Apakah Anda memiliki Instagram? Pertanyaan yang sering dilontarkan khususnya pada tahun 2020 ini. Instagram merupakan platform sosial yang sangat popular hingga saat ini. Setiap harinya orang akan mengakses Instagram yang membuat pengguna Instagram yang terus meningkat. Instagram tidak hanya popular untuk akun personal tetapi juga sebagai platform popular yang digunakan oleh brand atau perusahan sebagai alat untuk branding dan promosi secara digital. Istilah tersebut sering disebut dengan digital marketing.

Seperti hasil survei yang dilakukan oleh EMarketer bahwa 32,3 persen perusahaan dengan memiliki lebih dari 100 orang karyawan memanfaatkan Instagram untuk pemasaran produk atau jasanya. Jika Anda memiliki bisnis maka branding menggunakan Instagram adalah jalan ninjanya. Mengapa demikian? Seperti yang kita tau dengan banyaknya pengguna Instagram maka secara otomatis maka jangkauan khalayak akan sangat luas. Cara efektif yang dapat kita gunakan dengan memanfaatkan Instagram adalah dengan membuat konten quiz dan giveaway. Cara tersebut dapat meningkatkan followers dari akun Instagram bisnis Anda.

Jenis-jenis konten instagram

Seperti yang kita ketahui bahwa pengguna Instagram terus meningkat. Sebagai pebisnis hal tersebut dapat Anda manfaatkan sebagai peluang untuk melakukan branding mengenai produk dan jasa yang Anda miliki. Membagikan berbagai jenis konten berisi informasi yang variatif merupakan cara efektif untuk melakukan branding pada Instagram. Ada beberapa fitur yang dapat digunakan, seperti feed, Story, IG TV dan IG Live. Beberapa fitur tersebut yang berpotensial untuk beriklan. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai fitur Instagram yang dapat digunakan sebagai media beriklan :

1. Instagram feed

Fitur ini merupakan fitur klasik yang diperkenalkan oleh Instagram sejak pertama kali Instagram diciptakan. Instagram feed sangat cocok untuk membangun sebuah brand awareness karena postingan tidak akan hilang sampai kapanpun selama postingan tersebut tidak dihapus. Para content creator harus pintar dalam membuat konten pada Instagram feed. Hal tersebut dikarenakan feed adalah visualisasi pertama suatu brand dimata audience. Oleh karena itu Instagram feed dibuat dengan penjelasan lebih mendalam dibandingkan dengan Instagram stories. Pada Instagram feed Anda dapat memposting foto dan video singkat.

2. Instagram stories

Konten yang diposting pada Instagram stories tidak begitu detail dan mendalam seperti pada Instagram feed. Hal tersebut dikarenakan konten yang diposting pada stories akan hilang dalam 24 jam. Dengan durasi yang singkat konten yang dibuat harus bisa lebih memikat. Konten yang dapat dibuat antara lain Tanya jawab, pooling, membuat kuis dan lainnya.

3. IG TV atau Instagram TV

IG Tv atau yang biasa disebut sebagai Instagram TV merupakan salah satu fitur baru yang tidak jauh beda dengan Instagram stories. Bedanya adalah IG TV dikemas dengan sangat structural bahkan durasi konten video hingga 1 jam. Dengan durasi yang begitu lama fitur ini bisa dibilang salah satu cara yang bisa digunakan untuk para influencers, brands, perusahaan dan user Instagram untuk membuat video pemasaran mengenai produk atau jasa yang dimilikinya. Hanya saja format video yang dapat diposting di IG TV adalah dengan format vertikal.

4. IG Live atau Instagram Live

Instagram live merupakan fitur yang sangat membantu followers untuk dapat selalu up to date dengan akun yang diikutinya. Namun para pengguna atau followers akun Anda hanya dapat melihat video pada saat Anda melakukan Live IG. Jika Anda menyelesaikan video dan Anda menghapusnya maka para pengguna dan followers tidak dapat menontonnya. Biasanya IG Live digunakan untuk mengabadikan sebuah moment yang sedang berlangsung agar para pengguna atau followers dapat menyaksikan moment tersebut pada jam yang sama disaat moment tersebut berlangsung.

Nah itulah beberapa fitur yang dimiliki oleh Instagram yang dapat menunjang pemasaran bisnis Anda.

Seberapa Efektif konten quiz & giveaway untuk meningkatkan engagement instagram?

