs Anda dengan lebih baik.
Spesialisasi SEO
Ada beberapa spesialisasi dalam bidang SEO yang memiliki fokus dan tantangan yang berbeda. Berikut ini adalah penjelasan tentang lima spesialisasi SEO tersebut:
1. SEO E-commerce
Spesialisasi ini berkaitan dengan optimasi SEO untuk situs web e-commerce. Ada elemen lain yang perlu dipertimbangkan di sini, seperti optimasi halaman kategori, halaman produk, navigasi, struktur tautan internal, gambar produk, ulasan produk, dan penerapan skema. SEO E-commerce bertujuan untuk meningkatkan visibilitas dan peringkat situs web e-commerce sehingga calon pembeli dapat menemukannya dengan lebih mudah.
2. SEO Perusahaan
Ini adalah spesialisasi SEO yang berfokus pada situs web berskala besar, sebagian besar komersial dengan jumlah halaman yang sangat besar (lebih dari satu juta halaman) atau didasarkan pada ukuran perusahaan yang menghasilkan pendapatan besar. Pengoptimalan mesin telusur perusahaan sering disertai dengan tantangan seperti menerapkan perubahan SEO dari tim pengembangan dan berinteraksi dengan berbagai pemangku kepentingan perusahaan.
3. SEO Internasional
Spesialisasi ini berfokus pada melakukan optimasi SEO untuk bisnis internasional. Ini melibatkan pengoptimalan situs web yang melayani berbagai wilayah atau bahasa dengan menggunakan mesin pencari internasional seperti Baidu atau Naver. SEO internasional membutuhkan pemahaman tentang perbedaan budaya, bahasa, dan preferensi pencarian di berbagai negara.
4. SEO Lokal
Spesialisasi ini berkaitan dengan pengoptimalan SEO untuk bisnis lokal. Fokus utamanya adalah memastikan bahwa website muncul dalam hasil penelusuran lokal dengan mengelola dan mengumpulkan ulasan bisnis, memperbarui daftar bisnis di direktori lokal, dan mempertimbangkan faktor lokal lainnya. Pengoptimalan mesin telusur lokal membantu bisnis menjadi lebih terlihat di area yang mereka layani.
5. SEO Berita
Spesialisasi ini berfokus pada pengoptimalan SEO untuk situs web berita. Kecepatan adalah faktor utama di sini, terutama untuk memastikan konten Anda terindeks dengan cepat oleh Google dan muncul di tempat-tempat seperti Google Discover, Google Top News, dan Google News. SEO berita juga melibatkan pemahaman praktik terbaik untuk paywalls, halaman rubrik, menggunakan data terstruktur khusus untuk berita, dan masih banyak lagi.
Dalam setiap spesialisasi SEO ini, pengetahuan dan strategi khusus diperlukan untuk mencapai hasil yang optimal sesuai dengan jenis bisnis dan tujuan yang ingin dicapai.
Apa yang dilakukan dalam SEO On-page?
Berikut ini hal-hal yang dilakukan dalam SEO on-page yang dapat membantu meningkatkan peringkat dan visibilitas website :
- Riset keyword
Identifikasi keyword dan frasa yang dicari orang yang terkait dengan bisnis atau industri Anda. - Judul halaman dan deskripsi meta
Optimalkan judul halaman dan deskripsi meta Anda untuk memasukkan kata kunci target Anda dan membuatnya lebih menarik bagi pengguna. - Judul dan konten
Gunakan judul (H1, H2, H3, dll.) untuk menyusun konten Anda dan membuatnya lebih mudah dibaca oleh pengguna dan mesin telusur. Gunakan kata kunci yang ditargetkan dalam konten Anda, tetapi jangan berlebihan. - Optimasi Gambar
Optimalkan gambar Anda dengan menggunakan nama file deskriptif dan tag alt yang berisi kata kunci target Anda. - Backlink
Tautkan ke halaman lain di situs web Anda dengan teks jangkar deskriptif yang menyertakan kata kunci target Anda. - Struktur URL
Gunakan URL deskriptif yang menyertakan kata kunci target Anda dan membuatnya mudah dibaca oleh pengguna dan mesin telusur.
