Algoritma tiktok tidak jauh dengan istilah “For You Page” atau yang biasa disingkat sebagai FYP menjadi halaman yang paling berpengaruh pada konten. Baik berdampak pada konten yang dilihat pengguna, ataupun dampak dari pembuat konten apakah ramai atau tidak. Cara agar konten masuk dalam FYP ternyata tidak lepas dari algoritma aplikasi Tiktok itu sendiri.
Apa itu Algoritma Tiktok
FYP pada tiktok menyajikan beberapa konten yang relevan dengan preferensi setiap penggunanya. Bagaimana tiktok bisa tahu jenis konten yang kita sukai? Cara kerja sistem FYP pada tiktok menggunakan algoritma yang menentukan video mana yang akan muncul. Berkat algoritma ini, tidak jarang kita seringkali “kecanduan” terhadap isi konten-konten pada FYP.
Namun, algoritma ini bisa Anda manfaatkan untuk memperluas konten dengan tujuan tertentu. Seperti membuat konten yang viral untuk meningkatkan jumlah penjualan. Hingga menyebarkan informasi penting yang harus diketahui secara luas. Semua bisa Anda capai hanya dengan memastikan konten dapat dilihat oleh algoritma tiktok.
Algoritma dalam tiktok tentunya berbeda dengan platform lain seperti youtube atau instagram. FYP tiktok menyajikan campuran berbagai konten yang relevan dengan preferensi pengguna. Bahkan, Indonesia menjadi negara dengan pengguna tiktok yang sangat banyak.
Cara Kerja Algoritma Tiktok Terbaru
Di balik kesuksesan atau viralnya sebuah konten pada platform, terdapat algoritma yang membantu menjangkau pengguna. Dalam artikel ini, kita akan mengupas tuntas algoritma tiktok terbaru.
Elemen Penting Dalam Algoritma Tiktok
Pada intinya, algoritma tiktok memprioritaskan beberapa elemen yang penting seperti di bawah ini:
- Engagement. Elemen penting pertama yang ada di dalam algoritma tiktok adalah engagement. Istilah engagement in digunakan untuk mengukur seberapa banyak jangkauan pengguna yang terlibat dalam konten Anda. Engagement dalam konten diukur berdasarkan jumlah like, share, save, hingga komentar. Semakin banyak engagement pada konten, semakin tinggi juga kemungkinannya untuk mencapai algoritma tiktok.
- Informasi Video. Sementara itu, jangkauan konten dipengaruhi oleh informasi video. Bagaimana informasi video pada konten Anda akan mencapai jangkauan pengguna yang sesuai. Informasi video dapat mencakup hal-hal seperti; suara, hashtag, efek, hingga topik yang sedang tren pada saat itu.
- Pengaturan Perangkat dan akun. Elemen terakhir ini memang tidak terlalu memiliki pengaruh yang kuat seperti elemen lainnya. Sebab, pengaturan ini diukur pada pilihan satu kali, bukan keterlibatan aktif. Beberapa pengaturan perangkat dan akun yang termasuk dalam algoritma tiktok adalah, preferensi bahasa, pengaturan negara, jenis perangkat, hingga kategori konten yang diminati.
Apa yang Membuat Konten Tidak masuk FYP?
Berbanding terbalik dengan elemen penting dalam algoritma tiktok yang sudah disebutkan tadi. Hal-hal dibawah ini akan menghambat konten Anda memenuhi algoritma sehingga konten tidak akan ditampilkan di FYP.
- Konten duplikat. Konten yang Anda buat harus benar-benar konten yang baru, baik dalam segi isi maupun tampilannya.
- Konten tidak memenuhi standar Tiktok. Tiktok membuat standar konten harus benar-benar aman dan tidak berpotensi mengganggu. Seperti pornografi, kebencian, ataupun aktivitas ilegal lainnya.
- Konten yang sudah pernah dilihat. Konten yang sudah masuk satu kali dalam FYP tidak akan ditampilkan kembali.
- Konten ditandai spam. Termasuk konten yang dibuat untuk meningkatkan engagement secara tidak wajar.
Begini nih, Konten yang sesuai dengan Algoritma Tiktok
Menjadikan konten yang disorot dan juga dikenali oleh algoritma ini adalah sebuah tantangan bagi para kreator. Di bawah ini akan membongkar rahasia dibalik cara agar konten Anda bisa FYP.
Menentukan Fokus Konten
Topik pada isi konten dapat terbagi menjadi beberapa kategori yang diminati oleh pengguna. Sangat penting bagi Anda untuk menemukan komunitas dalam Tiktok untuk berinteraksi di platform ini. Perlu Anda ketahui, bahwa pengguna tiktok menghabiskan sebagian besar waktu mereka di halaman “For You”. Sebanyak 70% dari jumlah pengguna mengatakan, bahwa mereka menemukan topik yang disukai melalui halaman tersebut.
