Di era digital ini, proses ujian bisa dilakukan secara online atau biasa disebut CBT. Computer Based Test (CBT) merupakan suatu teknis ujian yang diselenggarakan secara online menggunakan komputer. Untuk dapat menerapkan ujian CBT ini, Anda memerlukan sebuah sistem yang dinamakan sistem CBT.

Baca juga : Jasa Pembuatan Sistem CBT

CBT ini menjadi solusi efektif dan praktis dalam menyelenggarakan ujian. Tak hanya itu, CBT juga bermanfaat untuk mengurangi kecurangan, menghemat sumber daya, hingga mempercepat keluarnya skor ujian. Meskipun demikian, semua kemudahan itu tidak bisa didapatkan begitu saja. Untuk Anda yang hendak menerapkan CBT, Anda membutuhkan hosting yang mumpuni terlebih dahulu untuk mendukung kelancaran CBT. 

 

Apa Itu Hosting ?

Hosting adalah wadah atau tempat yang menyediakan suatu data website sehingga bisa diakses oleh banyak orang melalui internet. Nah data website tersebut terdiri dari gambar, video, script, email, aplikasi, hingga database. Jadi hosting ini seperti lahan untuk menyimpan semua data website Anda. Tanpa adanya hosting Anda tidak akan bisa membuat website untuk menerapkan sistem CBT ini.

 

Pentingnya Hosting untuk CBT

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa CBT ini diselenggarakan secara online. Itulah mengapa Anda membutuhkan server yang kuat pada hosting yang akan Anda gunakan. Tanpa hosting yang cocok, proses penyelenggaraan CBT ini akan mengalami banyak kendala teknis. Mulai dari server down, soal ujian tidak bisa diakses, nilai ujian tidak keluar, dan masih banyak lagi. Anda sebagai penyelenggara ujian CBT ini pasti tidak ingin hal itu terjadi bukan? Oleh karena itu Anda memerlukan hosting yang cocok supaya ujian CBT berjalan lancar. 

 

Cara Pilih Hosting untuk Ujian Online (CBT)

Tanpa hosting yang tepat, kemungkinan proses CBT akan mengalami kendala teknis. Karena itu pilihlah hosting dengan kriteria yang tepat. Berikut ini kriteria hosting yang tepat untuk ujian online / CBT. 

1. Pilih Server yang Andal

Hal yang pertama kali dilakukan sebelum benar-benar memilih hosting yakni memilih hosting yang andal. Hal ini dilakukan karena hosting yang andal pasti memiliki sumber daya yang besar sehingga mampu menampung traffic yang tinggi. Bukan hanya itu, server yang handal akan mempercepat waktu akses website ketika peserta ujian membukanya.

Mengingat banyak sekali peserta ujian yang mengerjakan ujian di waktu yang bersamaan. Oleh karena itu sangat penting dalam memilih server yang andal untuk mendukung kelancaran ujian CBT ini.

2. Performa Cepat dan Stabil

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Anda ingin memastikan bahwa penyelenggaraan ujian CBT tidak akan terjadi masalah. Hosting yang baik harus memiliki kecepatan cepat. Nah oleh karena itu, pilihlah hosting dengan kecepatan cepat supaya peserta ujian cepat ketika membuka website dan tidak akan membuang-buang waktu. Selain itu pilih juga website yang stabil supaya lancar saat digunakan. 

Performa hosting yang cepat akan membuat transfer data menjadi lebih cepat, seperti saat peserta melakukan login. Peserta akan cepat masuk ke akun pribadinya dan dapat melaksanakan ujian CBT dengan lancar. 

3. Keamanan Terjamin 

Selanjutnya adalah memilih hosting dengan keamanan yang terjamin. Kriteria hosting yang satu ini sangat penting karena peserta ujian memiliki data pribadi di dalam website dan harus di privasi. Jika data peserta tersebut tersebar, pelaksanaan ujian CBT akan menjadi kacau. Selain itu hosting yang sudah terkena serangan cyber akan membuat proses ujian CBT tidak berjalan lancar. Oleh karena itu pilih hosting dengan keamanan yang terjamin. 

4. Ruang Penyimpanan

Pilihlah ruang disk atau penyimpanan yang cukup untuk ujian CBT Anda. Jika ujian CBT melibatkan media audio dan video mungkin Anda memerlukan penyimpanan yang besar juga. 

5. Mudah Dikelola 

Hosting yang pengolahannya mudah tentunya akan memudahkan Anda dalam mengembangkan dan memodifikasi website sesuai kebutuhan. Dalam mengelolanya Anda juga membutuhkan cpanel yang lengkap agar ujian tidak mengalami kendala. 

6. Dukungan Teknis

Pilih hosting yang menyediakan dukungan teknis yang aktif 24 jam/hari. Hal ini dilakukan agar ketika terjadi masalah atau kendala, Anda dapat menghubungi dukungan teknis mereka.

7. Biaya

Biaya menjadi pertimbangan yang sangat penting juga dalam memilih hosting untuk ujian CBT. Anda akan mendapatkan kualitas hosting sesuai dengan biaya yang Anda keluarkan. Namun hosting yang mahal belum tentu mewujudkan hosting yang terbaik untuk Anda. Cari tahu terlebih dahulu kebutuhan hosting Anda kemudian cari hosting yang sesuai berapapun biayanya.  

Itu dia kriteria hosting yang bisa menjadi bahan pertimbangan bagi Anda dalam memilih hosting yang tepat untuk menyelenggarakan ujian online / CBT. Pastikan untuk memilih hosting yang tepat supaya ujian CBT bisa berjalan lancar. Sekian, semoga bermanfaat.

Continue Reading