Youtube merupakan tempat berbagi file video terbesar didunia. Situs yang didirikan oleh steve chen bersama dua temannya chand hurley dan jawed karim sukses merajai situs web era multimedia. Setelah akhirnya dibeli google dengan harga US$1,65 miliar di bulan November 2006. Dan sejak itu resmi beroperasi dan menjadi anak perusahaan Google.inc.

Banyak sekali video yang dapat kamu temukan pada youtube, website ini cocok digunakan untuk mencari informasi, berita, dan hiburan. Youtube merupakan sumber informasi yang bisa kamu gunakan tanpa lelah membaca, kamu cukup duduk manis dan melihat video. Peminat atau penonton kebanyakan menggunakan youtube untuk mencari hiburan, karena video youtube adalah hasil video yang diupload. Tapi ada juga yang menggunakan youtube untuk melihat berita, karena disita waktu oleh pekerjaan maka tidak bisa mengikuti secara langsung.

Rahasia SEO Untuk Video Youtube Supaya Hasil Adsense Melimpah

Diantara jutaan video di youtube kira-kira apa yang paling banyak dicari oleh pengguna? Untuk mengetahui trending topik yang sedang ramai dibicarakan hal ini berpeluang untuk mendapatkan jumlah penonton yang lebih banyak. Berikut ini 30+ ide video youtube yang menghasilkan banyak adsense:

1. Video cover lagu

Jika kamu suka musik atau menyanyi, kamu dapat memanfaatkan bakat kamu untuk mengcover lagu dari band dan penyanyi favorit. Ini adalah salah satu jenis video popular di Youtube yang banyak dijadikan alternatif konten untuk mereka yang ingin terkenal. Kamu dapat membawakan lagu tersebut atau mengubah aransemen, atau mengubah beberapa liriknya sesuai dengan kreasi kamu.

2. Video movie atau film

Saat ini gedung bioskop seperti sudah jarang ditemui di beberapa tempat jika ada juga ditutup karena pandemi. Oleh karena itu, peminat penonton sudah beralih ke youtube, sebelum ramainya era VCD yang sempat ramai beberapa tahun lalu. Youtube telah menggiring para penonton untuk menikmati movie atau film hanya cukup di rumah saja.

3. Video komedi

Hiburan yang disajikan terkadang sederhana, tetapi yang paling penting adalah konsep untuk menghibur orang . Orang bisa melepas kelelahan hanya dengan melihat hal yang lucu, tidak jarang juga bisa menyembunyikan stress walaupun hanya sesaat. Jenis video ini mempunyai rating penonton yang cukup tinggi.

4. Video olahraga atau sport

Jumlah video dengan jenis olahraga ini juga termasuk lumayan tinggi, banyak orang tidak sempat melihat siaran langsung olahraga karena urusan pekerjaan. Di wilayah amerika dan juga eropa jenis video olahraga yang menantang banyak digemari, banyak juga youtuber yang berasal dari wilayah ini berlomba-lomba membuat video olahraga.

5. Video tentang game

Saat ini game menjadi booming dan disukai oleh semua kalangan. Game video dan strategis banyak di upload oleh para gamers. Hingga saat ini, konten gaming tetap menjadi kegemaran penonton youtube.

6. Video berita

Tidak sedikit orang yang mempunyai banyak waktu untuk mengikuti perkembangan berita secara langsung karena kesibukannya sendiri. Sebagian dari mereka hanya bisa melihat rekaman video dari youtube. Biasanya video yang disajikan adalah video yang terhangat, tentang politik maupun kejadian kriminal.

7. Video tutorial

Video ini banyak digemari oleh sebagian orang yang ingin belajar secara langsung, biasanya akan lebih jelas jika langsung melihat media dan langsung mempraktekannya. Video dengan jenis ini sangat banyak membantu bagi orang yang awam sekalipun. Contoh video yang membahas tentang cara mengedit video dan efek, belajar gitar, serta banyak lagi.

8. Video tentang alam dan wisata

Jenis video ini memberikan kesempatan kamu untuk mengekspos keindahan negeri kita tercinta ini, cukup banyak wisatawan asing yang mengenal Indonesia hanya dari melihat video saja. Tidak jarang sebelum merencanakan liburan, sebagian orang melihat referensinya melalui video youtube. Tidak heran jika video jenis ini mempunyai penonton yang berasal dari berbagai penjuru dunia.

