August 24, 2023

Alasan Mengapa Peringkat di Google Tiba-tiba Turun & Cara Memperbaikinya

ranking google turun

Bayangkan Anda bangun di pagi hari, meninjau laporan peringkat Anda, dan mendapati bahwa posisi situs yang Anda kerjakan dengan susah payah telah berubah drastis. Situs Anda yang sebelumnya berada di 10 besar, bahkan 100 besar Google, kini lenyap tanpa jejak. Pasti rasanya kurang menyenangkan.

Ini bukanlah cerita yang ditujukan untuk menakut-nakuti Anda, namun Anda harus mengakui bahwa hal seperti ini mungkin saja terjadi suatu saat. Anda perlu tahu bagaimana menghadapi dan menyelesaikan masalah semacam ini. Kami telah merangkum beberapa tips SEO untuk menemukan dan memperbaiki masalah tersebut agar Anda tetap terlindungi. Jangan panik atau bertindak gegabah — bersiaplah untuk memulihkan apapun yang menyebabkan penurunan peringkat dengan sigap.

Berikut ini 9 alasan utama mengapa peringkat situs bisa mengalami penurunan mendadak, disertai dengan gejala, cara pemulihan, dan metode pencegahan untuk masing-masing alasan. Namun, sebelum Anda memahaminya lebih lanjut...

Mengapa Situs Saya Turun Peringkatnya di Google?

Periksa Keakuratan Data Anda

Ketika Anda menghadapi penurunan lalu lintas SEO dan perubahan peringkat, hal pertama yang perlu diperiksa dengan teliti adalah keakuratan data Anda. Pastikan Anda tidak salah fokus atau kehilangan data penting selama periode tertentu, pada perangkat khusus, atau jenis halaman tertentu. Kabar baiknya adalah masalah semacam ini relatif mudah untuk ditemukan dan dihindari di masa mendatang.

Selain itu, fluktuasi lalu lintas adalah hal yang biasa terjadi. Untuk meredakan kekhawatiran Anda, Anda dapat membandingkan statistik dengan menghitung fluktuasi lalu lintas SEO rata-rata. Misalnya, Anda bisa menampilkan lalu lintas SEO mingguan Anda selama 12 bulan terakhir dan menghitung deviasi rata-rata. Jika penurunan masih terasa signifikan... Anda berada di tempat yang tepat!

Terakhir, periksa apakah penurunan tersebut benar-benar berpengaruh jangka panjang. Misalnya, data dari Google Search Console untuk salah satu halaman menunjukkan adanya perubahan baru-baru ini, tetapi halaman tersebut telah pulih dengan sendirinya. Kami tidak pasti apa yang menyebabkan pergeseran tersebut, mungkin saja Google sedang melakukan perubahan algoritma. Dalam situasi seperti ini, sangat penting untuk tetap tenang dan melihat apakah masalah akan terselesaikan dengan sendirinya.

Apakah Halaman Anda Masih Terindeks?

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memeriksa apakah halaman Anda masih terindeks oleh Google dengan cara mencari "site:[nama domain Anda]" di Google.

Jika halaman Anda masih muncul di hasil pencarian, itu merupakan kabar baik. Namun, jika sebagian besar halaman Anda tiba-tiba hilang dari indeks mesin pencari, ini bisa menjadi indikasi bahwa Anda mendapatkan sanksi manual atau ada masalah teknis SEO lainnya yang akan kita bahas lebih lanjut di bawah.

 

Dikenai Sanksi Manual oleh Google

Tak jarang, sebuah situs mendapat sanksi manual dari tim pemeriksa Google karena dianggap melanggar pedoman kualitas webmaster mereka. Beberapa penyebab umum dari sanksi ini antara lain: situs Anda telah diretas, adanya spam dari pengguna, backlink yang tak alami, konten yang kurang mendalam, hingga teknik 'cloaking'. Untuk memahami lebih dalam mengenai jenis-jenis sanksi manual dari Google dan bagaimana cara menghadapinya, mari kita pelajari lebih lanjut.