Salah satu tujuan dari kegiatan pemasaran dalam media sosial marketing atau digital marketing adalah menaikkan engagement. Berdasarkan alogaritma terbaru dari Instagram, tingginya engagement pada suatu postingan dapat memungkinkan untuk menjangkau banyak orang. Dengan kata lain, jika suatu postingan konten memperoleh like dan komentar bahkan share yang banyak maka memiliki potensi untuk dilihat banyak orang. Suatu konten yang tidak memiliki like, komen bahkan share, hanya dapat menjangkau 3% pengguna Instagram. Dengan demikian 97% audience tidak terjangkau. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan engagement Instagram seperti membuat konten quiz atau mengadakan giveaway. Lalu apakah dengan membuat konten quiz atau mengadakan giveaway adalah cara efektif untuk meningkatkan engagement?

Jawabannya adalah efektif dalam jangka pendek. Dengan membuat sebuah quiz dan memberikan giveaway dapat menambah follower dan engagement dalam waktu yang singkat. Jika Anda memiliki modal yang banyak maka Anda dapat membuat giveaway dengan persyaratan yang mudah dan hadiah yang banyak. Buat giveaway setiap bulannya atau dalam periode tertentu. Buat persyaratan dengan mengharuskan follow dan tag/mention. Cara tersebut dapat dengan mudah untuk menaikkan engagement. Namun cara tersebut mungkin tidak akan berlangsung lama. Dengan kata lain para pengguna akan unfollow akun anda jika anda sudah tidak mengadakan giveaway.

Sama halnya dengan mengadakan sebuah quiz. Mengadakan quiz memang cara efektif untuk meningkatkan engagement namun dalam jangka pendek. Anda dapat mengadakan quiz mengenai brand Anda, topik yang sedang tren atau hal lain yang mungkin relevan dengan brand Anda. Hal tersebut biasanya diadakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat pada produk atau jasa bisnis Anda. Mengadakan quiz tentunya harus menyediakan hadiah untuk pemenang dari quiz tersebut. Berikan hadiah yang dapat membuat para pengguna tergiur untuk mengikuti quiz yang Anda adakan. Lalu kenapa mengadakan quiz dapat meningkatkan engagement namun dalam jangka pendek? Karena kebanyakan dari mereka akan mengunfollow akun tersebut begitu ada pengumuman menanangnya.

5 Konsep Konten Quiz dan Giveaway Yang Menarik Banyak Interaksi

Sebelum mengadakan quiz dan giveaway di Instagram hal yang perlu diketahui adalah harus siap dengan kenaikan dan penurunan jumlah followers yang drastis setelah pemenang quiz diumumkan dan berakhirnya giveaway. Kenapa? Karena sebagian besar orang hanya follow akun yang saat itu sedang mengadakan quiz dan giveaway dan mendapatkan hadiahnya. Setelah quiz dan giveaway berakhir mereka akan langsung unfollow. Namun hal tersebut dapat disiasati dengan mengadakan quiz dan giveaway secara rutin dan semenarik mungkin. Berikut adalah contoh konsep konten quiz dan giveaway yang menarik banyak interaksi, diantaranya :

1. Berikan hadiah yang menarik

Jika Anda ingin quiz atau giveaway diikuti oleh banyak peserta maka siapkan hadiah yang menarik dan juga bermanfaat. Pastikan hadiah yang diberikan dapat menarik perhatian peserta dan dibutuhkan. Misalnya suatu barang, voucher belanja, uang, pulsa dan lain sebagainya. Jika hadiah yang diberikan tidak menarik maka pesertapun tidak tertarik untuk mengikutinya.

2. Persyaratan yang sederhana

Untuk menarik peserta agar mengikuti quiz atau giveaway yang diadakan maka gunakan rules yang sederhana saja. Persyaratan atau peraturan jangan terlalu berbelit-belit. Tujuannya adalah agar peserta tertarik untuk berpartisipasi. Kebanyakan orang tidak tertarik terhadap quiz atau giveaway yang memiliki syarat atau peraturan yang ribet. Buatlah peraturan yang mudah saja.

3. Terus berinteraksi

Setelah giveaway berakhir, Anda tidak memutus interaksi dengan para followers bukan? Teruslah untuk melakukan interaksi dengan mereka. salah satunya adalah dengan menanyakan seperti apa quiz atau giveaway selanjutnya. Tidak hanya itu, minta mereka untuk berpendapat mengenai hadiah apa yang sebaiknya diberikan pada giveaway selanjutnya. Terus ajak followers untuk berinteraksi.