Dari banyaknya kategori tersebut, semuanya berkumpul di sekitar hashtag yang bisa Anda gunakan di setiap pembuatan konten. Ketika Anda berhasil menentukan fokus konten, Anda juga dapat menciptakan kredibilitas yang lebih besar, loyalitas merek, bahkan lebih banyak eksposur. Sebagian besar pengguna tiktok mengatakan minat mereka berada pada topik konten yang relevan.
Maksimalkan Momen Pertama
Semua hal di dalam Tiktok bergerak dengan cepat untuk itu Anda perlu menarik perhatian dan menunjukkan nilai dalam detik-detik pertama dari konten Anda. Dua detik pertama pada konten Anda sangatlah penting, untuk mengingat dan membuat konten Anda menarik.
Buat Konten dengan Kualitas Tinggi
Hal ini seharusnya sudah jelas dan menjadi hal yang umum diketahui. Konten yang berkualitas rendah tidak akan mencapai algoritma. Anda tidak perlu peralatan mewah, karena pada kenyataannya ponsel saja sudah cukup. Yang Anda perlukan hanya pencahayaan yang baik, mikrofon untuk audio, dan juga beberapa pengeditan untuk membuat konten semakin menarik.
Video tiktok bisa berdurasi 5 detik hingga 10 menit, namun video harus selalu lebih panjang dari 10 detik untuk memberikan kesan terbaiknya. Tingkatan seberapa banyak konten Anda diselesaikan menjadi hal yang penting bagi algoritma. Jadi, pastikan orang tidak meninggalkan konten karena terlalu panjang.
Posting pada Waktu yang Tepat
Sama pentingnya dengan platform media sosial lainnya, hal satu ini penting untuk Tiktok. Keterlibatan pengguna secara aktif dengan konten Anda menjadi hal yang penting. Ada dua cara yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui waktu yang tepat untuk memposting konten. Yaitu Tiktok analytics dan juga Hootsuite.
Berinteraksi dengan Pengguna Lainnya
21% dari semua pengguna Tiktok mengatakan bahwa mereka merasa lebih terhubung dengan kreator yang berinteraksi dengan konten kreator lain. Tiktok merekomendasikan react, respond, dan remix. Seperti adanya duets atau stitch hingga balas dengan video untuk memberikan komentar yang menjadi cara terbaik untuk strategi ini.
Gunakan Suara yang Sedang Trending
Seperti yang sudah diketahui, berpartisipasi dalam tren apapun adalah cara terbaik untuk mencapai algoritma Tiktok. Anda seringkali melihat suara atau lagu yang sedang trending hanya dengan memperhatikan FYP.
Namun untuk lebih spesifik, Anda dapat menemukan lagu-lagu yang sedang tren berdasarkan pusat kreatif Tiktok atau Tiktok analytics. Seperti hashtag yang sedang tren, Anda dapat menemukan data analitik seperti demografi audiens dan minat terkait. Namun perlu diingat bahwa pusat kreatif Tiktok hanya mencakup lagu-lagu resmi saja, bukan suara asli dari para kreator.
Tiktok ternyata Lebih dari Sekadar FYP
Di balik layar-layar konten yang berkilau, terdapat kesuksesan yang bisa Anda manfaatkan. Topik di bawah ini akan membawa Anda melampaui sekadar viralitas di dalam Tiktok.
Terlibat dengan Komunitas
Tiktok bukan hanya sekedar platform untuk menyiarkan atau menghibur saja, namun juga sebuah komunitas. Anda bisa terlibat dengan pengikut atau pengguna lain, interaksi ini dapat meningkatkan loyalitas. Sehingga, Anda juga bisa mengubah penonton biasa menjadi penggemar yang berdedikasi.
Kolaborasi dengan Kreator Lain
Bicara tentang kolaborasi, Anda harus mengeksplorasi strategi yang sering diabaikan ini. Padahal strategi satu ini sangat penting untuk perkembangan konten Anda. Anda bisa bekerja sama dengan kreator lain, terutama pada bidang yang saling melengkapi. Melalui kolaborasi tersebut, konten Anda dapat berpotensi dikenal kepada audiens lainnya.
Memanfaatkan Kesuksesan Tiktok di Luar Platform
Jika Anda telah mengikuti banyak pengikut di tiktok, Anda bisa mengarahkannya ke platform lain. Seperti blog, daftar email, hingga sosial media lainnya. Dengan mendiversifikasi audiens, Anda bisa meraih kesuksesan di platform lainnya juga.
Terlepas dari algoritma, ingatlah bahwa Tiktok merupakan platform yang berfokus pada hiburan. Pastikan Anda terus menikmati pada setiap prosesnya. Keseruan dan kreativitas Ada mungkin adalah kunci terbesar untuk meraih popularitas di Tiktok.