Apa itu digital marketing? Digital marketing merupakan salah satu alat untuk memasarkan sebuah produk melalui media digital dan internet. Karena ini akan mempermudah proses penjualan yang lebih luas. Banyak pengusaha yang belum sadar pentingnya digital marketing untuk mempromosikan produknya.

Panduan Lengkap Memulai Digital Marketing

Berikut beberapa panduan yang dapat kamu gunakan dalam memulai dunia digital marketing.

1. Menggunakan google trend untuk mengetahui barang atau informasi yang sedang trend

Hal pertama yang kamu harus ketahui adalah, barang atau produk apa yang banyak diperbincangkan oleh banyak orang atau yang sedang trend. Google trend diluncurkan pada tahun 2006 dan sampai saat ini masih terus di kembangkan. Layanan ini dapat memberikan informasi tentang apa saja yang akan kamu cari di google search.

Untuk mengetahuinya kamu bisa mencari kata kuncinya di google trend caranya cukup mudah berikut penjelasan dan langkah-langkah yang bisa kamu coba.

a. Cara membuka google trend menggunakan akun google

Google trends mengumpulkan semua informasi tentang berbagai macam pencarian google yang paling popular. Jika kamu telah memiliki akun, kamu hanya perlu membuka halaman Google trend.

Di bagian awal terdapat tampilan search bar untuk mencari kata kunci atau keywords. Di bagian bawah juga terdapat kata kunci yang mengalami peningkatan.

Terdapat tombol untuk menyaring informasi berdasarkan negara, waktu, dan jenis penelusuran yang berada di pojok kiri atas. Kamu dapat mencarinya di halaman penelusuran trending.

b. Cara mencari keywords

Untuk memulai pencarian pada google trend, ketikan kata kunci yang akan dicari pada search bar. Sebagai contoh ketikan “covid-19”, maka google trend akan menampilkan informasi mengenai intensitas pengguna yang menggunakan kata “covid-19”.

Pada tampilan tabel awal, akan terlihat grafik trend penggunaan kata “covid-19” dalam setahun terakhir. Grafik akan menunjukan data berdasarkan lokasi kamu saat ini. Namun kamu juga dapat menyetingnya berdasarkan data yang ingin kamu peroleh.

Angka yang ditampilkan oleh google search ( 0-100 ) bukanlah seluruh pengguna yang melakukan pencarian dengan keywords tersebut, merupakan perkiraan pengguna yang telah mencari kata kunci tersebut.

Kamu dapat melihat grafik dengan banyaknya pengguna menggunakan keywords “covid-19” berdasarkan daerahnya. Grafik juga terlihat sederhana dan mudah di pahami. Hasil pencarian yang banyak dilakukan akan berwarna biru , sedangkan warna biru muda menunjukan sedikit pencarian. Daerah yang tidak memiliki warna bisa saja melakukan pencarian, namun karena sedikit maka oleh google trend tidak di beri warna.

Bagian paling bawah memberikan banyak informasi untuk mengembangkan topik. Di bagian ini kamu dapat menemukan topik atau saran kata kunci untuk menemukan informasi mengenai kata “covid-19”. Terkadang hasil saran yang didapatkan masih cukup luas, sehingga harus spesifik dalam mencari kata kunci tersebut.

c. Menggunakan google trends untuk membandingkan keywords

Google trend terdapat bagian comparison berguna untuk membandingkan keyword sampai dengan lima keyword. Google trends memberikan beberapa pencarian dengan kata kunci dalam bentuk peta wilayah, kueri yang berhubungan, dan bentuk grafik.

Kamu dapat melakukan filter berdasarkan waktu, lokasi, tipe penelusuran, dan kategori. Google trend juga menyediakan embed, unduh, dan kamu dapat membagikan secara langsung.

d. Cara menggunakan opsi secara spesifik

Selain dapat digunakan untuk mengetahui tingkat pencarian di google search, kamu juga dapat mencari apa yang paling banyak dicari di youtube. Fitur ini juga terdapat di halaman yang sama.