4. Quiz dan giveaway yang mudah

Pada saat Anda mengadakan quiz dan giveaway sebisa mungkin untuk membuat yang mudah saja. Buatlah pertanyaan quiz yang berkaitan dengan brand Anda. Tujuannya agar masyarakat lebih mengenal brand Anda dan secara otomatis akan meningkatkan engagement. Selain itu tentukan giveaway yang ingin Anda adakan. Jenis giveaway yang biasa diadakan, seperti :

  • Photo Challenge : peserta memposting foto atau konten di Instagram dan postingannya harus menggunakan hastag tertentu.
  • Comment to win : peserta yang berpartisipasi harus berkomentar pada postingan yang Anda buat.
  • Mention atau tag to win : setiap peserta harus me-mention beberapa temannya dipostingan Anda.
  • Repost to win : dimana setiap peserta wajib me-repost konten giveaway yang Anda bagikan di Instagram yang dilengkapi dengan caption atau hastag tertentu.
  • Like to win : setiap peserta yang mengikuti giveaway wajib like postingan Anda.

5. Template quiz dan giveaway yang Unik

Mengadakan konten quiz dan giveaway salah satu kunci agar dapat menarik perhatian dari pengguna adalah dengan menyajikannya dengan template yang unik. Harapannya hanya dengan melihat konten tersebut pengguna memiliki daya tarik untuk mengikuti quiz dan giveaway yang diadakan.

6. Contoh Kontes Instagram News-jacking

Newsjacking adalah saat sebuah brand atau bisnis menggunakan topik berita yang sedang tren untuk meningkatkan keterlibatan audiens dan menarik pelanggan yang potensial.

Newsjacking instagram giveaway examples
Dalam contoh ini, merek kopi terkenal menggunakan berita virus sebagai alasan untuk mempromosikan brand mereka melalui giveaway. Dan tujuan utama mereka adalah untuk meningkatkan interaksi dengan audiens mereka.

Untuk mendapatkan kesempatan memenangkan kontes dan mendapatkan hadiahnya, para pengikut harus melakukan tindakan berikut:

1. Sukai postingannya
2. Tag temanmu di kolom komentar
3. Tulis komentar
4. Bagikan pos di story Instagram mereka (opsional)

7. Memberikan Pilihan Hadiah

Selanjutnya, kami memiliki konten giveaway yang mempromosikan berbagai produk. Postingan tersebut mencakup tayangan slide 4 versi produk yang berbeda dan memberi orang kesempatan untuk memenangkan 1 dari 4 dengan memilih favorit mereka.

Pick a favorite product instagram giveaway post examples

Para audiens harus memenuhi persayaratan sebagai berikut:

1. Ikuti 2 akun Instagram brand tersebut
2. Sukai postingannya
3. Beri komentar dengan versi produk favorit mereka
4. Tag beberapa teman
5. Repost kontes di story IG (opsional)

8. Contoh Giveaway Instagram Musiman

Contoh kontes Instagram yang lucu ini menggunakan awal musim baru untuk mempromosikan akun dan produk mereka. Mereka memberi audiens kesempatan untuk memenangkan edisi musiman produk mereka sebagai imbalan atas keterlibatan mereka di pos giveaway.

Seasonal Instagram giveaway examples

Sebuah brand yang pintar tentu dapat memanfaatkan ide ini dengan mengubahnya menjadi kontes foto media sosial. Yang Anda perlukan hanyalah meminta orang untuk memposting gambar dengan produk Anda di musim yang berbeda dan tag teman-temannya untuk menyukai konten Anda.

9. Kontes Instagram Dengan Banyak Pemenang

Tidak ada aturan yang mengatakan Anda tidak dapat memilih lebih dari 1 pemenang giveaway Anda. Bahkan, menyertakan beberapa pemenang dapat membantu Anda dalam mempromosikan produk yang berbeda.

Dalam contoh kali ini, seorang ahli tato memberi pengikutnya 3 peluang untuk menang, dengan hadiah pertama adalah tato gratis.

Multiple winner instagram contest example

Untuk memenangkannya para pengikut perlu:

1. Ikuti akun tersebut
2. Sukai postingan giveawaynya
3. Tag 3 teman Anda

10. Contoh Kontes Produk Instagram yang Sedang Tren

Contoh giveaway selanjutnya adalah dengan menggunakan produk terkenal sebagai hadiahnya. Namun produk tersebut harus sesuai dengan niche bisnis Anda. Seperti contohnya di bawah ini.

