Landing Page ternyata memiliki beberapa jenis dalam dalam penggunaannya. Setiap jenis landing page memiliki fungsinya masing-masing. Anda bisa memilih menggunakan landing page yang sesuai dengan tujuan bisnis Anda. Lalu apa saja jenis-jenis landing page? Simak penjelasannya di bawah.

 

Jika Anda belum terlalu mengetahui apa itu landing page, silakan baca artikel berikut “Mengenal Landing Page & Bagaimana Cara Kerjanya Untuk Bisnis Online”

Jenis-Jenis Landing Page

  1. Click-Through Landing Page

Ini adalah landing page yang hanya berupa satu halaman berisi penawaran singkat dan lebih spesifik agar pengunjung langsung melakukan CTA berupa pembelian, langganan, dan lain-lain. Biasanya landing page jenis ini sering kita lihat sebagai tombol “beli sekarang”, “langganan sekarang”, “info selengkapnya”, dan masih banyak lagi.

  1. Lead Capture Landing Page

Lead Generation berfungsi untuk mengumpulkan data pengunjung situs berupa alamat email jika mereka mengisinya, data inilah yang bisa dipakai untuk melakukan promosi dengan mengirimkan penawaran-penawaran, promo, berita, ebook melalui email.

  1. Advertorial Landing Page

Dengan mengadopsi “Advertorial Style”, landing page yan satu ini menggunakan format artikel yang bahasanya lebih halus seperti bahasa jurnalistik. Dengan menjelaskan informasi dalam bentuk artikel bergaya jurnalistik, maka audiens akan jauh lebih percaya dengan manfaat suatu produk

  1. Product Detail Landing Page

Jika Anda ingin menjelaskan detail spesifikasi dan fitur-fitur produk Anda, gunakan jenis landing page yang satu ini karena jika dilihat dari namanya sendiri memang landing page ini biasanya memuat seputar informasi produk.

 

Tips Membuat Landing Page Yang Menarik

Dalam proses membuat landing page, ada beberapa tips yang harus diperhatikan dan disiapkan agar Anda tidak salah dalam menggunakan landing page.

 

  1. Tentukan Tujuan

Sebelum membuat landing page, Anda harus memulainya dari awal, yaitu menetukan tujuan Anda menggunakan landing page. Pastikan dalam menentukan tujuan Anda harus spesifik agar jelas dan dapat mencapai tujuan yang Anda inginkan. Misalnya Anda akan menggunakan landing page dengan tujuan untuk mengedukasi audiens tentang produk Anda, maka di dalam landing page nanti Anda hanya perlu menjelaskan detail produk Anda kepada audiens agar mereka mengenali produk Anda. Jadi dalam memasang landing page usahakan jangan mengombinasikan beberapa tujuan dalam satu landing page, karena tidak akan efektif.

  1. Buat Rancangan

Setelah menentukan tujuan, buatlah rancangan landing page. Pada dasarnya, rancangan ini memiliki peran seperti script agar landing page Anda memiliki susunan yang jelas. Anda bisa memasukkan poin-poin yang sekiranya penting dan menghapusnya jika tidak penting. Contoh sederhana rancangan landing page :

  • Headline
  • Kalimat Pembuka
  • Manfaat
  • Harga
  • Alasan mengapa harus menggunakan produk Anda
  • Testimoni

 

Dengan membuat rancangan seperti di atas, maka Anda akan lebih mudah dan tertata dalam membuat konten yang berkualitas.

 

  1. Buatlah Konten Yang Menarik

Dimulai dari heading atau judul, buatlah judul yang singkat namun efektif dalam menarik minat audiens, hindari judul yang terlalu panjang dan bertele-tele. Selain itu, dalam menggunakan kalimat landing page jangan terlalu kaku, usahakan jangan menggunakan kalimat yang sama seperti yang digunakan orang lain, karena Anda terlihat tidak memiliki keunikan. Setelah itu adalah kalimat pembuka, Anda bisa menjelaskan produk/ layanan Anda (latar belakang, manfaat, fitur) secara singkat. Lalu berikan penjelasan di setiap poin untuk memperjelas apa yang ingin Anda sampaikan kepada audiens, tetapi pastikan dalam menuliskannya harulah tetap menggunakan bahasa yang seefektif mungkin agar tidak memakan space dan terlihat membosankan untuk dibaca.

  1. CTA Yang Menarik

CTA (call to action) adalah sebuah tombol yang tujuannya untuk mengajak audiens untuk melakukan tindakan tertentu dalam tujuan komersial tentunya. Untuk menarik minat audiens untuk mengklik tombol tersebut, buatlah CTA yang menarik perhatian agar mereka tidak ragu mengklik CTA Anda. Anda bisa mengikuti langkah-langkah membuat CTA lebih menarik seperti di bawah ini.

  • Gunakan kata-kata perintah seperti “beli sekarang”, “masukkan ke keranjang”, “order sekarang” atau bisa menggunakan kata perintah lainnya.
  • Kalimat di CTA haruslah singkat dan mudah dipahami
  • Perhatikan warna dan ukuran CTA, gunakan warna yang eye catching
  • Perhatikan saat menentukan posisi CTA, sesuaikan dengan jumlah konten yang akan Anda buat.
  1. Lampirkan Testimoni

Menunjukkan testimoni adalah salah satu cara yang sangat efektif untuk menarik perhatian audiens. Testimoni berguna sebagai ‘saksi’ bahwa para pembeli Anda sebelumnya yang sudah mencoba produk Anda mereka merasa puas. Tentu ulasan positif pembeli sebelumnya tak lepas dari layanan yang Anda berikan selain produk yang memang berkualitas. Calon pembeli pun juga lebih yakin untuk mencoba produk Anda karena sudah ada ulasan-ulasan positif mengenai produk Anda.

Demikian adalah jenis-jenis landing page dan tips membuat landing page dengan menarik. Anda bisa menggunakan cara-cara di atas untuk membuat landing page pada website Anda sendiri.

Continue Reading