Diagnosa:
Pernahkah Anda merasakan penurunan peringkat mendadak, bahkan hingga lebih dari 10 posisi untuk banyak kata kunci dalam waktu sehari? Jika ya, sanksi manual mungkin menjadi biang keladinya. Cara memeriksa hal ini relatif mudah. Anda hanya perlu masuk ke akun Google Search Console Anda, lalu kunjungi bagian Keamanan dan Tindakan Manual > Tindakan Manual. Apabila situs Anda memang terkena sanksi, akan ada pemberitahuan yang menjelaskan sanksi tersebut bersifat manual serta alasan di baliknya. Meski Google tak memberikan detail rinci, informasi ini cukup membantu Anda mengetahui area mana yang perlu diperbaiki. Selain itu, pemberitahuan juga akan menyatakan apakah sanksi ini berlaku untuk seluruh situs atau hanya sebagian halaman/subdomain.

Solusi:
Langkah pertama dalam mengatasi sanksi manual adalah dengan mengidentifikasi penyebab utamanya. Jika masalahnya berkaitan dengan konten atau halaman Anda, biasanya Anda sudah memiliki dugaan sejak awal, terutama jika Anda pernah menggunakan teknik yang berisiko. Namun, jika masalahnya bersumber dari luar situs Anda, seperti perubahan algoritma atau taktik pembangunan tautan yang kurang tepat, Anda mungkin memerlukan analisa lebih mendalam. Jika Anda merasa kesulitan menemukan akar masalahnya, berikut beberapa pelanggaran umum yang sering terjadi dan tips SEO yang bisa Anda terapkan.

Pembaruan Algoritma Google

Pembaruan algoritma dapat mempengaruhi peringkat situs Anda dengan dua cara. Pertama, mungkin ada algoritma baru (atau pembaruan besar dari algoritma yang lebih tua) yang dirilis oleh Google. Kedua, bisa jadi adalah salah satu pembaruan terus menerus dari algoritma yang sudah diketahui sebelumnya.

Dengan algoritma Penguin dan Panda dari Google kini menjadi bagian dari algoritma inti mesin pencari (dan kemungkinan diperbarui lebih sering dari sebelumnya), mereka adalah pembaruan utama yang harus diawasi, tanpa memandang niche dan jenis bisnis Anda. Dan tahun 2019 ditandai dengan pembaruan algoritma inti Google secara berturut-turut dan pengenalan BERT. Ini menjadi alasan lain untuk fokus pada niat pencari, memilih kata kunci penting, membangun tautan dan konten berkualitas, serta hanya menyajikan pengalaman pengguna yang terbaik.

Perlu diperhatikan bahwa pada Office hours SEO Google di tahun 2021, John Mueller menyebutkan bahwa penurunan peringkat setelah pembaruan inti mungkin terkait dengan kualitas situs secara keseluruhan dan relevansinya.

"Pembaruan inti lebih banyak berkaitan dengan memahami kualitas keseluruhan situs Anda dan relevansinya, bukan tentang masalah teknis atau spam."

Diagnosa:
Jika Anda menduga mungkin ada pembaruan algoritma yang mempengaruhi peringkat Anda, periksa berita mesin pencari untuk melihat apakah ada informasi tentang itu, atau apakah webmaster lain mengalami hal serupa. Google biasanya akan mengonfirmasi pembaruan dan informasi ini akan segera masuk ke platform berita SEO, seperti Search Engine Land dan Search Engine Roundtable. Ingatlah bahwa pembaruan mungkin juga terkait dengan niche dan mempengaruhi sejumlah kecil situs. Dalam hal ini, berita mungkin tidak langsung diliput.

Jika pembaruan diliput dalam berita, Anda akan menemukan informasi tentang apa pembaruan tersebut dan apa yang perlu Anda perbaiki untuk pemulihan. Jika tidak, coba tanyakan kepada komunitas SEO di Reddit — orang-orang di sana selalu membantu dan cepat merespon.

Solusi:
Jika situs Anda terkena dampak dari pembaruan Google yang lebih lama, konsultasikan dengan artikel tentang pembaruan Google utama untuk mendapatkan tips pemulihan.

Pencegahan:
Tentu saja, tidak ada cara pasti untuk terhindar dari pembaruan Google di masa depan yang Anda tidak ketahui. Namun, satu hal yang bisa Anda lakukan adalah menjauh dari tren SEO abu-abu yang tidak memiliki tujuan selain memanipulasi peringkat.