9. Vlog

Vlog memiliki arti video blog, yaitu video yang menampilkan kegiatan sehari-hari yang sedang dijalani vlogger tersebut. Vlog dapat dibuat dengan kamu berbicara langsung didepan kamera. Vlog dapat melatih kamu dalam berkomunikasi dan membuat kamu terkenal, seperti seorang vlogger sukses yaitu Casey Neistat.

10. Video fakta-fakta menarik dan unik

Sejak kemunculan salah satu program yang membahas ini di stasiun TV swasta, video yang berisi fakta-fakta menarik dan unik ini semakin banyak diminati. Untuk kamu yang tertarik dalam bidang sejarah, atau pengetahuan dapat membuat konten video sejenisnya.

11. Video jenis “how to”

Video ini banyak dicari para penonton, isi video mengenai cara atau langkah-langkah untuk tujuan tertentu. Contohnya cara membuat dekorasi rumah sederhana, cara menurunkan berat badan secara alami, dan sebagainya. Video yang sangat informatif ini tentu membutuhkan banyak orang, dalam membuat video semacam ini diyoutube dibutuhkan keterampilan serta ide yang unik.

12. Video product review

Video jenis ini merupakan video yang menilai kualitas dari suatu produk. Orang-orang banyak yang bergantung pada youtube untuk menentukan keputusan membeli suatu barang.

13. Video haul

Video jenis ini yaitu video semacam gabungan dari review dan blog. Konten haul berisikan pembuatan konten yang menunjukan proses berburu barang, mulai dari memilih, membeli, dan menilai.

14. Edukasi

Video ini sasarannya adalah para pelajar seperti pelajar SD ataupun mahasiswa. Menjadi kegemaran dikarenakan video edukasi menginformasikan berbagai hal mulai dari sesuatu yang kompleks sampai jawaban suatu soal.

15. Video traveling

Jika kamu hobi jalan-jalan atau travel ke berbagai tempat, sempatkan waktu untuk merekam perjalannya. Dalam video ini, kamu bisa memberikan rekomendasi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Video jenis ini juga banyak dicari oleh audience untuk mencoba tempat-tempat wisata yang sudah kamu review.

16. Live video

Live video merupakan fitur dari youtube yang mulai banyak diminati beberapa tahun terakhir. Namun, sebelumnya terdapat ketentuan dalam menggunakan fitur ini, tetapi syarat tersebut sudah dihilangkan. Jadi siapa saja bisa mengakses fitur live video ini.

17. Video prank

Sekarang banyak youtuber yang menyajikan konten video prank, video ini berisi aksi seseorang yang sedang menjahili orang lain secara diam-diam. Tujuan dari video ini untuk hiburan sehingga membuat audience yang menonton jadi tertawa. Namun perlu diingat dalam membuat video prank jangan berlebihan.

18. Video talkshow

Jika kamu suka berbicara didepan kamera, kamu bisa membuat video talkshow bersama dengan narasumber yang mumpuni untuk membahas informasi yang dibutuhkan banyak orang. Seperti dokter, guru, dan lainnya, cukup temukan informasi dan gali lebih dalam agar penonton mendapatkan ilmu yang bermanfaat.

19. Video memasak dan resep

Dengan video memasak penonton jadi lebih jelas untuk mengetahui cara dan bahan apa saja yang digunakan untuk memasak suatu masakan. Video jenis ini sangat bermanfaat untuk orang-orang yang belum terlalu pintar memasak.

20. Video Q & A

Konten Q&A memungkinkan penonton atau audience ikut terlibat dalam video dan mengetahui lebih lanjut tentang kehidupan youtuber. Ini bisa menjadi jembatan komunikasi antara youtuber dengan para subscriber.

21. Video tips kecantikan dan fashion

Cara makeup, pasti akan banyak dikerubungi para wanita dan remaja perempuan. Selain kecantikan, tips and hack fashion juga tidak kalah populernya, kamu bisa memberikan cara berhijab ala Arab Saudi, Iran, Yaman dan lainnya.

22. Kuliner

Kuliner bukan hanya raja dalam bisnis namun kuliner juga dapat dijadikan konten marketing. Konten video ini cocok untuk kamu yang suka bereksplorasi dengan makanan. Tidak harus memasak sendiri, tinggal mereview sebuah makanan dari suatu tempat, atau mereview makanan yang sedang trending. Video ini bertujuan supaya audience mengetahui dimana tempat yang memiliki kualitas rasa masakan yang enak.

23. Video Pets & animals

Video yang menampilkan tentang hewan dan peliharaan. Video bisa berupa tips dan trik cara merawat, sampai video edukatif terkait hewan dan peliharaan.