Ketika kamu mengklik penelusuran youtube, maka grafik akan otomatis mengubah tampilan menjadi pencarian penelusuran youtube. Grafik penelusuran antara google search dan youtube akan berbeda, walaupun menggunakan kata kunci yang sama, karena keduanya merupakan layanan yang berbeda. Kamu juga dapat melakukan pencarian lainnya.

Selain dapat digunakan untuk youtube search, kamu juga dapat melakukan pencariaan lainya seperti image search, news search, dan google shopping. Diantara empat tipe tersebut, youtube search adalah yang palin populer jika ingin menargetkan pengunjung dengan video.

e. Memprediksi trend

Google trend menyuguhkan informasi yang lumayan lengkap. Informasi yang kamu dapatkan berguna untuk membuat konten semenarik mungkin dengan keywords yang kamu inginkan. Tentu memberikan rasa optimis untuk dapat menempati puncak, akan tetapi tidak semudah apa yang dipikirkan.

Permasalahanya bukan berasal dari bagaimana kamu konten tetapi dari bagaimana kamu mendapat data yang terdapat di google trends.

Perlu diingat bahwa bukan hanya kamu yang menggunakan google trend untuk menganalisis tetapi para blogger, kompetitor, dan pencari adsense kemungkinan besar juga menggunakan google trend. Ini membuat data yang kamu dapatkan sama dengan data yang mereka dapatkan, namun tidak semua bisa membaca data dengan benar.

Tidak semua orang dapat membaca data dengan benar, kemungkinan ketika semua pengguna menganalisis data yang sama, kemungkinan besar hasilnya akan berbeda. Cara untuk menyikapinya yaitu dengan kebijaksanaan dalam mengelola data.

f. Menemukan tambahan insight di “top chart”

Fitur ini dapat disebut sebagai 100 konten yang sedang hangat dibicarakan atau trend di google. Sebagai contoh, hewan yang popular sampai saat ini adalah rusa. Di top chart kamu dapat mengetahui bahwa anjing lebih dominan dalam pembicaraan di bandingkan kucing. Namun perlu di ketahui semua itu tergantung dari konteksnya.

h. Menggunakan trend untuk memposisikan produk

Melalui konteks, kamu dapat melihat kemungkinan siklus yang terjadi. Yang dimaksud adalah seperti kapan seseorang akan mencari keywords di waktu tertentu saja atau yang sedang ramai di perbincangkan.

Sebagai contohnya dengan kata kunci “buka puasa” yang biasa mengalami peningkatan di bulan Ramadhan dan penurunan di hari-hari biasa. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk memasarkan produk yang berhubungan dengan menu buka puasa. Caranya dengan menulis konten yang menyasar dengan keyword “buka puasa”

2. Mengenal google bisnis ( Google My business)

Sebagian besar dari kamu mungkin tidak asing dengan google business. Dengan fitur ini dapat menarik pelanggan dengan jumlah yang besar lewat informasi bisnis yang diberikan.

Menurut hubspot, google business adalah tool dari google yang dapat mengelola tampilan bisnis di halaman google maps dan google pencaharian. Google bisnis merupakan fitur gratis yang dapat digunakan untuk membantu mengelola bisnis, di berbagai produk google seperti di maps, dan penelusuran. Setiap kamu membuka bisnis di halaman pencarian, di samping kanan layar google terdapat berbagai informasi mengenai bisnis tersebut seperti nomor telepon, alamat, jam buka dan lain lain

Google bisnis dapat membantu orang lain untuk mengetahui suatu bisnis di lokasi tertentu atau melayani pelanggan di lokasi yang ditentukan. Biasanya informasi yang dimaksud akan muncul di samping halaman ketika seseorang menyebutkan brand kamu, lengkap dengan peta petunjuk arah.