Trending product Instagram giveaway examples

Karena produk yang ditawarkan adalah produk terkenal, dimana banyak orang yang menginginkannya. Maka Anda akan mendapatkan banyak interaksi yang masuk dan berpartisipasi dalam kontes giveaway Anda.

11. Adakan Giveaway di Hari Libur

Misalnya pada hari raya keagamaan ataupun hari-hari libur lain yang berpotensi menimbulkan semarak yang meriah. Anda bisa memanfaatkan momen tersebut dengan mengadakan giveaway.

Public holiday contest example

Contoh di atas adalah contoh giveaway yang dilakukan saat hari libur St. Patricks Day dan brand di atas menggunakannya untuk mempromosikan bisnis stikernya dengan memberikan banyak stiker.

Meskipun hadiahnya sederhana, ini adalah cara yang efektif untuk memberi penghargaan kepada pengikut setia.

12. Giveaway Kerjasama

Selanjutnya adalah kontes dari brand yang lebih besar yang menampilkan produk mereka sebagai bagian dari paket hadiah. Ini adalah contoh bagus dari 2 brand terkait yang bekerja sama untuk mempromosikan bisnis mereka. Dan itu berhasil karena menjangkau audiens kedua brand tersebut untuk jangkauan yang lebih luas.

Product feature instagram giveaway examples

13. Contoh Kontes Instagram Kecantikan

Dalam contoh ini, brand kecantikan Benefit Cosmetics bekerja sama dengan brand yang relevan untuk meningkatkan awareness terhadap produk mereka. Sekali lagi, mereka menggunakan audiens gabungan untuk menjalankan kontes dan mempromosikannya ke audiens yang lebih luas.

Instagram beauty contest example

Syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh audiens:

1. Ikuti kedua akun brand
2. Sukai postingan kontes
3. Tag 3 teman dan masing-masing brand di kolom komentar
4. Bagikan postingan kontes di story (opsional)

14. Berikan Pilihan Hadiah

Untuk kontes ini, peserta mendapatkan pilihan untuk memilih sepeda pilihan mereka sebagai hadiah. Ide pemberian hadiah ini mendorong orang untuk mengunjungi situs web produk dan menelusuri peluang yang ditawarkan, menghasilkan lebih banyak traffic.

Choose your prize Instagram contest example

15. Giveaway Edisi Perayaan Jumlah Followers

Terkadang merayakan sebuah pencapaian memang menjadi pilihan terbaik. Misalnya, ketika akun Anda sudah memiliki 10 ribu followers dan Anda ingin merayakannya dengan cara giveaway. Berikut ini adalah contohnya:

follower milestone instagram giveaway examples

16. Giveaway Dengan Hashtag Khusus

Instagram memiliki hashtag giveaway khusus untuk hari Rabu yang disebut #winitwednesday. Tagar seperti itu tentu dapat meningkatkan jangkauan giveaway Anda. Ini karena hashtag tersebut sudah sangat populer sehingga orang secara aktif mencarinya untuk menemukan konten giveaway untuk diikuti.

instagram hashtag contest example

Brand ini menggunakan hashtag tersebut untuk mempromosikan produknya dan meningkatkan engagement giveaway. Mereka juga mendorong interaksi dengan meminta orang untuk menjelaskan mengapa mereka menginginkan produk tersebut.

Anda bahkan dapat menggunakan taktik ini untuk mengumpulkan riset target audiens.

10 Template Quiz & Giveaway menggunakan Powerpoint, siap pakai tinggal edit

Dalam memanfaatkan media sosial untuk memasarkan sebuah brand merupakan cara yang sangat efektif. Salah satunya dengan menggunakan media sosial Instagram. Banyaknya pengguna Instagram dapat memudahkan para pebisnis untuk menjangkau khalayaknya. Banyak konten yang dapat dibuat untuk menaikkan engagement dengan menggunakan Instagram, seperti dengan mengadakan quiz dan giveaway. Untuk menarik perhatian dari pengguna maka diperlukannya template untuk quiz dan giveaway yang menarik.

Demikianlah beberapa template yang dapat Anda gunakan untuk membuat konten quiz dan giveaway di Instagram. Jika Anda ingin mendapatkan template lebih banyak lagi klik http://ardata.co.id/instagram-template/. Disana terdapat banyak template siap pakai dan dapat diedit sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

Continue Reading