Pada saat proses pembuatan website, banyak sekali komponen yang bekerja hingga menjadi suatu mekanisme yang kompleks. Tetapi karena adanya sebuah teknologi yang bernama control panel, semua itu menjadi lebih mudah dan cepat. Teknologi ini banyak dimanfaatkan orang ketika hendak membuat website. Berkat bantuan ini, sekarang kita tidak perlu mengurus semua bagian rumit pada server karena sudah ada jasa control panel tersebut. Karena itu penyedia jasa control panel memudahkan kita dalam urusan mengelola server dan hosting itu. 

Banyak sekali penyedia layanan jasa hosting control panel yang tersedia di Indonesia dan dunia. Namun diantara banyaknya penyedia jasa itu, tentu harganya pun bervariasi dari yang termurah hingga termahal. Semua itu cocok tergantung kebutuhan para konsumen yang akan menyewa jasa hostingnya. Tersedia beragam paket dengan berbagai fitur pula yang dapat dipilih untuk menjadi pengelola hosting suatu website. Tetapi jangan khawatir karena ada juga layanan penyedia jasa hosting yang gratis. Benar Anda tidak salah baca. Tersedia beragam layanan jasa hosting pula yang tidak berbayar alias gratis. Namun di sini kita akan membahas dua penyedia jasa hosting gratis yang populer dan digunakan oleh berbagai kalangan di dunia ini. Nama penyedia hosting itu adalah cyberpanel dan cloudpanel. Manakah yang lebih baik antara keduanya?. Simak terus perbandingan penyedia layanan hosting pada ulasan berikut ini. 

1. CyberPanel 

CyberPanel adalah penyedia layanan jasa hosting yang dapat digunakan secara gratis. CyberPanel ini didukung langsung oleh OpenLiteSpeed yaitu server tercepat di dunia saat ini. Secara langsung kita dapat menikmati layanan server tercepat itu secara gratis dengan CyberPanel ini. Karena memakai server tercepat tadi, maka kita dapat menikmati berbagai fiturnya dengan performa yang tidak perlu diragukan lagi. Penyedia layanan hosting ini juga terintegrasi langsung dengan sistem yang bernama PowerDNS server. Apa itu PowerDNS server? Apa fungsi dari PowerDNS server itu sendiri? Fungsi dari PowerDNS server adalah mempermudah pengelolaan domain website. Tersedia juga fitur yang bernama Rainloop Webmail bundled yang akan mengatur pengelolaan email sehingga memudahkan kita dalam mengirim dan menerima sebuah email. 

CyberPanel ini juga tidak mengabaikan bagian sistem keamanan mereka,karena sistem keamanannya telah menggunakan sistem yang canggih dan menawarkan berbagai fitur keamanan seperti FireWallD, SpamAssassin, dan juga ModSecurity yang membantu untuk mengamankan website dan server dari berbagai ancaman dari hacker maupun malware yang sewaktu-waktu bisa menyusup ke sebuah website. CyberPanel memiliki berbagai fitur unggulan yang menjadi pertimbangan untuk pengguna memilih penyedia hosting ini. Fitur unggulan tersebut seperti pada berikut ini.

  • Menggunakan sistem operasi berbasis linux
  • MariaDB sebagai databasenya
  • Menggunakan Rainloop Webmail bundled untuk manajemen email
  • Sistem keamanan didukung oleh SSL, ModSecurity, FirewallD, serta SpamAssassin
  • Python dan PHP sebagai bahasa pemrograman
  • Terdapat juga auto-installer yang berguna untuk WordPress, Joomla, dan Prestashop

2. CloudPanel

CloudPanel merupakan control panel hosting yang dapat digunakan secara gratis. CloudPanel menjamin kinerja keamanan yang mutakhir untuk para penggunanya. Sehingga para pengguna tidak perlu khawatir tentang sistem keamanan pada CloudPanel. CloudPanel menggunakan komponen ringan dengan sangat cepat seperti NGINX, PHP-FPM, serta MySQL untuk menunjang performa maksimalnya. Para pengguna juga mendapatkan sertifikat SSL gratis untuk semua alamat domain. Control Panel ini mudah digunakan dengan tampilan sederhana dan simpel menunjang aktifitas para penggunanya. Terdapat fitur untuk mencadangkan dan memulihkan database yang telah terhapus. CloudPanel mendukung lebih dari 10 bahasa populer di dunia, seperti Bahasa Inggris, Jerman, Spanyol, Cina, Italia, dan masih banyak lagi. CloudPanel juga cocok untuk berbagai organisasi dari berbagai macam kalangan, mulai dari Bisnis kecil, Bisnis menengah, Perusahaan, hingga Pemerintahan. Terdapat support online yang melayani setiap waktu atau 24 jam. CloudPanel memberikan petunjuk atau pelatihan berupa text dokumen yang dapat diunduh. Oleh karena semua fitur tadi, tidak heran jika cloud panel termasuk penyedia jasa layanan hosting yang sangat familiar di seluruh dunia. 

Jadi bagaimana sobat? Sudah tidak bingung pilih yang mana kan? Atau malah semakin bingung mau pilih penyedia jasa yang mana… Tentunya semoga kalian sudah tahu dan punya bayangan terhadap kedua penyedia jasa layanan hosting tadi. Pastikan sesuai dengan kebutuhan membuat website supaya tidak salah pilih dengan fitur-fitur yang tersedia. CyberPanel maupun CloudPanel pastinya sama-sama bagus dan pastinya rekomended. Dengan bantuan control panel tadi, kalian sudah tidak perlu ribet untuk pengelolaan hosting dan servernya. Demikianlah ulasan lengkap mengenai dua control panel yang dapat digunakan secara gratis. Semoga dapat membantu kalian dalam memilih mana penyedia hosting yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan. 

Untuk lebih lengkapnya kalian dapat mengecek di web official milik cyberpanel dan cloudpanel.

Continue Reading