Bagi Anda yang ingin meningkatkan ranking website di Google, pasti familiar dengan istilah backlink. Nah, artikel ini akan membahas mengenai cara-cara mendapatkan backlink berkualitas untuk website Anda.

Backlink menjadi salah satu komponen yang paling utama agar website kalian memiliki peringkat yang baik. Peringkat yang baik juga didasari oleh tiga hal, yaitu; harus bisa dipercaya, relevan, dan mampu memikat banyak audience. Nah, 3 hal tersebut adalah tiga komponen SEO utama untuk mendapatkan kualitas backlink yang baik.

Backlink yang direkomendasikan juga adalah white hat backlink, di mana white hat menandakan website yang berkualitas didapatkan dengan cara yang benar dan terpercaya. Lantas bagaimana cara mendapatkan backlink yang berkualitas? Simak sampai habis artikel ini!

12 Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas

Berikut ini cara mendapatkan backlink yang berkualitas, tentunya dengan prinsip white hat SEO. Jika dilakukan dengan benar, cara-cara di bawah ini dapat membantu menaikkan ranking website Anda.

1. Menggunakan Jasa Guest Blogging

Menggunakan jasa guest blogging merupakan salah satu cara yang cukup efektif untuk mendapatkan baclink. Guest blogging yang dimaksud adalah artikel yang ditulis oleh suatu website memiliki link yang menuju ke website perusahaan Anda.

Secara organik, link akan dimasukkan secara natural dan relevan. Jadi, carilah website yang menerima guest blogging atau content publishing dengan domain authority yang cukup tinggi. Hal itu dikarenakan, website dengan domain authority yang lebih tinggilah yang akan berpotensi menghasilkan backlink berkualitas untuk website Anda.

2. Kerjasama dengan Website lainnya

Biasanya, suatu bisnis kemungkinan memiliki partner, distributor, dan supplier. Mereka biasanya juga memiliki websitenya sendiri. Maka, cobalah untuk minta mereka memasukkan link ke dalam salah satu konten mereka. Tentunya dengan konten yang relevan.

Seharusnya, tidak menjadi masalah besar karena Anda sudah bekerja sama sebelumnya dengan mereka. Ini jadi hal yang mudah untuk mendapatkan white hat backlink di website Anda.

3. Jika Konten Dikutip, Jangan Lupa Minta untuk Cantumkan Sumber

Jika website Anda sudah baik dan Anda menjual suatu produk atau jasa, jangan lupa untuk minta testimoni.

Banyak dari review pengguna atau testimoni klien yang menyebut bisnis/website Anda namun tidak menyertakan link ke dalam website Anda. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan Google Alerts atau tools yang serupa untuk mencari website yang menyebut Anda dalam website atau kontennya. Setelah muncul pemberitahuan lewat email, cek satu persatu dan jika ada yang tidak menyertakan link ke website Anda, mintalah secara baik-baik.

Hal ini juga dapat membantu Anda dalam mengembangkan backlink website yang baik dan organik.

4. Endorse Influencer dan Blogger Terkenal

Carilah blog dengan niche yang sama atau influencer untuk menulis review tentang produk dan jasa Anda. Mereka akan support brand Anda dengan tulisannya yang sudah pasti dilihat oleh banyak orang. Sebagai imbalannya, Anda bisa memberi mereka fresh money, produk, atau jasa Anda.

Membangun backlink dengan cara ini pastinya membutuhkan effort lebih untuk menghubungi influencer dan blog-blog besar. Namun traffic dari mereka sudah terjamin dan akan menghasilkan conversion rate yang lebih besar.

5. Buat Konten Visual yang Menarik

Dikutip dari laman Venngage, 41% website yang menggunakan infografis atau ilustrasi membantu mereka mencapai target marketing mereka. Sedangkan 52% orang bilang bahwa konten berupa visual sangat penting untuk strategi marketing mereka.

Konten visual lebih banyak diminati karena mudah untuk dipahami dan disebarkan. Jika lebih mudah disebarkan, maka akan ada lebih banyak orang yang mengklik link website Anda.

6. Konten Original Sangatlah Penting

Saat melihat konten, biasanya orang butuh pertimbangan untuk membagikan konten tersebut kepada orang lain. Semakin informatif konten Anda, maka semakin besar juga peluang konten Anda untuk dibagikan. Usahakan, konten yang dibuat dapat dipercaya dan disertai riset ahli.