24. Entertainment

Selain instagram, informasi dunia hiburan seperti gosip selebriti juga menarik perhatian para pengguna youtube. Saat kamu dapat mengemas berita dari artis yang sedang trend, maka videomu akan memiliki banyak viewers. Selama update konten secara konsisten, maka jenis konten semacam ini akan selalu di buru.

25. Video science & technology

Video dengan jenis ini berisi tentang informasi edukatif yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi terkini. Video ini membantu mereka yang ingin memiliki pengetahuan lebih dibidang teknologi.

26. Video autos & vehicles

Video yang berisi segala hal tentang otomotif. Biasanya berisikan informasi otomotif terbaru, review, cara merawat, permak, dan lain sebagainya.

27. Reaction

Membuat konten reaction tergolong mudah, kamu cukup membuat kompilasi ekspresi saat menonton video music atau film terbaru. Bisa juga reaction video yang sedang hangat diperbincangkan atau sedang trend. Video ini biasanya membuat penasaran pengguna youtube untuk menikmati konten video tersebut.

28. Kisah misteri

Kisah misteri selalu dapat menarik perhatian audience, bukan hanya yang berkaitan dengan mistis, namun juga kejadian misterius, janggal, dan aneh. Untuk mengangkat jenis konten ini tidak harus memiliki kemampuan khusus. Untuk kamu penyuka genre horor, thriller, kisah detektif ini adalah topik yang menarik untuk dibahas lebih jauh. Jangan lupa untuk mengemas tampilan youtube kamu supaya terlihat misterius dan menarik sehingga akan menarik perhatian subscriber.

29. Video mainan anak

Video anak-anak menjadi salah satu pilihan yang bisa membuat penonton membludak. Biasanya video jenis ini digemari karena tidak banyak menampilkan muka dan dialog. Jadi kamu bisa membuat video khusus tentang mainan, dan review mainan yang sedang trend.

30. Video kajian

Kajian juga bisa menjadi ide video youtube yang menghasilkan banyak adsense. Kamu juga tidak perlu menyiapkan dialog atau menampilkan wajah. Cukup mengambil berbagai klip video yang berasal dari sumber yang resmi para tokoh agama yang melakukan kajian tentang agama.

31. Video menggambar

Bagi kamu pecinta melukis atau menggambar, tentu akan tertarik untuk menyaksikan video tutorial menggambar pada channel youtube. Tidak salah ini juga bisa dijadikan ide konten yang cocok dicoba jika kamu mempunyai keterampilan menggambar.

32. Video kartun dubbing

Kalau kamu menyukai dubbing atau pengisi suara kamu bisa membuat channel youtube yang lucu. Kamu dapat mendapatkan clip game adventure atau sejenis GTA kemudian kamu dubbing dengan karakter yang sudah diedit. Kamu dapat melakukan berbagai misi atau kegiatan sehari-hari.

33. Video perbandingan produk

Kamu bisa membuat video dengan membandingkan dua produk ataupun lebih, misalnya barang mahal vs barang murah. Atau produk yang dijual dipasaran vs barang yang dijual di supermarket. Video ini akan menarik para penonton untuk melihat videonya karena rasa penasaran akan perbandingannya.

34. Video life hack

Pastinya kamu ingin melakukan semua kegiatan dengan cepat dan praktis untuk menghemat waktu. Melihat hal itu, membuat video ini bisa menjadi ide video untuk youtube. Jenis video ini selaras dengan video edukasi, yang membuat audiens percaya pada keahlianmu dan mengambil minat mereka dengan cepat.

35. Video Politik

Berita politik terbaru kadang kontroversial, dan selalu membuat rasa ingin tahu yang besar dari pengguna youtube. Jika memanfaatkan kesempatan dengan baik kamu dapat memperoleh banyak viewers dan subscriber. Namun kamu harus berhati-hati karena politik merupakan isu yang sensitif. Oleh karena itu cobalah untuk membuat konten video yang bersifat netral tidak menyudutkan pihak manapun.

36. Video eksperimen

Video jenis ini menjadi salah satu ide video yang cukup populer dan diperkirakan bisa membawa kesuksesan untuk platform youtube. Contoh eksperimennya yaitu kami bisa menggunakan jenis bahan dan resep bila memiliki channel dengan topik makanan.

Demikian pembahasan mengenai 30+ ide video youtube yang menghasilkan banyak adsense. Semoga bermanfaat

Continue Reading