Kehilangan Backlink

Dalam dunia SEO, backlink memiliki peran penting dalam menentukan reputasi dan kredibilitas sebuah situs. Namun, bisa jadi suatu hari Anda mendapati beberapa backlink berkualitas yang tadinya mengarah ke situs Anda tiba-tiba hilang.

Kehilangan backlink, terutama yang berasal dari situs berkualitas tinggi, tentunya dapat memberikan dampak negatif terhadap peringkat situs Anda di mesin pencari. Hal ini mirip dengan kehilangan rekomendasi dari sumber tepercaya.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memonitor profil tautan Anda dengan rutin. Sebuah alat pemantau backlink dapat membantu Anda mengetahui backlink mana yang hilang dan kapan. Dengan mengetahuinya lebih dini, Anda bisa berkomunikasi dengan pemilik situs atau webmaster untuk memahami alasan penghapusan tautan tersebut dan mencari solusi. Atau, Anda bisa menggali peluang untuk mendapatkan backlink baru yang berkualitas dari sumber lain.

Dalam banyak kasus, membangun hubungan baik dengan pemilik situs lain dan selalu memastikan konten Anda tetap relevan dan bermanfaat bisa membantu mencegah kehilangan backlink di masa depan.

Perubahan pada Situs

Perubahan signifikan pada situs Anda bisa mengacaukan peringkat Anda. Kesalahan kecil saat melakukan perubahan bisa berakibat fatal bagi performa SEO Anda.

Diagnosis: Jika Anda baru saja melakukan perubahan pada situs, buka Google Search Console untuk memeriksa adanya kesalahan atau peringatan yang muncul.

Solusi: Prioritaskan untuk memperbaiki kesalahan yang ditemukan dan pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan tim teknis atau spesialis SEO Anda saat melakukan perubahan besar-besaran pada situs.

 

Kompetitor Mengungguli Anda di Google

Mungkin tidak ada yang salah dengan situs Anda, namun kompetitor Anda mungkin telah meningkatkan kualitas situs mereka.

Diagnosis: Gunakan alat pelacak peringkat untuk melihat bagaimana peringkat Anda dan kompetitor berubah dari waktu ke waktu.

Solusi: Jika kompetitor telah mengungguli Anda di banyak kata kunci, cek optimasi situs mereka dan bandingkan dengan situs Anda. Temukan area yang perlu ditingkatkan dan lakukan penyesuaian.

Peringkat di mesin pencari dapat berfluktuasi karena berbagai alasan, mulai dari penalti manual, pembaruan algoritma, hingga tindakan kompetitor. Dengan pemahaman yang mendalam tentang alasan-alasan tersebut dan solusi yang tepat, Anda dapat meminimalisir dampak negatif dan memaksimalkan peluang untuk kembali ke posisi teratas.

SUBSCRIBE

Dapatkan Informasi Teknologi terbaru langsung ke Email Anda. Subscribe Sekarang, GRATIS!
Subscribe

Baca Juga Artikel lainnya

November 16, 2023
Apa Itu SEO Offpage? & Bedanya Dengan Onpage

Tahukah Kamu, Apa Itu SEO Offpage? Ketika kita mencari sesuatu di mesin pencari seperti Google, […]

Read More
November 15, 2023
Apa Itu SEO Onpage? Dan Cara Mengoptimasinya

Mari bersama kita telusuri bersama konsep dasar "Apa itu SEO Onpage?" serta strategi praktis untuk […]

Read More
November 7, 2023
Apa Itu Backlink PBN, Ciri Web PBN Yang Bagus

Backlink PBN (Private Blog Network) adalah praktik yang umum digunakan dalam dunia SEO. Backlink PBN […]

Read More
1 2 3 23

We Are Ardata

PT. Ardata Digital Asia (Ardata Media) merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang IT dengan produknya berupa Jasa dan Produk Digital.
WA : 085741111568
SEMUA ARTIKEL
envelope
Chat Sekarang
Hi, Gunakan chat ini untuk menghubungi kami
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram