Tahukah kamu bahwa setiap detiknya terdapat 65 ribu lebih pencarian yang dilakukan melalui google dan kebanyakan website mendapatkan pengunjung dari hasil pencarian. Tentu saja ini membuat posisi/ peringkat artikel dihasil pencarian google sangat penting untuk diperhatikan. Kebanyakan pengguna melakukan pengecekan secara manual dengan mencari posisi artikel melalui mesin pencarian. Padahal dengan cara itu belum tentu mendapatkan hasil yang maksimal pada kata kunci yang dicari.

Kenapa Harus Melakukan Cek Peringkat Website di google?

Tujuan dibuatnya artikel pada blog/website adalah untuk mendapatkan trafik yang banyak. Caranya dengan menyasar ke salah satu kata kunci dan muncul di page satu hasil pencarian. Halaman web dengan performa Search Engine Optimization (SEO) yang baik dan bagus biasanya akan menempati posisi teratas. 

Tentunya tidak mudah untuk mendapatkan peringkat pertama pada hasil pencarian, apalagi ketika mendapat kata kunci dengan pesaing yang cukup berat. Namun bukan berarti mustahil untuk mendapatkanya. Langkah pertama yaitu dengan mengecek website di google, langkah ini untuk memastikan posisi terakhir artikel pada hasil pencarian. Proses ini bertujuan untuk mengecek bagaimana kerja dari SEO dalam artikel/website.

Jika tidak mendapat ranking bagus maka perlu memperbaiki kinerja dari SEO, yang bekerja pada halaman website. Pengecekan yang dilakukan secara manual bisa saja melewatkan informasi penting yang dapat kamu gunakan untuk memperbaiki SEO 

Kali ini pembahasan mengenai alat untuk mengecek posisi ranking website di google. Untuk mengecek rangking website di google dan memastikan artikel mendapat peringkat sesuai yang di inginkan.

Berikut beberapa alat untuk mengecek posisi ranking website di google:

1. Google Search Console

Tools pertama yang bisa kamu gunakan untuk mengecek ranking website adalah dengan menggunakan google search console. GSC merupakan layanan gratis yang ditawarkan oleh google untuk membantu kamu memantau, mempertahankan, dan memecahkan masalah ranking website kamu di hasil google penelusuran. Tools seperti ini sudah menjadi hal yang wajib dipasang di setiap website yang ingin menjalankan operasi SEO. Tidak peduli kategori dari web tersebut, entah itu sosial media, portal berita, bisnis, toko online maupun lainnya.

Kamu juga dapat melihat performa website pada hasil pencarian, impresi, banyaknya klik, peringkat dan lainnya. Kamu dapat langsung masuk ke dalam google search console untuk menggunakannya dengan menggunakan akun Gmail. Cara penggunaan google search console juga mudah, berikut langkah-langkahnya:

  • Masuk ke website google search console
  • Pilih tab performance, lalu pilih New-page.
  • Masukan URL halaman yang akan dianalisa.
  • Setelah itu akan muncul rata-rata peringkat artikel tersebut di google untuk semua kata kunci yang muncul
  • Jika ingin melihat peringkat halaman website untuk 1 kata kunci, kamu bisa menambahkan query dengan cara klik New-Query. Masukan kata kunci yang akan dianalisa, lalu akan muncul peringkat halaman untuk kata kunci yang dimasukan.

Bisa dibilang GSC ini memiliki beberapa fitur yang sangat dibutuhkan bagi digital marketing dan web developer. Diantaranya yaitu performa halaman, kecepatan web, sitemap SEO, performa keyword,technical SEO, dan lainnya.

2. SERPRobot

SERPRobot adalah website yang menyediakan SERP analisis. Saat pengembangan awal, website ini dapat digunakan untuk memantau pergerakan konten dan juga kata kunci yang ditargetkan. Fitur yang disediakan yaitu pengecekan ranking website untuk mendapatkan hasil yang akurat. Kamu bisa memilih target Negara dan lokasi secara specific.

Selain itu, kamu bisa melihat lebih dari 10 keyword ranking secara langsung. SERPLab akan melakukan pengecekan sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Berikut langkah-langkah dalam menggunakan SERPRobot.

  • Masuk ke website SERPRobot
  • setelah itu tentukan Religion atau target audiens websitemu
  • lalu masukan nama domain website kamu
  • masukan keyword atau kata kunci yang ingin dianalisis
  • klik tombol Check SERP Now yang berada di paling bawah
  • setelah mengklik tombol tadi, akan muncul halaman peringkat website teratas sesuai kata kunci yang dimasukan.