Setiap mereka suka dan membagikan konten yang dibuat, maka website tersebut akan mendapatkan backlink yang tentunya akan menambah organic traffic pada suatu website.

7. Membuat Tools Gratis

Jika perusahaan Anda adalah perusahaan teknologi, maka sediakan tools gratis untuk yang ingin mencobanya. Bisa dalam bentuk free trial atau light version. Hal ini akan membuat pengguna melihat potensi pada tools yang kalian jual dan mungkin saja merekomendasikannya pada pembaca blog mereka.

Contohnya seperti Hubspot Email Signature Generator, sejak peluncurannya mereka telah mendapat 5,520 backlink dari 1,168 domain yang berbeda.

8. Buatlah Konten Step-by-Step Guides

Konten seperti step untuk melakukan sesuatu atau “cara paling ampuh” dapat dijadikan referensi topik untuk ditulis. Topik seperti itu dapat memberikan kesan bahwa website Anda dapat melakukan hal itu, tentu akan menambah kepercayaan audience terhadap website Anda.

Konsumen biasanya cenderung akan memperhatikan konten yang ringan dan mudah untuk dipraktekkan, yang mana itu adalah konten step by step. Bisa jadi, backlink akan muncul dari orang lain yang mengambil poin dari salah satu step yang ada dalam konten Anda.

9. Menjadikan Artikel Anda sebagai Kutipan

Tahukah bahwa menjadikan konten dalam website lebih menarik dan original dapat menjadikan Anda muncul sebagai external link di website lain? Tentu hal ini dapat menambah backlink ke website kalian dari website lain.

Caranya, pastikan bahwa website terdaftar di Google Business Profile, Yelp, Facebook, dan Google atau Apple Maps.
Hal tersebut akan menyebabkan artikel Anda dapat dilihat dari industri yang satu niche. Yang mana hal tersebut menuntun Anda untuk meraih backlink yang berkualitas.

10. Public Relation

Mempunyai public relation yang baik dapat membangun kepercayaan di industri Anda dan merupakan salah satu cara untuk meraih backlink.

Contohnya, saat launching produk pastikan bahwa Anda memiliki press release, yang mana oleh divisi public relation ke dalam komunitas industrimu. Informasi yang relevan dan berguna akan berpeluang besar untuk dibagikan kembali oleh orang yang tertarik.

11. Buat Artikel Wawancara dengan Ahlinya

Mencoba untuk membuat artikel dengan pendapat para ahli tidak ada salahnya. Justru hal tersebut dapat memperkuat kualitas dan kepercayaan audience pada konten Anda.

Hasil dari wawancara dengan ahli pada bidang industri Anda juga dapat dikutip oleh website lain, dan website Anda akan mendapatkan backlink.

12. Perbaiki Link yang Rusak

Link yang telah rusak dapat mempengaruhi pengalaman pembaca dalam mengakses konten, lho. Misalnya seperti konten yang ternyata sudah tidak tersedia atau kontennya telah diupdate. Pastikan bahwa Anda menghapus atau mengisi kembali konten di link yang rusak tersebut.

Karena jika dibiarkan, ini akan membuat pembaca malas untuk mengakses konten Anda dan berujung pada hilangnya satu customer.

Memang butuh waktu, namun membangun kembali link yang telah rusak dapat menjadi salah satu faktor SEO agar website Anda berada di ranking 1 Google.

Kesimpulannya, jika berbicara tentang algoritma Google untuk membuat website Anda berada di urutan pertama SERP tentu tidak akan ada habisnya. Hal lain yang dapat Anda lakukan adalah membangun kepercayaan dan konten yang menarik bagi target audience.

Meningkatkan kualitas link, internal linking, dan memperbaiki link yang rusak dapat menjadi salah satu cara untuk itu.

Namun jika dirasa cara-cara di atas terlalu sulit atau Anda tidak ada waktu untuk melakukannya, Anda dapat menggunakan jasa backlink PBN Ardata. Layanan kami akan memberikan backlink untuk website Anda di blog dan website yang sudah mempunyai domain authority tinggi dan website Anda akan menempati rank 1 di halaman pertama Google.

Untuk detail layanannya, dapat Anda cek di link berikut ini.

Continue Reading