Google bisnis juga memiliki beberapa manfaat lain yang bisa kamu dapatkan di antaranya:

a. Bisnis akan di promosikan di google maps

Lebih dari satu milyar penduduk di dunia menggunakan google maps, dari data the telegraph. Ini yang melatar belakangi google maps dinobatkan sebagai aplikasi pemetaan paling populer saat ini. Jika kamu telah berhasil mendaftarkan akun bisnismu, maka bisnismu akan di promosikan oleh google maps secara global.

b. Kesempatan mendapat review tentang bisnis

Review yang diberikan pelanggan tentunya sangat berguna untuk brand awareness ataupun meningkatkan kredibilitas bisnis kamu. Caranya cukup dengan kamu membalas ulasan dari mereka. Dalam ilmu marketing sendiri komunikasi sangat penting untuk menentukan kesuksesan pemasaran.

c. Meningkatkan pengunjung toko

Halaman pada google maps tentunya dapat menampilkan lokasi usahamu secara tepat, dalam kata kunci yang telah ditentukan dan dalam radius tertentu. Hal ini yang memudahkan kamu untuk meningkatkan kunjungan langsung ke toko.

d. Mudah ditemukan

Saat mereka mencari bisnismu di google, terdapat berbagai informasi dan alamat. Pelanggan cukup menggunakan google maps untuk mencari tokomu. Saat orang mencari bisnismu ada kemungkinan bisnismu muncul pertama di halaman pencarian. Google bisnisku juga memiliki fitur analytics sehingga memungkinkan menganalisis dengan performa yang tepat.

e. Menaikan kepercayaan pelanggan

Dengan ulasan yang di berikan dari pelanggan, maka akan membuat tingkat kepercayaan pelanggan terhadap produk kamu akan meningkat. Menurut penelitian think with google 88% orang akan percaya terhadap ulasan online yang di berikan.

f. Memberikan informasi kepada pelanggan

Sebelum mendatangi bisnis banyak pelanggan yang melakukan riset online terlebih dahulu. Google business akan memberikan informasi secara detail mengenai bisnismu. Sebagai contoh restoran, pelanggan akan datang dan mencari berbagai informasi tentang restoran di google, dan melihat berbagai menu dan daftar harga yang tertera.

Baca juga: 6 Rahasia Memaksimalkan Google My Business Untuk Menunjang SEO

3. Fanspage facebook

Memanfaatkan fanspage facebook atau halaman facebook akan memberikan dampak besar bagi pelaku bisnis karena fanspage memiliki pengguna yang banyak.

Fanspage facebook merupakan akun bisnis yang mengelompokan sebuah organisasi atau seseorang dengan berbagai fitur yang ada di dalamnya. Halaman ini dapat digunakan berbagai konten menarik maupun media branding. Salah satunya yaitu iklan, dengan adanya halaman ini kamu dapat membuat iklan bisnismu lebih terkoordinir. Kamu juga dapat menggunakan halaman bisnis di facebook seperti melihat data aktivitas terhadap post dan mengirim post di waktu tertentu.

Lalu apa sih bedanya fanspage facebook dengan facebook biasa?

Akun facebook biasa memiliki tujuan untuk dapat berinteraksi sosial dengan pengguna lainnya, sedangkan fanspage facebook ditujukan untuk keperluan bisnis dan penanganan social media secara profesional. Artinya kamu dapat membuat facebook ads agar bisnismu lebih berkembang dan dapat mengirim sesuatu kepada pengguna lainnya. Fanspage juga dapat mengatur Instagram dan filter jika kamu memilikinya. Perbedaan lainya pada facebook terdapat batas maksimum pertemanan, tetapi pada fanspage tidak terdapat, namanya pun “fans” bukan “friends”.

4. Facebook marketplace

Saat ini banyak platform media sosial yang menyuguhkan fitur yang dapat membantu bisnis, guna untuk meluaskan jangkauan dan meningkatkan pemasaran. Facebook merupakan sebuah aplikasi yang menyuguhkan berbagai fitur dan halaman untuk berbisnis, salah satunya facebook marketplace. Fitur facebook marketplace ini memungkinkan kamu untuk melakukan pemasaran lewat facebook. Penjualan cukup dengan mengunggah foto produk yang akan dipasarkan.