3. What’s My SERP

What’s My SERP adalah tools gratis dan hampir sama seperti tools SERPRobot.  Kamu bisa menggunakan tools ini untuk mengecek peringkat website di mesin pencarian google.Cara menggunakan tools ini juga cukup mudah yaitu

  1. Masukan domain kamu
  2. setelah itu masukan kata kunci yang akan dianalisa sebanyak 10 lalu klik tombol Check All
  3. lalu secara otomatis sistem akan melakukan pencarian dan menampilkan peringkat website berdasarkan kata kunci yang kamu masukan tadi.

4. SERPChecker

SERP Checker bisa dibilang tools untuk memantau hasil pencarian secara lengkap dibanding tools lainnya. Tools ini bisa digunakan secara gratis tetapi dengan fitur yang terbatas, kamu bisa melakukan analisa 5 kali per hari. Berikut langkah-langkah untuk menggunakan tools ini yaitu

  1. Daftar SERPChecker terlebih dahulu
  2. setelah itu verifikasi email dan akan muncul tampilan berikutnya
  3. pilih SERP Checker untuk menganalisa untuk mengetahui peringkat website
  4. lalu masukan kata kunci beserta lokasi dan perangkatnya
  5. selanjutnya klik tombol Analyze Serp.

5. Ahrefs

Ahrefs merupakan tools SEO berbayar yang lumayan banyak digunakan oleh perusahaan dan orang yang berada pada dunia marketing. Tools ini mempunyai tampilan yang mudah dimengerti bagi pengguna baru. Kamu juga dapat menggunakan tools ini untuk mendapatkan semua data yang akan dikirimkan terkait SEO, SEM, social media dan lain-lain seputar marketing. Kamu dapat mengetahui jumlah pencarian dan peringkat halaman untuk kata kunci tertentu.

Berikut langkah-langkah untuk menggunakan tools Ahrefs yaitu:

  1. Daftar ke fitur premium
  2. Analisa  profile Backlink
  3. Optimasi pada fitur site explorer
  4. Analisa pada fitur backlink
  5. Sortir backlink berdasarkan authority page
  6. Sortir backlink berdasarkan link, platform, dan Bahasa
  7. Kombinasikan filter untuk hasil terbaik
  8. Cek URL pagenya

6. Semrush

Semrush merupakan tools yang hamper sama dengan Ahrefs yang sama sama berbayar. Memiliki fungsi melihat data akurat seputar SEO, SEM, Sosial Media, brand monitoring, konten apa yang direkomendasikan untuk ditulis, peringkat website dan banyak lainya.  

Berikut ini adalah langkah untuk menggunakan tool Semrush yaitu:

  • Pastikan kamu memiliki akun di Semrush terlebih dahulu, cara membuatnya juga mudah seperti membuat akun website
  • Semrush memiliki dua versi gratis dan berbayar. Jika kamu ingin mendapatkan fitur yang lengkap maka gunakanlah versi berbayar. Namun jika hanya untuk mencobanya, kamu dapat menggunakan fitur gratis. 
  • Setelah memiliki akun, kamu dapat login. Kamu akan dibawa masuk pada bagian dashboard Semrush dengan berbagai fitur. Untuk riset kata kunci, kamu dapat masuk pada keyword magic tool.
  • Setelah kamu memasukan kata kunci tersebut, semrush akan memberikan hasil untuk type keyword yang sesuai pilihan, seperti broad match, phrase match, exact match, dan related. Dengan beberapa tipe inilah, kamu dapat mendapatkan beberapa ide kata kunci.
  • Semrush akan memberikan saran mengenai kata kunci yang dimasukan
  • Dengan menggunakan Semrush sudah dipastikan kamu mendapat satu tool yang lengkap dan sangat berguna bagi optimasi website.     

Itulah alat-alat yang dapat kamu gunakan untuk melihat peringkat website di Google yang menawarkan banyak fitur berguna dan bisa gunakan. Sehingga kamu mendapat hasil sesuai dengan yang diinginkan. Tidak semua tools dapat kamu miliki, minimal gunakanlah 3 tools teratas yang kamu inginkan. Demikian artikel mengenai alat untuk mengecek posisi ranking website di google, semoga bisa membantu.

Continue Reading