Apa yang dilakukan dalam SEO Off-page?
Berikut ini hal-hal yang dilakukan dalam SEO off-page yang dapat membantu meningkatkan peringkat dan visibilitas website :
- Buat tautan
Bangun backlink berkualitas ke website Anda dari website lain melalui blog tamu, penjangkauan influencer, dan pemasaran media sosial. - Pemasaran Media Sosial
Promosikan situs web dan konten Anda di platform media sosial seperti Linkedln, Facebook, dan Twitter untuk menghasilkan lebih banyak lalu lintas dan keterlibatan. - Kolaborasi dengan influencer
Jangkau influencer di industri Anda dan minta mereka untuk membagikan konten Anda atau menautkan ke situs web Anda. - Pemasaran Konten
Buat konten berkualitas tinggi yang ingin ditautkan oleh situs lain, seperti posting blog, infografis, dan video. - Pengoptimalan Mesin Pencari Lokal
Optimalkan situs web Anda untuk penelusuran lokal dengan mencantumkan bisnis lokal, mengakses direktori lokal, dan mengoptimalkan profil Google My Business Anda.
Bagaimana Perkembangan Algoritma Google?
Evolusi algoritma Google telah menjadi perjalanan berkelanjutan dari waktu ke waktu. Didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin pada tahun 1998, Google telah melihat evolusi besar dalam cara pemeringkatan halaman web. Salah satu pencapaian terpenting adalah pengembangan algoritma PageRank pada tahun 1998. Algoritma memperhitungkan kepentingan dan otoritas saat menentukan peringkat.
Kemudian, pada tahun 2000, Google meluncurkan program periklanan AdWords, yang memungkinkan bisnis beriklan secara bayar per klik. Pada tahun-tahun berikutnya, Google meluncurkan pembaruan seperti Florida pada tahun 2003 untuk mengurangi dampak spamming, atribut nofollow pada tahun 2005 untuk mengontrol tautan, pembaruan Caffeine pada tahun 2009 untuk meningkatkan kecepatan dan akurasi, dan pembaruan Panda pada tahun 2011 untuk mengurangi dampak konten berkualitas rendah.
Kemudian, pada tahun 2012, Google meluncurkan pembaruan Penguin untuk memblokir tautan spam, diikuti oleh pembaruan Hummingbird pada tahun 2013, yang meningkatkan pemrosesan bahasa alami. Pada 2015 ada pembaruan untuk RankBrain, yang menggunakan machine learning untuk memahami permintaan pengguna.
Terakhir, pembaruan Mobile-First Indexing diperkenalkan pada tahun 2018, memprioritaskan situs web yang ramah seluler. Dengan setiap perubahan dan pembaruan ini, Google terus berupaya memberikan hasil penelusuran yang lebih akurat, relevan, dan berkualitas lebih tinggi kepada pengguna.
Penutup
SEO merupakan upaya yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan peringkat website Anda menjadi lebih baik pada halaman hasil pencarian mesin telusur. SEO menjadi hal yang penting bagi Anda yang memiliki website untuk keperluan bisnis online, karena dengan melakuakan SEO untuk website Anda maka memungkinkan website Anda lebih mudah diemukan oleh pengguna. Apabila Anda masih kesulitan dalam melakukan SEO untuk website Anda, maka Anda dapat menggunakan jasa SEO untuk mengoptimalkan website Anda. Anda dapat menggunakan Jasa SEO Ardata jika Anda ingin mengoptimalkan website Anda, karena Jasa SEO Ardata merupakan jasa SEO yang profesional dan akan membantu Anda secara maksimal dalam mengoptimalkan website Anda sehingga memiliki peringkat yang baik pada mesin telusur.