Facebook marketplace merupakan tempat yang digunakan untuk kegiatan jual beli yang dikhususkan untuk pengguna facebook. Fitur marketplace bisa kamu temukan di bagian pojok kiri atas dan bisa diakses melalui komputer, tablet, ataupun aplikasi facebook di smartphone. Facebook menyediakan tempat jual beli, yang bertujuan untuk memudahkan pembeli dalam mencari atau menemukan barang menarik yang dijual di facebook.

Tidak ada yang istimewa jika kita sering menggunakan e-commerce marketplace untuk berjualan. Di jaman sekarang ini mungkin banyak generasi milenial yang terbiasa menggunakan E-commerce, Fitur facebook marketplace sangat mudah. Jika kamu masih bingung kamu bisa melihat video tutorial cara berjualan di facebook marketplace melalui link berikut.

5. Instagram bisnis

Dengan munculnya fitur bisnis Instagram, tentunya sangat berguna bagi pelaku bisnis online. Instagram juga meluncurkan Instagram bisnis. Sama seperti Instagram biasa Instagram bisnis juga digunakan secara gratis.

Apa itu Instagram bisnis? Seperti namanya, instagram bisnis digunakan untuk orang-orang yang menggunakan Instagram untuk mempromosikan bisnisnya baik untuk mengenalkan produknya ataupun untuk berinteraksi dengan konsumen.

a. Kelebihan akun Instagram bisnis dari pada akun Instagram biasa

1. Instagram popular dan dan jangkauan luas

Seperti yang kamu ketahui, Instagram sangat popular dan digunakan dengan user yang banyak. Melalui Instagram bisnis ini kamu dapat mengembangkan bisnis yang menguntungkan. Di sana juga terdapat fitur yang sangat di gemari yaitu fitur stories.

2. Visibilitas tinggi

Visibilitas tinggi artinya produk dapat dengan mudah ditemukan di tokomu. Sebaiknya kamu memberikan profil yang lengkap dan jelas mengenai produk. Tentukan juga tagar untuk akun bisnismu seperti #bajuindah, #makananenak.

3. Visual dan efektif

Visualisasi sangat penting untuk menyampaikan pesan yang efektif. Penggunaan kata kata harus menarik untuk mempromosikan suatu produk. Kemudian cantumkan spesifikasi mengenai produk dengan rinci dan terstruktur.

4. Operasi ads dan fitur mudah

Operasi ads di Instagram tidak serumit seperti pada facebook. Kamu hanya merubah akun Instagram ke business account, kamu hanya mengikuti alurnya dan memilih objek yang sesuai dengan yang di inginkan. Budget minimal yang kamu butuhkan adalah 25 ribu.

Pada akun Instagram bisnis ada beberapa fitur yang tidak dimiliki di akun Instagram biasa. yaitu:

1. Profile akun

Tampilan pada profil akun Instagram biasa, hanya menampilkan beberapa informasi seperti website, email, dan nama. Informasi tambahan mengenai beberapa kategori bisnis seperti, fashion, food, software company, retail, blog, bisa kamu masukan di akun Instagram bisnis.

2. Menu kontak

Pada akun Instagram biasa orang hanya dapat mengirim pesan atau direct message kepada akun Instagram melalui menu message yang terdapat di pojok kanan atas. Berbeda dengan akun Instagram bisnis, kamu bisa saling berkomunikasi dengan calon pelanggan melalui telepon atau email yang dapat kamu tambahkan di menu contact.

3. Fitur insight

Fitur ini dapat membuat promosi bisnis kamu menjadi lebih mudah dan efektif. Fitur ini hanya terdapat pada akun Instagram bisnis. Ada 3 menu yang ada di fitur insight diantaranya activity, content, dan audience.

Zaman modern ini tentunya tidak lepas dari social media. Pastinya beberapa platform akan menyuguhkan fitur-fitur yang dapat memudahkan dalam berbisnis. Tentunya sangat mudah dalam memasarkan produk menggunakan media online. Produk dapat cepat di ketahui dan di temukan, bahkan dapat dipasarkan secara global. Demikian pembahasan mengenai beberapa platform yang dapat digunakan dalam mengelola dan memasarkan bisnis online, semoga bermanfaat.

Continue Reading