Suka atau tidak, penggunaan kata kunci dalam blogging sangat berpengeruh untuk pendapatan Adsense kita dalam praktek SEO. Jika kita dapat memilih kata kunci yang tepat, baik short tail ataupun long tail maka keberhasilan dalam usaha blongging akan mumpuni. Sekarang ini sudah banyak tool yang tersedia untuk mempermudah kita dalam melakukan research keyword. Namun tahukah kalian ada beberapa tool yang terbukti paling ampuh dan sangat rekomended. Penasaran? Langsung saja berikut kita akan bahas 5 tool research keyword paling ampuh untuk optimasi SEO beserta cara penggunaanya.

 

  1. Ubersuggest

Tool research keyword paling ampuh untuk optimasi SEO pertama yang akan kita bahas adalah ubersuggest. Ubersuggest termasuk salah satu tool favorit para blogger lho. Hal ini dikarenakan hasil pencarian kata kunci lewat ubersuggest menawarkan puluhan bahkan sampai ratusan hasil kata kunci baik short tail hingga long tail. Tentunya itu akan mempermudah pekerjaan kita sebagai SEO untuk menemukan jenis keyword yang cocok dan pas digunakan bukan. Cara menggunakan tool satu ini juga cukup mudah. Pertama kita harus mengunjugi Ubersuggest, lalu ketik kata kunci yang kita inginkan. Sebagai contoh kita akan memasukkan frasa ?cara dapat uang dari internet? kemudian pilih bahas Indonesia, lalu klik ?Suggest?. Kemudian akan muncul semua saran kata kunci yang kita masukkan tadi. Untuk mendapatkan lebih banyak ide kita dapat mengklik tombol ?+?. Terakhir klik ?Get? di sidebar untuk menyalin kata kunci terpilih.

 

  1. Google Keyword Planner

jasa seo ardata indonesia

Meskipun banyak blogger yang belom menggunakan tool ini, namun ternyata google keyword planner juga menjadi salah satu tool research keyword yang ampuh lho guys. untuk menggunakan tool ini pertama kita harus mengunjungi google keyword planner kemudian melakukan login dengan akun google kita. Selanjutnya pilih opsi ?Telusuri ide kata kunci dan group iklan baru?. Isi formulir riset yang didalamnya berisi juga kata kunci yang kita inginkan, kemudian klik ?Dapatkan ide?. Tunggu proses riset, setelah hasilnya keluar pilih tab ?Ide Kata Kunci? dan google keyword planner akan menyajikan data dari kata kunci tersbut serta merujuk kata kunci yang berkaitan. Sangat ampuh bukan.

 

  1. SEO Quake Toolbar

jasa seo ardata indonesia

SEO Queake toolbar ternyata juga menjadi tool research keyword paling ampuh yang dapat kita gunakan lho. Karena dengan toolbar satu ini memungkinkan kita untuk melihat data-data website yang menjadi competitor kita. Singkatnya setelah kita melihat competitor yang muncul dihasil pencarian google, maka kita dapat menganalisa peta kekuatan website mana saja yang unggul di mesin pencari. Untuk menggunakan SEO Quake toolbar ini kita harus menginstallnya toolnya terlebih dahulu. Setelah proses instalasi selesai, kita akan diminta untuk merestart browser. Setelah restart, kita akan melihat toolbar pada browser dan dibawah kata pencarian. Nah disitulah kita akan memasukkan keyword dan mendapatkan data yang akurat. Sebagai catatan SEO Quake toolbar ini hanya dapat digunakan pada mozila, chrome, safari dan opera saja ya guys.

  1. Google Auto Suggest

Yang tak mau kalah, selanjutnya adalah google auto suggest. Dengan menggunakan tool ini kita akan memperoleh tool keyword untuk Amazon, Youtube, Bing, eBay, Etsy dan masih banyak lagi. Salah satu website yang menyediakan tool google auto suggest adalah www.keywordtooldominator.com Nah, untuk menggunakannya, mula-mula kita harus pilih ?Google Autocomplete Keyword Tool? yang tersedia dalam website tersebut. Setelah itu kita tinggal memasukkan kata kunci yang diinginkan dan google akan segera membidik permintaan kita itu guys. Terakhir, akan muncul hasil pencarian tadi secara potensial dan juga terdapat ranking dari setiap keyword tersebut lho. Gampang banget kan guys.

  1. Google Adwords: Keyword Tool

Terakhir, tool research keyword yang paling ampuh untuk optimasi SEO adalah google adwords: keyword tools. Jika dilihat, bentuknya hampir sama dengan ubersuggest mengingat konsepnya juga di ambil dari google autocomplet. Namun, kelihatannya google adwords: keyword tool akan sedikit lebih unggul karena dapat menghasilkan ratusan bahkan hingga ribuan kata kunci beserta frasa-frasanya. Menarik bukan?. Untuk menggunakannya langkah pertama yang harus kita lakukan adalah membuka situs Google Adwards: Keyword Tools. Selanjutnya kita harus mendaftar terlebih dahulu atau login dengan akun google. Setelah itu masukkan keyword yang hendak kita cari dan pastikan telah mencentang salah satu type pencarian yang kita inginkan ya guys. klik ?Search? tunggu sebentar dan akan muncul data setiap kata kunci yang kita masukkan seperti jumlah pencari kata kunci secara global, jumlah pencari kata kunci dari local, trend pencarian lokal, harga cost per klik untuk adsense, dan masih banyak lagi.

Nah itulah 5 tool research keyword paling ampuh untuk optimasi SEO beserta cara penggunaannya. Pilih tool sesuai kebutuhanmu ya. Jika kamu tidak ingin repot research keyword dan sebagainya, kamu bisa pesan layanan jasa seo kami. ?Semoga bermanfaat. See you.